Cara Membuat Jus Apel Susu Resep Rumahan

resep jus apel susu

Berikut ini merupakan postingan saya yang akan menerangkan bagaimana Cara Membuat Jus Apel Susu Resep Rumahan, minuman ini sangat berkhasiat dan juga menyehatkan tubuh tentunya karena jus apel susu terbuat dari bahan bahan alami.

Buah apel merupakan buah yang mengandung banyak nutrisi seperti vitamin C dan juga buah apel kaya akan kandungan fitonutrien serta anti oksidan flavonoid dan folifenol. Jumlah kandungan kekuatan anti oksidan (nilai ORAC) dalam 100 apel mencapai 5900 TE. Kandungan flavonoid yang ada di dalam apel di antaranya quercetin, epicatechin, dan procyanidin B2.

Tidak hanya kandungan nutrisinya saja apel juga di gemari karena teksturnya yang renyah dan lembut cocok untuk anak anak. Buah apel ini sering di olah menjadi berbagai macam olahan yang enak dan menyehatkan seperti pie apel,manisan, jus,roti dan kue.

Di belahan negara lain  buah apel sering dijadikan bahan utama olahan khas mereka. Di Rebublik Ceko ketika menyambut tahun baru dengan membelah buah .

Banyak masyarakat indonesia suka menambahkan susu kental manis pada Beragam minuman seperti sop buah, es teler, es campur,ataupun jus buah. Untuk kamu yang bosan dengan jus apel yang itu itu saja, disini kami akan membahas resep membuat jus apel susu.

Cara Memilih Jus Apel yang Sehat

resep jus apel susu

1. Pilih jus buah murni atau konsentrat
Jus apel konsentrat adalah sari apel dengan tingkat kepekatan tinggi. Konsentrat ini diperoleh dengan menurunkan kadar air hingga yang tersisa hanyalah konsentrat sari apel. Setelah itu, konsentrat tersebut kembali ditambahkan air dan bahan lainnya sehingga rasanya mirip dengan jus segar.
Oleh sebab itu, hanya dengan mengambil konsentratnya dan menurunkan kadar air, konsentrat apel dengan tingkat kepekatan 200% hingga 400% (2 hingga 4 kali lipat lebih kental dari jus apel biasa) dapat diperoleh. Hal itu yang memudahkan proses produksi dan distribusinya ke seluruh negara.
Di sudut pandang lain, jus buah apel murni adalah hasil perasan buah segar yang dipanen. Tidak seperti jus lainnya yang dibuat di rumah atau oleh pedagang buah, sterilisasi dengan suhu panas dan pengawetan dilakukan agar rasanya tetap segar.
Tidak hanya itu, kesegarannya pun bervariasi tergantung dari masa panen dan tingkat kematangan buah. Kami memberikan rekomendasi jus konsentrat jika Anda ingin menikmati rasa yang sama setiap kali meminum jus. Lalu jus buah murni atau segar kami rekomendasikan untuk Anda yang ingin menikmati cita rasa asli jus apel.
2. Perhatikan Warna Jus Apel  Jernih atau Keruh
Jus apel segar memiliki warna yang berbeda.  Jenis jus apel ini memiliki varian jenis ada yang jernih (filtered) dan ada juga yang tampak keruh (unfiltered). Perbedaan itu yang disebabkan oleh cara pembuatan jus apel. Jus yang bagus atau  jernih dibuat dengan cara menyaring ampas dari daging buah. Sedangkan, jus yang keruh dibuat dengan mencampurkan sari buah dengan ampasnya.
Jika anda meminum jus apel, ada kalanya Anda merasa bahwa jus yang keruh terasa lebih lezat. Hal itu sangat bener karena jus yang keruh tidak dapat dibuat jika bahannya tidak segar dan lezat. Oleh karena itu, jus dengan penampakan cairan yang keruh kami rekomendasikan jika Anda ingin merasakan keseluruhan rasa apel itu sendiri. Tetapi produk tipe ini jarang ditemukan di Indonesia.
Karena memiliki mengandung potongan daging dan kulit buah, beberapa jus yang keruh terasa sedikit kasar ketika melewati kerongkongan. Apabila menginginkan jus yang lebih mudah diminum, Anda bisa memilih jus apel yang jernih.
Cara Membuat Jus Apel Susu
resep jus apel susu
Bahan yang Diperlukan :
  • 1 buah apel merah
  • 1 sdt bubuk jahe
  • 5 sdm sirup coco pandan
  • 100 ml susu cair uht
  • Es batu secukupnya
Langkah – Langkah Pembuatan :
  1. Langkah pertama adalah kupas apel terlebih dahulu, kmudian potong kecil-kecil
  2. Masukan apel,susu cair,sirup,jahe bubuk dan es batu kedalam blender.
  3. Kemudian blender semua bahan hingga apel hancur dan tercampur rata.
  4. Terakhir tuangkan ke dalam gelas dan jus apel susu siap untuk disajikan.

Demikianlah beberapa olahan jus apel.  Cara Membuat Jus Apel Susu Resep Rumahan yang semoga bermanfaat untuk anda. Dan jangan lupa membaca artikel mengenai cara membuat jus apelSelamat mencoba di rumah anda!