Peluang usaha kelapa sawit dan langkah memulai pengolahannya

Peluang usaha kelapa sawit- Kelapa sawit merupakan tanaman industry penting yang menghasilkan minyak baik itu minyak masak, minyak industry ataupun minyak bakar(biodiesel).

Perkebunan tanaman ini menghasilkan keuntungan yang besar sehingga banyak hutan dan perkebunan lama yang diubah menjadi lahan perkebunan sawit .

peluang usaha kelapa sawit

Indonesia merupakan penghasil minyak sawit terbesar didunia yang tersebar di beberapa daerah yakni daerah Aceh, pantai Timur Sumatera, Jawa, Kalimantan dan Sulawesi.

Peluang usaha kelapa sawit simak beberapa olahannya

Kelapa sawit bisa diolah menjadi berbagai macam bahan yang bermanfaat untuk kita tentunya dan bisa dijadikan peluang bisnis yang menjanjikan simak ulasan berikut ini

Minyak kelapa sawit dapat digunakan sebagai bahan baku untuk  minyak makan, margarin, sabun, kosmetik, industry baja, kawat, radio, kulit, dan juga industry farmasi.

Minyak kelapa sawit memiliki keunggulan yakni tahan akan oksidasi dengan tekanan yang tinggi, dapat melarutkan bahan kimia yang tidak larut pada bahan pelarut lainnya, memiliki daya melapisi yang tinggi dan kosmetik tidak menimbulkan iritasi.

Buah dari kelapa sawit merupakan bagian yang populer untuk diolah. Daging buahnya dapat menghasilkan minyak sawit  yang dapat dibuat menjadi bahan baku minyak goreng dan juga margarin.

Kelebihan dari minyak nabati ini yakni memiliki harga yang murah, rendah kolesterol dan memiliki kandungan kolesterol yang tinggi.

Selain digunakan sebagai bahan baku minyak goreng, daging dan kulit buah kelapa sawit juga dapat digunakan sebagai bahan baku sabun dan juga lilin.

Ampasnya atau yang biasa disebut dengan bungkil yang digunakan sebagai makanan ternak, sedangkan tempurungnya dapat digunakan sebagai bahan bakar dan arang.

Langkah- langkah memulai bisnis kelapa sawit

1. Persiapkan lahan

Langkah pertama yang harus dilakukan ketika kita ingin merencanakan untuk memulai bisnis kelapa sawit yakni harus mempersiapkan lahan terlebih dahulu. Lahan yang akan anda gunakan untuk membuka usaha kelapa atau membudidaya sawit tentunya membutuhkan lahan yang cukup luas.

Karena nantinya penanaman sawit dilakukan secara serentak dengan tujuan agar keuntungan yang didapat bisa lebih besar. Dalam hal ini kamu harus bisa membeli atau menyewa lahan yang areanya berada di dekat hutan ataupun area pinggiran agar harganya jauh lebih terjangkau. Namun yang perlu kamu perhatikan adalah pastikan tanah yang hendak akan di tanami kelapa sawitnya harus benar-benar diperoleh secara legal. Jangan lupa untuk memperhatikan kemudahan transportasi menuju lahan tersebut.

2. Gunakan bibit unggul

Setelah anda memperoleh area yang benar-benar tepat untuk dijadikan lahan menanam kelapa sawit, maka selanjutnya kamu perlu memillih bibit yang benar-benar berkualitas dan juga bagus serta termasuk dalam bibit yang unggul. Panen sawit akan terasa memuaskan jika anda memulainya dengan menanam bibit yang mempunyai kualitas terbaik.

3.  Pilih tenaga kerja yang kompeten

Dalam menjalankan bisnis kelapa sawit,  tentunya kamu sangat memerlukan banyak sekali pekerja. Kamu tidak bisa mengelola kebun kelapa sawit hanya seorang diri. Oleh karena itu, perlu bagi kamu untuk merekrut serta mencari tenaga kerja yang benar-benar kompeten yang bisa menggarap kebun kelapa sawit milik kamu.

Dan jangan lupa untuk menghitung besar biaya serta modal yang dibutuhkan untuk membayar para pegawai.

4. Gunakan jasa manajemen yang profesional

Saat menjalankan bisnis kelapa sawit, Anda akan belajar tentang keberadaan jasa manajemen yang mengurus lahan. Jasa pengurusan perkebunan kelapa sawit biasanya memberikan edukasi cara mengelola lahan dengan baik dan benar. Anda harus memilih manajemen yang benar-benar berpengalaman dan bereputasi baik.

5. Faktor lain yang harus diperhatikan

 Kalian pasti sudah sering mendengar tentang banyaknya pelanggran hukum yang terjadi akibat pembukaan lahan sawit. Oleh karena itu, kamu wajib membeli lahan yang benar legal agar tidak menjadi pelanggar hukum. Dan kamu juga harus memperhatikan faktor lain yang tidak kalah pentingnya.

6. Persiapan modal awal

Sebelum memulai bisnis kelapa sawit, yang paling utama dipersiapkan adalah modal awalnya. Mencari tahu informasi apa saja yang harus dipersiapkan untuk membudidayakan kelapa sawit juga merupakan salah satu modal awal yang harus kita kuasai. Sebelumnya kita harus mencari tau dengan jelas informasi mengenai cara budidaya sawit.

Ini adalah peluang bisnis dan langkah-langkah memulai bisnis kelapa sawit, sehingga hasilnya memuaskan. Usaha ini sebaiknya dilakukan dengan cara yang baik dan tidak membuka lahan kelapa sawit di area yang dapat merusak lingkungan alam. Dengan begitu, selagi kita menuai keuntungan berbisnis, Anda bisa terus berkontribusi pada kelestarian lingkungan dengan tidak merusak lingkungan.

 

 

 

Avatar

Sanrina R

Saya adalah seorang penulis di tukangreview.com yang sangat tertarik dengan perkembangan teknologi, terutama dalam bidang IT. Saya juga senang belajar berbagai hal dan berbagi banyak informasi seputar bisnis serta tips terkini dengan pembaca kami