Mau Tau Cara Membuat Gula Pasir Dengan Mudah ? yuk Langsung Simak

Hai semua, kita ketemu lagi bersama kita, pada kesempatan kali ini saya masih mau bahas cara membuat gula pasir.

Tapi yang mau saya bahas disini adalah pembuatan gula organik yang bisa kita lakukan sendiri di rumah. Kalian Penasaran gimana caranya? Makanya lanjutin bacanya ya.

Seperti yang sudah kita tau, permintaan akan gula di kalangan masyarakat itu selalu meningkat dari waktu ke waktu. Kenapa bisa gitu?

Karena sekarang ini jumlah penduduknya semakin berkembang dan juga semakin maraknya industri atau usaha kuliner yang menggunakan bahan baku gula.

Jadi, gimana pun juga meningkatnya konsumsi masyarakat akan gula ini hendaknya ya harus disertai dengan meningkatnya produksi gula.

Sebetulnya berbagai upaya untuk bisa meningkatkan produksi itu sudah banyak dilakukan, khususnya di pabrik-pabrik pembuatan gula.

Salah satu caranya itu adalah dengan menggunakan mesin-mesin dalam proses pembuatan gulanya itu sendiri. Nah dengan adanya mesin-mesin ini pembuatan gula gak lagi dilakukan secara tradisional, dan yang jelas butuh modal yang gak sedikit.

Seiring dengan semakin berkembangnya mesin-mesin pembuat gula, seharusnya produksi gulanya itu juga semakin meningkat.

Makanya kalau kita cermati sekarang ini, produksi gula saat ini udah jauh lebih baik dilihat dari segi kualitas maupun kuantitasnya kalau dibandingkan sama produksi gula waktu belum adanya mekanisasi.

Tapi meskipun gitu, bukan berarti kita gak bisa produksi gula sendiri loh, kita bisa kok, bahkan kita bisa bikin gula sendiri di rumah.

Jadi kalau sudah begini kita bisa memproduksi gula buatan kita sendiri dan bahkan bisa juga kita pasarkan, yang penting asalkan ada niat dan kemauan pasti bisa.

Makanya pada artikel kali ini saya mau share tentang bagaimana caranya membuat gula sendiri di rumah, ya kalau saya bilang sih cara membuat gula pasir organik karena emang proses pembuatannya itu masih alami dan gak butuh peralatan atau mekanisme yang ribet dan panjang.

Cara Membuat Gula Pasir Organik

CARA MEMBUAT GULA PASIR

1. Penyadapan Air Nira

Proses pertama yang harus kita lakukan itu adalah penyadapan air nira dari tebu atau pohon aren.

Karena air nira inilah yang menjadi bahan baku utama dalam pembuatan gula pasir. Penyadapan air nira ini kita lakukan dua kali, yaitu pada pagi dan sore hari.

Kalau untuk tahap awal pembuatan sih saya sarankan sebaiknya jangan langsung banyak dulu, paling gak kita bisa coba 1-2 liter air nira. Nanti kalau sudah berhasil baru ke depannya bisa produksi lebih banyak lagi.

2. Pemasakan Air Nira

Setelah air niranya itu sudah kita dapatkan, langkah selanjutnya adalah pemasakan.

Air nira yang sudah kita sadap tadi sebaiknya langsung segera dimasak dengan cara dipanaskan selama 5-6 jam, karena kalau air niranya itu cuma kita diamkan terlalu lama, nanti malah berubah jadi arak dan gak akan bisa diproses jadi gula.

Proses pemasakan air nira ini kita lakukan sampai air niranya mengental dan berwarna cokelat kekuningan.

Tapi perlu kita perhatikan nih, waktu proses pemasakan, air niranya ini harus kita saring untuk membuang kotorannya (berupa serpihan dari sabut tanaman tebu atau pohon aren dan juga buih-buih yang ada disekeliling air niranya), karena kalau kita gak buang kotorannya itu, gula yang dihasilkan nanti jadi berasa pahit.

Proses pemasakan air nira ini bisa kita hentikan kalau air niranya sudah mulai mengental seperti dodol. Terus adonan niranya itu kita angkat dari tungku perapian untuk selanjutnya kita lakukan proses pengadukan atau pengkristalan.

3. Pengkristalan

Langkah selanjutnya adalah proses pengkristalan, tujuannya itu ya untuk membuat adonan niranya itu jadi berupa butiran-butiran gula kristal. Jadi, adonan gula yang sudah mengental tadi kita dinginkan sebentar, terus kita masukkan ke dalam mesin pembuat gula untuk bisa dilakukan pengadukan biar jadi kristal.

Proses ini kita lakukan kurang lebih selama 1 jam, pokoknya sampai adonan gulanya itu menjadi butiran-butiran halus yang merupakan gula pasir organik, tapi butiran ini masih belum seragam ukurannya, makanya masih perlu kita lakukan pengadukan sampai benar-benar halus.

4. Pengayakan

Kalau adonan gulanya itu tadi sudah terbentuk menjadi butiran-butiran, langkah selanjutnya itu adalah menyaring gulanya dengan kawat ayakan yang terbuat dari stainless steel, tujuannya itu biar kita bisa mendapatkan gula kristal dengan ukuran yang sama besarnya.

5. Pengemasan

Tahap terakhir itu pengemasan. Gula pasir organik yang sudah jadi bisa segera kita kemas di dalam wadah kaca atau plastik, yang penting harus kering dan tertutup rapat.

Kalau teman-teman mau jual hasil produksi gulanya itu ya sebaiknya dikemas dengan kemasan yang menarik biar bisa menarik perhatian konsumen

Ngomong ngomong tentang cara membuat gula pasir tidak jauh dari mesin pembuatnya berikut anda bisa cek sendiri di mesin peras tebu, Sekian mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan apabilah ada kesalahan saya mohon maaf

Avatar

Madhan

Saya adalah seorang kontributor berpengalaman di website tukangreview.com yang selalu terinspirasi oleh dinamika teknologi, terutama di bidang IT. Saya adalah seorang pencinta ilmu yang tidak pernah berhenti belajar, dan dengan gembira saya berbagi wawasan seputar dunia bisnis dan saran terkini kepada pembaca setia kami. Mari bersama-sama menjelajahi dunia yang terus berkembang ini dengan semangat dan kegairahan yang mendalam