Gulali Rambut Nenek Kering

jajanan ini sekarang jarang dijumpai padahal cara membuat gulali rambut nenek kering pun mudah dan bahanya mudah kita cari bahkan cara pembuatannya pun juga mudah.

Gulali Rambut Nenek

Pada saat ini, penjual rambut nenek mulai sulit ditemui dikota-kota besar misalnya di Jakarta. Tak jarang, generasi muda tak mengenal jajanan legendaris ini kreasi asli orang Indonesia. Padahal ini adalah salah satu kekayaan budaya negeri berbendera merah putih.

rambut nenek, jajanan yang tak asing bagi  generasi 90an. rambut nenek memiliki bentuk yang unik-unik, ditambah lagi cita rasanya yang sangatlah manis menjadi daya tarik tersendiri bagi penikmat makanan jadul ini. rambut nenek diminati oleh hampir seluruh kalangan, terutama anak-anak sekolah dasar dan sekolah menengah.

rambut nenek juga sering disebut gulali rambut nenek. Hal ini karena bentuk dan warnanya sangat mirip dengan rambut ubanan orang tua. Jajanan ini masih bertahan hingga saat ini, ya walaupun pola konsumsi snack sachet dan gulali modern juga semakin bertambah banyak.

Asal Usul Gulali Rambut Nenek

rambut nenek dibuat dengan alat sederhana, berbeda dengan rambut nenek modern yang dibuat menggunakan mesin arum manis. rambut nenek ini dibuat dengan bahan dasar tepung terigu, gula, dan telur. Bahan-bahan ini dimasak dan dibentuk sedemikian rupa hingga menyerupai rambut nenek.

Setelah didiamkan beberapa saat, rambut nenek akan berbentuk kristal gula. Kristal gula tersebut akan mencair dan mengeluarkan rasa manis ketika dimakan.Arum manis masih menjadi daya tarik tersendiri bagi penikmat jajanan street food karena keunikan.

Jajanan ini pada awalnya ditemukan dinegara Italia, namun rambut nenek  adalah salah satu jenis makanan legendaris rambut nenek khas Indonesia, tepatnya di Provinsi Jawa Timur. Jajanan ini masih bertahan dengan romantismenya, walaupun popularitasnya kian surut.

gulali rambut nenek kering

Menjadi Jajanan Favorit

Konsumsi snack/jajanan kini tengah menjadi kebutuhan masyarakat Indonesia. Terutama pelajar dan para pekerja yang membutuhkan asupan ditengah jedanya rutinitas mereka. Hasil survey yang diadakan oleh Mondelez menemukan bahwa biskuit industri menempati posisi paling tinggi.

jajanan favorit masyarakat Indonesia. Nilai bisnis konsumsi jajanan masyarakat Indonesia mencapai 243 Trilliun Rupiah, sungguh pasar yang sangat mengiurkan untuk pelaku bisnis snack industri.rambut nenek bisa juga dimakan dengan kue pie susu manis.

Salah satu makanan kahs yang kerap hadir saat Lebaran yaitu arbanat atau rambut nenek. Desa Kesambi di Kecamatan Pucuk dikenal sebagai desa arumanis karena mayoritas warganya pembuat jajanan tersebut.

Selain itu, arumanis juga kerap disebut rambut nenek karena bentuknya yang menyerupai rambut. Warga di desa tersebut membuat jajanan itu secara turun temurun dari nenek moyang mereka.

Cara  Membuat Gulali Rambut Nenek Kering

Bahan-Bahan:

  • 1 kg gula pasir
  • 1 sdm pasta pandan atau pasta strawberry
  • 1 sdm asam citrun
  • 100 ml air matang atau ¾ gelas sedang

Alat-Alat:

  • Persiapkan mesin arum manis untuk membuat gulali rambut nenek
  • Stik kayu/cone stick untuk menggulung arum manis

Cara Membuat Gulali Rambut Nenek kering:

  1. Pertama campurkan gula dengan pewarna makanan dan diaduk-aduk sampai tercampur merata.
  2. panaskan mesin hingga mesin siap untuk digunakan.
  3. Masukkan gula yang sudah diberi pewarna makanan ke dalam mesin, tunggulah beberapa saat sampai keluar serabut-serabut gula halus dari lubang-lubang yang ada dimesin.
  4. Gulung serabut gula halus dengan stick cone. Gulung hingga ukuran yang sesuai keinginan.
  5. Arum Manis siap untuk dinikmati (masukkan kedalam kemasan plastik jika ingin kalin jual).
  6. Masukkan gula pasir ke wadah pemanas rambut nene, lalu tekan tombol ON, mesin akan mulai bekerja memanaskan gula dan akan berputar, setelah gula mencair akan terbentuk kabut gulali, setelah kabut rambut nenek terbentuk cukup tebal, matikan mesin, ambil rambut nenek yang terbentuk dengan menggunakan stik, putar stick gula kapas sehingga bentuknya tebal dan bagus.lalu Masukan dalam kantong plastic.

Demikian artikel yang berjudul Gulali Rambut Nenek Kering semoga apa yang kalian cari ada diartikel ini,jika ada kata-kata atau penulisan yang salah mohon dimaafkan dan dimaklumi.

Avatar

Bunga Ainna

Saya adalah seorang kontributor berpengalaman di website tukangreview.com yang senantiasa terinspirasi oleh inovasi teknologi, terutama di ranah IT. Saya adalah seorang pelajar sejati yang tak pernah puas dengan pengetahuan, dan dengan gembira saya berbagi wawasan seputar dunia bisnis dan panduan terbaru kepada pembaca setia kami. Ayo, mari bersama-sama menjelajahi dunia yang terus berkembang ini dengan semangat dan kegairahan yang mendalam