Cara Membuat Singkong Keju yang Kalian Bisa Coba

Cara Membuat Singkong Keju – Bagaimana caranya membuat keju singkong merekah dan melepuh? sebenarnya ini cukuplah mudah. Teknik pembuatannya ini adalah meniru proses pembuatan french fries renyah dan melepuh.

Dengan cara ini, kemudian bisa didapat ketela goreng renyah tetapi crispy namun empuk dan melepuh. Resep dan Cara Membuat Singkong Keju yang Merekah

Proses ini sangat sederhana, singkong pertama dikukus atau dapat digoreng hingga matang. Jika kalian dapat memilih dengan cara digoreng, pastikan singkongnya tidak kelewat matang karena akan dapat menjadi keras.

Goreng Singkong hingga empuk saja, tidak sampai singkong menjadi mateng garing. Dengan demikian, lebih mudah jika singkong dikukus sehingga tidak ada perlu khawatir tentang singkong terlalu matang.

Setelah matang singkong kemudian direndam dalam air es yang sudah dicampur dengan bumbu rempah-rempah seperti bawang putih dan garam. Masukkan juga keju parut dalam untuk bumbunya yang lain. Lama perendaman kurang lebih selama 10-20 menit sampai singkong dan bumbu meresap.

Dengan Digoreng?

Langkah berikutnya adalah singkong kemudian dikeringkan untuk beberapa saat sampai tidak ada tetesan air yang tersisa. Setelah itu, kita dapat memasukan singkong ke dalam freezer selama setengah jam atau sampai singkong itu beku. Setelah beku, singkong siap digoreng.

Untuk menggoreng singkong, Panaskan minyak di atas api sedang cukup banyak. Singkong goreng yang telah digoreng dalam minyak panas dengan kejunya parut. Goreng hingga selesai dan berubah warna menjadi kuning kecoklatan.

Untuk bisa mendapatkan hasil yang terbaik bahan baku singkong itu kebanyakan memang memiliki peran dalam menentukan kualitas singkong. Pilihlah singkong muda dengan ukuran yang tidak terlalu besar. Singkong muda yang memiliki cukup banyak tekstur tapi masih lunak.

Di sini kita menambahkan bawang putih sebagai penyedap dan aroma. Bawang putih akan memberikan rasa gurih singkong. Jika suka, kalian dapat menambahkan sedikit bubuk kaldu pada saat direndam air es sehingga rasanya tumbuh gurih.

Cara Membuat Singkong Keju yang Kalian Bisa Coba

cara membuat singkong keju

Bahan Bahan Cara Membuat singkong keju

  • 500 gram singkong muda
  • 6 siung bawang putih, dihaluskan
  • 1/2 sdt ketumbar, haluskan
  • 1 sdt garam
  • 400 ml air es
  • keju cheddar parut secukupnya
  • minyak untuk menggoreng

Langkah Langkah Cara Membuat Singkong Keju

  1. Singkong dikupas, kemudian cuci bersih. Potong dengan ukuran sekitar 3-4 bagian.
  2. Singkong kukus sampai empuk dan dimasak. Waktu yang diperlukan untuk memasak singkong adalah sekitar 15-30 menit, itu tergantung pada dari api dan ukuran besar singkong itu sendiri.
  3. Masa depan singkong dari kapal, mempersiapkan bumbu-bumbunya.
  4. Campurkan air es, garam, ketumbar serta bawang putih kedalam wadah dan kemudian aduk.
  5. Kemudian saat nebjekang matang singkong diangkat dari kukusan dan kemudian masukkan ke dalam wadah yang berisiair es campuran dan bawang putih.
  6. Masukkan keju cheddar lalu biarkan selama 10-20 menit sampai merekah dan bumbu meresap ke singkong. Setelah itu, tiriskan untuk beberapa saat.
  7. Masukkan singkong tersebut ke dalam freezer minimal 30 menit atau hingga singkong membeku.
  8. Goreng singkong yang sudah beku kedalam minyak panas sedang goreng singkong tersebut sampai berubah menjadi warna kuning kecoklatan.
  9. Angkat kemudian Tiriskan.
  10. Sajikan singkong dengan parutan keju cheddar.

Untuk semua yang tertarik untuk mencoba resep keju singkong merekah dan melepuh sebaiknya pilih proses dengan cara dikukus. Lebih mudah dan kemungkinan kegagalan ini cukup kecil.

Itulah Resep dan Cara Membuat Singkong Keju yang Merekah Melepuh Meletus Crispy Renyah. Sekarang kalian sudah tahu Resep dan Cara Membuat Singkong Keju yang dapat menjadi referensi disini kalian bisa mendapatkan berbagai informasi menarik untuk dapat dibaca.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga dapat membantu dan berguna untuk anda dan jangan lupa untuk mengunjungi mesin penepung diskmilk serbaguna

Cara Menyeduh Kopi Robusta yang Benar Wajib Dicoba

Cara Menyeduh Kopi Robusta – Rasa kopi memang sudah ditentukan oleh banyak hal, mulai dari jenisnya, cara pengolahan, lokasi penanaman, serta cara penyajiannya.

Itulah sebabnya meskipun jenisnya sama tapi jika dari cara pengolahan sudah beda maka akan berbeda juga rasa dan aroma kopi yang akan dihasilkan.

Cara menyeduh kopi robusta ini tidak sembarangan agar mendapatkan cita rasa yang memuaskan. Untuk itu penting bagi para pencinta kopi khususnya pada kopi robusta bagaimana cara menyeduh kopi robusta dengan benar simak penjelasan berikut.

Kopi Robusta cenderung pahit daripada arabika karena kafeinya lebih tinggi, namun aroma kopi yang dihasilkan lebih tajam dan juga tidak terasa asam. Setiap jenis kopi memiliki aroma dan cita rasa yang berbeda. Rasa pahit yang disebabkan oleh cara seduh yang salah.

Cara Menyeduh Kopi Robusta Yang Benar

cara menyeduh kopi robusta

1. Gunakan Air Yang Telah Disaring

Untuk memperoleh rasa kopi yang nikmat dan berkualitas, sebaiknya gunakan air yang telah disaring atau air botolan. Air yang digunakan juga dapat mempengaruhi cita rasa dari kopi robusta tersebut.

Dan takaran air juga harus diperhitungkan untuk mendapatkan rasa yang diinginkan.

Bagi para pencinta kopi yang ingin menyeduh sendiri di rumah sangat di anjurkan dalam 1 gram kopi membutuhkan air 15 ml. Kualitas dari air yang digunakan akan sangat mempengaruhi hasil dari kopi robusta.

2. Perhatikan Suhu Air

Suhu air paling ideal untuk menyeduh kopi ialah antara 90 sampai 96 derajat celcius. Pada suhu itu, kopi tersebut akan tercampur dengan air secara optimal atau menyeluruh. Pada suhu yang lebih dingin akan menghasilkan cita rasa kopi yang datar.

Dan sebaliknya, jika suhu yang digunakan terlalu panas juga akan menghilangkan kualitas rasa dari kopi tersebut.

Jadi memang suhu paling ideal adalah di tengah tengah, tidak terlalu dingin juga tidak terlalu panas. Maka untuk cita rasa yang terbaik, sebaiknya diamkan terlebih dahulu air yang telah mendidih selama 1 sampai 2 menit sebelum menyeduh kopi.

3. Lihat Proporsi Kopi

Cara menyeduh kopi robusta yang selanjutnya adalah dengan mengetahui proporsi dari kopi tersebut agar mendapatkan cita rasa yang diinginkan.

Sering kali penikmat kopi memasukkan yang tidak sesuai dengan takaran, seperti terlalu sedikit atau terlalu banyak kopi. Akan membuat cita rasa yang muncul tidak optimal.

Terlalu sedikit kopi juga akan menghasilkan rasa yang pahit karena banyaknya air dibandingkan dengan bubuk kopi itu sendiri. Jika terlalu banyak kopi maka akan berakibat bubuk kopi tersebut tidak akan larut dengan sempurna dan rasa kopi tidak muncul.

4. Masuk Proses Penggilingan

Jika dalam cara menyeduh kopi robusta ini salah maka rasa kopi akan terasa pahit. Didalam proses penggilingan, jangan digiling terlalu halus ataupun terlalu kasar. Pastikan kopi yang dibeli masih berbentuk biji, agar bisa diseduh sendiri.

Alat penggiling kopi atau grinder juga ada bermacam macam jenisnya. Jika biji kopi digiling terlalu halus maka kopi yang dihasilkan akan muncul rasa yang sangat pahit. Dan sebaliknya, jika digiling terlalu kasar maka kopi yang dihasilkan pun akan terasa sangat datar.

5. Lama Memasak Perhatikan Dengan Baik

Lamanya menyeduh kopi juga mempengaruhi dari cita rasa kopi itu sendiri. Hasil rasa yang terbaik dari kopi ini akan berasa setelah 4 menit terjadinya kontak antara kopi dengan air panas.

Tetapi biasanya lama penyeduhan ini tergantung dari jenis kopi itu sendiri. Jika rasa yang dihasilkan tidak sesuai dengan keinginan maka waktu kontak antara kopi dengan air panas masih terlalu cepat atau bahkan bisa jadi terlalu lama dimasak.

6. Pilih Waktu Seduh Yang Tepat

Agar cara menyeduh kopi robusta menghasilkan aroma dan rasa terbaik. Diperlukan waktu yang tepat untuk menikmati kopi tersebut. Biasanya para penikmat kopi akan meminum kopi ini pada saat pagi hari atau malam hari.

Apalagi jika pada saat suasana hujan meminum kopi bisa jadi pilihan. Selain itu saat beraktivitas seperti, saat bekerja kopi bisa dijadikan untuk menemani aktivitas yang dilakukan.

Rasa kopi terbaik hanya bisa dinikmati saat cara menyeduhnya juga dengan benar. Dan nikmati segera kopi yang telah jadi. Pastikan untuk menjaga temperatur kopi pada suhu antara 80 derajat hingga 75 derajat celcius.

Jika kopi sudah dingin tidak perlu dipanaskan ulang kopinya. Akan lebih bik jika sudah dingin nikmati kopi dalam kondisi tersebut. Meski rasa kopi sudah tidak seenak saat masih panas itu lebih baik daripada menghangatkannya.

Itu saja yang dapat saya sampaikan apabilah ada kesalahan saya mohon maaf dan jangan lupa untuk mengunjungi mesin pembuat kopi

Resep Wedang Ronde yang Perlu Kalian Coba DIrumah

Sebelum ke resep wedang ronde mari mengenal apa itu wedang ronde? Wedang dalam artian Bahasa indonesia yaitu Minuman, sedangkan Ronde adalah adonan khusus berbentuk bola-bola kecil yang terbuat dari tepung ketan yang di bagian dalamnya di beri isi kacang tanah yang dihaluskan.

Jika dikunyah terasa kenyal-kenyal sedikit empuk dan istimewanya adalah dibuat warna-warni serta diolah dengan beragam rempah-rempah yang menyehatkan.

Cara membentuk wedang ronde, adonan ronde ini dicelupkan ke dalam air jahe yang masih panas.

Wedang ronde ini sangat populer di Solo, Jogja, Semarang dan di daerah Jawa lainnya dengan khas daerahnya masing-masing dan makin enak jika dihidangkan komplit dengan bahan-bahan spesial rempah dan pelengkap lainnya.

Wedang Ronde

Wedang ronde merupakan minuman yang cocok untuk menghangatkan tubuh. Wedang ronde merupakan minuman khas daerah Jawa Tengah. Minuman ini dibuat dari sari jahe yang hangat dengan isian yang beragam jenisnya.

Wedang ronde ini biasanya dihidangkan dengan isian moci atau ketan bulat, kolang – kaling, roti tawar, agar-agar, dan sebagainya. Wedang ronde memiliki rasa yang manis dan pedas.

Rasa manis dari minuman ini didapatkan dari campuran gula dan pedas dari perasan jahe sendiri. Isian ketan ronde juga tak kalah sedap.

Anda dapat membuat ketan ronde seperti moci (dengan isian kacang di dalamnya) atau tawar tanpa isian. Wedang ronde ini sangat nikmat dikonsumsi pada saat cuaca dingin.

Selain itu pada minuman ini juga berkhasiat mengusir masuk angin dan meredakan gejala flu. Tidak heran, wedang ronde menjadi salah satu dari jajaran minuman tradisional berkhasiat.

Wedang ronde (air seduhan jahe dan ronde) merupakan salah satu minuman herbal yang tentunya sudah sangat familiar di kalangan masyarakat umum, bersama dengan bubur kacang hijau, bubur ayam, dll.

Ada beberapa macam varian kuliner bubur kacang ijo yang saat ini sudah banyak dikembangkan, antara lain seperti wedang ronde jahe (biasa), wedang ronde kacang ijo, wedang ronde bolet, wedang ronde ketan hitam, wedang ronde ketan merah, dan masih banyak lagi lainnya.

Beberapa pakar nutrisionist sendiri menyebut-nyebut bahwa minuman wedang ronde ini dapat memberikan asupan gizi dan nutrisi yang sangat baik bagi tubuh, khususnya bagi organ mata, otak, kulit, jantung, hati, lambung, dan ginjal.

Kandungan yang Terdapat Pada Wedang Ronde

Dengan segudang kandungan di dalam minuman wedang ronde inilah yang menjadikan minuman wedang ronde sebagai salah satu sumber minuman olahan (dari jahe dan ronde) dengan kandungan gizi dan nutrisi terkomplit di antara minuman-minuman olahan jenis lainnya.

Sehingga dengan demikian manfaat wedang ronde bagi kesehatan tubuh sudah tidak perlu diragukan lagi. Malam yang dingin, enak rasanya meneguk secangkir wedang ronde.

Minuman yang satu ini nikmat rasanya, perpaduan isian kenyal dan air jahe yang menghangatkan badan. Selain menghangatkan, ternyata wedang ronde memiliki manfaat bagi kesehatan lho. Khasiat buat kesehatan ini jarang orang tahu.

Menghilangkan mabuk, Mengatasi perut kembung, Menurunkan kolestrol, Mencegah risiko serangan jantung, Mengobati penyakit diabetes, Menyembuhkan sakit tenggorokan, Meredakan sakit kepala.

Resep Wedang Ronde yang Perlu Kalian Coba

resep  wedang ronde

Bahan Bahan Resep Wedang Ronde

  • 300 gr tepung ketan
  • 1.5 sdm tepung tapioka
  • 700 ml air atau secukupnya sampai adonan bisa dipulung
  • 1 liter air untuk merebus
  • secukupnya Kacang tanah
  • irisan gula merah secukupnya
  • 1 liter air
  • 3 ruas jahe di geprek. Kalo suka pedes jahe bisa di tambah
  • 3 lembar daun pandan
  • 1 batang sereh di geprek

Langkah Langkah Resep Wedang Ronde yang Perlu Kalian Ketahui

  1. Sangrai kacang tanah sampai matang. Bersihkan dari kulit arinya. Sebagian digunakan untuk isian. sebagian untuk toping.
  2. Campurkan semua bahan kuah. rebus sampai gula larut, lalu saring.
  3. Campur semua bahan kulit. Lalu bagi menjadi 3 bagian. Masing2 di beri warna sesuai selera ya. Beri isian kacang tanah sangrai dan irisan gula merah. Bentuk bulat kembali.
  4. Masak air tambahkan daun pandan. Rebus sampai mengapung. Angkat lalu masukkan ke dalam air kuah.
  5. Sajikan. Kalo saya suka hangat2 di makan dengan tambahan taburan kacang sangrai.

Kemungkinan itu saja yang dapat saya sampaikan apabilah ada kesalahan saya mohon maaf dan juga untuk mampir ke mesin penutup botol. Saya ucapakan terima kasih telah berkunjung ke artikel ini

Inilah Resep Bolu Kukus Jagung Enak dan Mudah Untuk Kalian Buat

Banyak yang bilang jika bikin resep bolu kukus jagung seperti ini sulit , padahal gampang dan sama kayak kita buat kue bolu yang lain. Mungkin kalian belum mencobanya dan kurang percaya diri untuk mencoba membuat kue sendiri.

Orang lebih memilih sesuatu hal yang mudah dan tidak bikin repot. Padahal kalau kamu tahu jika rahasianya dan tau nikmat proses saat bikin kue, kamu bakalan pengen buat terus.

Nah, dibawah ini ada resep kue bolu kukus jagung manis yang bisa kalian akan coba. Cara membuatnya juga mudah karena disini kami tidak memakai peralatan masak yang khusus atau cetakan kue bolu khusus.

Yang kami pakai cuma panci kukusan aja. Sebelum lanjut ke pembahasn berikut lebih baik kita tahu apa itu jagung.

Pengertian Jagung

Jagung merupakan salah satu bahan pangan yang fleksibel. Jadi bisa di buat menjadi apa pun dengan beberapa bahan tambahan lainya.

Ada jagung bakar, jagung rebus, sup jagung, puding jagung dan masih banyak lagi. Namun apapun jenis hasil olahanya, tetap enak dan nikmat saat dinikmati.

Pada kali ini kita juga akan mengolah jagung menjadi suatu sajian yang empuk, lembut dan nikmat yakni cake kukus jagung manis. ini nih buat yang suka negmil malam-malam, salah satu solusinya adalah sajian satu ini.

Untuk menyajikanya secara instan anda bisa pada saat malam hari di toko toko kue. Namun bagi kalian yang suka memasak, Anda bisa membuatnya dengan versi anda sendiri.

Untuk membuat kue cake kukus Jagung memang terbilang cukup mudah. Namun kali ini yang harus di perhatikan adalah pada saat pengolahan adonan.

Dalam membuat sajian cake jenis kue yang lain memang ketepatan suatu adonan sangat di butuhkan. Bahkan ada masyarakat yang masih gagal dalam membuatnya.

Banyakan adonan yang mereka buat bantet atau tidak mengembang. Nah, maka dari itu kami ingin membagikan proses pembuatan yang baik dan benar.

Namun sebelum itu, persiapkanlah terlebih dahulu bahan dan eralatan yang di gunakan

Inilah Resep Bolu Kukus Jagung Enak dan Mudah Untuk Kalian Buat

resep bolu kukus jagung

Bahan Bahan Resep Bolu Kukus Jagung

  • Jagung manis sebanyak 60 gram ( parut halus )
  • Kuning telur sebanyak 6 butir
  • Putih telur sebanyak 3 butir
  • Emulsifier (SP/TBM) sebanyak1/2 sendok makan
  • Gula pasir sebanyak 75 gram
  • Garam dapur sebanyak ¼ sendok teh
  • Tepung terigu sebanyak 135 gram
  • Baking powder sebanyak ½ sendok teh
  • Margarine sebanyak 30 gram ( lelehkan )
  • White cooking chocolate sebanyak 30 gram ( lelehkan )

Langkah Langkah Resep Bolu Kukus Jagung

  1. Campurkan kuning telur, putih telur, gula pasir dan garam dapur dalam satu wadah.
  2. Kemudian aduk dan kocok dengan menggunakan mixer hingga adonan mengembang.
  3. Tambahkan tepung terigu dan baking powder yang sebelumnya telah diayak dahulu aduk hingga merata.
  4. Masukan sedikit demi sedikit margarine aduk kembali hingga rata.
  5. Selanjutnya tambahkan jagung manis yang telah diparut halus dan white cooking chocolate yang telah dilelehkan aduk hingga benar – benar rata.
  6. Siapkan loyang lalu alasi dengan plastik dan masukan adonan kedalamnya.
  7. Masukan dalam kukusan yang telah dipanaskan dan kukus selama kurang lebih 15 menit atau hingga matang.
  8. Angkat dan sajikan.

Kemungkinan itu saja yang dapat saya sampaikan apabilah ada kesalahan saya mohon maaf dan jangan lupa untuk mengunjungi alat pemipil jagung

Mau Tau Cara Membuat Gula Pasir Dengan Mudah ? yuk Langsung Simak

Hai semua, kita ketemu lagi bersama kita, pada kesempatan kali ini saya masih mau bahas cara membuat gula pasir.

Tapi yang mau saya bahas disini adalah pembuatan gula organik yang bisa kita lakukan sendiri di rumah. Kalian Penasaran gimana caranya? Makanya lanjutin bacanya ya.

Seperti yang sudah kita tau, permintaan akan gula di kalangan masyarakat itu selalu meningkat dari waktu ke waktu. Kenapa bisa gitu?

Karena sekarang ini jumlah penduduknya semakin berkembang dan juga semakin maraknya industri atau usaha kuliner yang menggunakan bahan baku gula.

Jadi, gimana pun juga meningkatnya konsumsi masyarakat akan gula ini hendaknya ya harus disertai dengan meningkatnya produksi gula.

Sebetulnya berbagai upaya untuk bisa meningkatkan produksi itu sudah banyak dilakukan, khususnya di pabrik-pabrik pembuatan gula.

Salah satu caranya itu adalah dengan menggunakan mesin-mesin dalam proses pembuatan gulanya itu sendiri. Nah dengan adanya mesin-mesin ini pembuatan gula gak lagi dilakukan secara tradisional, dan yang jelas butuh modal yang gak sedikit.

Seiring dengan semakin berkembangnya mesin-mesin pembuat gula, seharusnya produksi gulanya itu juga semakin meningkat.

Makanya kalau kita cermati sekarang ini, produksi gula saat ini udah jauh lebih baik dilihat dari segi kualitas maupun kuantitasnya kalau dibandingkan sama produksi gula waktu belum adanya mekanisasi.

Tapi meskipun gitu, bukan berarti kita gak bisa produksi gula sendiri loh, kita bisa kok, bahkan kita bisa bikin gula sendiri di rumah.

Jadi kalau sudah begini kita bisa memproduksi gula buatan kita sendiri dan bahkan bisa juga kita pasarkan, yang penting asalkan ada niat dan kemauan pasti bisa.

Makanya pada artikel kali ini saya mau share tentang bagaimana caranya membuat gula sendiri di rumah, ya kalau saya bilang sih cara membuat gula pasir organik karena emang proses pembuatannya itu masih alami dan gak butuh peralatan atau mekanisme yang ribet dan panjang.

Cara Membuat Gula Pasir Organik

CARA MEMBUAT GULA PASIR

1. Penyadapan Air Nira

Proses pertama yang harus kita lakukan itu adalah penyadapan air nira dari tebu atau pohon aren.

Karena air nira inilah yang menjadi bahan baku utama dalam pembuatan gula pasir. Penyadapan air nira ini kita lakukan dua kali, yaitu pada pagi dan sore hari.

Kalau untuk tahap awal pembuatan sih saya sarankan sebaiknya jangan langsung banyak dulu, paling gak kita bisa coba 1-2 liter air nira. Nanti kalau sudah berhasil baru ke depannya bisa produksi lebih banyak lagi.

2. Pemasakan Air Nira

Setelah air niranya itu sudah kita dapatkan, langkah selanjutnya adalah pemasakan.

Air nira yang sudah kita sadap tadi sebaiknya langsung segera dimasak dengan cara dipanaskan selama 5-6 jam, karena kalau air niranya itu cuma kita diamkan terlalu lama, nanti malah berubah jadi arak dan gak akan bisa diproses jadi gula.

Proses pemasakan air nira ini kita lakukan sampai air niranya mengental dan berwarna cokelat kekuningan.

Tapi perlu kita perhatikan nih, waktu proses pemasakan, air niranya ini harus kita saring untuk membuang kotorannya (berupa serpihan dari sabut tanaman tebu atau pohon aren dan juga buih-buih yang ada disekeliling air niranya), karena kalau kita gak buang kotorannya itu, gula yang dihasilkan nanti jadi berasa pahit.

Proses pemasakan air nira ini bisa kita hentikan kalau air niranya sudah mulai mengental seperti dodol. Terus adonan niranya itu kita angkat dari tungku perapian untuk selanjutnya kita lakukan proses pengadukan atau pengkristalan.

3. Pengkristalan

Langkah selanjutnya adalah proses pengkristalan, tujuannya itu ya untuk membuat adonan niranya itu jadi berupa butiran-butiran gula kristal. Jadi, adonan gula yang sudah mengental tadi kita dinginkan sebentar, terus kita masukkan ke dalam mesin pembuat gula untuk bisa dilakukan pengadukan biar jadi kristal.

Proses ini kita lakukan kurang lebih selama 1 jam, pokoknya sampai adonan gulanya itu menjadi butiran-butiran halus yang merupakan gula pasir organik, tapi butiran ini masih belum seragam ukurannya, makanya masih perlu kita lakukan pengadukan sampai benar-benar halus.

4. Pengayakan

Kalau adonan gulanya itu tadi sudah terbentuk menjadi butiran-butiran, langkah selanjutnya itu adalah menyaring gulanya dengan kawat ayakan yang terbuat dari stainless steel, tujuannya itu biar kita bisa mendapatkan gula kristal dengan ukuran yang sama besarnya.

5. Pengemasan

Tahap terakhir itu pengemasan. Gula pasir organik yang sudah jadi bisa segera kita kemas di dalam wadah kaca atau plastik, yang penting harus kering dan tertutup rapat.

Kalau teman-teman mau jual hasil produksi gulanya itu ya sebaiknya dikemas dengan kemasan yang menarik biar bisa menarik perhatian konsumen

Ngomong ngomong tentang cara membuat gula pasir tidak jauh dari mesin pembuatnya berikut anda bisa cek sendiri di mesin peras tebu, Sekian mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan apabilah ada kesalahan saya mohon maaf

Cara Membuat Resep Bakso Urat Super yang Mudah Dibuat Sendiri

Terima kasih telah berkunjung keartikel kami pada kali ini saya akan membahas tentang resep bakso urat super yang mudah dibuat. Yang pada sebelumnya saya telah membuat resep bakso aci mercon, yuk langsung simak saja.

Apa Itu Bakso ?

Bakso adalah nama makanan yang sering kita dengar sehari hari, makanan Bakso ini mungkin makanan yang sering ditemukan di berbagai tempat dimanapun dan kapanpun.

Bakso atau baso adalah makanan dari olahan daging yang digiling dengan tepung tapioka.Daging yang digunakan untuk membuat bakso pada umumnya ialah daging sapi, namun ada juga yang menggunakan daging ayam bahkan juga ada yang meggunakan udang.

Pembuatan bakso pun ada beberapa cara yaitu ada yang di rebus, kukus, goreng dan lain lain.Namun kali ini bukan bakso dari daging lagi melainkan bakso dari udang sedikit berbeda dari bakso yang lain bakso udang ini kaya akan protein di dalamnya.

Bakso udang goreng adalah bakso yang digiling dengan udang segar dari laut supaya bakso tersebut kaya akan protein.

Pada kesempatan kali ini Saya akan membahas resep bakso udang goreng, sebelum ke resep bakso udang goreng kita akan mempelajari sejara atau asal mula dari makanan bakso tersebut.

Bakso merupakan jenis bola daging yang lazim ditemukan pada masakan Indonesia. Bakso pada umumnya dibuat dari campuran daging sapi giling dan tepung tapioka, akan tetapi ada juga bakso yang terbuat dari daging ayam, ikan, atau udang bahkan daging kerbau.

Dalam penyajian bakso, bakso pada umumnya disajikan panas – panas dengan kuah kaldu sapi bening, dicampur mi, bihun, taoge, tahu, terkadang telur dan ditaburi bawang goreng dan seledri.

Tempat  pusat perbelanjaan bakso adalah Solo dan Malang yang disebut Bakso Malang. Malang juga bakso Solo adalah masakan bakso yang disajikan dengan khas Jawa.
Bakso dari Tiongkok  berbeda dengan bakso Malang dan Solo.

Berasal Dari Tiongkok?

Bakso dari Tiongkok biasanya terbuat dari daging babi atau makanan laut dan warnanya agak kecoklatan serta bentuknya tidak bulat sekali. Sedangkan bakso dari Malang dan Solo terbuat dari daging sapi, berwarna abu-abu dan bentuknya bulat sekali.
Bakso dari Tiongkok biasanya tidak disajikan dengan kuah melimpah melainkan berbeda dengan bakso Malang dan Solo yang disajikan dengan kuah melimpah.
Yang berasal dari Solo merupakan usaha turun temurun dari Bakso Wonogiri, karena banyak anak cucu yang menetap dan membuka usaha bakso di Kota Solo dan sekitarnya, terutama daerah perkotaan yang letaknya begitu strategis di pinggir jalan raya.

Cukup populer dan dapat ditemukan di seluruh Indonesi dari gerobak pedagang kaki lima hingga restoran besar.

Jenis jenis bakso sekarang banyak ditawarkan dalam bentuk makanan beku yang dijual di pasar swalayan ataupun mal-mal. Irisan bakso bisa juga dijadikan pelengkap jenis makanan lain seperti mi goreng, nasi goreng, atau cap cai.

Cara Membuat Resep Bakso Urat Super yang Mudah Dibuat Seendiri

resep bakso urat super

Bahan Bahan Bahan Resep Bakso Urat Super

  • 500 gr daging sapi giling berurat
  • 4 butir putih telur
  • 250 gr tepung tapioka
  • Bawang goreng
  • 10 siung bawang putih (dihaluskan)
  • Merica bubuk
  • Kaldu sapi bubuk
  • Garam
  • Es batu 4 balok kotak kecil

Langkah Langkah Resep Bakso Urat Super

  1. Campur semua bahan
  2. Aduk menggunakan mesin pengaduk.
  3. Aduk sampai semua bahan tercampur rata.
  4. Untuk rasa bisa di icip sesuai selera.
  5. Jika bahan sudah tercampur dan bisa di bentuk. Panaskan air dalam panci besar.
  6. Saat air mendidih bentuk adonan bakso menggunakan kepalan tangan. Kuluarkan adonan dari sela sela jempol kiri dan jari telunjuk kiri.
  7. Ambil adonan yg membulat dari tangan menggunakan sendok.
  8. Masukan dalam air mendidih.
  9. Lakukan hal serupa hingga adonan habis.
  10. Rebus hingga bakso mengambang. Tunggu hingga 3-5 menit agar bakso benar benar matang.

Kemungkinan itu saja yang dapat  saya sampaikan apabilah ada kesalahan saya mohon maaf. Selamat mencoba

Mau Tau Cara Membuat Resep Bakso Aci Mercon ? Simak disini

Terima Kasih telah berkunjung ke artikel kami pada kesempatan kali ini saya akan membahas artikel tentang cara membuat resep bakso aci mercon. Yang pada sebelumnya saya telah membuat resep bakso tenggiri spesial.

Pengertian Tepung Aci

Pengertian Tepung Aci, mungkin anda sudah tidak asing lagi dengan nama dari salah satu tepung ini. Ya betul tepung aci. Tahukah kamu dari mana tepung berasal?. Tepung aci merupakan jenis tepung yang terbuat dari singkong.

Tepung aci merupakan nama lain dari tepung tapioca atau tepung kanji. Ketiganya sama hanya orang orang yang menyebutnya berbeda beda. Tepbung aci banyak digunakan orang sunda karena merupakan bahasa sunda.

Namun orang orang mengenal dengan nama tepung kanji atau tapioca. Tepung aci sering dijadikan olahan makanan. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai hasil olahan tepung aci beserta resepnya.

Bakso aci merupakan jajanan yang terkenal berasal dari Garut. Teksturnya kenyal dibuat dari tepung sagu. Sering digunakan untuk topping ceker ayam, tahu, dan pilus rasa kencur. Untuk penggemar sajian kuah asam pedas, cocok sekali untuk mencoba resep ini.

Persamaan dan Perbedaan Aci, Kanji, Tapioca, Sagu
Yang aku maksud di sini adalah yang berhubungan dengan tepung, secara kebetulan seakan ada persamaan kegunaan dan namanya.

Penasaran juga ternyata ada daerah tertentu yang menyebut bahan pembuat makanan seperti, empek-empek, tekwan, cimol, cireng dengan sebutan aci, sagu dan kanji.
Nah hasil dari blusukanku, aku menemukan ini.

Arti Kata Aci

  1. Kata Aci Menurut Penelusuranku di KBBI Mempunyai 3 Arti :
    Aci : sah, berlaku, jadi, benar.
    Mengacikan :mengakui aci, mengesahkan, membenarkan
    Aci : pati, tepung, endapan sari pati.
    Mengaci: menghaluskan plester tembok atau tembok dengan semen bercampur air
  2. Kata Kanji Menurut KBBI, Mempunyai Arti :
    kanji : air sagu dan sebagainya untuk mengeraskan pakaian dan sebagainya, tajin.
  3. Kata Sagu Menurut KBBI Mempunyai Arti :
    Tumbuhan yang hati batangnya dapat dibuat tepung (kebanyakan jenis Metroxylon)
    Hati batang pohon palem (seperti enau, rumbia)
    Tepung dari pati hati batang enau, rumbia, dan sebagainya
  4. Sedangkan Tapioka adalah Tepung yang Terbuat dari Singkong
    Tapioka ini dikenal juga dengan nama : tepung singkong, tepung kanji (dalam bahasa Jawa), atau aci sampeu (dalam bahasa Sunda).

Cara menghasilkan tepung tapioka ini dari umbi akar ketela pohon atau dalam bahasa Indonesia yaitu singkong. Tepung Tapioka memiliki sifat-sifat yang serupa dengan tepung sagu, itu sebabnya penggunaan kedua tepung ini sering dipertukarkan.

Tepung ini sering digunakan untuk membuat makanan dan bahan perekat atau lem rumahan.

Banyak makanan tradisional yang menggunakan tepung apioka sebagai bahan bakunya, seperti bakso, tekwan, cimol, empek-empek, juga sebagai bahan campuran membuat kue lainnya, seperti kue lapis, kue sarang semut, bola-bola ubi dan masih banyak lagi kue tradisional lainnya.

Akhirnya aku pribadi mengambil kesimpulan yang cocok untuk menyebutkan tepung yang digunakan untuk bahan atau campuran makanan membuat makanan, seperti :

empek-empek, tekwan, cireng dan sebagainya adalah tepung tapioka, yaitu tepung pati ubi kayu atau singkong dan sagu.

Cara Membuat Resep Bakso Aci Mercon Enak Dan Sederhana

resep bakso aci mercon

Bahan Bahan Resep Bakso Aci Mercon

  • 200 gr tepung tapioka
  • 200 gr tepung terigu
  • 6 siung bawang putih, haluskan
  • 1 sachet masako sapi
  • 1 sdm garam
  • Secukupnya lada bubuk
  • 2 batang sledri
  • Secukupnya air panas
  • 20 biji cabe rawit domba, direbus
  • 5 siung bawang putih
  • 3 siung bawang merah
  • Secukupnya garam, penyedap, lada bubuk
  • Pilus sukro
  • Cuanki lidah, Cuanki Tahu, siomay
  • Cabe bubuk Homemade liat di resep sebelumnya
  • Jeruk limau

Langkah Langkah Resep Bakso Aci Mercon

  1. Campurkan duo tepung masukan masako, garam, lada bubuk dan sledri aduk rata, didihkan air beri bawang putih. Setelah mendidih tuang sedikit” ke adonan tepung sambil di uleni kalo panas bisa pake sendok ya. Uleni sampe kalis dan bisa di bentuk
  2. Ambil adonan secukupnya kemudian pipihkan Kasih isian cabe rawit domba nya lalu bulat”kan, sebagian di poloskan.
  3. Rebus baso aci sampe mengapung, tiriskan jangan lupa rebus nya kasih minyak ya biar gk nempel”,
  4. Tumis bahan kuah sampe harum beri air secukupnya, masukan baso aci nya tunggu sampe matang -+ 3 menit
  5. Angkat dan masukan ke mangkok tata dengan toping nya biar makin cantik
  6. ya, toping sesuai selera. Mantep bener” pedes yg suka pedes boleh coba deh.

Kemungkinan itu saja yang dapat saya sampaikan apabilah ada kesalahan saya mohon maaf. Selamat mencoba

Cara Membuat Resep Bakso Tenggiri Spesial Ala Resto

Terima Kasih Telah Berkunjung keartikel kami pada kali ini saya akan membahas tentang resep bakso tenggiri spesial ala resto. Yang pada sebelumnya saya telah membahas tentang resep bakso ikan untuk jualan.

Apa Itu Ikan

Ikan adalah salah satu anggota vertebrata poikilotermik (berdarah dingin) yang hidup di air dan bernapas dengan insang. Ikan adalah satu kelompok vertebrata yang paling beraneka ragam dengan jumlah spesies lebih dari 27,000 di seluruh dunia.

Ikan dalam berbagai bahasa daerah disebut iwak. Banyak berbagai ukuran ikan, mulai dari paus hiu yang berukuran 14 meter (45 ft) hingga stout infantfish yang hanya berukuran 7 mm (kira-kira 1/4 inch).

Ada hewan air yang sering di anggap “ikan”, seperti paus, ikan cumi dan ikan duyung, yang sebenarnya tidak tergolong sebagai ikan. Sampai saat ini, ikan pada umumnya dikonsumsi langsung.

Upaya pengolahan belum banyak dilakukan kecuali ikan asin. Ikan juga dapat diolah menjadi berbagai banyak produk seperti ikan kering, dendeng ikan, abon ikan, kerupuk ikan, ikan asin, kemplang, bakso ikan dan tepung darah ikan sebagai pupuk tanaman dan pakan ikan.

Kandungan Gizi Pada Ikan

Kandungan yang terdapat pada ikan kaya akan manfaat karena merupakan sumber protein bagi tubuh. Selain itu ternyata ikan juga mengandung berbagai zat yang sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Kandungan gizi yang terdapat pada ikan segar antara lain:

  1. Omega 3 bisa digunakan untuk proses perkembangan otak pada janin dan penting untuk perkembangan fungsi syaraf dan penglihatan bayi.
  2. Mengandung serat protein yang pendek sehingga mudah di cerna
  3. Mengandung banyak asam amino seperti taurin untuk merangsang pertumbuhan sel otak balita.
  4. Vitamin A yang ada di dalam minyak hati ikan untuk mencegah kebutaan pada anak
  5. Vitamin D dalam yang terdapat pada daging dan minyak hati ikan untuk pertumbuhan dan kekuatan tulang
  6. Vitamin B6 yang terdapat pada ikan untuk membantu metabolisme asam amino dan lemak serta mencegah anemia dan kerusakan syaraf
  7. Vitamin B12 yang terdapat pada ikan untuk pembentukan sel darah merah, membantu metabolisme lemak, dan melindungi jantung juga kerusakan syaraf
  8. Zat besi yang mudah di serap oleh tubuh
  9. Yodium yang terkandung dalam ikan untuk mencegah terjadinya penyakit gondok dan hambatan pertumbuhan anak
  10. Selenium yang terdapat pada ikan untuk membantu metabolisme tubuh dan sebagian anti oksidan yang melindungi tubuh dari radikal bebas
  11. Seng yang membantu kerja enzim dan hormon
  12. Fluor berperan untuk meguatkan dan menyehatkan gigi anak
  13. Kandungan gizi pada ikan kaya akan manfaat akan lebih optimal jika dalam bentuk daging ikan segar sehingga kandungan gizi dalam ikan tetap untuk mendapatkan kandungan ikan yang kaya akan manfaat.

Cara Membuat Resep Bakso Tenggiri Spesial Ala Resto

resep bakso tenggiri

Bahan Bahan Resep Bakso Tenggiri Spesial

  • 1 ikan tenggiri ukuran sedang (bersihkan tulang n haluskan)
  • 1/4 tepung tapioka
  • 1 Putih telur
  • 4 bawang merah(goreng)
  • 3 siung bawang putih
  • Merica,kaldu,dan garam secukupnya
  • Air es secukupnya

Langkah Langkah Resep Bakso Tenggiri Spesial

  1. Haluskan ikan tenggiri masukkan bawang merah goreng n bawang putih yg sdh dihaluskan tambahkan putih telur merica, kaldu dan garam
  2. Setelah bercampur masuk tepung sedikit demi sedikit sambil diberi air es kemudian siapkan air rebus setelah mendidih masukkan bentuk bulat2
  3. Bakso ikan tenggiri enak langkah memasak 2 foto
  4. Sambil diaduk2 Jika bakso sudah mengapung tanda x sudah matang angkat n tiriskan Selamat mencoba

Cara Membuat Resep Bakso Ikan Untuk Jualan yang Mudah Dijual Sendiri

Terima kasih telah berkunjung keartikel kami pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang cara membuat resep bakso ikan untuk jualan. Yang pada sebelumnya saya telah membahas tentang  resep bakso tempe bakar, yuk langsung saja.

Apa Itu Ikan

Ikan adalah salah satu anggota vertebrata poikilotermik (berdarah dingin) yang hidup di air dan bernapas dengan insang. Ikan merupakan salah satu kelompok vertebrata yang paling beraneka ragam dengan jumlah spesies lebih dari 27,000 di seluruh dunia.

Ikan dalam berbagai bahasa daerah disebut iwak. Banyak sekali ukuran ikan, mulai dari paus hiu yang berukuran 14 meter (45 ft) hingga stout infantfish yang hanya berukuran 7 mm (kira-kira 1/4 inch).

Ada hewan air yang sering di anggap “ikan”, seperti paus, ikan cumi dan ikan duyung, yang sebenarnya tidak tergolong sebagai ikan. Sampai saat ini, ikan pada umumnya dikonsumsi langsung.

Upaya pengolahan belum banyak dilakukan kecuali ikan asin. Ikan dapat diolah menjadi banyak produk seperti ikan kering, dendeng ikan, abon ikan, kerupuk ikan, ikan asin, kemplang, bakso ikan dan tepung darah ikan sebagai pupuk tanaman dan pakan ikan.

Kandungan Gizi Pada Ikan

Kandungan yang terdapat pada ikan kaya akan manfaat karena merupakan sumber protein bagi tubuh. Selain itu ternyata ikan juga mengandung berbagai zat yang sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Kandungan gizi yang terdapat pada ikan segar antara lain:

  • Omega 3 bisa digunakan untuk proses perkembangan otak pada janin dan penting untuk perkembangan fungsi syaraf dan penglihatan bayi.
    Mengandung serat protein yang pendek sehingga mudah di cerna
  • Mengandung banyak asam amino seperti taurin untuk merangsang pertumbuhan sel otak balita.
  • Vitamin A yang ada di dalam minyak hati ikan untuk mencegah kebutaan pada anak
  • Vitamin D dalam yang terdapat pada daging dan minyak hati ikan untuk pertumbuhan dan kekuatan tulang
  • Vitamin B6 yang terdapat pada ikan untuk membantu metabolisme asam amino dan lemak serta mencegah anemia dan kerusakan syaraf
  • Vitamin B12 yang terdapat pada ikan untuk pembentukan sel darah merah, membantu metabolisme lemak, dan melindungi jantung juga kerusakan syaraf
  • Zat besi yang mudah di serap oleh tubuh
  • Yodium yang terkandung dalam ikan untuk mencegah terjadinya penyakit gondok dan hambatan pertumbuhan anak
  • Selenium yang terdapat pada ikan untuk membantu metabolisme tubuh dan sebagian anti oksidan yang melindungi tubuh dari radikal bebas
  • Seng yang membantu kerja enzim dan hormon
  • Fluor berperan untuk meguatkan dan menyehatkan gigi anak
  • Kandungan gizi pada ikan kaya akan manfaat akan lebih optimal jika dalam bentuk daging ikan segar sehingga kandungan gizi dalam ikan tetap untuk mendapatkan kandungan ikan yang kaya akan manfaat.

Resep Bakso Ikan Untuk Jualan yang Mudah Dibuat

resep bakso kuah untuk jualan

Bahan Bahan Resep Bakso Untuk Jualan

  • 250 gr daging giling ikan sarden
  • 1 btr telur
  • 1/2 GLS air es (skip kalau daging keluar dari freezer)
  • 3 siung bawang putih,iris halus goreng
  • Seujung sdt baking powder
  • 5 sdm tp sagu udang
  • 1/2 SDM garam (sesuai selera)
  • 1 SDM gula

Langkah Langka Resep Bakso Ikan Untuk Jualan

  1. Blender semua bahan dicampur jadi satu kecuali tp sagu,kalau gak punya blender bisa pakai ulekan
  2. Tambahkan sagu aduk pakai sendok sampai rata, adonan memang lembut,didihkan air,bentuk bakso dgn bantuan 2sendok,rebus bakso sampai mengapung, lakukan sampai habis, sajikan
  3. Hemat bahan, higienis, berasa ikan banget, dapatnya banyak pula,
  4. Semoga bermanfaat buat smua

Kemungkinan itu saja yang dapat saya sampaikan apabilh ada kesalahan saya mohon maaf. Selamat mencoba

Mau Tau Cara Membuat Resep Bakso Tempe Bakar ? Yuk Simak Saja

Terima kasih telah berkunjung keartikel kami pada kali ini saya akan membahas tentang cara membuat resep bakso tempe bakar Yang pada sebelumnya saya telah membahas artikel tentang resep sop bakso makaroni. Yuk simak saja langsung.

Apa Itu Tempe

Tempe merupakansuatu jenis makanan yang dibuat dari fermentasi terhadap biji kedelai atau beberapa bahan lain yang menggunakan beberapa jenis kapang Rhizopus, seperti Rhizopus oligosporus, Rh. oryzae, Rh. stolonifer (kapang roti), atau Rh. arrhizus.

Fermentasi ini secara umum dikenal sebagai “ragi tempe”. Kapang yang tumbuh di kedelai menghidrolisis senyawa kompleks menjadi senyawa sederhana yang mudah dicerna oleh manusia.

Tempe banyak mengandung serat pangan, kalsium, vitamin B, dan zat besi. Berbagai macam kandungan dalam tempe mempunyai nilai obat, seperti antibiotika untuk menyembuhkan infeksi dan antioksidan pencegah penyakit degeneratif.

Bukan seperti makanan kedelai tradisional pada lainya yang biasanya berasal dari Cina atau Jepang, tempe berasal dari Indonesia. Tidak jelas kapan pembuatan tempe dimulai.

Namun, makanan tradisonal ini sudah dikenal sejak berabad-abad lalu, terutama dalam tatanan budaya makan masyarakat Jawa, khususnya di Yogyakarta dan Surakarta.

Sejarah Tempe

Di dalam bab 3 dan bab 12 pada manuskrip Serat Centhini dengan seting Jawa abad ke-16 (Serat Centhini sendiri ditulis pada awal abad ke-19) telah ditemukan kata “tempe”, contohnya dengan penyebutan dengan nama hidangan jahe santen tempe (sejenis masakan tempe dengan santan) dan kadhele tempe srundengan.

Hal ini dituliskan pada catatan sejarah yang tersedia lainnya menunjukkan bahwa mungkin pada mulanya tempe diproduksi dari kedelai hitam, berasal dari masyarakat pedesaan tradisional Jawa mungkin dikembangkan di daerah Mataram, Jawa Tengah, dan berkembang sebelum abad ke-16.

Kata “tempe” diduga berasal dari bahasa Jawa Kuno. Pada zaman Jawa Kuno ada makanan yang berwarna putih terbuat dari tepung sagu yang disebut tumpi. Tempeyang segar juga berwarna putih dan terlihat memiliki kesamaan dengan makanan tumpi tersebut.

Selain itu ada rujukan tentang tempe dari tahun 1875 dalam sebuah kamus bahasa Jawa-Belanda. pada sumber lain mengatakan pembuatan tempe diawali semasa era Tanam Paksa di Jawa.

Pada waktu itu masyarakat Jawa terpaksa menggunakan hasil pekarangan, seperti singkong, ubi dan kedelai, sebagai sumber pangan.

Selain itu, ada pula pendapat yang mengatakan bahwa tempe mungkin diperkenalkan oleh orang-orang Tionghoa yang memproduksi makanan sejenis, yaitu koji1 kedelai yang difermentasikan menggunakan kapang Aspergillus.

Tehnik pembuatan tempe langsung menyebar ke seluruh Indonesia, sejalan dengan penyebaran masyarakat Jawa yang bermigrasi ke seluruh penjuru Tanah Air.

Manfaat Tempe

  • Menurunkan Kolesterol
  • Menangkal Osteoporosis
  • Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
  • Menurunkan Gula Darah
  • Dapat Menangkal Kanker
  • Mencegah Asma
  • Mengurangi Risiko Penyakit Parkinson

Resep Bakso Tempe Bakar yang Enak dan Mudah dibuat

resep bakso tempe bakar

Bahan Bahan Resep Bakso Tempe Bakar

  • 1 papan tempe (bisa diganti tahu juga lo)
  • 1 bungkus tepung sajiku serbaguna
  • secukupnya tepung kanji
  • wortel
  • daun seledri
  • penyedap rasa (aku pakai royco)
  • daging ayam cincang
  • 1 butir telur ayam
  • kecap asin/manis
  • saos pedas ABC

Langkah Langkah Resep Bakso Tempe Bakar

  1. Potong tempe menjadi dadu (apabila diganti tahu belah menjadi 2 bagian) lalu kukus hingga matang
  2. Cincang wortel dan daun seledri
  3. Angkat tempe yang sudah dikukus dan haluskan, lalu campur dengan wortel, seledri, ayam cincang, tepung sajiku serbaguna, tepung kanji, dan penyedap rasa secukupnya
  4. Uleni adonan tersebut dan tambahkan telur (apabila menggunakan tahu tidak perlu ditambahkan telur) bisa juga ditambahkan garam apabila suka makanan yg sedikit asin
  5. Setelah adonan tercampur rata, bulat2 lah sesuai selera dan rebus beberapa saat hingga adonan yg sudah dibulat2 menjadi matang sempurna
  6. Angkat dan tiriskan adonan yg sudah matang, lalu tusuk dengan tusuk sate bisa berisi 2-3 bakso, setelah itu lumuri dengan kecap dan bakar sesaat lalu ganti lumuri dengan saos, lakukan secara berulang ulang

Kemungkinan itu saja yang dapat saya sampaikan apabila ada kesalahan saya mohon maaf. Selamat mencoba