Strategi Jual Minuman Kekinian Agar Laris Manis, Bagaimana Caranya?

Strategi jual minuman agar laris manis, Bagaimanakah caranya?. Sebenarnya strategi untuk menjual minuman ini cukup mudah. Anda hanya perlu mempelajari nya dengan baik untuk menguasai strategi-strategi tersebut.

Pada saat ini, usaha minuman kekinian sudah menjadi bisnis yang sangat populer di kalangan masyarakat. Hal ini terjadi karena minuman kekinian memiliki beragam variasi yang sangat disukai masyarakat, sehingga banyak orang yang memulai menjalankan usaha minuman kekinian ini.

Berikut akan dibahas dengan lengkap mengenai peluang usaha minuman kekinian dan strategi bisnis minuman kekinian.

Peluang Usaha Bisnis Minuman Kekinian

Peluang usaha minuman

Sebelum masuk lebih jauh, mari kita mengenal seperti apa peluang dari usaha minuman ini, mengapa banyak orang yang tertarik terjun ke dalam ranah bisnis minuman ini?

1. Modal yang Kecil

Alasan utama mengapa bisnis ini diminati oleh banyak orang karena modal yang diperlukan tidak sebanyak bisnis lain. Anda dapat memulai bisnis ini hanya dengan modal yang minim mulai dari 500 ribuan hingga 4 jutaan rupiah.

Karena peralatan yang dibutuhkan untuk usaha ini tidak terlalu banyak dan tidak mahal. Anda juga bisa menghemat modal dengan menjalankan usaha ini di teras depan rumah atau di gerobak kecil sederhana. Jadi Anda tidak perlu untuk menyewa tempat untuk berjualan lagi.

2. Mudah Dijalankan

Jika Anda sudah selesai menemukan resep minuman, menentukan supplier bahan baku, dan supplier kemasan, maka tugas Anda yang berikutnya adalah menjaga komposisi dan kualitas produk.

Karena proses pembuatan minuman dan pengelolaan bisnis yang sangat sederhana, maka wajar saja jika bisnis ini dilirik oleh para pelajar, mahasiswa dan ibu rumah tangga.

3. Mudah Melakukan Inovasi

Berbisnis minuman kekinian pada masa kini sangat mudah untuk dikembangkan. Anda bisa membuat berbagai varian dan aneka rasa baru untuk minuman ini, atau juga Anda bisa menambah menu pendamping misalnya snack, kue, dessert maupun menu makanan lainnya yang digunakan sebagai pelengkap minuman.

Jika Anda ingin membuka cabang toko atau bahkan membuat bisnis ini sebagai franchise, maka hal ini tentu saja akan memudahkan Anda dan tentu nantinya akan banyak diminati oleh banyak orang.

4. Memiliki Potensi Keuntungan Besar

Dalam beberapa liputan bisnis, ada pengusaha minuman kekinian yang baru 1 bulan berdiri. Namun sudah bisa menjual 400-600 cup tiap harinya.

Hal ini karena harga jual minuman kekinian sendiri cukup terjangkau, dan rasanya dapat dinikmati dengan baik oleh berbagai kalangan, mulai dari anak kecil hingga orang dewasa bisa menjadi calon konsumen Anda nantinya.

Jam buka untuk bisnis minuman ini juga cukup panjang, mulai dari pagi hingga malam hari. Jadi Anda akan terus memiliki peluang untuk mendapatkan keuntungan.

Namun jangan lupa untuk selalu bersabar ketika menunggu pelanggan datang. Karena bisnis kuliner tidak selamanya ramai terkadang juga ada masanya untuk sepi pembeli. Oleh karena itu Anda harus pintar-pintar memikirkan strategi bisnis minuman seperti apa yang nantinya akan tetap membuat usaha Anda ramai pembeli.

Strategi Bisnis Minuman Kekinian Yang Bisa Anda Coba

Strategi Jual Minuman

1. Temukan Lokasi Yang Bagus

Salah satu strategi dari bisnis minuman kekinian yang paling penting adalah letak jualan yang strategis. Letak tempat bisnis tidak harus selalu berada didepan jalan atau di tempat besar yang mudah dilihat banyak orang. Namun letak yang strategis yaitu :

  • Dekat dengan toko untuk membeli bahan utama minumsn Anda, misalnya jika Anda berbisnis minuman jus buah segar maka Anda bisa menjual dekat dengan toko buah, sehingga buah yang Anda gunakan akan tetap terjaga kesegarannya. Atau Anda juga bisa sekaligus berjualan buah sambil menjual jus buah segar untuk menambah keuntungan Anda.
  • Cari tempat yang mudah ditemukan oleh calon pembeli atau oleh ojek online
  • Usahakan dekat dengan target konsumen yang sudah Anda tentukan
  • Usahakan juga tempat untuk berjualan tidak sering berpindah-pindah tempat, agar nantinya tidak membingungkan calon pembeli

2. Melakukan Riset Menu Sebagai Strategi Bisnis Minuman

Strategi bisnis minuman selanjutnya yang tidak kalah penting yaitu melakukan riset pada menu dan varian minuman yang akan dijual. Pada masa kini ada banyak sekali jenis dan varian bisnis minuman kekinian yang bisa Anda buat. Untuk itu pilih dulu apa saja jenis minuman atau varian rasa yang nantinya akan banyak digemari pelanggan.

Anda juga bisa menentukan berbagai varian minuman Anda, dari sumber bahan makanan mana yang paling murah dan lebih mudah untuk Anda dapatkan.

3. Tentukan Harga Jual Yang Pas Terjangkau Sebagai Strategi Bisnis Minuman

Strategi bisnis minuman selanjutnya yaitu menentukan harga. Saat menentukan harga jual pada produk satu dengan yang lainnya memang berbeda. Namun ada baiknya bagi Anda untuk melakukan riset kepada para kompetitor, agar lebih mengetahui kisaran harga jual yang ada di pasaran.

Namun, menetapkan harga juga harus didasari dari bahan baku yang akan digunakan, proses yang dilakukan, biaya operasional, biaya kemasan serta biaya marketing yang digunakan. Jangan hanya karena ingin memberikan harga lebih rendah, Anda malah mengurangi kualitas produk minuman atau justru mengalami kerugian karena kurang tepat dalam perhitungannya.

Jangan takut untuk menetapkan harga yang lebih tinggi dari kompetitor lain, jika Anda yakin akan kualitas produk dan keunggulan minuman Anda.

4. Temukan Keunggulan Dari Produk Minuman Anda Sebagai Strategi Bisnis Minuman

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa bisnis minuman kekinian memiliki peluang yang sangat besar tetapi juga memilki kompetitor yang sangat banyak.

Dan untuk memenangkan persaingan dengan kompetitor lain, yang terpenting bukanlah harga, namun memperbanyak keunggulan atau value dari produk minuman yang akan Anda jual.

Keunggulan produk bisa jadi memang dari harganya yang lebih murah, varian minuman yang lebih banyak, memiliki rasa yang lebih enak, kebersihan yang lebih terjaga, varian topping yang berbed beda, serta bentuk kemasan yang unik dengan dilengkapi desain yang menarik.

5. Standar Pelayanan Prima Sebagai Strategi Bisnis Minuman

Minuman yang enak dan unik saja tidak akan cukup untuk membuat bisnis Anda selalu diminati oleh banyak konsumen. Menjaga standar pelayanan untuk pelanggan juga wajib agar meningkatkan kepercayaan dan loyalitas pelanggan kepada Anda.

Jika Anda mengelola tempat usaha yang sering didatangi pengunjung, maka Anda juga harus melatih setiap pegawai yang ada agar selalu bersikap ramah dan sopan dalam melayani pelanggan maupun mitra ojek online.

Strategi Marketing Bisnis Minum Kekinian

Strategi Jual Minuman

Strategi jual minuman yang harus Anda perhatikan selanjutnya adalah strategi marketing. Menggunakan strategi jualan yang satu ini akan sangat membantu Anda untuk memulai usaha minuman ini.

1. Tentukan Nama dan Logo Produk Sebagai Strategi Jual Minuman

Hal pertama yang harus dilakukan adalah menentukan nama dan logo produk Anda. Nama dan logo brand adalah hal pertama yang akan diingat oleh konsumen. Untuk itu buatlah nama dan logo yang mudah untuk dibaca, mudah diingat serta memiliki arti yang relevan dengan jenis produk atau bisnis yang Anda jalankan.

2. Buatlah Kemasan Yang Menarik

Calon pelanggan pada pertama kali akan tertarik dengan tampilan dari produk yang akan dibeli. Untuk itu, cobalah memperbaiki tampilan produk Anda dengan membuat kemasan yang unik dan menarik, agar pelanggan merasa bahwa uang yang mereka belanjakan tidak sia-sia.

Anda bisa menggunakan kemasan cup dengan berbagai desain menarik, atau juga menggunakan kemasan botol dengan desain yang menarik juga tentunya agar menarik perhatian dari pelanggan.

3. Ambil Foto Produk Dengan Angle Yang Bagus

Karena tampilan produk sangat dibutuhkan dalam bisnis minuman ini. Maka Anda juga harus mengambil foto produk agar tampak menarik, dengan memperhatikan pencahayaan yang ada, serta komposisi dan angle pemotretan yang tepat.

Foto produk yang menarik dapat menggugah selera nantinya akan berguna untuk ditaruh pada daftar menu, spanduk dan marketing tools (alat pemasaran) lainnya. Atau juga bisa digunakan untuk media promosi.

4. Gunakanlah Sosial Media Marketing Sebagai Strategi Jual Minuman

Sosial media marketing adalah strategi digital marketing yang paling cocok dan efektif untuk mempromosikan bisnis minuman Anda. Rutinlah membuat berbagai konten yang menarik untuk mempromosikan produk Anda, serta cobalah untuk beriklan agar mendapatkan hasil yang lebih maksimal nantinya.

5. Coba Pakai Jasa Influencer Sebagai Strategi Jual Minuman

Jika sosial media marketing menggunakan konten marketing saja masih tidak akan cukup. Mungkin ini saatnya Anda untuk menggunakan jasa sosial influencer, yang nantinya dapat mempromosikan produk Anda melalui review dan testimoni mereka.

Hal ini nantinya akan sangat berpengaruh besar kepada Anda. Pasti pelanggan akan banyak yang membeli di toko Anda karena penasaran dengan review yang sudah diberikan oleh para influencer tersebut.

6. Coba Daftar di Ojek Online

Pada masa kini untuk memudahkan pemesanan dan menjangkau lebih banyak calon konsumen, Anda bisa mendaftar di Ojek online seperti Go-Food dan Grab Food sebagai mitra restoran. Dengan bergabung dengan aplikasi tersebut, Anda tidak perlu lagi memiliki kurir pribadi yang harus mengantar semua pesanan Anda.

7. Promosikan Secara Rutin Produk Anda

Siapa yang tidak suka promo pada masa kini? Pasti semua orang suka dengan promo, begitu juga dengan calon konsumen Anda di bisnis minuman ini. Untuk itu, berikanlah promo secara rutin setiap minggu atau setiap bulannya, baik itu diskon secara langsung, promo bundling/paket, paket buy 1 get 1 atau paket gratis ongkos kirim.

Anda juga bisa memberikan Giveaway atau membuat kontes berhadiah produk langsung, maupun kupon potongan harga, yang dapat digunakan ketika para calon pembeli berbelanja di tempat Anda.

Avatar

novel

Saya adalah seorang penulis di website tukangreview.com yang senantiasa terpukau oleh perkembangan teknologi, terutama dalam ranah IT. Saya adalah seorang pencinta pengetahuan yang tidak pernah berhenti belajar, dan dengan penuh semangat saya berbagi wawasan seputar dunia bisnis dan panduan terbaru kepada pembaca setia kami. Ayo, mari bersama-sama menjelajahi dunia yang terus berkembang ini dengan semangat dan pengetahuan yang mendalam