Cara Menaikkan Seo Website Secara Cepat Dan Ampuh

Cara menaikkan seo website- Jika Anda ingin situs WordPress Anda mendapatkan banyak lalu lintas, SEO adalah salah satu hal yang perlu Anda pelajari bersama dengan beberapa teknik dan strategi. Metode SEO untuk WordPress juga bervariasi dari yang sederhana hingga yang membutuhkan keahlian khusus.

Tujuan dari banyak pemilik situs web dan blog adalah untuk mencapai posisi teratas dalam hasil pencarian Google untuk meningkatkan jumlah pengunjung.

Untungnya, WordPress “dilengkapi” sebagai sistem manajemen konten yang SEO-friendly. Jika Anda sudah menggunakan WordPress, Anda bisa mencoba berbagai teknik SEO sederhana untuk mengoptimalkan situs WordPress Anda.

Berikut adalah cara menaikkan peringkat SEO website.

Cara Menaikkan Seo Website

1. Menulis Konten Yang SEO Friendly

cara menaikkan seo website

Selain kata kunci, Anda juga perlu mengetahui cara menulis artikel yang dioptimalkan.
Berikut cara menulis artikel SEO-friendly yang baik:

  • Menyajikan informasi yang jelas. Tuliskan poin-poin penting yang menjawab pertanyaan umum dari audiens target Anda. Dengan begitu, pengunjung bahkan tidak perlu mengunjungi website kompetitor untuk mengetahui lebih lanjut.
  • Membuat artikel asli, bukan salinan. Konten Anda juga dijamin orisinal, dan sangat memungkinkan untuk menawarkan informasi baru yang belum pernah dibicarakan oleh pesaing Anda, dari sudut pandang Anda sendiri.
  • Gunakan gaya yang mudah diikuti. Cobalah untuk menjaga gaya bahasa tetap sederhana dan mudah dipahami oleh audiens target. Gunakan struktur kalimat yang sederhana dan hindari referensi yang terlalu sulit dipahami.
  • Pesan mudah dibaca. Gunakan paragraf pendek, masing-masing tiga sampai lima kalimat. Atau bisa juga menggunakan bullet atau bullet list agar pembaca langsung to the point.
    Bagikan kata kunci dengan baik. Kata kunci fokus disertakan di seluruh konten secara konsisten dan dalam kalimat yang terlihat natural. Jangan menjejalkan terlalu banyak kata kunci ke dalam satu paragraf.
  • Pastikan struktur header bersih. Tambahkan beberapa heading untuk membuat halaman web atau postingan blog mudah dinavigasi.
  • Memaksimalkan elemen visual. Tambahkan gambar, infografis atau video agar penyampaian informasi Anda lebih menarik.

2. Bikin Sitemap

Sitemap adalah daftar semua halaman di situs web yang dapat diakses oleh pengunjung dan mesin pencari. Peta situs memudahkan mesin telusur untuk menemukan dan mengindeks situs web Anda lebih cepat. Peta situs juga menginformasikan mesin telusur tentang perubahan struktur situs.
sitemap terdiri dari dua jenis yaitu XML sitemap dan HTML sitemap. Peta situs XML adalah peta situs yang digunakan oleh mesin telusur, sedangkan peta situs HTML adalah peta situs yang digunakan oleh pengunjung.

3. Beri Keyword Di Setiap Halaman

Kata kunci fokus adalah istilah pencarian terpenting untuk artikel atau halaman di situs web Anda. Jika Anda menuliskannya berkali-kali dalam konten Anda, Google akan mengetahui bahwa artikel Anda berisi tentang informasi yang berkaitan dengan kata kunci tersebut.

Tapi ingat, jangan berlebihan. Google dapat menghukum kata kunci. Selalu pastikan bahwa Anda menulis konten yang harus mudah dibaca dan dipahami orang, bukan hanya untuk menarik peringkat Google untuk kata kunci tersebut.

Secara umum, kata kunci harus mencakup 0,5% dari total jumlah kata dalam artikel. Plugin Yoast membantu Anda menentukan berapa kali Anda harus memasukkan kata kunci dalam konten Anda.
Setelah menulis artikel di editor WordPress, gulir ke bawah ke bagian analisis SEO di area meta. Indikator hijau ini menunjukkan bahwa Anda telah menyelesaikan langkah pengoptimalan yang benar seperti yang disarankan.

4. Meningkatkan Kecepatan Website

Karena waktu loading suatu website yang lama dapat mengganggu pengunjung website dan akhirnya mereka mencari beberapa website lain yang dapat menyampaikan informasi lebih cepat.

Tidak peduli seberapa bagus konten Anda, pengunjung situs web tidak tahan dengan waktu muat yang lambat. Menurut Google, 53 persen pengguna internet meninggalkan situs web yang membutuhkan waktu lebih dari 3 detik untuk dimuat.

Selain itu, 79 persen orang yang kecewa dengan situs yang memuat lama mengatakan bahwa mereka tidak akan kembali ke situs tersebut. Meningkatkan kecepatan situs Anda adalah teknik SEO yang harus dimiliki.

5. Melakukan Riset Keyword

Riset kata kunci membantu Anda menemukan kata kunci yang penting bagi pembaca Anda.
Ada lima metrik penelitian kata kunci yang harus Anda perhatikan, yaitu volume pencarian, kesulitan kata kunci, saran kata kunci, SERP, dan maksud pencarian.

  • Jumlah pencarian adalah jumlah pencarian yang dilakukan dengan kata kunci dalam jangka waktu tertentu.
  • Kesulitan kata kunci menunjukkan tingkat kesulitan kata kunci di halaman pertama hasil pencarian.
  • Kata Kunci adalah kumpulan kata kunci yang berhubungan dengan kata kunci yang Anda teliti.
    SERP atau Halaman Hasil Mesin Pencari menampilkan halaman yang berada di 10 besar hasil pencarian untuk kata kunci yang Anda cari.
  • Maksud pencarian adalah apa yang diinginkan oleh pencari untuk kata kunci tersebut. Satu kata kunci dapat memiliki lebih dari satu interpretasi, dan Google memprioritaskan interpretasi berdasarkan apa yang diinginkan oleh pencari.
Avatar

luthfi

Saya adalah seorang kontributor berpengalaman di website tukangreview.com yang selalu terinspirasi oleh dinamika teknologi, terutama di bidang IT. Saya adalah seorang pencinta ilmu yang tidak pernah berhenti belajar, dan dengan gembira saya berbagi wawasan seputar dunia bisnis dan saran terkini kepada pembaca setia kami. Mari bersama-sama menjelajahi dunia yang terus berkembang ini dengan semangat dan kegairahan yang mendalam