Cara Membuat Keripik Pisang Nangka

Sudah pernah nyobain resep Cara Membuat Keripik Pisang Nangka yang enak? kalau belum, yuk simak artikel berikut ini di jamin ketagihan!

Keripik Pisang Nangka

Salah satu olahan pisang yang paling awet dan enak adalah keripik pisang. Masyarakat kita lebih terbiasa mengolah pisang menjadi pisang goreng atau memakannya secara langsung tanpa pengolahan. Aneka olahan seperti keripik pisang, sale pisang atau lontok tidak jarang digunakan di rumah. Padahal, membuat keripik pisang tidaklah sulit.

Membuat keripik pisang bisa disebut mudah, karena pisang sendiri merupakan buah yang tidak mengenal musim atau selalu ada. Kita tidak terlalu menunggu waktu tertentu dalam setahun untuk memanen pisang. Dibandingkan dengan olahan pisang lainnya, membuat keripik pisang di bilang sedikit agak rumit.

Resep Keripik Pisang Nangka

cara membuat keripik pisang nangka

Bahan-Bahan:

  • 1 sisir pisang nangka mentahan
  • Minyak goreng
  • Air garam

Cara Keripik Pisang Nangka

  1. Kupas pisang kemudian cuci hingga bersih
  2. Kemudian iris tipis menggunakan pisau tajam atau alat slice. Kemudian rendam di air garam kemudian goreng minyak panas (Usahakan memperbanyak minyak supaya hasilnya bagus)
  3. Setelah kering dan kekuningan, angkat lalu tiriskan.

Berikutnya ada manfaat dari mengonsumsi keripik pisang nangka

Manfaat Mengonsumsi Keripik Pisang

1.Sebagai Sumber Energi

Sama seperti nasi, pisang kaya akan karbohidrat yang bisa menjadi sumber energi instan untuk anak. Makan pisang ukuran sedang bisa menyumbang 105 kkal. Sumber kalori ini cocok dikonsumsi oleh anak-anak yang aktif berolahraga untuk menjaga kadar gula darahnya.

2.Pencernaan dan Pengisian Lancar

Manfaat pisang selanjutnya adalah melancarkan pencernaan. Kandungan serat pada pisang dapat meningkatkan kesehatan usus anak dan mencegah gangguan pencernaan, seperti sembelit.

Buah yang satu ini juga sangat cocok dijadikan sebagai camilan sehat di pedoman menunggu jadwal makan utama tiba. Kandungan serat dan pati pada pisang dapat memberikan rasa kenyang lebih lama, sehingga si kecil dapat menghindari kebiasaan mengonsumsi makanan yang tidak sehat, seperti cokelat dan keripik.

3.Mendukung proses pertumbuhan dan perkembangan serta menjaga kesehatan otot

Kalium merupakan mineral penting yang dibutuhkan oleh tubuh si kecil dan Anda bisa menemukannya di pisang. Kalium berperan besar dalam mendukung proses pertumbuhan dan perkembangan, menjaga kesehatan dan fungsi otot, serta mengatur kadar air dalam tubuh.

Selain Manfaat yang pasti juga terdapat efek sampinya ya guys, yuk simak.

Baca juga: Cara membuat keripik nangka sederhana

Efek Samping Mengonsumsi Keripik Pisang

1.Alergi

“Mereka yang alergi terhadap lateks berisiko tinggi untuk alergi terhadap buah-buahan seperti pisang, avokad, buah kiwi, dan chestnut,” ungkap penelitian dari livestrong.com.

“Reaksi alergi yang terjadi adalah gatal di mulut ketika kamu menelan pisang,” sambungnya.

2.Migrain

Pisang mengandung asam amino tirosin yang ketika masuk ke dalam tubuh berubah menjadi tyramine. Tyramine ini akan memicu sakit kepala berupa migrain. Jika kamu sudah mengidap migrain dalam waktu lama, konsultasikan pada dokter berapa jumlah pisang yang boleh kamu konsumsi per hari.

3.Gangguan Pencernaan

Makan satu buah pisang per hari tak dapat menyebabkan masalah pencernaan. Namun jika kamu terlalu banyak makan pisang kamu bisa mengalami diare dan perut kembung. Sebabnya, pisang kaya akan serat. Dan ketika di dalam perutmu terlalu banyak serat yang tidak bisa dicerna dengan baik maka akan menghasilkan efek samping yaitu gas yang membuat perut jadi kembung.

Nah itu dia, faham kan? konsumsi sewajarnya saja jangan sampai terkena efek sampinya yah. Itu dia resep cara membuat keripik pisang nangka.

Avatar

ridho maulana

Saya adalah seorang kontributor berpengalaman di website tukangreview.com yang selalu terinspirasi oleh dinamika teknologi, terutama di bidang IT. Saya adalah seorang pencinta ilmu yang tidak pernah berhenti belajar, dan dengan gembira saya berbagi wawasan seputar dunia bisnis dan saran terkini kepada pembaca setia kami. Mari bersama-sama menjelajahi dunia yang terus berkembang ini dengan semangat dan kegairahan yang mendalam