Resep Tongseng Daging Sapi Simple ala Rumahan

Pada artikel kali ini saya akan menjelaskan resep tongseng daging sapi ala rumahan yang simple tanpe ribet. Cocok dihidangkan saat berkumpul bersama keluarga di rumah.

Sudah tidak asing lagi bukan tongseng daging sapi ditelinga anda. Ya makanan yang sudah populer sejak  abad ke 18 ini dan sampai sekarang pun masih sangat digemari oleh masyrakat di Indonesia.

Makanan ini sangat enak dan tentunya menggugah selera bagi yang menikmatinya. Tongseng sangat populer di Boyolali dan disana juga ada patung sate tongseng yang sudah didirikan oleh pemerintah sekitar untuk mengapresiasi para pedagang tongseng.

Banyak yang menjual makanan ini dengan menggunakan gerobak dengan berkeliling ke desa satu ke desa yang lainnya atau juga mangkal pada satu tempat. Namun saat ini mungkin kebanyakan penjual tongseng yang menjual dengan cara membuka warung khusus tongseng saja.

Penasaran dengan rasa tongseng daging sapi ini ? Tak perlu khawatir lagi dan tak perlu jauh – jauh pergi untuk membelinya karena makanan ini dapat dibuat di rumah sendiri. Bahan – bahan yang diperlukanpun mudah untuk didapatkan.

Resep Tongseng Daging Sapi Simple

resep tongseng daging sapi simple

Bahan – Bahan :

  • 250 gram daging sapi
  • 5 siung bawang merah
  • 1 sdt garam
  • 2 sdt gula pasir
  • 1 sdm gula jawa, sisir
  • 1 sdt kaldu sapi bubuk
  • Air secukupnya
  • 3 sdm kecap manis

Bumbu Halus :

  • 3 siung bawang putih
  • 1 sdm merica bubuk
  • 1 butir kemiri

Bahan Pelengkap :

  • 2 buah tomat, potong – potong
  • 5 buah cabai atau juga bisa sesuai selera
  • 3 lembar daun kubis, sobek

Langkah – Langkah :

  1. Siapkan bahan dan bumbu kemudian cuci bersih daging sapi lalu potong – potong sesuai selera atau juga bisa potong dadu.
  2. Tumis bawang merah sampai baunya harus kemudian tambahkan bumbu yang sudah dihaluskan tadi. Aduk rata masak hingga harum.
  3. Masukkan daging sapi dan jangan lupa diaduk agar bumbu tercampur rata.
  4. Tambahkan air, gula dan garam. Aduk sebentar agar tercampur lalu diamkan selama kurang lebih 30 menit sampai airnya menyusut dan daging empuk.
  5. Setelah 30 menit , tambahkan kecap, kaldu bubuk, tomat dan cabe lalu aduk rata sampai layu.
  6. Yang terakhir masukkan kubis aduk rata kembali sampai kubis layu. Matikan kompor.
  7. Tongseng daging sapi siap untuk disajikan.

Bagaimana ? Sangat simple bukan untuk membuat tongseng daging sapi di rumah sendiri. Selain itu resep ini juga cocok untuk kamu yang sedang belajar memasak karena bahan – bahannya tidak sulit untuk didapatkan.

Selain menjelaskan mengenai resep tongseng daging sapi, saya juga akan menjelaskan sedikit mengenai bagaimana cara membeli daging sapi yang baik agar tidak tertipu oleh pedagang nakal di pasar.

Tentu banyak sekali bukan para pedagang daging di pasaran namun anda perlu hati – hati dalam membelinya. Ada beberapa cara untuk memperhatikan apakah daging tersebut layak dikonsumsi atau tidak.

Yang pertama perhatikan warna daging, warna daging layak konsumsi yaitu berwarna merah dan tidak pucat. Kedua tekstur dari daging, tekstur daging yang layak konsumsi yaitu terasa kenyal saat ditekan. Ketiga bau dari daging tersebut.

Keempat jangan membeli daging yang sudah berair dan yang kelima cek sertifikat halal yang dipunyai oleh pedagang jika ia mempunyai. Itulah beberapa cara untuk membeli daging sapi yang baik dan benar.

Tetaplah berhati – hati dan selalu memperhatikan dengan teliti produk makanan atau bahan makanan yang akan kalian konsumsi. Selalu jaga kesehatan tubuh anda.

Selamat mencoba membuat resep tongseng daging sapi ini di rumah dan jangan lupa untuk menghidangkannya bagi keluarga anda. Selamat mencoba.

 

Inilah Resep Bolu Kukus Jagung Enak dan Mudah Untuk Kalian Buat

Banyak yang bilang jika bikin resep bolu kukus jagung seperti ini sulit , padahal gampang dan sama kayak kita buat kue bolu yang lain. Mungkin kalian belum mencobanya dan kurang percaya diri untuk mencoba membuat kue sendiri.

Orang lebih memilih sesuatu hal yang mudah dan tidak bikin repot. Padahal kalau kamu tahu jika rahasianya dan tau nikmat proses saat bikin kue, kamu bakalan pengen buat terus.

Nah, dibawah ini ada resep kue bolu kukus jagung manis yang bisa kalian akan coba. Cara membuatnya juga mudah karena disini kami tidak memakai peralatan masak yang khusus atau cetakan kue bolu khusus.

Yang kami pakai cuma panci kukusan aja. Sebelum lanjut ke pembahasn berikut lebih baik kita tahu apa itu jagung.

Pengertian Jagung

Jagung merupakan salah satu bahan pangan yang fleksibel. Jadi bisa di buat menjadi apa pun dengan beberapa bahan tambahan lainya.

Ada jagung bakar, jagung rebus, sup jagung, puding jagung dan masih banyak lagi. Namun apapun jenis hasil olahanya, tetap enak dan nikmat saat dinikmati.

Pada kali ini kita juga akan mengolah jagung menjadi suatu sajian yang empuk, lembut dan nikmat yakni cake kukus jagung manis. ini nih buat yang suka negmil malam-malam, salah satu solusinya adalah sajian satu ini.

Untuk menyajikanya secara instan anda bisa pada saat malam hari di toko toko kue. Namun bagi kalian yang suka memasak, Anda bisa membuatnya dengan versi anda sendiri.

Untuk membuat kue cake kukus Jagung memang terbilang cukup mudah. Namun kali ini yang harus di perhatikan adalah pada saat pengolahan adonan.

Dalam membuat sajian cake jenis kue yang lain memang ketepatan suatu adonan sangat di butuhkan. Bahkan ada masyarakat yang masih gagal dalam membuatnya.

Banyakan adonan yang mereka buat bantet atau tidak mengembang. Nah, maka dari itu kami ingin membagikan proses pembuatan yang baik dan benar.

Namun sebelum itu, persiapkanlah terlebih dahulu bahan dan eralatan yang di gunakan

Inilah Resep Bolu Kukus Jagung Enak dan Mudah Untuk Kalian Buat

resep bolu kukus jagung

Bahan Bahan Resep Bolu Kukus Jagung

  • Jagung manis sebanyak 60 gram ( parut halus )
  • Kuning telur sebanyak 6 butir
  • Putih telur sebanyak 3 butir
  • Emulsifier (SP/TBM) sebanyak1/2 sendok makan
  • Gula pasir sebanyak 75 gram
  • Garam dapur sebanyak ¼ sendok teh
  • Tepung terigu sebanyak 135 gram
  • Baking powder sebanyak ½ sendok teh
  • Margarine sebanyak 30 gram ( lelehkan )
  • White cooking chocolate sebanyak 30 gram ( lelehkan )

Langkah Langkah Resep Bolu Kukus Jagung

  1. Campurkan kuning telur, putih telur, gula pasir dan garam dapur dalam satu wadah.
  2. Kemudian aduk dan kocok dengan menggunakan mixer hingga adonan mengembang.
  3. Tambahkan tepung terigu dan baking powder yang sebelumnya telah diayak dahulu aduk hingga merata.
  4. Masukan sedikit demi sedikit margarine aduk kembali hingga rata.
  5. Selanjutnya tambahkan jagung manis yang telah diparut halus dan white cooking chocolate yang telah dilelehkan aduk hingga benar – benar rata.
  6. Siapkan loyang lalu alasi dengan plastik dan masukan adonan kedalamnya.
  7. Masukan dalam kukusan yang telah dipanaskan dan kukus selama kurang lebih 15 menit atau hingga matang.
  8. Angkat dan sajikan.

Kemungkinan itu saja yang dapat saya sampaikan apabilah ada kesalahan saya mohon maaf dan jangan lupa untuk mengunjungi alat pemipil jagung

pemeliharaan tanaman kelapa sawit

Perkebunan kelapa sawit yang dapat dibangun di daerah bekas hutan primer, hutan skunder, bekas perkebunan tanaman lainnya (misalnya karet, kelapa, kopi, teh) atau daerah bekas padang alang alang.

Daerah tersebut yang mempunyai tipografi yang sangat beragam: datar, landai, bergelombang atau berbukit bukit.

Pemeliharaan Kelapa Sawit Di Area Hutan Dan Alang-Alang

pemeliharaan kelapa sawit

Tetapi yang harus kita perhatikan dalam pelaksanaan pembukaan lahan adalah terjaganya lapisan oleh tanah (top soil). Langkah yang pertama dalam rangka penyediaan tempat pertanaman adalah pembukaan daerah tersebut. Urutan pekerjaan dan alat yang digunakan oleh teknik pelaksanaan untuk membuka areal sangat tergantung pada keadaan di lapangan.

Area Hutan

Pembabatan semak dan pohon pohon kecil merupakan langkah pertama pembukaan areal baru. Pekerjaan tersebut dapat dilakukan secara manual dengan tenaga manusia atau dengan alat alat tradisional. Akan tetapi, supaya lebih praktis, baik dari segi tenaga, waktu maupun biaya, saat ini lebih sering dilakukan secara mekanis dengan menggunakan traktor dan buldoser.

Penebangan pohon sebaiknya dilakukan ke satu arah. Hasilnya potong potongan untuk mempercepat pengeringan dan mempermudah pembakaran. Hasil tebangan dibiarkan dalam jangka waktu 3-6 bulan. Selanjutnya dikumpulkan dan dibakar

Area Alang alang

Pembukaan arela perkebunan kelapa sawit dari areal alang lang dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu secara mekanis dan secara khemis.

Perkebunan area alang alang secara mekanis adalah dengan cara membajak dan menggaru. Pembajakan dilakukan 2 kali, sedangkan penggaruan dilakukan 3 kali. Pekerjaan hanya dilakukan berselang seling antara waktu 2-3 minggu. Bila alang alang masih tumbu, perlu diberantas secara khemis dengan herbisida.

Pembukaan areal khemis dilakuakan dengan caa menyemprot alat alat dengan racun, antara lain dengan Dalapon atau Glyphosate penyemprotan dengan Dalapon dilakukan tiga tahap dengan interval waktu 3 minggu.

Takaran semprot yang digunakan untuk per hektar adalah 1000 liter air dicampur dengan bahan 7,5 kg Dalpon untuk setiap kali penyemprotan, penyemprotan hanya dilakukan bila menggunakan Glyphosate, penyemprotan hanya dilakukan sekali dengan takaran semprot 600-700 liter air yang dicampur dengan 6-7 liter Glyphosate untuk per hektar.

Kunjungi Juga

Konversi dan peremajaan

Konversi adalah pembuakaan areal perkebunan kelapa sawit dari bekas perkebunan tanaman lain (kelapa, karet, lada, teh, maupun kopi). Sedangkan peremajaan yaitu pembukaan areal dari bekas perkebunan kelapa sawit yang sudah tua atau tidak produktif lagi.

Pembukaan areal perkebunan ini lebih mudah dilakukan sebab jumlah pohon yang akan ditebang relatif sedikit dan dapat dikatakan seragam, jalan jalan dan petak petak kebun juga sudah ada. Cara pembukaannya tergantung pada jenis tanaman asli dan dapat dibuka dengan cara mekanis maupun khemis.

Perlu diperhatiakn, bahwa untuk mengurangi pembiakan hama/penyakit serrta untuk mempercepat, pokok pokok pohon diracun terlebih dahulu sebelum ditebang lalu dikumpulkan dan dibakar.

Setelah pembukaan areal lahan, langkah beriktnya adalah melakukan pekerjaan penyiaapan dan pengawetan tanah. Pekerjaan tersebut meliputi pembukaan teras, benteng, rorak, parit drainase dan penanaman tanaman penutup. Pengawetan tersebut dimaksudkan untuk mencegah erosi, mempermudah pelaksanaan panen, memperbaiki penyediaan air tanah, dan mengikat.

Penanaman

pemeliharaan kelapa sawit

Persiapan lahan

lahan tanam sebaiknya dibuat 2-3 bulan sebelum tanam. Ukuran lubang tanam ditentukan oleh umur bibit yang akan ditanam, terutama pertumbuhan akarnya dan keadaan tekstur tanah kebun yang akan ditanami. Beberapa ukuran lubang yang biasa dipakai adalah 45 x 45 x 40 cm, 60 x 60 x 50 cm atau 60 x 60 x 60 cm.

Waktu pembuatan lubang tergantung pada keadaan setempat. Apabila tanahnya gembur, pembuatan lubang tanam pada saat musim hujan tidak akan menimbulkan masalah. Akan tetapi, jika hal tersebut  dilakukan pada tempat yang mengandung tanah liat, maka lubang akan terisi air sehingga mengganggu waktu penanaman

Umur dan tinggi bibit

Umur bibit yang akan ditanam dilapangan tidak sma bila tempat penanamannya berbeda. Hal ini disebabkan oleh iklam yang sangat mempengaruhinya. Pemindahan bibit pada umur yang tidak tepat  dapat menyebabkan kematian.

Bibit dengan umur 12-14 bulan adalah yang terbaik  untuk dipindahkan. Bibit yang berumur kurang dari 6 bulan tidak tahan terhadap hama dan penyakit. Sebaliknya, bila melebihi akan menambah biaya dan waktu tanam menjadi lebih lama.

Walaupun umurnya sama, tinggi bibit di pembibitan tidak dapat seragam. Tinggi bibit yang dianjurkan berkisar  70-180 cm. Bibit ini perlu diseleksi sebelum dipindahkan.

Bibit yang tingginya kurang dari ukuran yang dianjurkan akan menurunkan produksi, sedangkan bibit yang tingginya lebih dari 180 cm produksinya tidak lebih tinggi dibandingkan tanaman yang berasal dari bibit yang dianjurkan

Perawatan Tanaman

Salah satu tindakan yang amat penting dalam teknik budidaya tanaman kelapa sawit adalah dengan melakukan perawatan tanaman. Hal ini akan menentukan masa non produktifitasnya.

Dengan perawatan yang intensif sejak mulai tanam diharapkan kelapa sawit mempunyai masa non-produktif yang pendek. Dengan demikian, kelapa sawit mampu lebih cepat berproduksi dan tentu saja hal ini akan menguntungkan pihak petani.

Dalam arti yang lebih luas, perawatan bukan hanya ditujuakan terhadap tanaman saja, tetapi juga tanahnya. Walaupun tanaman dirawat dengan baik, jika dari segi perawatan tanah diabaikan, maka hal tersebut tidak akan banyak memberikan manfaat pemeliharaan kelapa sawit.

Perawatan tanaman kelapa sawit meliputi beberapa hal, antara lain, penyulaman, penanaman tanaman sela, pemberantasan hama, pemangkasan, pemupukan kastrasi dan penyerbukan buatan.

Penyulaman

Tanaman yang mati atau kurang baik pertumbuhannya harus diganti atau disulam dengan tanaman baru. Kematian atau kurang baikknya

pertumbuhan kelapa sawit dapat disebabkan oleh beberapa hal, yaitu penanaman yang kurang teliti, kekeringan, terendam air, terserang hama atau penyakit maupun gangguan lainnya.

Suatu penanaman dapat dikatakan berhasil jika jumlah tanaman yang disulam maksimal 2-3% dari seluruh bibit yang ditanam.

Untuk keperluan penyulaman, sangat perlu adanya cadangan bibit. Pada perkebunan besar, jumlah cadangan bibit dapat mencapai 5% dari jumlah bibit yang ditanam.

Musim hujan saat yag baik untuk melakukan penyulaman. Bibit yang digunakan sebaiknya seumur dengan tanaman yang disulam, yaitu yang sudah berumur 12-14 bulan.

Untuk itu, agar bibit cadangan dapat mengikuti perkembangan bibit yang di lapangan, maka harus di peindahkan ke kantong plastik yang lebih besar dan dipelihara sebagaimana mestinya. Cara melaksanakan penyulaman sama dengan menanam bibit.

Demikian artikel dari saya pemeliharaan kelapa sawit dan jangan lupa kunjungi artikel yang lainnya.

Resep Bubur Jagung Manis yang Mudah di Buat dan Pastinya Enak

Pada Artikel ini saya akan menjelaskan tentang resep bubur jagung manis yang pastinya bikin nagih. Yuk! Simak penjelasannya dibawah ini.

Bubur Jagung Manis Kelapa Muda KW

resep-bubur-jagung-manis

Tak diduga hasil berlama² di dapur mendapat sambutan yg positif dr orang rumah, makin semangaat deh masaknya.

Menu ini bisa disajikan dengan atau tanpa Es batu, bila anda suka boleh ditambahkan es batu sesuai selera. Tapi pemberian gulanya diseimbangkan juga yaa.. selamat mencoba.

Bahan-Bahan

  1. 2 buah jagung manis ukuran besar
  2. 1 sachet nutrijel kelapa muda ukuran kecil
  3. 600 ml santan sedang
  4. 150-200 gr gula pasir (sesuaikan selera masing²)
  5. 1 sdt garam
  6. 3 lembar daun pandan
  7. Es batu (bila suka *sy skip).

Langkah

  • Sediakan semua bahan (*sy pakai nutrijel kelapa muda kemasan besar ternyata hasilnya kebanyakan untuk satu resep bubur jagung manis ini, jd disarankan pakai yg size kecil saja yaa nutrijelnya)

  • Masak nutrijel kelapa muda seperti petunjuk di belakang kemasan. Setelah mendidih angkat serta tuang dalam loyang biarkan dingin, baru serut dg serutan kelapa atau blewah.

  • Pipil jagung manis pisahkan menjadi 2 bagian menggunakan mesin pengupas kulit jagung. Langkah pertama untuk dihaluskan bagian kedua dibiarkan utuh saja. Haluskan pipilan jagung yg pertama dg sedikit air hingga halus.

  • Mix jadi satu dalam panci : jagung manis yg sdh dihaluskan, pipilan jagung kedua, santan, gula pasir, garam dan daun pandan.

    Masak hingga mendidih serta jagung matang, aduk² sesekali supaya santan tdk pecah. Setelah matang biarkan dingin.

Sajikan dengan cara penyajian : pertama tuang es batu (* jika menambahkan es), menuangkan adonan bubur jagung, letakan serutan kelapa KW ditengah²nya. Bisa jadi menu siang hari yg panas maupun santai sore. Selamat mencoba.

Bubur Jagung

resep-bubur-jagung-manis

Punya nasi sisa biasanya di bikin nasgor. Tapi ya bosen dong nasgor terus. Sekali2 di bikin bubur.

Bubur nasi plus jagung super simple, sarapan bisa semudah ini buibu ngga usah nyari tukang bubur lagi murah meriah endolitah.

Sebelumnya saya pernah share resep bubur ayam magiccom. Sama hg ini ngga beda jauh sih resepnya. Tp kali ini ngga masak pakai magiccom komporin ajaaah.

Bahan-Bahan

  • 4porsi
  • 2 piring nasi
  • 1 buah Jagung di sisir
  • Salam serai
  • Air
  • Kaldu ayam
  • Pelengkap
  • Kerupuk
  • Telur rebus
  • Ayam suwir / abon (saya skip)
  • Bawang goreng
  • Seledri
  • Daun bawang (bila suka)
  • Kedelai goreng (saya skip)
  • Kecap manis
  • Kuah kuning
  • 4 siung bawang merah
  • 3 bawang putih
  • 1 sdt lada bubuk
  • 2 ruas Kunyit
  • 1 jahe
  • Salam serai
  • Air
  • Garam/kaldu.

Langkah

  1. Rendam nasi dalam wadah selama 1-2jam. Lbh lama lebih baik, biar hemat gas.

  2. Tumis bumbu halus hingga harum. Tambahkan 2 gelas air. Beri garam, daun salam dan serai geprek. Setelah mendidih angkat dan sisihkan.

  3. Siapkan panci anti lengket(jika ada) masukkan nasi yg telah di rendam, tambahkan jagung, salam, serai, garam (saya pakai 1 bks masako ayam) dan air 2 gelas (bs pakai air kaldu ayam asli.

  4. Aduk rata, tunggu hingga mendidih, kecilkan api. Bila air surut serta bubur belum matang bs d tambah kan air. Andai sudah matang sajikan dengan bahan pelengkap. Saya pakai kecap asin botolan, manakala tidak ada bs di skip.

Demikian Artikel ini tentang resep bubur jagung manis,lezat dan bikin nagih pastinya. Semoga Artikel ini bermanfaat untuk Anda. Sekian dan terima kasih.

Manfaat Lada Putih yang Sangat Ampuh Khasihatnya

Pada artikel kali ini saya akan menjelaskan manfaat lada putih dengan mudah dan enak. Namun, tahukah kamu apa itu lada putih?? mari kita simak…

Lada merupakan salah satu rempah yang mudah ditemui di wilayah Indonesia. Lada juga menjadi salah satu penyedap rasa dalam berbagai kudapan di Indonesia dan negara-negara Asia lainnya.

Ada dua jenis lada yang sering ditemui di Indonesia yaitu lada putih dan lada hitam. Keduanya itu berasal dari pohon yang sama namun dengan pengolahan yang berbeda. Lada hitam merupakan buah lada mentah yang berwarna hijau. mesin perontok lada.

lada putih1

Manfaat Lada Putih yang Sangat Ampuh Khasihatnya

1. Menghilangkan Rasa Sakit

Lada putih, atau sebenarnya semua adalah lada mengandung capsaicin, zat panas yang dapat menghasilkan panas. Sifat dasar lada ini dimanfaatkan dengan menggunakannya berbagai sebagai gel dan semprotan penghilang sakit.

Di bawah pengaruh capsaicin, seseorang merasakan panas yang dihasilkan di daerah yang sakit, akibat kejang atau keseleo akan cenderung berkurang. Jadi, manfaat lada putih yang pertama ini adalah bisa menghilangkan rasa sakit.

2. Radang Sendi

Capsaicin dalam lada juga memiliki sifat anti-inflamasi. Oleh karena itu, ini sangat bermanfaat bagi semua orang yang menderita radang sendi dan menderita pembengkakan dan nyeri otot.

3. Berat Badan

Karena kandungan capsaicin, lada putih membantu membakar lemak di dalam tubuh dan dengan demikian membantu menurunkan berat badan. Ini adalah alasan sebagian besar dari obat penurun berat badan mengandung capsaicin di dalamnya.

4. Pengobatan Kanker

Bahkan telah ditemukan manfaat dalam penyembuhan kanker prostat. Namun, penelitian ini lebih lanjut tentang topik ini masih sedang dilakukan.

5. Menyembuhkan Sakit Kepala

Manfaat lada putih selanjutnya ini adalah membantu dalam mengobati sakit kepala. Rasa sakit di kepala timbul ketika neuropeptida, zat P mentransmisikan rasa sakit menuju ke otak. Namun, capsaicin ini dapat memblokir transmisi ini dan dengan demikian mengurangi gejala sakit kepala.

6. Obat Batuk

Mereka yang terkena batuk dan sakit tenggorokan dan harus mengkonsumsi bubuk lada putih dengan sedikit madu mentah untuk meredakannya. Madu mentah dan lada putih ini sama-sama memiliki sifat antibiotik dan juga dapat menghasilkan panas. Dengan demikian, mereka dapat membantu menyembuhkan batuk dan pilek dengan mudah.

7. Hidung Tersumbat

Panas yang dihasilkan oleh lada putih ini dapat membantu seseorang membersihkan saluran hidung dan mengurangi hidung tersumbat. Selain itu juga dapat melawan infeksi saluran hidung dengan membersihkan saluran udara dan dengan demikian membantu seseorang bernafas dengan benar.

8. Mencegah Maag Perut

Konsumsi lada putih ini dapat membunuh bakteri penyebab maag di lambung dan usus. Oleh karena itu, ini sangat membantu dalam mencegah penyakit perut seperti maag dan sakit perut.

9. Mengontrol Tekanan Darah

Lada putih kaya akan flavonoid, vitamin C dan A, sehingga sangat membantu dalam menjaga tekanan darah pada tubuh. Seseorang yang memiliki tekanan darah tinggi dan masalah terkait lainnya harus mempertimbangkan untuk memasukkan manfaat lada putih dalam menu makanan sehari-hari mereka.

10. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Ciri unik lada putih adalah karena sifatnya yang menghasilkan panas, sehingga dapat menyebabkan seseorang banyak berkeringat yan gmana menghilangkan cairan berlebih dari tubuh. Faktanya banyak cairan dalam tubuh, terutama di sekitar jantung, dapat menyebabkan tekanan pada jantung dan mempengaruhi fungsinya secara negatif.

Bahkan bisa menyebabkan retensi air di dalam tubuh, bersama dengan kesulitan bernapas karena tekanan yang berlebihan pada paru-paru. Oleh karena itu, untuk membuang kelebihan cairan dari tubuh ini, penting untuk mengkonsumsi lada putih.

Sekian manfaat lada putih ini, semoga cara ini bisa bermanfaat bagi kalian semua. Dan saya mengucapkan banyak terimakasih.

Cara Menanam Bawang Merah Di Pot atau Polybag

Cara Menanam Bawang Merah Di Pot atau Polybag- Bawang merah adalah salah satu bumbu dapur yang sangat penting. Karena hampir semua masakan  yang dibuat menggunakan bawang merah sebagai bahan pelengkapnya.Maka  Tidak heran kebutuhan bawang merah semakin meningkat setiap harinya dan menjadikan harga bawang merah pun terkadang lebih mahal jika dibandingkan dengan bawang putih dan sayuran lain.

Bawang merah atau dikenal juga dengan nama latin Allium cepa var ascalonicum (L) back merupakan tanaman yang berasal dari Iran, Pakistan dan daerah disekitarnya ini merupakan tanaman yang paling terkenal di dunia. Karena selain digunakan sebagai bumbu masak, bawang merah juga ternyata bisa di konsumsi dengan cara yang lain. Seperti misalnya dijadikan bawang goreng, acar sebagai pelengkap sebuah masakan, ataupun di makan mentah.Gunakan Mesin Perajang Bawang agar lebih mudah dalam berbisnis.

Jika anda tertarik untuk membudidayakan bawang merah, di bawah ini terdapat cara menanam bawang merah di potsehingga anda bisa mencobanya sendiri dirumah. 6 langkah sederhana budidaya bawang merah di pot untuk hasil maksimal adalah cara yang sangat sederhana bagi anda yang ingin belajar menanam bawang merah di rumah. Berikut ini adalah cara menanam bawang merah di pot agar cepat tumbuh:

cara menanam bawang

1. Memilih wadah tanam

Ternyata bawang merah merupakan tanaman yang cukup unik dan berbeda dengan kebanyakan tanaman lainnya. Karena menanam bawang merah, anda tidak memerlukan lahan yang luas. Anda bisa menanam di pekarangan rumah dengan menggunakan pot. Dan beberapa cara memilih pot untuk budidaya bawang merah adalah:

  • Pilih pot yang berlubang

Lubang pada pot merupakan hal yang sangat vital. Tidak perlu khawatir tanah yang anda letakan di dalam pot akan keluar dari lubang yang ada dibawahnya. Fungsi dari lubang ini adalah sebagai sirkulasi air sehingga setiap kali tanaman yang kita tanam disiram, tanah didalam pot itu tidak mengandung air yang berlebihan yang berpotensi merusak tanaman.

  • Jenis pot

Ada dua buah jenis pot. Ada yang diletakan di lantai dan ada pula yang digantung. Jika anda memilih pot gantung, yang harus diperhatikan adalah berat dari pot tersebut. Terlebih pada saat pot baru saja disiram. Air akan menambah berat dari pot. Dan jika pot tidak kuat, pot bisa jebol karena tidak kuat menahan berat.

Ada beberapa bahan yang biasa digunakan untuk membuat pot dengan fungsi yang berbeda-beda. Seperti misalnya pot yang terbuat dari plastik yang merupakan pot yang cukup murah dalam segi harga. Namun terkadang pot dari plastik bersifat menkilat dan cukup menyilaukan mata jika terkena sinar matahari langsung.

Selain itu juga ada pot yang terbuat dari keramik dan beton yang bisa mempertahankan kelembapan tanah bagi tanaman yang memerlukan kelembapan tinggi. Lalu ada juga pot dengan bahan dasar kayu dan tanah liat yang cocok digunakan pada saat musim hujan karena dapat menjaga kelembapan tanah yang ada didalamnya. Namun kekurangan pot yang terbuat dari kayu dan tanah liat ini adalah mudah rusak.

Hal terakhir yang harus diperhatikan adalah ukuran. Ukuran pot harus menyesuaikan tanaman dan luas tempat yang ada. Jika anda ingin menanam bawang, pot yang digunakan tidak perlu terlalu besar. Bahkan jika memang sudah ada yang besar, anda bisa menanam 2-3 bibit dalam satu pot untuk mengefisiensikan tempat.

2. Persiapan bibit

Ada dua acara untuk mendapatkan bibit dari bawang merah. Dengan membelinya di toko pertanian atau menggunakan bawang sisa bahan masak. Dan jika anda ingin menggunakan bibit dari bawang merah sisa bahan masak, berikut langkah-langkah yang harus diperhatikan:

  • Bawang merah yang dapat ditanam adalah bawang merah yang sudah tua. Salah satu cara membedakan bawang merah yang tua dan yang muda adalah dengan melihat warnanya. Bawang merah yang sudah tua memiliki warna yang sudah yang lebih gelap dibandingkan bawang merah yang masih muda.
  • Pilih bawang merah yang bersifat tunggal atau tidak memiliki anakan.
  • Pilih bawang merah yang sudah terlihat tunas dibagian atas dan akar dibagian bawahnya.
  • Penampilan bawang tidak keriput
  • Bawang tidak dalam kondisi busuk.

3. Teknik penanaman

Setelah anda memiliki bibit bawang merah sesuai kriteria diatas, selanjutnya kita akan memasuki tahap ketiga. Yaitu tahap penanaman. Secara umum, tahap penanaman terdiri dari dua hal. Yaitu menyiapkan media tanam dan tehnik penanaman itu sendiri.

  • Untuk media tanam, ada beberapa langkah yang harus diperhatikan. Beberapa langkah tersebut adalah:
  • Tanah yang digunakan haruslah tanah yang mengandung humus dimana salah satu ciri-cirinya adalah mengandung banyak cacing tanah.
  • Untuk pupuk dasar, anda bisa menggunakan pupuk kandang yang sudah kering sebagai campuran tanah sekaligus pupuk dasar.
  • Tanah yang digunakan harus gembur. Tanah yang gembur selain memudahkan air terserap tanah juga akan memudahkan pergerakan akar saat tumbuh.

4. Cara menanam bawang merah di pot

Jika media tanam sudah disiapkan. Langkah berikutnya adalah tahap penanaman.  Beberapa langkahnya adalah:

  • Masukan tanah yang sudah diberi pupuk dasar tadi kedalam pot.
  • Tanah yang sudah dimasukan kedalam pot ada baiknya disiram dengan air terlebih dahulu agar keadaan tanah lembab.
  • Sebelum ditanam, bagian atas bawang merah yang mengkerucut di potong ¼ bagian untuk merangsang pertumbuhan tunas baru.
  • Saat ditanam, bagian yang sudah dipotong tadi harus berada di bagian atas dan bagian bawah bawang merah yang sudah mulai terlihat titik-titik akar diletakan di bawah.
  • Perlu diperhatikan, bibit bawang merah yang anda tanam jangan dikubur secara keseluruhan. Biarkan bagian atas terkena udara dan sinar matahari secara langsung.
  • Sebagai catatan, usahakan menanam bibit bawang merah tadi pada waktu pagi atau sore hari. Karena siang hari adalah saat dimana tumbuhan berfotosintesis dan juga udara lebih kering dibandingkan dengan pagi dan sore hari.

Jadi, begitulah cara menanam bawang merah di pot agar tumbuh subur. Namu, lihat lagi tahap perawatan selanjutnya.

5. Teknik perawatan

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk merawat tanaman bawang merah yang anda tanam agar mendapatkan hasil yang maksimal pada saat panen. Beberapa hal itu adalah:

Pada tahap awal penanaman, penyiraman sebaiknya dilakukan dua kali dalam satu hari di waktu pagi dan sore. Hal ini dimaksud untuk menjaga kelembaban tanah. Namun setelah masuk usia 10 hari, itensitas penyiram air dapat dikurangi menjadi satu kali sehari.

6. Penyiangan gulma

Gulma adalah salah satu musuh para petani. Terlebih pada musim hujan dimana gulma dapat tumbuh dengan sangat cepat. Gulma dapat menimbulkan banyak dampak positif bagi tanaman. Seperti salah satunya adalah mengganggu pertumbuhan bawang merah yang anda tanam atau juga menyerap nutrisi yang ada didalam tanah sehingga bawang merah yang ditanam tidak mendapat nutrisi yang cukup untuk tumbuh.

7. Pemberian pupuk lanjutan adalah hal penting lainnya

Namun ada yang harus diperhatikan dalam pemilihan pupuk lanjutan. Karena biasanya pupuk lanjutan terdiri dari dua jenis pupuk. Yaitu pupuk daun dan pupuk buah. Pemberian jenis pupuk yang salah pada suatu tanaman akan berdampak pada pertumbuhan dari tanaman yang ditanam. Karena kedua pupuk tersebut memiliki fungsi yang berbeda. Pupuk daun biasanya digunakan untuk melebatkan daun dan pupuk buah untuk menumbuhkan buah. Jika anda menanam bawang untuk diambil daunnya, gunakan pupuk daun sebagai pupuk lanjutan. Dan jika anda menanam bawang untuk diambil umbinya, gunakan pupuk buah sebagai pupuk lanjutan.

8. Pengendalian hama

Secara umum, ada dua buah masalah yang biasa ditemui petani yang menanam bawang merah yang bisa juga anda temui pada saat menanam bawang merah di pot. Yaitu serangan ulat dan juga daun yang menguning atau penyakit layu. Berikut cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya:

Salah satu ciri tanaman bawang merah yang terserang hama ulat adalah terdapatnya bercak-bercak putih pada daun bawang. Selain itu, jika diperhatikan secara seksama, kita akan melihat beberapa bagian daun yang robek dimakan ulat. Jika sampai terkena hama ini, ada dua buah cara yang bisa anda lakukan. Cara kimiawi dan cara organik. Cara kimiawi, anda bisa menyemprotkan insektisida kepada tanaman bawang merah yang terserang hama ini. Namun jika tanaman bawang merah anda tidak terlalu banyak jumlahnya, maka lebih disarankan untuk mengatasi hama ini dengan cara organik. Yaitu mengambil, secara manual, ulat-ulat yang ada didaun.

  • Penyakit layu. Penyakit layu biasa disebabkan karena serangan jamur dengan ciri-ciri daun bawang mulai menguning pada ujungnya dan mulai melayu serta terpilin. Untuk penyakit ini, sama seperti pada hama ulat, ada dua buah cara yang bisa dilakukan. Yaitu dengan cara kimiawi dan juga dengan cara organik. Cara kimiawi, kita bisa menyemprotkan insektisida secara merata. Sedangkan cara organik-nya, kita bisa mencabut tanaman yang sudah terkena penyakit layu lalu membakarnya agar tidak menular kepada bibit yang lain. Kenapa mencabutnya? Karena biasanya tanaman bawang merah yang sudah terkena penyakit layu, besar kemungkinannya juga mengalami pembusukan pada buahnya.
  • Jika anda memutuskan untuk menggunakan cara kimiawi untuk mengatasi hama dan penyakit, anda harus memperhatikan takaran bahan kimiawi yang akan digunakan. Jangan terlalu banyak menggunakan cairan kimiawi karena selain akan menjadikan tanaman bawang merah anda terkontaminasi bahan kimiawi berbahaya, tanah yang digunakan sebagai media tanam juga akan mengalami kerusakan dan menjadikannya tidak produktif lagi.

9. Cara pemanenan bawang merah

Tanaman bawang merah biasanya akan memasuki masa panen sekitar 55 sampai 70 hari sejak tanggal tanam. Namun walaupun seperti itu, terdapat faktor lain yang mempengaruhi lamanya masa panen bawang merah. Salah satunya adalah jenis bawang merah yang ditanam serta cuaca.

Faktor cuaca adalah salah satu faktor yang sangat berpengaruh pada hasil panen tanaman bawang merah. Karena seperti dijelaskan diatas, bawang merah termasuk tanaman yang tidak membutuhkan banyak air pada saat penanaman. Karena semakin banyak air yang didapatkan, kemungkinan bawang merah membusuk akan semakin tinggi dan kemungkinan untuk gagal panen juga bisa terjadi. Untuk itulah, ketika anda memutuskan menanam bawang merah dengan menggunakan pot, usahakan tanaman bawang merah terkena sinar matahari yang cukup namun tetap terhindar dari air hujan.

Cara kita mengetahui apakah tanaman bawang merah sudah siap panen atau belum adalah dengan memperhatikan daun-daunnya. Jika daunnya sudah tinggi dan 90% sudah merunduk, itu tandanya tanaman bawang merah anda sudah bisa dipanen. Jika anda ingin menggunakan hasil panen bawang merah itu untuk konsumsi sendiri, anda  bisa langsung mengolahnya untuk segera di konsumsi. Namun berbeda jika anda ingin menjualnya.

Biasanya, para petani bawang merah, setelah bawang merah mereka terpanen, mereka akan segera menjemurnya di bawah sinar matahari 7 sampai 14 hari hingga kadar airnya hanya tinggal 85% saja. Penjemuran ini bermaksud untuk mengurangi kadar air yang terdapat didalam bawang merah sehingga menjadikannya lebih awet untuk di simpan beberapa waktu kedepan.

Kerajinan Sabut Kelapa Mudah dalam Pembuatannya

Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan tentang Kerajinan Sabut Kelapa Mudah dalam Pembuatannya, simak sampai selesai agar kalian dapat memahami dan juga mempraktekkannya sendiri

Selain membuat tentang cara budidaya padi saya juga membuat tentang kerajinan sabut kelapa

Kerajinan Sabut Kelapa Mudah dalam Pembuatannya

Indonesia adalah negara kepulauan yang memiliki banyak tanaman kelapa. Sejak kecil, kita telah dikenalkan bahwa pohon kelapa memiliki banyak sekali manfaatnya dari akar sampai dengan daunnya. Contohnya adalah serabut kelapa yang biasanya hanya dibuang ternyata dapat diolah kembali menjadi keset yang berbahan dasar dari sabut kelapa.

Pemanfaatannya selama ini, buahnya menjadi santan dan minyak. Batangnya digunakan untuk kayu bangunan dan daunnya untuk kerajinan sapu, dan yang lainnya. Limbah kulit buah kelapa yang selama ini cuma dibuang saja ternyata dapat dijadikan produk yang dapat bermanfaat untuk lingkungan dan juga membawa nilai ekonomis di pedesaan.

Sabut kelapa pada umumnya hanya dimanfaatkan orang untuk keperluan bahan bakar bagi rumah tangga yang masih menggunakan bahan bakar kayu bakar. Di daerah yang merupakan penghasil buah kelapa, sabut kelapa ini sering dibuang begitu saja. Mungkin hanya pelaku usaha pembuatan bata dan juga genteng saja yang sering membutuhkan sabut kelapa tersebut untuk melalui proses pembakaran.

Namun, ada beberapa pengrajin yang memanfaatkan sabut kelapa ini untuk diolah menjadi produk yang memiliki nilai ekonomis. Seperti apakah gambaran bisnis pengolahan sabut kelapa tersebut?

Cocofiber atau disebut coconut fiber alias serat sabut kelapa merupakan suatu bahan utama dalam pembuatan aneka produk kerajinan. Sabut kelapa yang masih kasar dan juga menggumpal dapat diolah untuk memperoleh serat halus dengan dua cara, yaitu teknik tradisional dan teknik modern. Di bawah ini merupakan salah satu contoh cara membuat kerajinan dari bahan sabut kelapa yaitu kerajinan keset.

Alat yang dibutuhkan:

  • Rimbagan, palu, pisau, gunting, dan juga gobet

Bahan yang dibutuhkan:

  • Sabut kelapa, tali dari sabut kelapa, dan minyak kelapa

Cara membuat keset:

Siapkan alat dan bahannya. Bentuklah sabut kelapa seperti bantal. Pasangkan tali atau tambang pada rimbagan sebagai alur untuk melakukan penganyaman. Oleskan minyak secukupnya pada tali tersebut agar ketika bahannya dianyam tidak tersendat.

Anyamlah tali sebagai awalan sekaligus menjadi pondasinya. Anyam sabut kelapa seperti sedang menenun, masukan dari atas ditata sejajar sampai semuanya sudah terisi penuh. Setiap satu baris rapatkan dengan dipukul-pukul dari atas dengan palu agar keset menjadi padat dan juga memiliki kekuatan.

Setelah selesai melakukan peganyaman, kemudian permukaan keset dipangkas agar rata. Kunci tali atau tambang agar anyamannya tidak mudah lepas.

Keuntungan Bisnis Sabut Kelapa

Di Indonesia sendiri merupakan penghasil kelapa. Sabut kelapa kering dibuang begitu saja. Mungkin hanya pelaku usaha pembuatan bata dan juga genteng saja yang sering membutuhkan sabut kelapa tersebut untuk melalui proses pembakaran.

Para pengrajin telah memanfaatkan serat sabut kelapa untuk dapat diolah menjadi barang-barang yang dapat berguna, misalnya sapu lantai dan juga keset kaki. Seiring dengan semakin majunya berkembangnya zaman dan juga teknologi serta dengan pengolahan sabut kelapa yang juga semakin inovatif, sabut kelapa dapat menjadi produk kerajinan yang benilai jual tinggi.

Mesin Pengupas Sabut Kelapa

Untuk mempermudah dalam pengupasan kalian bisa menggunakan mesin pengupas sabut kelapa agar hasilnya bisa lebih banyak dan lebih cepat

Cara Membuat Tempe yang Tradisional dan Sangat Fressh

Pada artikel kali ini saya akan menjelaskan cara membuat tempe dengan baik dan benar. namun tahukah kamu apa itu tempe?? mari kita simak…

Tempe adalah bahan yang terbuat dari fermentasi terhadap biji kedelai atau beberapa bahan lain yang juga menggunakan beberapa jenis kapang Rhizopus, seperti Rhizopus oligosporusRh. oryzaeRh. stolonifer (kapang roti), atau Rh. arrhizus. Sediaan fermentasi ini secara umum bisa dikenal sebagai “ragi tempe”.

Cara Membuat Tempe yang Tradisional dan Sangat Fressh

Cara Membuat:

1. Rendam kedelai yang di dalam wadah berisi air untuk memisahkan biji kedelai yang layak dan tidak layak olah. Kedelai yang tidak layak olah akan mengapung. Buang biji kedelai yang mengapung.

2. Bilas kedelai yang layak olah hingga bersih kemudian rebus kurang lebih selama 1 jam.

3. Angkat kedelai yang sudah direbus dan lalu dicuci dan pisahkan kedelai dari kulit arinya di bawah air mengalir. Setelah itu, rendam kedelai dalam ke wadah berisi air selama 2 x 24 jam. Ganti air rendaman dalam periode 12-18 jam agar tetap terjaga higienitasnya.

4. Setelah 2 x 24 jam, bilas kedelai yang sudah direndam dengan air yang mengalir.

5. Kukus kedelai selama kurang lebih 1 jam.

6. Tiriskan kedelai yang sudah dikukus didalam tampah bambu atau nyiru. Lalu kipas kedelai untuk mempercepat penguapan.

7. Diamkan beberapa saat. Bila sudah kering dan tidak terasa lembap, lalu taburkan ragi. Untuk 500 gram gunakan dengan 1/3 sendok teh ragi tempe. Campurkan ragi dan aduk hingga rata. Tanda ragi dan kedelai sudah tercampur rata adalah bila kedelai sudah terasa layu dan lengket di telapak tangan.

8. Gunakan sendok makan untuk menakar tempe. Ambil satu setengah sendok makan kedelai (atau sesuai selera) dan taruh di daun pisang batu lalu dibungkus. Jika ingin hasil tempe yang lebih tebal, Anda bisa memasukkan dua sendok makan kedelai untuk dibungkus.

9. Bungkus semua kedelai lalu simpan tempe di suhu ruangan selama 36 jam. Jika ingin tempe yang lebih matang, diamkan lebih lama. Selanjutnya tempe siap dipanen dan dapat diolah.

10. Selamat mencoba:))

tempe1

Manfaat tempe bagi tubuh kita

1. Sumber protein yang lebih kaya dibanding daging

Bisa dilihat bahwa kandungan protein pada tempe dapat disetarakan dengan kandungan yang ada dalam daging, malah lebih banyak mengandung protein. Sekarang andungan nutrisi pada tempe terbukti sekali kualitasnya lebih baik dibandingkan kedelai, karena kadar protein yang larut dalam air akan mengakibatkan meningkatnya aktivitas enzim proteolitik (Widianarko, 2002). Enzim proteolitik dapat memecahkan rantai panjang protein menjadi zat yang dapat dicerna oleh tubuh kita.

Selain itu, tempe mengandung juga lemak yang lebih sedikit, karbohidrat, serat, kalsium, fosfor, besi, tiamin, riboflavin, niacin, asam pantotenat, piridoksin, biotin, vitamin B12, dan akt retinol yang jauh lebih banyak dibandingkan dengan daging.

2. Sumber kalsium yang setara dengan susu sapi

Penelitian yang dilakukan peneliti dari Kuala Lumpur, Malaysia, mengemukakan hal yang sangat menakjubkan dari penelitian tentang tempe ini. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa kalsium yang ada dalam empat potong tempe dapat disandingkan dengan susu sapi loh. mesin giling kedelai.

3. Satu-satunya sumber vitamin B12 dari nabati

Tempe mengandung mengandung 1.7 µg atau 0.0017 mg vitamin B12 yang menjadikan tempe adalah satu-satunya sumber vitamin B12 pada sumber nabati. Kandungan ini cukup untuk seseorang setiap harinya. Sekarang para vegetarian dan vegan tidak perlu lagi takut untuk kehilangan vitamin B12 yang jika kekurangan dapat menyebabkan pusing, lemas, lekas lelah, kulit menguning, dll.

Sekian cara membuat artikel kali ini, semoga bermanfaat bagi kita semua. dan saya mengucapkan banyak terimakasih.

Cara Membuat Kentang Balado Enak, Gurih dan Nikmat

Kali ini saya akan membagikan sebuah resep yang pastinya kalin suka ni boor yaitu Cara Membuat Kentang Balado Enak, Gurih dan Nikmat. Apabila anda kepingin cepat proses pembuatan kentang baladonya  kalian juga bisa pake mesin pengupas kulit kentang ya boor supaya makin praktis dan cepat.

Kentang balado adalah masakan yang sudah sangat populer dan digemari banyak orang ya boor. Tak mengherankan jika menu yang satu ini sudah hampir selalu tersedia di warung nasi atau rumah makan yang menyajikan nasi rames.

Kentang balado sangat cocok dinikmati dengan nasi putih yang hangat bersama dengan teman nasi lainnya seperti ayam goreng ataupun rendang. Tapi menu yang satu ini juga lazim dijadikan sebagai salah satu menu makanan pelengkap nasi uduk Betawi ataupun sebagai pelengkap nasi kotak.

Ibu-ibu di rumah pun umumnya sangat senang membuat kentang balado karena bahannya mudah didapat, membuatnya  cepat dan mengerjakannya tidak sulit.

Selain bisa menambah variasi hidangan di meja makan juga bisa berfungsi untuk melengkapi sajian yang lain, dan tentunya membuat siapa pun yang makan menjadi semakin berselera.

Biasanya kentang balado dibumbui dengan banyak cabai, sehingga rasanya tak hanya gurih tapi juga sangat pedas, efeknya makin menambah nafsu makan. Tetapi ada juga yang menggunakan tambahan tomat.

Penyuka rasa pedas biasanya tidak hanya menggunakan cabai merah besar atau cabai keriting saja, terkadang masih ditambah dengan cabai rawit merah atau cabai setan.  Hasilnya sudah pasti sangat pedas sekali.

Bagusnya, kita tak akan sampai kepedasan jika membuat sendiri. Soalnya jika cabai yang kita masukkan terlalu banyak dan rasanya menjadi terlampau pedas, kita bisa menambahkan gula merah, gula pasir dan garam sedikit untuk menetralisir.

Biasanya rasa pedasnya akan langsung berkurang. Mudah bukan teman-teman? Jangan terlalu takut salah menakar cabai. Kita bisa membuatnya sesuai dengan selera kalian masing-masing ya boor.

Cara Membuat Kentang Balado

Ada juga orang yang membuat kentang balado tanpa asesori lainnya. Namun tak jarang kentang balado diberi tambahan petai, ikan bilis, ikan teri, hati ayam dan ampela ayam, udang, ataupun telur puyuh yang membuat rasanya semakin nikmat banget ni boor.

Nah, kentang balado model seperti apa yang menjadi favorit kalian semua boor? Apakah cukup yang plain saja seperti resep berikut ini, atau dengan asesori khusus? Bila ingin menambahkan bahan yang lain, teman-teman bisa menggorengnya lebih dulu, lalu menambahkan bawang merah dan cabai pada bumbu halusnya.

Yukk boor langsung saja kita lihat apa saja si bahan-bahan yang digunakan untuk membuat kentang balado ini dan juga bagaimana si proses pembuatannya supaya menjadi kentang balado yang enak, gurih dan nikmat?. Simak baik-baik yah boor artikel yang saya bagikan kali ini.

Bahan-bahan untuk Membuat Kentang Balado :

  • 8-10 buah Kentang
  • 10 biji Cabai merah keriting
  • 3 biji Cabai rawit
  • 3 siung bawang putih
  • 4 siung bawang merah
  • secukupnya Gula dan garam

Bumbu-bumbu untuk Membuat Kentang Balado :

  • Garam yang diberi air
  • Ulek cabai merah, cabai rawit, bawang merah dan juga bawang putih sampai halus, jangan sampe lupa tambahkan garam dan sedikit gula.

Cara membuat Kentang Balado :

  • Potonglah kentang tipis” namun memanjang, setelah itu cuci bersih, dan celupkan ke dalam air yang berisi larutan garam supaya rasanya menjadi gurih.
  • Gorenglah kentang ke dalam minyak yang panas dengan api sedang sampai menguning kecokelatan, setelah itu angkat dan lalu tiriskan.
  • Tumislah bumbu-bumbu yang sudah diulek tadi hingga keluar bau harrum.
  • Matikan kompor, dan tunggu bumbu yang telah masak sampai dingin.
  • Masukan kentang ke dalam bumbu yang sudah didinginkan tadi dan aduk hingga merata.

Itulah boor resep yang saya bagikan kali ini semoga bermanfaat ya boor dan yang pasti jangan lupa buat di coa dirumah mu ya . Selamat mencoba.

Manfaat Jagung Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat jagung bisa diperoleh dengan mengonsumsinya, baik berupa camilan jagung rebus, pop corn atau brondong jagung, juga olahan berbahan dasar jagung lainnya seperti tortilla, tortilla chips, tepung jagung, dan minyak jagung.

Manfaat Jagung Bagi Kesehatan Tubuh


Manfaat Jagung Bagi Kesehatan yang Luar Biasa

Kandungan Gizi dan Manfaat Jagung untuk Kesehatan

Manfaat jagung untuk kesehatan dapat ditelaah dari kandungan nutrisinya. Jagung mengandung beragam nutrisi, seperti karbohidrat, protein, serat, dan sejumlah vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan tubuh.

Vitamin yang terdapat pada jagung manis antara lain folat, vitamin A, vitamin, C, dan vitamin B. Sedangkan mineral yang banyak terdapat pada pop corn antara lain mangan, kalsium, zat besi, kalium, fosfor, magnesium, seng, dan tembaga. Jagung juga mengandung lemak dalam jumlah sedikit, namun jenis lemak ini adalah lemak baik.

Apabila Anda ingin mendapatkan manfaat jagung, pastikan untuk memeriksa kandungan tambahan terutama pada produk jagung yang sudah diolah. Pastikan membaca kemasan produk olahan jagung untuk mempertimbangkan bahan tambahan yang digunakan.

Manfaat Jagung bagi Kesehatan

Di bawah ini adalah beberapa manfaat jagung yang bisa didapatkan tubuh:

Mengatasi konstipasi

Untuk mengatasi sembelit atau konstipasi, ada beberapa hal yang perlu dilakukan yaitu perbanyak aktivitas fisik (olahraga), minum air putih, dan perbaiki pola makan. Makanan yang harus masuk ke sistem pencernaan kita saat mengalami konstipasi, diutamakan yang mengandung banyak serat. Makanan jenis ini merupakan obat pencahar alami yang baik untuk membantu mengatasi gangguan pencernaan tersebut. Salah satu makanan yang direkomendasikan adalah jagung.

Olahan manfaat jagung bagi kesehatan tubuh yang juga dianggap efektif mengatasi konstipasi adalah popcorn atau berondong jagung. Hanya saja, jauhkan tambahan lain, seperti garam dan mentega, agar kebaikannya dapat dirasakan tubuh secara maksimal. Jagung dan popcorn termasuk kelompok padi-padian utuh. Menambahkan porsi padi-padian utuh dalam diet adalah solusi efektif dalam mengobati sembelit.

Menurunkan risiko diabetes dan mengontrol kadar gula darah

Jagung termasuk dalam kelompok makanan dengan indeks glikemik rendah, sehingga baik bagi Anda yang mengalami prediabetes, suatu keadaan yang menunjukkan Anda berisiko mengalami diabetes tipe 2.

Penderita diabetes sebaiknya memilih sumber karbohidrat dengan bijak, karena karbohidrat dapat menaikkan kadar gula darah. Sumber karbohidrat yang didapatkan dari sayuran yang mengandung pati dapat menjadi salah satu pilihan yang baik karena karbohidrat jenis ini adalah karbohidrat kompleks yang baik bagi kesehatan. Jadi, penderita diabetes bisa memanfaatkan jagung sebagai salah satu sumber karbohidrat yang sehat.

Baik untuk kesehatan jantung

Manfaat jantung yang kaya nutrisi juga memiliki dampak baik bagi kesehatan jantung. Berbagai penelitian menemukan bahwa pola makan tinggi serat dan protein serta menghindari lemak jahat, merupakan salah satu faktor penting dalam pencegahan penyakit jantung. Salah satu jenis makanan ini adalah jagung. Mereka yang rutin mengonsumsi jagung dan kacang-kacangan sebagai pengganti nasi putih, terlihat memiliki risiko lebih kecil untuk terkena penyakit jantung.

Baca Juga

Mengatasi depresi

Selain menjadi kunci untuk mendapatkan kondisi fisik yang sehat, makanan yang kaya nutrisi juga baik untuk menjaga kesehatan mental. Meski nutrisi atau pola makan tertentu yang bisa menyembuhkan depresi belum ada, namun ada penelitian yang menunjukkan bahwa nutrisi yang baik mempunyai kaitan dengan kesehatan mental seseorang.

Salah satu sumber makanan yang memiliki fungsi tersebut adalah padi-padian utuh. Jagung sendiri termasuk salah satu jenis makanan kelompok padi-padian utuh. Dari padi-padian utuh, kita bisa mendapatkan karbohidrat kompleks, vitamin B, dan asam lemak omega-3 sebagai nutrisi esensial yang dibutuhkan otak.

Namun sekali lagi, jagung tidak bisa melakukannya sendirian. Aneka nutrisi yang berasal dari jenis-jenis makanan lain juga tetap diperlukan untuk menjaga kesehatan otak.

Baik untuk kesehatan mata

Katarak dan degenerasi makula merupakan salah satu penyebab kebutaan yang paling umum. Ada beberapa hal yang dapat meningkatkan risiko seseorang terkena penyakit ini, yaitu proses penuaan dan nutrisi.

Asupan nutrisi yang mengandung antioksidan berupa karotenoid, seperti zeaxanthin dan lutein, diperlukan untuk menjaga kesehatan mata. Lutein dan zeaxanthin berperan dalam menangkal efek kerusakan sel mata sehingga diduga dapat mengurangi risiko degenerasi makula dan katarak.

Dan tahukah Anda? Zeaxanthin dan lutein dapat ditemukan pada jagung atau olahan jagung.