Resep Keripik Tempe Gembus yang Gurih dan Krispi

Tempe gembus merupakan satu dari salah satu jenis tempe yang dapat diolah menjadi berbagai macam makanan. Salah satunya adalah keripik tempe. Pada artikel ini kita akan membahas secara lengkap resep keripik tempe gembus yang siap memanjakan lidah Anda.

Tempe Gembus

Tempe gembus tidak sama dengan tempe berbahan kedelai lainnya. Tempe ini terbuat dari ampas yang merupakan endapan dari proses fermentasi tahu. Ampas tahu ini kemudian diproses hingga berbentuk memadat dan menjadi sebuah tempe.

Penduduk di daerah Jawa pernah mengalami musin kekurangan bahan pangan pada tahun 1943. Mereka harus memutar otak untuk mengolah bahan apapun yang ada agar bisa dikonsumsi. Sehingga mereka pun menciptakan tempe gembus dengan memanfaatkan ampas tahu. Semenjak itu, tempe gembus menjadi makanan harian mereka bahkan hingga sekarang.

Tempe gembus dapat dengan mudah kita jumpai khususnya di daerah Jawa Timur dan Jawa Tengah. Penamaan dan penyebutan tempe ini berbeda-beda tergantung pada setiap daerahnya. Contohnya di daerah Banyumas tempe ini bernama tempe gajes, sedangkan di daerah Jawa Timur lainnya dikenal sebagai tempe menjes.

Cara Membuat Tempe Gembus

Cara pembuatan tempe gembus sangatlah mudah untuk dilakukan. Pertama-tama kita perlu menyiapkan bahan-bahan yang terdiri atas ragi dan ampas tahu. Selanjutnya, ampas tahu diproses dengan cara direbus selama kurang lebih 15 menit. Proses perebusan berguna untuk membunuh kuman yang memiliki kemungkinan untuk mengganggu proses fermentasi.

Setelah proses perebusan, dinginkan ampas tahu. Setelah suhu menurun hingga hangat kuku, masukkan ragi kemudian aduk rata. Kemudian, setelah tercampur rata bungkus bakal tempe. Jangan terlalu rapat untuk menghasilkan proses fermentasi yang optimal.

Selanjutnya diamkan bakal tempe selama dua hari hingga bakal tempe memadat. Ketika sudah memadat, maka jadilah tempe gembus yang siap kita olah menjadi berbagai macam makanan.

Kandungan Gizi Tempe Gembus

Walaupun memiliki kadar gizi yang cukup, namun tempe gembus memiliki gizi yang lebih sedikit daripada tempe kedelai segar seperti biasanya. Hal ini dikarenakan bahan utama tempe gembus bukanlah kedelai, tetapi hanya ampasnya.

Pada 100gr tempe gembus terdapat kalori sebesar 65kkal, lemak sebesar 0,2 gr, protein sebesar 3,46 gr, serta karbo sebanyak 12,11 gr. Serat yang terkandung dalam tempe gembus adalah sebanyak 0,4 gr dan gula sebanyak 0,02gr saja.

Meskipun dalam jumlah yang kecil, tempe gembus juga mengandung senyawa asam amino yang ada pada tempe kedelai segar. Tempe gembus juga mengandung asam-asam lemak esesnsial yang bermanfaat bagi tubuh.

Bagi Anda yang hobi mengonsumsi olahan tempe gembus, tetap perhatikan kebutuhan gizi Anda ya! Penuhi gizi lain dengan mengonsumsi makanan pendamping yang memiliki nutrisi tinggi.

Resep Keripik Tempe Gembus

Tempe gembus yang lembut dapat diolah menjadi berbagai camilan dan makanan. Salah satunya adalah keripik tempe. Berikut adalah resepnya.

Bahan – bahan :

  • 5 biji Tempe gembus kemudian iris tipis
  • 1 kg tepung beras
  • 1/2 kg tepung tapioka
  • 100 gram tepung trigu
  • 3 butir telur utuh
  • 2 bungkus royco sapi
  • Daun jeruk rajang tipis secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Air secukupnya
  • Minyak goreng

Bumbu halus :

  • 5 siung bawang putih
  • 2 sdt Ketumbar
  • 3 ruas kencur
  • 5 biji kemiri

Cara membuat :

  1. Haluskan bumbu kemudian campur semua bahan secara rata.
  2. Tambahkan air kemudian aduk hingga adonan memiliki kekentalan sedang.
  3. Panaskan minyak dengan api sedang.
  4. Masukkan tempe gembus yang telah diiris tipis kedalam adonan, baluri hingga merata.
  5. Goreng hingga berubah warna keemasan.
  6. Angkat kemudia tiriskan.

Penutup

Jadi, bagaimana? Anda tertarik untuk mengolah tempe gembus menjadi keripik tempe yang enak?

Anda juga dapat menggunakan resep ini sebagai inovasi ketika Anda berminat untuk memulai usaha keripik tempe aneka rasa. Jika demikian, maka kami sangat menyarankan untuk menggunakan Mesin Perajang Keripik Tempe yang akan memudahkan proses produksi Anda.

Tertarik untuk mencoba? Semoga berhasil!

Avatar

rahma

Saya adalah seorang penulis di website tukangreview.com yang senantiasa terpukau oleh perkembangan teknologi, terutama dalam ranah IT. Saya adalah seorang pencinta pengetahuan yang tidak pernah berhenti belajar, dan dengan penuh semangat saya berbagi wawasan seputar dunia bisnis dan panduan terbaru kepada pembaca setia kami. Ayo, mari bersama-sama menjelajahi dunia yang terus berkembang ini dengan semangat dan pengetahuan yang mendalam