Resep Tela Tela Tahu Crispy Bikin Nagih

Pada artikel kali ini kita akan membahas tentang resep tela tela tahu. Berbicara tentang tela tela pada umumnya terbuat dari singkong, ubi jalar, namun kini cukup berbeda yakni dengan tahu. Bagaimana kenikmatannya , mari kita simak artikel berikut ini.

Resep Tela Tela Tahu

Siapa yang tidak mengenal jajanan yang satu ini? Tela tela tahu crispysekarang sangat digandrungi karena rasanya yang gurih dan harganya yang terjangkau. Anda bahkan dapat menemukan cemilan ini di pusat-pusat perbelanjaan. Mau tahu bagaimana cara membuat tela tela tahu yang enak dan renyah? Berikut adalah resepnya.

Bahan dan Bumbu

  • 10 buah tahu putih. Kukus sekitar 15 menit
  • 3/4 kg tepung terigu merek cakra untuk hasil terbaik
  • 1 bungkus penyedap rasa
  • 2 sdt backing powder
  • Garam secukupnya
  • Minyak secukupnya
  • 1 bungkus penyedap rasa
  • Merica bubuk secukupnya
  • 4 siung bawang putih
  • Garam secukupnya
  • Air secukupnya (digunakan untuk merendam bumbu yang sudah di haluskan)

Cara Membuat Tela Tela Tahu

  1. Haluskan semua bumbu halus lalu campur dengan air.
  2. Potong tahu yang sudah dikukus dengan bentuk kotak ukuran 4cm.
  3. Rendam tahu yang sudah dipotong ke dalam air campuran bumbu yang sudah di haluskan tadi.
  4. Setelah itu, masukkan kedalam chest freezer selama kurang lebih 1 jam.
  5. Campurkan tepung terigu, baking powder,garam dan penyedap rasa ke dalam wadah berukuran sedang lalu aduk hingga tercampur rata.
  6. Keluarkan tahu dari lemari pendingin lalu campurkan tahu kedalam campuran adonan yang sudah di buat tadi sambil ditekan pelan-pelan agar saat di goreng membentuk kulit yang renyah.
  7. Panaskan minyak pada penggorengan, lalu goreng tahu sampai matang hingga kuning kecokelatan.
  8. Angkat dan silakan anda sajikan.

Manfaat Tahu Bagi Kesehatan

Tahu yang berbahan dasar kedelai ini mengandung zat besi yang membantu dalam proses pembentukan hemoglobin. Dalam hal ini, zat besi berfungsi memberikan warna merah tua kepada sel darah merah. Hal ini yang menyebabkan produksi hemoglobin dapat meningkat, sehingga kebutuhan hemoglobin dapat terpenuhi dengan sempurna.

Dengan tercukupinya kebutuhan hemoglobin, Anda akan terbebas dari gejala anemia seperti lemah, letih, dan lesu.  Dan yang pasti mengonsumsi tahu itu baik untuk tubuh. Apa sajakah manfaat tahu bagi tubuh? Berikut ulasannya.

1. Memperlambat Proses Penuaan

Tahu mengandung isoflavon yang berfungsi untuk menangkal pengaruh buruk radikal bebas. Isoflavon ini juga berperan sebagai zat anti-agingyang dapat menghambat proses penuaan dini.

Selain isoflavon, kolagen pada tahu dapat membantu untuk menjaga elastisitas kulit. Maka dari itu, dengan mengonsumsi tahu, kulit Anda akan senantiasa terasa kenyal dan awet muda.

2. Mengurangi Risiko Diabetes

Kedelai pada tahu mengandung protein yang bebas lemak. Protein bebas lemak tersebut dapat membantu Anda menekan kadar gula berlebih dalam darah sehingga Anda dapat terhindar dari risiko diabetes.

3. Sebagai Energi Cadangan

Komponen utama energi pada tubuh sebenarnya adalah karbohidrat dan lemak. Akan tetapi, protein juga memiliki fungsi utama sebagai sumber energi sehingga dapat digunakan sebagai energi cadangan agar Anda tetap fit.

4. Mencegah Pendarahan Pada Sendi

Tahu mengandung asam linoleat yang dapat mencegah pendarahan pada sendi. Gangguan pada sendi inilah yang menjadi penyebab munculnya rematik. Maka dari itu, mengonsumsi tahu dapat membantu Anda untuk mencegah risiko rematik.

5. Mengurangi Kadar Kolesterol dalam Darah

Kali ini asam linoleat lagi yang memiliki peran penting dalam tahu. Asam linoleat berperan sebagai sumber lesitin yang dapat menjaga metabolisme dari kerusakan akibat serangan radikal bebas.

 

Selain rasanya yang renyah dan bikin nagih, ternyata bisnis tela tela tahu ini sangat menguntungkan. Anda juga dapat mencoba resep cara membuat tela tela singkong yang tidak kalah akan kenikmatannya. Demikianlah artikel tentang resep tela tela tahu yang wajib anda coba dirumah bersama keluarga. Selamat mencoba semoga bermanfaat!!!

 

Avatar

Muhammad Sapta

Saya adalah seorang penulis di tukangreview.com yang sangat tertarik pada perkembangan teknologi, terutama di bidang IT. Saya senang belajar hal-hal baru dan senang berbagi informasi seputar dunia bisnis dan tips terkini dengan pembaca kami