Cara Buat Manisan Carica Yang Praktis Dan Pas Dilidah

cara buat manisan carica

Pingin yang manis manis tapi banyak manfaatnya? Manisan carica adalah jawabannya. Jika kamu males beli mending bikin sendiri aja dirumah. Caranya mudah kok, Berikut simak cara buat manisan carica!

Manisan Carica

Manisan carica merupakan jajanan atau oleh-oleh khas yang berasal dari Dieng Wonosobo yang banyak dijajakan dalam berbagai macam merek dan bentuk kemasan, mulai dari toples sampai cup plastik.

Untuk yang belum mengenalnya, carica biasanya sering disebut juga sebagai pepaya gunung sebab bentuk pohon dan buahnya yang sangat persis seperti pepaya. Namun hanya saja ukuran buahnya lebih kecil dan batang pohonnya dapat bercabang.

Buah yang hanya dapat hidup didaerah  dataran tinggi sekitar 1.500-3.000 meter di atas permukaan laut itu mempunyai cita rasa asam dan aroma wangi yang cukup khas. Daging buah carica banyak dipercaya bagus bagi kesehatan pencernaan.

Cara Buat Manisan Carica

Bahan-Bahan :

  • Carica 1 kg
  • 1/2 kg gula pasir
  • 2 sdm kapur sirih untuk merendam
  • Air

Cara Membuat Manisan Carica :

  1. Pertama kupas buah carica cuci bersih kemudian belah menjadi dua untuk mengambil bijinya, sesudah di ambil bijinya potong-potong buah carica bisa menggunakan alat pemotong buah dan sayur, sesuai selera bisa menggunakan alat pemotong buah dan sayur kemudian rendam dengan kapur sirih selama 1 jam.
  2. Lalu untuk membuat sirupnya agar wangi khas carica, biji dari buah carica diberi air lalu tekan-tekan  agar sari buah carica keluar, kemudian saring.
  3. Jika sudah 1 jam di rendam, lanjut tiriskan dari rendaman kapur sirih. Cuci dulu hingga  bersih sebelum di rebus.
  4. Kemudian rebus buah carica dengan air biji yang tadi ditekan, tuangkan air jika dirasa kurang cukup. Rebus bersama dengan gula hingga matang, angkat lalu dinginkan. Jika sudah dingin masukan ke lemari es, tunggu hingga beberapa saat.
  5. Manisan carica siap disajikan dingin-dingin.

Baca juga: membuat manisan pepaya kering

Manfaat Buah Carica

1. Melancarkan Pencernaan

Serat yang cukup tinggi terkandung pada buah carica yang berfungsi untuk membantu melancarkan proses pencernaan. Kaya serat, Carica berguna untuk membantu penyerapan protein pada tubuh.

2. Ampuh Menangkal Radikal Bebas

Buah carica juga mengandung Vitamin C dan E yang berguna menangkal radikal bebas dan sinar UV, sehingga bagus juga untuk kesehatan kulit kita.

3. Jaga Kesehatan Usus

Buah carica yang mengandung enzim papain juga berfungsi untuk menyeimbangkan keasaman atau pH pada usus. Mengkonsumsi buah Carica juga dapat menghilangkan bakteri jahat pada usus.

Kandungan enzim papain yang terdapat pada buah carica juga lebih banyak dari pada pepaya biasa dan lebih mudah diserap oleh tubuh.

4. Baik Untuk Kesehatan Mata Dan Membantu Proses Metabolisme

Meskipun tak sebanyak wortel, vitamin A pada buah carica cukup untuk memenuhi kebutuhan tubuh dan bagus bagi kesehatan mata.

Oleh karena itu, buah carica juga cocok dikonsumsi oleh kita yang mempunyai masalah dengan penglihatan. Selain itu, Carica juga mengandung vitamin B kompleks yang berguna membantu proses metabolisme tubuh.

Fakta Menarik Buah Carica

1. Pohon Carica Hanya Tumbuh Di Dataran Tinggi Dieng

Hal ini masih saja menjadi perdebatan apakah kita dapat menanam buah dewa ini selain di  dataran Tinggi Dieng. Memang telah banyak orang yang mencoba menanamnya di tempat lain dengan ketinggian yang hampir sama.Akan tetapi yang keluar bukanlah buah carica melainkan tumbuh buah pepaya seperti biasa.

2. Ditanam Di Pinggir Lahan

Di Dieng jarang sekali ada petani  yang menanam satu lahan penuh. Mungkin saja hanya satu atau dua petani yang menanam secara penuh. Didaerah Dieng biasanya para petani menanam buah pepaya Dieng ini disekitar lahan atau dipinggiran.

Hal ini terjadi karena mayoritas para petani masih mengutamakan komoditas lain untuk ditanam. Misalnya seperti kentang, cabai, wortel dan lain sebagainya.

3. Bisa Tumbuh Tinggi

Apabila tidak dilakukan peremajaan, pohon buah carica ini pertumbuhannya dapat menjulang tinggi. Berbeda dengan pohon pepaya yang akan mudah busuk jika tumbuh terlalu tinggi.

Nah bagaiman? Mudah bukan? oke itu saja yang bisa saya sampaikan tentang cara buat manisan carica. Semoga bisa bermanfaat untuk anda yang membaca. Jika anda tertarik simak juga cara membuat manisan carica