Resep Mie Ayam Bakso Wonogiri Enak Simple dan Mudah Dibuat

Terima kasih telah berkunjung ke artikel kami pada kali ini saya akan membahas tentang cara membuat resep mie ayam bakso wonogiri enak simple dan mudah dibuat.

Yang pada sebelumnya saya telah membahas tentang resep kuah bakso sapi, yuk langsung simak saja

Pengertian Bakso

Mie ayam merupakan jajanan rakyat yang semakin banyak di jual di perkampungan. Walaupun demikian, mie ayam merupakan jajanan sehat serta bergizi.

Selain juga enak, makanan ini juga memiliki kandungan gizi yang terbilang komplit, dari mulai karbohidrat, protein, dan gizi yang didapat dari sayuran pelengkap mie ayam.

Mie Ayam awalnya berasal dari Cina Selatan terutama dari daerah-daerah pelabuhan seperti Fujian dan Guandong.

Setelah gerakan besar imigrasi pada orang-orang Arab dan Cina pada 1870 ke Jawa karena politik keterbukaan imigran Pemerintahan Hindia Belanda maka berkembang kantong-kantong pemukiman penduduk timur asing.

Orang Belanda bilang `Vreemde Oosterlingen’. Meningkatnya penduduk dari Cina Selatan yang sangat pesat ini menambah preferensi selera makan.

Apalagi dalam budaya cina peranakan terkenal dengan budaya menikmati hidup, artinya `Elo kalo makan jangan tanggung-tanggung yang banyak dan enak sekalian’.

Disebut Caudo atau Berasal dari Makanan Coudo ?

Bagi kaum peranakan cina kerja habis-habisan harus diganti dengan makan enak dan hidup nyaman. Dari pengetahuan hidup enak makan enak lahirlah mie ayam ini.

Mie ayam berkembang tak terlepas dari gerakan besar masakan `caudo’. Lidah kita menyebutnya soto.

`Caudo’ masuk ke nusantara Indonesia terutama pesisir Jawa setelah habisnya Perang Diponegoro 1825-1830. Awalnya `caudo’ hanya dikenal di Lamongan dan Kudus.

Caudo ini bening diambil dari filsafat `wening ing ati’ atau beningnya hati. Namun lama kelamaan kuah soto Kudus dan Soto Lamongan tidak bening di awalnya, karena dapat tambahan bumbu-bumbu (terutama `koya’ terbuat dari udang tumbuk seperti ebi).

Mungkin juga karena orang Lamongan dan Kudus hatinya sudah nggak bening Pada gerakan Soto Kudus dan Lamongan ditahun 1932 semakin besar pada zaman pemogokan buruh kereta api di Surabaya masuk ke kampung di Surabaya seperti Gundih, Darmo, Waru, Ambengan dan lainnya.

Disitu lahir soto Waru, soto Sulung, soto Ambengan, dan yang paling fenomenal Soto Madura.

Soto Madura ini pada mulanya diracik oleh peranakan Cina Surabaya namun karena pembantu masaknya orang Madura dan pembantu itu kemudian lepas dari majikannya lalu mempopulerkan masakan itu.

Disetiap wilayah yang banyak didapati warung-warung Mie Ayam, dari mulai yang sederhana sampai yang moderen, dari yang murah hingga harga yang lumayan mahal.

Mie Ayam basah telah popular di kelompok orang-orang, kesempatan ini kami bakal sharing resep mie ayam bakso khusus buat anda. Kalian dapat juga coba membuatnya sendiri dirumah dengan gampang.

Bahan serta bumbu dapat juga didapat dengan gampang di pasar tradisional dengan harga yang relatif terjangkau.

Resep Mie Ayam Bakso Enak Simple dan Mudah Dibuat

Resep Mie Ayam Bakso Wonogiri

Bahan Bahan Resep Mie Ayam Bakso Wonogiri

  • 3 gulungan mie AT
  • 400 gr ayam fillet dada potong kotak pakai bagian paha lebih enak
  • Kunyit 1 ruas, sangrai
  • Kemiri 2 sangrai
  • 5 Bawang putih
  • 3 bawang merah
  • 1 ruas Jahe
  • 1 Sereh
  • 1 daun salam
  • 2 daun jeruk
  • Minyak bawang → bawang merah2, bawang putih2 digoreng sampai kering, minyaknya jangan dibuang, pakai untuk olesan mie yang sudah direbus
  • Bakso untuk pelengkap

Langkah Langkah Resep Mie Ayam Bakso

  1. Haluskan bawang putih, bawang merah, kemiri, dan jahe di blender. Tambahkan sereh, daun salam, dan daun jeruk. Tumis hingga wangi. Tambahkan air biar ga gosong. Masak sampai airnya lumayan asad, tp jangan sampai airnya habis banget.
  2. Rebus sawi ijo di panci terpisah. Setelah matang angkat dan lanjut rebus mie dan bakso (bila pakai bakso) di air rebusan tadi.
  3. Masukkan mie ke mangkok, tambahkan minyak bawang untuk pelumas mie. Isi dengan ayam dan bakso. Masukkan juga sawi ijo yang sudah direbus.

Kemungkinan itu saja yang dapat saya sampaikan kurang lebihnya saya mohon maaf. Selamat mencoba

Avatar

Madhan

Saya adalah seorang kontributor berpengalaman di website tukangreview.com yang selalu terinspirasi oleh dinamika teknologi, terutama di bidang IT. Saya adalah seorang pencinta ilmu yang tidak pernah berhenti belajar, dan dengan gembira saya berbagi wawasan seputar dunia bisnis dan saran terkini kepada pembaca setia kami. Mari bersama-sama menjelajahi dunia yang terus berkembang ini dengan semangat dan kegairahan yang mendalam