Tukang Review https://tukangreview.com review kuliner, bisnis dan umkm Mon, 14 Sep 2020 15:14:49 +0000 en-US hourly 1 https://wordpress.org/?v=5.2.7 Mengapa Sampah Plastik Dapat Merusak Lingkungan https://tukangreview.com/mengapa-sampah-plastik-dapat-merusak-lingkungan/ Thu, 10 Sep 2020 03:07:57 +0000 https://tukangreview.com/?p=3803 Mengapa Sampah Plastik Dapat Merusak Lingkungan Selamat Datang di situs ini!!! kali ini saya akan membagikan ulasan tentang mengapa sampah plastik dapat merusak lingkungan?. Mungkin ada yang belum paham alasan mengapa plastik dapat merusak lingkungan. Selain dari mengapa sampah plastik dapat merusak lingkungan, Baca juga tentang akibat membuang sampah sembarangan ke sungai. baca dan pahami … Continue reading "Mengapa Sampah Plastik Dapat Merusak Lingkungan"

The post Mengapa Sampah Plastik Dapat Merusak Lingkungan appeared first on Tukang Review.

]]>
Mengapa Sampah Plastik Dapat Merusak Lingkungan

Selamat Datang di situs ini!!! kali ini saya akan membagikan ulasan tentang mengapa sampah plastik dapat merusak lingkungan?. Mungkin ada yang belum paham alasan mengapa plastik dapat merusak lingkungan.

Selain dari mengapa sampah plastik dapat merusak lingkungan, Baca juga tentang akibat membuang sampah sembarangan ke sungai. baca dan pahami baik-baik ya. Insya Allah, kamu akan banyak mendapat pengetahuan. betapa banyaknya penyakit jika anda membuang sampah sembarangan ke sungai.

Oleh karena itu saya akan memberikan sebuah alasan mengapa sampah plastik dapat merusak lingkungan:
  1. Dapat mencemari tanah, air tanah, bahkan makhluk hidup.
  2. Racun dari partikel plastik yang masuk ke dalam tanah berpotensi untuk membunuh hewan-hewan pengurai di dalam tanah, contohnya cacing.
  3. Polychlorinated biphenyl ( PCB ) tidak terurai meskipun sudah termakan oleh hewan, hal ini akan menjadi suatu racun berantai sesuai urutan ekosistem. Yang tidak menutup kemungkinan bahwa manusia, termasuk kita sendiri, berada di dalam rantai makanan tersebut.
  4. Sampah plastik bisa menyumbat dan mengganggu jalur terserapnya air ke dalam tanah.
  5. Dapat menurukan kesuburan tanah. Bagaimana bisa? karena plastik menghalangi sirkulasi udara di dalam tanah dan mengganggu ruang gerak makhluk hidup bawah tanah yang berperan dalam penyuburan tanah.
  6. Sampah plastik susah terurai, mempunyai umur panjang, dan ringan. misalnya terurai akan mudah untuk diterbangkan oleh angin, sehingga tidak menutup kemungkinan untuk mencemari lautan dan wilayah-wilayah lainnya secara bergantian.
  7. Hewan-hewan bisa terjebak di dalam tumpukan sampah plastik hingga mati.
  8. Tak hanya hewan yang hidup di darat Hewan — hewan laut pun merasakan dampaknya, seperti lumba-lumba, penyu, dan anjing laut menganggap sampah atau kantong plastik sebagai makanannya sehingga mereka akhirnya bisa mati hanya karena tidak mampu mencernanya.
  9. Ketika hewan memakan sampah atau kantong plastik, maka sampah plastik yang ada pada tubuhnya tersebut tidak akan terurai dan tetap utuh. Sehingga akhirnya akan menjadi bangkai yang apabila termakan oleh hewan lainnya akan dapat meracuni hewan tersebut.
  10. Tak hanya hewan, manusia yang berada di sekitarnya pun akan terganggu oleh bau bangkai yang biasanya busuk dan menyengat.
  11. Sampah-sampah plastik yang dibuang sembarangan ke sungai-sungai bisa mengakibatkan pendangkalan sungai, kemudian menyebabkan tersumbatnya aliran sungai. Sehingga bukan tidak mungkin akan menyebabkan bencana banjir ketika hujan turun.

Fakta Lain Mengenai Sampah Plastik dan Lingkungan

fakta-fakta lainnya yang berkaitan dengan sampah plastik, antara lain:

  1. Sisa dari sampah plastik telah banyak ditemukan di dalam kerongkongan anak elang laut di pulau Midway.
  2. Kurang lebih 80% dari sampah di lautan merupakan sampah yang berasal dari daratan, di mana hampir 90%-nya yaitu sampah plastik.
  3. Pada bulan Juni tahun 2006 lalu, program lingkungan PBB. Memperkirakan bahwa dalam terdapat sekitar 46.000 sampah plastik yang mengambang setiap mil persegi di dalam lautan bebas.
  4. Tahukah kamu bahwa plastik setidaknya telah membunuh kurang lebih 1 juta burung laut, 100.000 mamalia laut, dan juga ikan-ikan yang sudah tidak terhitung jumlahnya lagi dalam setiap tahunnya.
  5. Hewan penyu yang ada pada kepulauan Seribu mati, penyu mati hanya karena memakan plastik yang dikiranya sebuah ubur-ubur, salah satu makanan kesukaan penyu tersebut.

Dampak Sampah Plastik Bagi Manusia

Tak hanya berbahaya bagi lingkungan, berbahaya bagi kehidupan makluk hidup pun akan terusik, beberapa contoh masalah dari sampah plastik:

  1. Jika sampah plastik dibakar dapat menghasilkan asap, asap tersebut akan mencemari lingkungan. Yang mana, dalam asap tersebut terkandung zat dioksin yang apabila dihirup oleh manusia bisa menyebabkan berbagai gangguan kesehatan.
  2. Berbagai gangguan kesehatan akibat dioksin diantarannya seperti gangguan sistem pernapasan pada manusia, pembengkakan hati, kanker, dan gangguan sistem syaraf.
  3. Mengakibatkan banjir, penyumbatan saluran air akibat sampah plastik juga bisa menjadi tempat perkembangbiakan daur hidup nyamuk dan serangga berbahaya lainnya. contohnya seperti nyamuk BDB dan malaria, sehingga dapat menimbulkan berbagai penyakit.
  4. Memburuknya Kualitas air di lingkungan dikarenakan semakin banyaknya sampah plastik yang mengandung bahan-bahan kimia, contohnya bisphenol A, styrene trimer, dan lain sebagainya. Pada akhirnya akan meracuni air yang biasanya kita jadikan air minum atau mandi.

Yuk !!! Mulai sekarang kita mengurangi penggunaan plastik. Dengan melakukan daur ulang menjadi kerajinan dari gelas plastik bisa memanfaatkan atau mengolah kembali sampah plastik menjadi sebuah benda atau kerajinan yang berguna bagi kehidupan kita.

Bagi kalian yang ingin mengolah plastik menjadi lebih mudah. kalian bisa menggunakan mesin pengolah limbah plastik agar pekerjaan kalian menjadi lebih cepat dan efisien.

Mungkin itu saja ulasan tentang mengapa sampah plastik dapat merusak lingkungan yang dapat saya sampaikan.

Semoga anda bisa mengurangi penggunaan sampah plastik yang bertebaran di lingkungan anda dan jadilah anda sebagai penyelamat bumi. Sekian dari saya, terima kasih.

The post Mengapa Sampah Plastik Dapat Merusak Lingkungan appeared first on Tukang Review.

]]>
Bahan Buat Perkedel Jagung Murah dan Praktis https://tukangreview.com/bahan-buat-perkedel-jagung/ Wed, 09 Sep 2020 10:31:32 +0000 https://tukangreview.com/?p=3800 Bahan buat perkedel jagung utamanya adalah jagung, telur dan tepung. Memang sudah banyak olahan cara buat perkedel jagung. Namun, kali ini kita akan ulik lagi tentang bahan apa saja yang dibutuhkan saat akan memasak perkedel jagung. Bahan buat perkedel jagung bisa dicari di warung terdekat atau supermarket. Resep buat perkedel jagung ini bisa dicoba untuk … Continue reading "Bahan Buat Perkedel Jagung Murah dan Praktis"

The post Bahan Buat Perkedel Jagung Murah dan Praktis appeared first on Tukang Review.

]]>
Bahan buat perkedel jagung utamanya adalah jagung, telur dan tepung. Memang sudah banyak olahan cara buat perkedel jagung. Namun, kali ini kita akan ulik lagi tentang bahan apa saja yang dibutuhkan saat akan memasak perkedel jagung.

Bahan buat perkedel jagung bisa dicari di warung terdekat atau supermarket. Resep buat perkedel jagung ini bisa dicoba untuk pemula maupun yang sudah hobby memasak! Bahannya yang mudah ditemukan di warung terdekat menjadikan perkedel jagung ini sebagai lauk untuk makan keluarga. Kandungan vitamin yang ada pada jagung sangat baik untuk kesehatan kita. Olahan jagung selain di jadikan cemilan seperti emping jagung dengan mesin pemipih emping jagung, puding jagung, nasi jagung. Jagung juga bisa diolah menjadi perkedel jagung.

Tips Memipil Jagung Sebelum Diolah Menjadi Perkedel

1. Kupas jagung dan bersihkan rambutnya

Terdapat dua jenis jagung yang biasa dijual di pasaran, yakni jagung utuh dan jagung kupas. Jika biasanya yang dibeli adalah jagung utuh, kupas kulit dan bersihkan rambut jagungnya. Potong bagian bonggol (bagian yang tak berbiji) di bagian bawah jagung. Setelah bersih dari rambut, cuci jagung di bawah air mengalir dan tiriskan.

2. Pastikan pisau yang dipakai tajam

Menyisir atau memipil jagung itu perlu pisau tajam. Pisau yang kurang tajam tidak dapat memipil jagung dengan baik hingga tuntas dan hasil pipilan tidak akan rapi. Oleh karena itu, sebaiknya sebelum digunakan asah pisau terlebih dahulu sebelum digunakan untuk memipil. Oh ya, sebaiknya menggunakan pisau dapur berukuran sedang daripada pisau kecil.

3. Gunakan loyang tulban untuk meletakkan jagung

Memipil jagung biasa dilakukan secara vertikal di atas alas datar, misalnya talenan. Namun agar prosesnya bisa terlihat rapi dan bijinya tidak berhamburan, memipil jagung menggunakan loyang akan lebih baik. Caranya, posisikan jagung di bagian tengah loyang yang menonjol dan punya lubang kecil. Ingat, posisi loyang tulban harus tepat seperti akan dituang adonan, bukan dibalik. Pastikan jagung sudah berdiri dengan stabil, lalu mulailah memipil dengan pisau secara vertikal. Secara otomatis, biji jagung akan langsung terwadahi dalam loyang.

4. Potong jagung jadi dua

Potong jagung menjadi dua bagian, lalu mulailah memipil jagung. Hasil pipilan jagung biasanya memang akan berserakan di atas talenan, tapi jumlah pipilan tak akan terlalu menyebar seperti saat memipil jagung utuh.

Pipilan jagung ini siap diolah jadi berbagai masakan! Kalau tak segera dipakai, simpan biji jagung dalam wadah kering dan kedap udara. Letakkan dalam kulkas dan gunakan sebelum baunya benar-benar berubah asam.

Dapat Meningkatkan Kesehatan Jantung, Ini Manfaat Jika Mengkonsumsi Jagung

Jagung sendiri bisa diolah dan dijadikan menjadi masakan favorit, seperti cara membuat puding jagung manis, bakwan jagung, kolak jagung, jagung rebus, jangung bakar dan perkedel jagung. Selain lezat untuk disantap, jagung juga memiliki manfaat yang sangat baik untuk tubuh.

1. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Antioksidan yang terdapat pada jagung bisa meningkat saat jagung dimasak. Kandungan antoksidan inilah yang dapat menjaga kesehatan jantung

2. Meningkatkan Kemampuan Penglihatan

Lutein yang ada pada jagung terutama pada jagung manis, membuat saraf optik mata memiliki kemampuan memperbaiki penglihatan mata.

3. Meningkatkan Energi

Jagung kaya akan karbohidrat, maka dari itu biasanya jagung bisa dijadikan sebagai pengganti nasi. Karbohidrat yang ada pada jagung merupakan karbohidrat sehat yang tidak menambah berat badan pada tubuh apabila di konsumsi dengan tidak berlebihan.

4. Mengurangi Sembelit

Jagung kaya akan kandungan serat, bisa membantu melancarkan buang air besar dan memperbaiki gerakan usus serta sembelit.

5. Anti Kanker

Penelitian sering meneliti bahwa jagung umumnya mengandung fitonutrein sehingga bisa melawan sel sel penyebab kanker yang ada di dalam tubuh manusia.

Resep Perkedel Jagung

Bahan Bahan yang Dibutuhkan :

  • 5 sendok makan tepung terigu
  • 3 buah jagung manis, disisir
  • 1 batang daun bawang, dirajang halus
  • 3 batang daun seledri, dirajang halus
  • 1 sendok makan tepung beras
  • Garam secukupnya
  • Gula secukupnya
  • Air secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya

Bumbu Halus Perkedel :

  • 3 siung bawang merah
  • 2 siung bawang putih

Langkah Membuat Perkedel Jagung  :

  1. Pertama, ulek kasar jagung sisir atau bisa diproses mengunakan chopper dengan hasil yang masih agak kasar.
  2. Campur jagung dengan semua bahan lainnya, kemudian tuang air sedikit demi sedikit. Jangan sampai adonan terlalu encer atau terlalu bantat.
  3. Setelah itu, bumbui adonan dengan menggunakan garam dan gula secukupnya.
  4. Kemudian ambil satu sendok makan adonan lalu tuang melebar di pinggiran wajan yang sudah diisi minyak panas.
  5. Goreng sampai bakwan berwarna kuning keemasan.
  6. Siap di sajikan

Resep diatas bisa disesuaikan dengan jumlah porsi keluarga dirumah. Dijamin enak dan mudah! Selamat Memasak!

 

The post Bahan Buat Perkedel Jagung Murah dan Praktis appeared first on Tukang Review.

]]>
Akibat Membuang Sampah Sembarangan Ke Sungai https://tukangreview.com/akibat-membuang-sampah-sembarangan-ke-sungai/ Wed, 09 Sep 2020 03:19:10 +0000 https://tukangreview.com/?p=3794 Selamat Datang di situs ini!!! kali ini saya akan membagikan ulasan tentang akibat membuang sampah sembarangan ke sungai. baca dan pahami baik-baik ya. Insya Allah, di artikel kali ini kamu akan banyak mendapat pengetahuan. betapa banyaknya penyakit jika anda  membuang sampah sembarangan ke sungai. Dalam skala besar, polusi lingkungan dan lautan adalah akibat utama dari … Continue reading "Akibat Membuang Sampah Sembarangan Ke Sungai"

The post Akibat Membuang Sampah Sembarangan Ke Sungai appeared first on Tukang Review.

]]>
Selamat Datang di situs ini!!! kali ini saya akan membagikan ulasan tentang akibat membuang sampah sembarangan ke sungai. baca dan pahami baik-baik ya. Insya Allah, di artikel kali ini kamu akan banyak mendapat pengetahuan. betapa banyaknya penyakit jika anda  membuang sampah sembarangan ke sungai.

Dalam skala besar, polusi lingkungan dan lautan adalah akibat utama dari kebiasaan buang sampah sembarangan. Sampah-sampah tersebut bisa menumpuk di saluran air maupun sungai dan berujung mengotori laut. Jutaan ton sampah yang mengambang di lautan saat ini telah mengancam keselamatan biota laut, termasuk berbagai jenis ikan yang menjadi sumber pangan manusia.

Tidak hanya mengotori lingkungan. Kebiasaan membuang sampah sembarangan juga dapat membuat Anda dan keluarga lebih rentan terkena berbagai penyakit. Demam berdarah, hepatitis A, sampai cacingan hanyalah beberapa contoh penyakit yang bisa timbul sebagai dampak membuang sampah sembarangan.

dengan cara memanfaatkan kembali sampah plastik anda bisa mendaur ulang sampah plastik akan menjadi lebih kreatifitas agar anda dapat semakin kreatif dan juga produktif.

Jenis penyakit yang muncul akibat membuang sampah sembarangan ke sungai di antaranya:

  • Tetanus
  • Hepatitis A
  • Cacingan
  • Demam berdarah
  • Keracunan makanan
  • Infeksi kulit
  • Trachoma
  • Infeksi salmonella
  • Shigellosis
  • Gastroenteritis

Penyakit seperti hepatitis A dan demam berdarah adalah penyakit yang mudah menular. Jika satu orang terkena, risiko orang lain yang tinggal satu lingkungan dengan penderita tertular akan naik.Bahkan, wabah hepatitis A sempat terjadi di Depok (Jawa Barat) dan Pacitan (Jawa Timur) dan menginfeksi ratusan orang hanya gara-gara satu orang yang kurang bisa menjaga kebersihan lingkungan.

Penyebaran wabah menjadi dampak lain dari kebiasaan membuang sampah sembarangan

Akibat membuang sampah organik dan anorganik sembarangan, bakteri dan parasit bisa tumbuh subur. Sampah-sampah ini juga akan mengundang berbagai binatang yang bisa menjadi vektor atau pembawa penyakit, seperti tikus, kecoa, dan nyamuk.

Sampah bisa menyebabkan penyakit pada manusia melalui dua cara, yaitu secara langsung dan tidak langsung.

1. Penularan langsung
Apabila sampah dibuang di sembarang tempat, akan ada kemungkinan orang lain menyentuhnya, baik secara sengaja maupun tidak. Saat ada anggota badan yang tersentuh dengan sampah itulah bakteri atau kuman dan parasit akan berpindah ke badan, sampai menyebabkan berbagai penyakit.Dampak embuang sampah sembarangan, terutama yang tajam seperti kaleng dan kaca juga akan meningkatkan risiko sampah tidak sengaja terinjak atau menyebabkan orang lain terluka. Saat kulit terluka, maka bakteri akan dengan mudah masuk ke dalam tubuh dan menyebabkan penyakit.

2. Penularan penyakit secara tidak langsung
Penularan penyakit secara tidak langsung dapat terjadi melalui vektor atau hewan pembawa penyakit, seperti:

  • Tikus
  • Lalat
  • Kecoa
  • Nyamuk

Hewan-hewan ini bisa menjadi kendaraan untuk bakteri, virus, cacing, dan berbagai penyebab penyakit lainnya untuk masuk ke tubuh. Seperti pada lalat yang bisa membawa bakteri ke makanan yang kita konsumsi, atau nyamuk yang bisa membawa virus dengue dan menularkannya dari satu orang ke orang lain.

Daur Ulang Sampah Plastik

Selain itu dengan cara mengatasi sampah plastik anda bisa mengurangi penggunaan sampah plastik agar anda dapat bermanfaat bisa juga didaur ulang.

Bisnis daur ulang sampah plastik telah menyentuh banyak kalangan karena sangat di didukung dengan mesin pengelolaannya yaitu dengan menggunakan mesin pengolah limbah plastik yang bisa mengelola sampah plastik anda.

Itulah ulasan tentang akibat membuang sampah sembarangan ke sungai. semoga anda bisa memngurangi penggunaan plastik yang bertebaran dimana mana dan jadilah pelopor penyelamat bumi. Semoga sukses dan bermanfaat!

 

The post Akibat Membuang Sampah Sembarangan Ke Sungai appeared first on Tukang Review.

]]>
Resep Semur Telur Sederhana yang Mudah Banget Bikin Di Rumah https://tukangreview.com/resep-semur-telur-sederhana/ Tue, 08 Sep 2020 07:00:43 +0000 https://tukangreview.com/?p=3787 Kalian sering melihat ibu kalian memasak semur dirumah, tapi kok ribet banget ya? Tenang, resep semur telur sederhana ini akan menjawab rasa ribetmu! Setelah mencoba resep semur telur yang satu ini, kalian pasti tidak lagi berpikir jika memasak itu adalah hal yang sulit. Resep semur telur sederhana kali ini akan menggunakan bahan pelengkap yaitu daging … Continue reading "Resep Semur Telur Sederhana yang Mudah Banget Bikin Di Rumah"

The post Resep Semur Telur Sederhana yang Mudah Banget Bikin Di Rumah appeared first on Tukang Review.

]]>
Kalian sering melihat ibu kalian memasak semur dirumah, tapi kok ribet banget ya? Tenang, resep semur telur sederhana ini akan menjawab rasa ribetmu!

Setelah mencoba resep semur telur yang satu ini, kalian pasti tidak lagi berpikir jika memasak itu adalah hal yang sulit.

Resep semur telur sederhana kali ini akan menggunakan bahan pelengkap yaitu daging ayam. Daging ayam diperoleh dari ayam ternak yaitu unggas yang paling banyak diternak di dunia.

Selain resep semur telur diatas, daging ayam sering dihidangkan sebagai makanan dalam berbagai cara.

Dalam sejarah yang terukir dalam ukiran-ukiran Babylon lebih dari sekitar 600 SM menampilkan ayam sebagai makanan. Ketika zaman pertengahan, daging ayam adalah bahan yang paling laris didapatkan.

Ketika Perang Dunia II penggunaan daging ayam di A.S meningkat akibat kekurangannya stok daging sapi dan daging babi.

Pemakan daging ayam meningkat di Eropa dari pemakan daging sapi dan anak sapi pada tahun 1996, mungkin berhubungan mengenai penyakit sapi gila atau BSE.

Bagian yang biasanya dimakan dari ayam adalah dada, kaki, paha, hati, jantung, dan empedu diproses menjadi makanan. Ceker ayam jarang dikonsumsi, meskipun kurang lebih terdapat dalam masakan Cina.

Kepala dan organ-organ seperti paru-paru dan usus, serta bulu ayam biasanya dibuang atau dijadikan tambahan makanan berprotein untuk makanan hewan lain.

Sementara di Cina, masakan ayam disajikan lengkap pada hidangan (termasuk kepala), bergantung dengan hidangan itu. Organ dalam juga laris digunakan untuk yakitori.

Ada yang tahu gak, jika ayam mentah dapat dibekukan sehingga dua bulan tanpa perubahan wujud dengan rasa atau tekstur.

Daging dari ayam normalnya dimasak sebelum dimakan, tujuannya untuk menghilangkan bakteri salmonella yang ada pada daging mentah.

Resep Semur Telur Sederhana

Bahan-Bahan :

  • Telur ayam ukuran sedang besar yang sudha direbus sampai matang kurang lebih sebanyak 6 sampai 7 pcs.
  • Tahu yang sudah dibelah dan digoreng sampai coklat kulitnya kurang lebih sebanyak 5 pcs.
  • Serai yang sudah digeprek dan dimemarkan kurang lebih sebanyak 2 pcs.
  • Lengkuas yang sudah digeprek dan dimemarkan juga kurang lebih sepanjang 3 cm saja.
  • Daun salam kurang lebih sebanyak 3 pcs.
  • Gula merah yang disisir halus sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 2 sendok makan.
  • Garam dapur beryodium secukupnya sesuai selera masing masing.
  • Kaldu bubuk sesuai selera dan kebutuhan.
  • Kecap kental manis kualitas bagus secukupnya sesuai selera masing masing.
  • Air bersih secukupnya atau kurang lebih 1.5 gelas biasa.
  • Minyak sedikit saja untuk menumis.

Bahan Bumbu Semur Telur Sederhana :

  • Bawang putih ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 4 pcs.
  • Bawang merah ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 7 pcs.
  • Merica butir sedikit saja sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 1/2 sendok kecil.
  • Ketumbar sedikit saja atau kurang lebih sebanyak 1/4 sendok kecil.
  • Kemiri bisa disangrai sebentar kurang lebih sebanyak 5 pcs.
  • Pala kurang lebih sebanyak 1/4 pcs.

Cara Membuat Semur Telur Tahu :

  1. Pertama haluskan dan uleg bawang putih, merah, kemiri, pala dan bumbu lainnya sampai halus.
  2. Persiapkan wajan dengan minyak secukupnya kemudian masukkan bumbu semur yang sudah dihaluskan diatas bersama dengan serai, daun salam dan lengkuasnya.
  3. Aduk aduk semua bumbu semur diatas sampai tercium bau wangi.
  4. Masukkan tahu goreng dan telur rebusnya kemudian aduk aduk sebentar.
  5. Masukkan gula merah, kecap manis, garam dapur dan kaldu bubuk kemudian aduk aduk sampai rata.
  6. Tuang air bersihnya kemudian aduk aduk kembali sampai semua bahan tercampur rata.
  7. Masak sambil sesekali diaduk sampai airnya menyusut ya.
  8. Tes rasa dan tambahkan kaldu atau kecap kalau diperlukan.

Selain semur telur diatas, telur juga sering diolah menjadi berbagai macam jajanan pinggir jalan yang banyak penggemarnya, seperti sosis telur.

Kalian bisa mendapatkan jajanan ini dengan sangat mudah berkat bantuan mesin sosis telur yang bisa memproduksi banyak dan cepat.

Jadi itu adalah resep semur telur tahu yang sangat enak dan lezat banget. Gimana resep semur telur tersebut, mudah bukan?

Kalian bisa banget lho coba di dapur kesayangan kalian. Selamat mencoba! Semoga berhasil dan kalian suka dengan hasil masakan kalian!!!

The post Resep Semur Telur Sederhana yang Mudah Banget Bikin Di Rumah appeared first on Tukang Review.

]]>
Cara Membuat Puding Jagung Manis Untuk Keluarga https://tukangreview.com/cara-membuat-puding-jagung-manis/ Tue, 08 Sep 2020 00:32:30 +0000 https://tukangreview.com/?p=3784 Buat kalian yang ingin tau cara membuat puding jagung manis, yuk baca dan langsung praktekan setelah baca artikel ini! Tahukan kalian, bahwa olahan jagung tidak hanya cara membuat bakwan jagung, sup, atau BBQ. Jagung juga bisa disulap menjadi hidangan penutup yang lezat. Misalnya puding yang dibuat dari jagung manis. Rasanya benar-benar unik dan ringan di … Continue reading "Cara Membuat Puding Jagung Manis Untuk Keluarga"

The post Cara Membuat Puding Jagung Manis Untuk Keluarga appeared first on Tukang Review.

]]>
Buat kalian yang ingin tau cara membuat puding jagung manis, yuk baca dan langsung praktekan setelah baca artikel ini! Tahukan kalian, bahwa olahan jagung tidak hanya cara membuat bakwan jagung, sup, atau BBQ. Jagung juga bisa disulap menjadi hidangan penutup yang lezat. Misalnya puding yang dibuat dari jagung manis. Rasanya benar-benar unik dan ringan di lidah. Makanan ini memang sudah banyak di gemari oleh semua kalangan, dari dewasa hingga tua.

Siapa sangka makanan ini ternyata mengandung banyak vitamin, puding jagung merupakan produk makanan jelly dan krim yang dibuat dengan bahan dasar jagung rebus, air, dan berbagai bahan pengental serta penyedap rasa. Puding jagung memiliki banyak kandungan vitamin seperti Vitamin A, C, D, dan Kalsium yang baik untuk tubuh.

Puding Tidak Berair dan Mudah Pecah, Begini Tipsnya

Memiliki rasa yang manis dan segar serta teksturnya yang lembut membuat puding ini menjadi makanan penutup kesukaan semua orang. Apalagi, banyaknya puding instan sangat mudah untuk dibuat dengan aneka rasa yang banyak dijual di pasaran. Namun, tekstur yang mengandung banyak air membuat puding pun sering lembek dan berair. Hal ini bisa terjadi karena puding dibiarkan terlalu lama setelah dibuat, sehingga mudah berair.

  1. Mengurangi takaran air, jangan terlalu ikuti kemasan. Tetap masukan air secukupnya atau kurangi kurang lebih 100ml dari aturan kemasan.
  2. Pastikan bahan jagung dan bahan puding lainnya masih fresh. Buat puding 3 jam sebelum akan di hidangkan atau dijual.
  3. Biarkan puding dingin dengan sendirinya, puding yang baru matang langsung dimasukan ke dalam kulkas akan membuat puding menjadi berair
  4. Menyimpan puding di tempat yang tertutup
  5. Hindari penyimpanan terlalu lama di kulkas, penyimpanan yang baik di kulkas hanya 2-3 jam. Karena puding akan terasa lebih nikmat jika disajikan saat masih fresh
  6. Jika puding akan dicampur dengan susu, jangan sampai susu terlalu encer dan kental.
  7. Merebus puding dengan api kecil, jika menggunakan api yang besar akan membuat tekstur puding menjadi pecah.

Emping jagung akan lebih praktis di buat dengan mesin pemipih emping jagung yang sudah bisa dibeli via online.

Rekomendasi Mesin Pemipih Emping Jagung

Mesin pemipih emping jagung ini merupakan salah satu alat yang bisa digunakan sebagai pengemping jagung untuk membuat emping jagung. Lebih spesifikasinya, mesin ini untuk memipih atau menggepengkan jagung agar siap dijadikan emping.

Cara Membuat Puding Jagung Manis

Terdapat banyak cara buat puding jagung, namun artikel kali ini akan memberikan resep yang berbeda namun tetap dengan bahan dasar yang sama.

Bahan – Bahan 

  • 500 ml air
  • 1/2 bungkus jelly plain
  • 125 ml susu cair
  • 1 jagung manis besar
  • 75 gram gula pasir
  • 1 sdm maizena
  • Garam secukupnya

Bahan Vla Santan

  • 300 ml santan kelapa parut
  • 1,5 sdm tepung maizena dan larutkan air sedikit
  • 1 sdm gula pasir
  • 1/2 sdt garam

Cara Membuat Puding Jagung Manis

  1. Haluskan jagung dengan blender lalu saring
  2. Campur semua bahan ke dalam panci sedang
  3. Masak di atas api kecil sampai tak ada yang menggumpal
  4. Aduk terus hingga mendidih
  5. Setelah adonan agak kental matikan api
  6. Tuang puding dalam cetakan
  7. Dinginkan di dalam lemari es hingga padat
  8. Puding jagung manis telah siap untuk disajikan

Vla

  1. Masukkan santan, gula pasir dan garam ke dalam panci
  2. Masak dengan api kecil hingga mendidih
  3. Tambahkan larutan tepung maizena
  4. Aduk kembali hingga mendidih dan mengental
  5. Tunggu hingga dingin
  6. Tuang saus vla di atas puding jagung
  7. Puding jagung santan telah siap untuk disajikan

Resep vla santan diatas adalah pilihan, jadi tidak wajib dimasak ya teman-teman. Bagaimana? Mudah kan membuat puding jagung manis. Bisa untuk makanan penutup sehari-hari dirumah atau dijadikan peluang bisnis kalian! Selamat Mencoba!

The post Cara Membuat Puding Jagung Manis Untuk Keluarga appeared first on Tukang Review.

]]>
Cara Membuat Telur Gulung Sosis dengan Mudah dan Cepat https://tukangreview.com/cara-membuat-telur-gulung-sosis/ Mon, 07 Sep 2020 08:47:45 +0000 https://tukangreview.com/?p=3781 Kalian anak tahun 90-an pasti akan bernostalgia jika bertemu jajanan telur gulung ini. Salah satu variasi jajanan ini adalah cara membuat telur gulung sosis Resep telur gulung satu ini kepopulerannya gak main-main lho readers, sehingga banyak orang mulai menjajakannya. Karena kepopulerannya, kalian sering menemui banyak pedagang kaki lima yang menjajakannya didepan sekolah dan dipinggir jalan. Olahan … Continue reading "Cara Membuat Telur Gulung Sosis dengan Mudah dan Cepat"

The post Cara Membuat Telur Gulung Sosis dengan Mudah dan Cepat appeared first on Tukang Review.

]]>
Kalian anak tahun 90-an pasti akan bernostalgia jika bertemu jajanan telur gulung ini. Salah satu variasi jajanan ini adalah cara membuat telur gulung sosis

Resep telur gulung satu ini kepopulerannya gak main-main lho readers, sehingga banyak orang mulai menjajakannya.

Karena kepopulerannya, kalian sering menemui banyak pedagang kaki lima yang menjajakannya didepan sekolah dan dipinggir jalan.

Olahan telur gulung termasuk variasi telur goreng dimana sebuah telur yang dipecahkan akan digoreng dan kemudian digulung menggunakan sebuah tusukan yang biasanya terbuat dari kayu pohon bambu.

Cara membuat telur gulung sosis sebenarnya relatif mudah karena hampir mirip dengan membuat telur dadar seperti biasanya. Bahan-bahannya pun tak beda jauh dengan kalian membuat telur dadar.

Hal yang seringkali menjadikan makanan ini gagal dibuat adalah teknik membuat sebaran telur di minyak panas dan teknik menggulung dengan benar karena kedua hal tersebut yang menjadikan telur ini jarang dibuat oleh banyak orang.

Telur adalah makanan favorit masyarakat yang mana selain lezat disantap juga dipercaya memiliki manfaat berupa nilai gizi yang cukup tinggi.

Selain dikonsumsi secara langsung, telur juga menjadi bahan pokok untuk membuat aneka kuliner seperti kue dan roti, ditambah lagi tidak sedikit juga aneka olahan masakan yang menggunakan telur ayam sebagai bahan utamanya.

Sesuai namanya, resep telur gulung ini memiliki bahan utama telur. Telur yang kita makan biasanya adalah telur yang berasal dari unggas seperti ayam, bebek, angsa dan burung puyuh.

Sebagai sumber protein yang murah telur mempunyai kandungan gizi yang cukup lengkap, meliputi karbohidrat, protein dan delapan macam asam amino sehingga berguna bagi tubuh, terutama bagi kalian yang masih berada dalam masa pertumbuhan.

Tak hanya rasanya yang nikmat, olahan ini juga sangat bergizi karena telur ayam yang digunakan oleh bapak-bapak penjual mengandung omega 3, protein, lemak, kerbohidrat, kalsium, fosfor dan zat besi yang lebih banyak. Dan juga mengandung vitamin A dan vitamin B12.

Cara Membuat Telur Gulung Sosis

Siapkan bahan-bahan berikut:

  • Mesin sosis telur
  • Minyak goreng
  • 6 butir telur ayam (1 sostel 1 telur)
  • Irisan daun bawang secukupnya
  • Irisan wortel secukupnya
  • Garam
  • Sosis yang sudah ditusuk lidi bersih

Cara Membuat Telur Gulung Sosis:

  1. Siapkan dan panaskan mesin sosis telur
  2. Tuangkan minyak goreng secukupnya ke tiap-tiap lubang mesin sostel dan ratakan di sekeliling lubang
  3. Masukkan 1 butir telur ayam ke 1 lubang masing-masing
  4. Masukkan irisan daun bawang dan wortel secukupnya ke masing-masing lubang
  5. Pastikan sosis sudah ditusuk dengan lidi bersih atau tusukan sate, lalu masukkan ke dalam lubang
  6. Aduk-aduk adonan telur dan irisan sayuran tadi dengan sosis agar merata
  7. Tunggu sekitar 2-3 menit agar matang, ditandai dengan naiknya sosis telur secara otomatis
  8. Sostel buatan anda pun dapat segera dinikmati dengan tambahan saus sambal, saus tomat, dan mayonaise untuk menciptakan kualitas rasa yang enak.

Jadi begitu ya cara membuat telur gulung sosis yang cepat. Mudah sekali bukan, karena terbantu dengan mesin sosis telur. Jadi kalian bisa menikmati banyak sostel ini dalam sekali masak.

Mudahkan resepnya, ada juga yang dibantu alat canggih loh, jadi gak ada alasan lagi kalau kalian ingin membuat telur gulung yang cepat dan gak makan banyak alat.

Mengonsumsi telur setiap hari tidak masalah kok bagi kalian yang sedang dalam keadaan sehat.

Namun, beda lagi jika telur dikonsumsi oleh kalian yang menderita diabetes, penyakit jantung, tekanan darah tinggi, atau mengalami masalah dengan kolesterol dalam darah. Sebaiknya batasi jumlahnya!

Selamat mencoba! Semoga berhasil dan kalian suka dengan hasil masakan kalian!

The post Cara Membuat Telur Gulung Sosis dengan Mudah dan Cepat appeared first on Tukang Review.

]]>
Cara Membuat Bakwan Jagung Yang Enak Dan Lezat https://tukangreview.com/cara-membuat-bakwan-jagung-yang-enak/ Mon, 07 Sep 2020 03:38:43 +0000 https://tukangreview.com/?p=3778 Artikel kali ini akan membagikan tentang cara membuat bakwan jagung yang enak. Siapa disini pecinta gorengan? Bakwan Jagung cocok sekali untuk hidangan camilan di sore hari. Banyak sekali cara bikin bakwan jagung dengan berbagai versi. Namun, kali ini tetap dengan bahan dasar yang sama yaitu jagung akan membuat bakwan jagung yang lebih enak! Hampir semua … Continue reading "Cara Membuat Bakwan Jagung Yang Enak Dan Lezat"

The post Cara Membuat Bakwan Jagung Yang Enak Dan Lezat appeared first on Tukang Review.

]]>
Artikel kali ini akan membagikan tentang cara membuat bakwan jagung yang enak. Siapa disini pecinta gorengan? Bakwan Jagung cocok sekali untuk hidangan camilan di sore hari. Banyak sekali cara bikin bakwan jagung dengan berbagai versi. Namun, kali ini tetap dengan bahan dasar yang sama yaitu jagung akan membuat bakwan jagung yang lebih enak!

Hampir semua pecinta gorengan menyukai bakwan jagung yang renyah dan manis. Menjadi salah satu olahan jagung yang mudah, membuat bakwan jagung di gemari oleh seluruh rakyat indonesia. Gorengan yang berbahan dasar jagung ini bisa didapatkan dan dimasak sendiri dirumah dengan bahan dasar yang murah. Rasa jagung yang manis dan tekstur yang renyah dari tepung sangat pas dan cocok disantap di sore hari ditemani teh hangat.

Manfaat Jagung Bagi Kesehatan

Sebelum mengetahui cara membuat bakwan jagung yang enak. Ketahuilah bahwa jagung merupakan salah satu hasil pertanian yang mudah kita dapatkan dengan harga relatif murah. Bisa diolah secara sederhana seperti di rebus maupun diolah menjadi berbagai makanan lezat lain. Hampir semua orang menyukai makanan berbahan dasar jagung, rasanya yang manis dengan tekstur yang lembut, pas di hampir semua lidah. Berikut manfaat jagung bagi kesehatan :

1. Baik untuk pencernaan

Jagung adalah salah satu pilihan makanan kaya serat, baik serat larut dan tidak larut. Serat larut dapat membantu memblokir penyerapan kolesterol. Selain itu, konsumsi jagung mampu membuat buang air besar lebih lancar, menghindarkan dari masalah sembelit, wasir, hingga kanker usus besar.

2. Mencegah Anemia

Didalam jagung banyak mengandung, Vitamin B12, asam folat, dan zat besi yang dapat menghindari kita dari anemia atau kekurangan darah.

3. Sumber Energi

Jagung termasuk sayuran bertepung yang mampu memberikan energi pada tubuh. Termasuk dalam jenis karbohidrat kompleks membuat konsumsi makan ini dapat memberikan rasa kenyang lebih lama sehingga energi pun berlangsung stabil.

4. Menurunkan Kolesterol LDL

Jagung juga kaya akan Vitamin C, karotenoid, dan bioflavonoid yang berfungsi untuk menjaga jantung sehat dengan mengendalikan kadar kolesterol dalam darah. Selain itu mampu mengurangi menyerepan kolesterol dalam tubuh.

5. Cegah Diabetes dan Hipertensi

Konsumsi secara teratur biji jagung membantu dalam pengelolanan insulin pada diabetesi. Selain itu melindungi dari hipertensi karena ada kandungan phenolic phytochemicals. Phenolic phytochemicals mengatur penyerapan dan pelepasan insulin dalam tubuh, sehingga mengurangi kemungkinan paku dan tetes untuk pasien diabetes dan memungkinkan mereka untuk mempertahankan gaya hidup yang normal. Bisa juga dihidangkan dengan nasi jagung simple atau dengan olahan jagung lainnya seperti dijadikan emping jagung dengan mesin pemipih emping jagung

Cara Membuat Bakwan Jagung Yang Enak

Bahan – Bahan 

  • 3 bonggol jagung manis
  • 2 btg daun bawang, iris tipis
  • 4 siung bawang putih, dihaluskan
  • 3 sdm tepung terigu
  • 2 sdm tepung tapioka
  • 1/2 sdt baking powder
  • 4 bh bawang merah, dihaluskan
  • 2 sdm tepung beras
  • Secukupnya lada
  • 100 ml air / secukupnya
  • 2 sdt gula pasir
  • 1 sdt garam

Langkah Memasak Bakwan Jagung Manis

  1. Rontokkan/pipil jagung manis dari bonggolnya. Ikuti tips cara memipil jagung seperti diatas agar bakwan terlihat lebih cantik
  2. Campur semua bahan, kemudian tuang air sedikit demi sedikit, jangan sampai adonan terlalu encer atau terlalu kental.
  3. Tambahkan garam dan gula sesuai selera.
  4. Panaskan wajan dengan minyak yang cukup banyak, lalu ambil satu sendok makan adonan, dan tuang kedalam minyak, ulangi sampai beberapa adonan. Goreng hingga matang.
  5. Bakwan jagung renyah siap disajikan sebagai pedamping menu utama.

Hidangkan dengan teh hangat saat berkumpul bersama keluarga akan lebih terasa nikmat. Bisa juga menjadi lauk dengan nasi putih atau nasi jagung yang masih hangat. Itulah resep singkat mengenai bisa dicoba dirumah untuk mengisi kegiatan selama pandemi. Semoga artikel ini dapat membantu. Selamat Mencoba!

 

The post Cara Membuat Bakwan Jagung Yang Enak Dan Lezat appeared first on Tukang Review.

]]>
Cara Memasak Nasi Jagung Simple dan Lezat https://tukangreview.com/cara-memasak-nasi-jagung-simple/ Sat, 05 Sep 2020 09:59:23 +0000 https://tukangreview.com/?p=3775 Kali ini resep yang akan dibahas adalah cara memasak nasi jagung simple dan lezat! Memang sih, biasanya untuk ibu ibu yang ingin cepat dan tidak repot biasanya mengikuti cara membuat nasi jagung. Tapi, kali ini yuk intip cara memasak nasi jagung yang lain! Nasi jagung ini memiliki banyak penggemar loh! Makanan diet yang lezat dan tradisional … Continue reading "Cara Memasak Nasi Jagung Simple dan Lezat"

The post Cara Memasak Nasi Jagung Simple dan Lezat appeared first on Tukang Review.

]]>
Kali ini resep yang akan dibahas adalah cara memasak nasi jagung simple dan lezat! Memang sih, biasanya untuk ibu ibu yang ingin cepat dan tidak repot biasanya mengikuti cara membuat nasi jagung. Tapi, kali ini yuk intip cara memasak nasi jagung yang lain!

Nasi jagung ini memiliki banyak penggemar loh! Makanan diet yang lezat dan tradisional ini biasa dijadikan pengganti nasi putih. Dikenal dengan nama Nasi Jagung karena hidangan ini terbuat dari campuran nasi dan jagung pipil kering yang telah ditumbuk kasar. Makanan ini bukan olahan campuran nasi dan jagung. Tapi, merupakan olahan jagung dengan bentuk menyerupai nasi. Jadi, saat memakannya, yang sebenarnya dimakan adalah jagung. Kaya akan karbohidrat, jagung menjadi salah satu makanan pokok yang dikonsumsi sehari-hari. Selain diolah menjadi menu makanan pokok, jagung juga kerap disajikan sebagai sayuran pelengkap, khususnya pada hidangan khas Western. Bukan itu saja, teksturnya yang empuk juga kerap diolah menjadi aneka kudapan, mulai dari jagung bakar, jagung rebus, hingga jasuke (jagung, susu dan keju).

“Nasi Jagung” hasil kreasi makanan zaman dulu ketika dalam masa sulit

Pada zaman dulu, ketika paceklik atau masa sulit tanam, beras sulit didapatkan dan banyak orang tak bisa makan nasi, apalagi untuk orang-orang pedesaan yang tak mampu. Tanaman yang menghasilkan pada saat itu adalah jagung, yang tidak begitu memerlukan banyak perawatan dan air. Pada akhirnya orang secara kreatif memanfaatkan biji jagung menjadi makanan pengganti nasi.

Hingga kini, masih terus dikonsumsi dan pemasakannya bisa dicampur dengan nasi beras dan bahkan sering membuat kangen banyak orang karena memberi kesan pedesaan yang alami dan nyaman. Salah satu olahan jagung yang lain adalah Bihun Jagung. Jagung juga bisa dijadikan camilan gurih dan lezat untuk menemani sore hari dirumah yang dijadikan olahan menjadi emping jagung. Emping jagung sangat mudah dibuat dengan menggunakan mesin pemipih emping jagung.

Manfaat mengkonsumsi nasi jagung

Nasi jagung memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan. Kaya akan serat, vitamin, mineral, hingga antioksidan. Meski memiliki kandungan gula sukrosa yang tinggi, hal tersebut tidak mengurangi manfaat kesehatan yang didapat dari mengonsumsi jagung. Berikut manfaat jika kalian rutin mengkonsumsi nasi jagung :

  • Menurunkan resiko anemia
  • Menambah energi pada tubuh
  • Mengontrol diabetes
  • Mencegah peradangan
  • Melancarkan pencernaan
  • Menangkal pengaruh radikal bebas
  • Melengkapi nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh

Bagaimana? Banyak manfaat yang bisa kalian dapat ketika mengkonsumsi nasi jagung ya. Olahan nasi jagung sangat pas dan nikmat jika disandingkan dengan lauk yang cocok seperti tempe orek, sayur kluban, gorengan bakwan, atau ayam goreng. Atau bisa juga ditambahkan dengan bihun jagung goreng dengan mengikuti Cara Masak Bihun Jagung Goreng disini.

Langsung saja ikuti resep membuat nasi jagung yuk!

Cara Memasak nasi jagung

Bahan – Bahan

  • 250 gr jagung meniran/tumbukan
  • 150 gram beras
  • 1 1/2 sendok teh garam
  • 750 ml air
  • 600 ml santan (dihangatkan)

Bahan tersebut bisa dipergunakan untuk 4-6 porsi makan.

Langkah Memasak Nasi Jagung

  1. Rendam jagung meniran bersama beras dan garam menggunakan air ang sudah disediakan. Setelah itu rebus campuran beras dan jagung tadi hingga air habis meresap, lalu segera angkat
  2. Panaskan panci kukus atau alat kukus lainnya dan letakan nasi jagung didalamnya. Siram menggunakan santan hangat, lalu lanjutkan mengukus nasi jagung hingga matang dan segera angkat.
  3. Jika sudah berarti sudah siap disajikan selagi panas dengan lauk pauk yang anda siapkan. Akan lebih nikmat jika dicampur sambal dan lalapan.

Itulah cara simple dalam memasak nasi jagung. Mudah bukan? Semoga lezat dan bisa dijadikan makanan sehari-hari untuk keluarga! Selamat Mencoba!

 

The post Cara Memasak Nasi Jagung Simple dan Lezat appeared first on Tukang Review.

]]>
Cara Membuat Kulit Martabak Telur yang Mudah, Pasti Berhasil !!! https://tukangreview.com/cara-membuat-kulit-martabak-telur/ Fri, 04 Sep 2020 04:25:58 +0000 https://tukangreview.com/?p=3772 Dari dulu coba bikin kulit martabak telur, eh tapi gagal. Tenang, yuk ikutin cara membuat kulit martabak telur anti gagal dibawah ini. Pastikan kalian mengikuti Langkah-langkahnya ya jika ingin dapat hasil yang maksimal! Jika kalian bisa melalui Langkah-langkah ini, resep martabak telur yang kalian idamkan akan sempurna. Resep kulit martabak telur memilik telur sebagai bahan … Continue reading "Cara Membuat Kulit Martabak Telur yang Mudah, Pasti Berhasil !!!"

The post Cara Membuat Kulit Martabak Telur yang Mudah, Pasti Berhasil !!! appeared first on Tukang Review.

]]>
Dari dulu coba bikin kulit martabak telur, eh tapi gagal. Tenang, yuk ikutin cara membuat kulit martabak telur anti gagal dibawah ini.

Pastikan kalian mengikuti Langkah-langkahnya ya jika ingin dapat hasil yang maksimal! Jika kalian bisa melalui Langkah-langkah ini, resep martabak telur yang kalian idamkan akan sempurna.

Resep kulit martabak telur memilik telur sebagai bahan utamanya. Telur merupakan salah satu bahan makanan hewani yang sering dikonsumsi selain daging, ikan dan susu.

Telur adalah sumber protein alami yang sangat popular dan dapat didapatkan dengan mudah. Kandungan telur juga cukup beragam dan meliputi banyak nutrisi.

Sebagian besar diantaranya seperti protein, vitamin, dan mineral. Selain mudah diolah menjadi menu yang lezat, telur juga memiliki kandungan yang bermanfaat untuk kesehatan.

Telur memiliki bagian kuning dan putih. Meskipun keduanya berada dalam satu cangkang yang sama, namun keduanya memiliki manfaat yang sangat berbeda. Telur adalah sumber protein lengkap dengan kalori yang rendah.

Jadi untuk kalian yang dalam proses penurunan berat badan dianjurkan untuk mengonsumsi si telur ini. Karena tiap butir telur yang kalian konsumsi hanya terkandung 68 kalori dan 5,5 gram protein saja loh readers.

Di Indonesia telur yang sering digunakan adalah telur dari ayam dan bebek. Kedua telur ini memiliki perbedaan yang sangat mencolok sekali lho. Kalian bisa langsung mengenalinya hanya dari warnanya.

Gak perlu lama-lama, kita langsung ke resepnya yuk. Ingin tahu gimana cara membuat kulit martabak telur yang sempurna? Ikutin resep martabak telur ini yuk!

Cara Membuat Kulit Martabak Telur

Bahan-Bahan :

  • 100 gram tepung terigu tinggi protein
  • 75 cc air biasa atau sesuaikan
  • 1/2 sdt garam
  • 3-5 sdm minyak goreng sebagai campuran
  • minyak goreng untuk rendaman

Cara Membuat Kulit Martabak Telur :

  1. Campur tepung, garam dan air (sedikit demi sedikit).
  2. Aduk hingga tercampur rata.
  3. Uleni dengan tangan sambil menuangkan minyak. Buatlah adonan sampai benar2 kalis dan tidak lengket.
  4. Potong potong adonan dan rendam dalam minyak dingin selama 2 jam sebelum di pakai. Selamat mencoba.

Tips:

  1. Gunakan tepung terigu dengan campuran tepung beras agar tekstur menjadi keras dan renyah. Tambahkan satu atau dua sendok makan tepung beras dalam setiap 100 gr tepung terigu. Penambahannya bisa disesuaikan.
  2. Gunakanlah minyak goreng. Jangan salah menggunakan margarin atau mentega ya Bahan terpentin agar kulit martabak telur berhasil menjadi renyah adalah minyak goreng. Memang sama-sama lemak, namun fungsinya berbeda untuk adonan ya readers..
  3. Uleni hingga kalis selama kurang lebih 5 menit. Proses ini penting karena membantu adonan tercampur merata sekaligus membuatnya agar bisa elastis.
  4. Rendam minyak agar adonan martabak lentur, elastis dan hasilnya renyah ketika digoreng. Perendaman dilakukan selama 30-60 menit atau semalaman.
  5. Saat menggoreng, pilihlah wajan yang cukup lebar sehingga bisa menggoreng martabak dengan baik. Gunakan minyak dalam jumlah banyak dengan api kecil setelah minyak benar-benar panas agar martabak matang merata, tidak gosong namun hasil kulit akan garing, dan krispi renyah.

Jadi begitu ya readers cara membuat kulit martabak telur beserta tipsnya. Jangan menyerah dulu sebelum mencoba ya!

Jadi begitulah cara membuat kulit martabak telur. Selain cara membuat martabak telur diatas, telur bisa juga diolah menjadi olahan makanan lainnya seperti sosis telur. Membuat sosis telur akan lebih mudah dan praktis jika kalian menggunakan mesin sosis telur.

Selamat mencoba resep diatas!

The post Cara Membuat Kulit Martabak Telur yang Mudah, Pasti Berhasil !!! appeared first on Tukang Review.

]]>
Cara Beternak Kambing dengan Baik dan Mudah https://tukangreview.com/cara-beternak-kambing/ Thu, 03 Sep 2020 16:17:44 +0000 https://tukangreview.com/?p=3769 Berikut ini merupakan Cara Beternak Kambing dengan Baik dan Mudah yang dapat diterapkan bagi para pemula, selamat membaca! 1. Pemilihan Bibit Sebelum memilih bibit kambing, harus memilih jenis kambing terlebih dahulu. Berikut ini merupakan jenis kambing yang terkenal di Indonesia : A. Kambing Etawa   Kambing ini biasa dijadikan sebagai kambing pedaging maupun perah. Ciri-cirinya … Continue reading "Cara Beternak Kambing dengan Baik dan Mudah"

The post Cara Beternak Kambing dengan Baik dan Mudah appeared first on Tukang Review.

]]>
Berikut ini merupakan Cara Beternak Kambing dengan Baik dan Mudah yang dapat diterapkan bagi para pemula, selamat membaca!

1. Pemilihan Bibit

Sebelum memilih bibit kambing, harus memilih jenis kambing terlebih dahulu. Berikut ini merupakan jenis kambing yang terkenal di Indonesia :

A. Kambing Etawa

 

Kambing ini biasa dijadikan sebagai kambing pedaging maupun perah. Ciri-cirinya :

  • Memiliki badan yang besar.
  • Dahi dan hidung terlihat cembung.
  • Telinga panjang ke bawah.
  • Dan tanduknya pendek.

Tinggi kambing jantan dapat mencapai 127 cm dengan bobot 91 Kg, dan sedangkan betina hanya mencapai 92 cm dengan bobot 63 Kg.

 

B. Kambing Gibas / Domba

 

Ciri-ciri domba yaitu

  • memiliki bulu tebal di seluruh tubuh,
  • memiliki wara bulu putih,

karena setiap daerah jenisnya berbeds jsdi ada yang memiliki tanduk dan ada yang tidak, bobot pejantan sekitar 50–100 kg, sedangkan betina hanya sekitar 20–50 kg.

 

C. Kambing Kacang / Jawa

 

Ciri cirinya :

  • Berbulu pendek dengan warna putih/hitam/coklat dan ada juga yang campuran.
  • Memiliki tanduk seperti pedang baik jantan maupu betina.
  • Telinganya pendek menggantung.
  • Terdapat janggut pada pejantan.
  • Dan memilki bulu panjang di sepanjang garis leher hingga ekor dan pantat.

Setelah memutuskan kambing mana yang akan diternak, juga harus memperhatikan syarat pemilihan bibit yang baik. Berikut syarat-syaratnya :

  • Kambing berumur 6–8 bulan.
  • Berekor gemuk.
  • Garis pinggang dengan garis punggung harus lurus.
  • Bulu bersih.
  • Badan panjang, utamakan jantan.
  • Sehat, tidak cacat, tidak buta, hidung dan anus bersih.

 

2. Membangun Kandang

 

Dalam membangun kandang, usahakan kandang yang nyaman untuk kambing agar memudahkan dalam merawat dan mengawasinya. Kandang yang bagus yaitu kandang tipe panggung (modern). Kelebihan dari tipe ini adalah memudahkan dalam memberi pakan, membersihkan kotoran, megawasi dan lainnya.

Berikut tips dalam membangun kandang :

  • Jarak dari rumah minimal 10m.
  • Usahakan mendapatkan sinar matahari dan jauh dari rumah warga.
  • Tidak lembab dan mudah dibersihkan.
  • Sirkulasi udara dalam kandangdan kandang pejantan disendirikan (kecuali jika mau dikawinkan).
  • Sebaiknya menggunakan kandang panggung dengan tinggi 0.5 m.

 

Baca Juga : Cara Ternak Kambing yang Baik dan Mudah

 

3. Pemberian Pakan

 

Pakan utama kambing yaitu hijauan dengan kebutuhan sehari 5–7 kg per ekor. Sedangkan untuk menambah laju pertumbuhan dan penggemukan, dapat menggunakan pakan tambahan yang berupa konsentrat. Untuk takaran per-hari tiap kambing membutuhkan pakan tambahan sebanyak 0,5 kg dengan dicampur dedak atau bekatul.

Pakan kambing diberikan sebanyak 2 kali sehari, yaitui pagi dan sore. Konsentrat lebih baik diberikan sebelum pakan hijauan. Dan jangan lupa untuk memberikan komboran pada kambing yaitu berupa bekatul di campur air, pemberiannya pada sore hari. Kemudian vitamin untuk menambah daya tahan tubuh dan mengurangi bau kotorannya.

 

4. Perawatan

 

Untuk mendukung pertumbuhan kambing yang baik, harus melakukan perawatan kandang tempat kambing dipelihara, seperti membersihkan kotoran dan sisa makanannya. Minimal 2 kali seminggu.

Hal yang tidak boleh dikesampingkan adalah selalu merawat kambing jawa agar kesehatannya terjaga. Jika sampai kambing terkena penyakit, maka perkembangan kambing akan terhambat bahkan menyebabkan kematian.

Oleh karena itu terkadang perlu memberikan vaksin maupun obat obatan kepada kambing.Untuk menjamin keberhasilan usaha ternak, kambing juga memerlukan perawatan. Perawatan ternak dapat berupa memberi makan dan minum, pencukuran bulu, pemotongan kuku.

Mandikan kambing minimal 2 kali dalam setahun. Ternak yang jarang dimandikan akan lebih mudah terserang penyakit yang disebabkan bakteri dan jamur.

 

6. Pemanenan

 

Pemanenan dapat dilakukan ketika kambing yang sudah menginjak usia dewasa (poel / gigi ompong), yaitu usia sekitar 8–12 bulan. Panen kambing dilakukan setiap tahun. Harga jual kambing dapat dimulai dari 1,2 juta hingga 4.5 juta, namun tergantung juga jenis kambingnya. Biasanya kambing yang memiliki harga jual tinggi adalah kambing etawa.

Usahakan masa panen kambing per tahun bebarengan dengan Hari Raya Idul Adha atau hari besar lainnya, agar harga jual kambing menjadi lebih tinggi dengan keuntungan yang didapatkan lebih banyak.

Baca juga : mesin giling sekam menjadi bekatul untuk pakan ternak

 

terima kasih sudah membaca artikel mengenai Cara Beternak Kambing dengan Baik dan Mudah yang dapat diterapkan bagi para pemula, selamat mencoba!

The post Cara Beternak Kambing dengan Baik dan Mudah appeared first on Tukang Review.

]]>