Bumbu Jagung Bakar Pedes Manis yang Praktis dan Nikmat

bumbu jagung bakar pedes manis

Halo Teman-teman, pada artikel kali ini saya akan membahas mengenai bumbu jagung bakar pedes manis. Wah, pasti sudah ngebayangin kan bagaimana enaknya jagung bakar pedes manis, sebelum masuk pembahasan cara membuat bumbu jagung bakar pedes manis saya akan membahas dahulu sedikit mengenai jagung dan lainnya.

Penjelasan Jagung dan Pembahasan bumbu jagung bakar pedes manis

Jagung berasal dari kata jawi dan agung, yang dalam bahasa Jawa berarti juwawut dan besar. Tanaman Juwawut adalah sejenis rumput yang menghasilkan biji seperti padi, biasa digunakan sebagai pakan burung. Indonesia memiliki banyak jenis jagung lokal, seperti jagung unyil dari Madura, jagung putih dari Jawa, jagung pondan di Tana Toraja, dan sebagainya.

Jagung merupakan bahan pangan alternatif untuk dikembangkan sebagai penyokong kebijakan keanekaragaman pangan terutama dilihat dari kedudukankan sebagai sumber utama karbohidrat dan protein setelah beras. Meningkatnya laju pertumbuhan penduduk dan permintaan kebutuhan industri dan pakan turut mendorong perkembangannya.

Dalam Investasi industri pengolahan jagung memiliki prospek yang cukup baik karena banyak sekali pohon industri yang bisa dihasilkan dari tanaman jagung. Banyak produk pangan maupun non pangan yang berbahan baku jagung, seperti tepung jagung, maizena, minyak jagung, sirup jagung, etanol dan berbagai makanan ringan snack

Peluang Usaha Jagung Bakar

Sekarang tingginya peminat dari olahan jagung bakar banyak dimasyarakat hingga membuat peluang usaha jagung bakar cukup menguntungkan. Salah satu cara untuk menjalankan usaha dengan menawarkan jagung bakar juga mampu mendatangkan keuntungan yang lebih besar untuk Anda. Untuk menjalankan usaha menawarkan jagung bakar ini pun juga tidak perlu modal yang banyak. Sehingga modal kecil pun bisa memulai menjalankan bisnis dengan menawarkan jagung bakar ini.

Untuk mengolah sajian jagung bakar juga terbilang sangat mudah dan bahan baku yang dibutuhkan juga sangat mudah didapatkan di pasaran. Jika Anda berminat dan ingin mencoba menjalankan usaha jagung bakar, Anda bisa mencoba membuat jagung bakar dengan viaris rasa yang berbeda agar tidak membuat penggemar olahan jagung bakar merasa bosan dalam menikmatinya.

Jenis Jagung yang Cocok untuk Dibuat Jagung Bakar

Salah satu jagung yaitu Jagung mutiara bagus untuk dipilih sebagai bahan dasar jagung bakar karena memiliki bulir yang besar. Kadar pati jagung mutiara cukup tinggi sehingga mengenyangkan. Ada dua jenis yang juga cukup disukai sebagai bahan jagung bakar adalah jagung manis, karena rasanya yang sudah manis walau belum dicampur apapun, cocok dipadukan dengan bermacam jenis bumbu atau saus.

Tidak memakai penambahan apa pun, jagung bakar yang dibuat dari kedua jenis jagung tersebut sudah cukup enak dinikmati. Namun, untuk menambah rasanya dan memenuhi berbagai selera yang berbeda, kini jagung bakar juga hadir dalam banyak varian. Macam-macam rasa jagung bakar dapat dilakukan dengan cara menambahkan bumbu dalam bentuk bubuk maupun saus.

Bumbu berbentuk bubuk berbentuk kering dan memiliki banyak rasa, misalnya rasa pedas, keju, BBQ, balado, manis, dan lain-lain. Sedangkan bumbu saus berbentuk pasta yang dioleskan pada jagung ketika dalam proses pembakaran. Bumbu saus bisa berupa saus pedas, saus sambal, saus tomat, saus BBQ, mayonaise, madu, atau lainnya.

Cara Memilih Jagung Untuk Dibakar

Selain mengetahui jenis jagung yang cocok untuk dibuat jagung bakar, yaitu jagung manis dan jagung mutiara, Anda juga harus tahu cara memilih jagung yang tepat. Sangat penting hal ini supaya jagung bakar yang dihasilkan terasa lezat. Untuk mendapatkan jagung yang tepat, perhatikan beberapa tips berikut saat membeli jagung.

  • Biji: pilih jagung yang biji atau gigi jagungnya rapat dan tidak berongga.
  • Kulit: pilih jagung yang kulitnya masih berwarna hijau muda dan tidak kering.
  • Umur: pilih jagung yang cukup tua. Tapi sebaiknya Anda memilih jagung yang umurnya sedang, tidak terlalu tua maupun terlalu muda.
  • Kesegaran: jika memungkinkan, belilah jagung langsung dari kebunnya, karena itu artinya jagung masih baru dan segar. Namun, jika terpaksa membeli jagung di pasar, belilah jagung masih baru, tidak lebih dari 3 hari setelah dipetik.

Berikut Cara Membuat Bumbu Jagung Bakar Pedes Manis

Bahan-bahan:

  • 6 siung bawang putih
  • 100 gram saus tomat
  • 4 sdm saus sambal
  • 2 sdm gula pasir

Cara Membuat Bumbu Jagung Bakar Pedas Manis:

  1.  Haluskan bawang putih menggunakan ulekan atau blender hingga benar-benar halus.
  2. Tuang bawang putih ke dalam mangkuk, tambahkan saus tomat, saus sambal, dan gula pasir.
  3.  Aduk keempat bahan hingga benar-benar rata sempurna.
  4.  Pastikan bumbu tidak mengendap supaya bisa menyerap maksimal saat dioleskan di atas jagung.

Nah, itulah pembahasan mengenai bumbu jagung bakar pedes manis dan sedikit penjelasan mengenai  jagung. Selamat mencoba 🙂