Cara Membuat Roti Canai Tanpa Susu Mudah Dan Enak

Roti canai disebut sebagai makanan sehat pengganti nasi. Hidangan tersebut memiliki kandungan sehat yang mampu memenuhi kebutuhan gizi seseorang. Berikut cara membuat roti canai tampa susu mudah dan enak.

Roti Canai

roti canai

Roti ini dibuat dari tepung gandum utuh. ada juga yang memakai tepung terigu. Namun, cara pembuatannya sedikit berbeda dengan roti lainnya dengan menggunakan roti yang poly Anda jumpai saat ini. Adapun cara buat roti canai.

Bedanya roti canai dengan roti pada umumnya terletak pada cara pembuatannya. Roti biasa normalnya menggunakan ragi. sementara roti canai tidak menggunakan ragi. Proses pembuatannya mudah, hanya menggunakan bahan utama dengan kualitas yang baik saja.

Cara Membuat Roti Canai Tanpa Susu

roti canai

Bahan-bahan :
  • Tepung terigu 15 sdm
  • Gula 1/2 sdt
  • Sejumput garam
  • Air secukupnya
  • Minyak sayur (1sdm untuk adonan)
  • Mentega 1 sdm
  • Meses
Cara Membuat Roti Canai Tanpa Susu :
  1. Siapkan dan campurkan tepung, gula, garam, 1 sdm minyak serta air bertahap, uleni hingga kalis lalu masukkan mentega 1 sdm uleni sampai kalis.
  2. Potong adonan menjadi lima bagian sembari bulat2 kan kemudian rendam dalam minyak. sisihkan adonan 1-2 jam.
  3. Ambil 1 adonan pada bidang datar pipihan menggunakan tangan sampai tipis olesi mentega lalu tambahkan meses.
  4. Setelah itu, rol adonan dari bawah samapi ke atas, tarik tarik adonan sampai sedikit lebih panjang. Rol dari dalam ke 2 sisi hingga membuat konde.
  5. Pipihkan dengan tangan kemudian panggang pada teflon dengan mentega sampai matang.
  6. Setelah matang angkat dan sajikan.
  7. Anda juga bisa tambahkan topping sesuai selera.
Baca Juga : cara membuat bolu biasa panggang

Fakta Unik Seputar Roti Canai

rotii canaii

1.Banyak Terpengaruh Dari India

Roti berikut ini memang kerap kali khas dan diidentikan dengan hidangan dari daratan India. Biarpun begitu adanya sebab roti canai kurang lebih banyak terpengaruh dari negeri bollywood tersebut.

2.Memerlukan Teknik Khusus

Mempunyai ciri khas berbentuk pipih, hal seperti itulah yang membuat roti canai mempunyai perbedaan tersendiri dalam teknik pengolahannya. Ada bermacam- macam teknik yang berbeda, seperti dengan memutarnya berulang kali hingga tipis dan sebagainya.

3.Memiliki Nama Yang Berbeda Di Tiap Negaranya

Di Indonesia sebagian besar masyarakat mungkin lebih terdengar familiar dengan sebutan nama roti maryam dibandingkan roti canai, pada beberapa negara pun tentunya memiliki nama yang berbeda-beda untuk menyebut roti jenis ini.

4.Memiliki Rasa Yang Gurih

Salah satu hal yang paling utama dari sebuah makanan sudah jelas yaitu cita rasanya. Yaps, sama seperti roti canai yang mempunyai ciri khas cita rasa yang gurih walaupun pada rasa orisinilnya terasa lebih dominan tawar.

Tetapi, di beberapa negara salah satunya yaitu Malaysia juga terdapat beberapa macam roti canai yang memiliki cita rasa unik dan lebih modern dengan tambahan keju, cokelat, maupun rasa buah seperti durian dan lain-lain.

5.Paling Cocok Dikonsumsi Dengan Teh Tarik

teh tarik

Di Indonesia, cara terbaik menikmati roti canai yaitu dengan menambahkan segelas teh tarik. Kita dapat menikmati roti canai dengan dicelup tambahan teh tarik ataupun memakan roti canai dengan minuman teh tarik yang dingin maupun hangat.

Salah satu keunikan yang satu ini lah menjadi roti canai banyak mempunyai ciri yang khas juga komponen berbeda untuk menyantapnya. Sebagian di bebrapa negara juga menyebut roti canai dengan nama yang unik yaitu roti prata yang cukup dikenal sampai daratan Myanmar.

Demikian beberapa informasiĀ  tentangĀ  roti canai dan cara pembuatannya yang sangat mudah tentunya bisa Anda coba dirumah sekian yang bisa saya bagikan. Semoga mudah difahami dan bermanfaat, saya ucapkan terimakasih.

 

Avatar

Tasya Amelia

Saya adalah seorang penulis di tukangreview.com yang sangat tertarik dengan perkembangan teknologi, terutama dalam bidang IT. Saya juga senang belajar berbagai hal dan berbagi banyak informasi seputar bisnis serta tips terkini dengan pembaca kami