Suhu Roasting Optimal

Suhu Roasting Optimal ialah proses penting menentukan karakteristik rasa dan aroma pada racikan kopi. Dengan biji kopi yang sama, jika profil roasting yang di lakukan berbeda dapat menghasilkan rasa berbeda juga. Unyuk menghasilkan kopi roasting yang baik beraroma nikmat dan mempunyai rasa khas.

Lebih lengkapnya baca pelatihan roasting kopi

terdapat 6 yang perlu di perhatikan

Memilih biji kopi

Sebelum di roasting, biji kopi yang dipilih ialah biji kopi yang berwarna merah. Maka dari itu perlu mengetahui kepadatan biji kopi yang akan di roasting. Biasanya biji kopi yang di tanam di daratan tinggi isinya akan lebih padat. Tetapi panen nya termasuk lama, dengan hasil biji kopi yang di hasilkan sangat bagus.

Lama ketahanan biji kopi

Kopi yang sudah di roasting dan belum menjadi bubuk, dapat di simpan sampai 3 bulan tapi tidak ditempat yang bersuhu panas. Tetapi ketika sudah menjadi bubuk dapat bertahan 3 minggu.

Mengatur temperatur

Mengatur temperature juga perlu hati hati, jangan sampai terpengaruh pada angka di alat roasting, karena dapat berbeda. Dibutuhkan feel untuk tersebut dilihat rasanya, aroma dan warnanya.

Pemilihan mesin

Pemilihan mesin dibutuhkan untuk melakukan roasting. Karena hal tersebut berhubungan dengan transfernya. Terdapat tiga jenis mesin yaitu, conduction, confection dan radition. Ketiganya berhubungan dengan api yang digunakan untuk meroasting.

Waktu Sangrai

Waktu sangrai pada umumnya membutuhkan waktu 10 sampai 15 menit terkait tingkat sangrai yang diinginkan dan kadar air biji kopi.

Suhu

Kisaran suhu ideal untuk penyangraian ialah 195  sampai 205 derajat celcius. Suhu 190 sampai 195 derajat celcius untuk tingkat sangrai ringan atau biji kopi berwarna coklat muda, suhu 200 sampai 205 derajat celcius untuk tingkat sangrai sedang atau biji kopi coklat tua dan suhu diatas 205 derajat celcius untuk tingkat sangrai maksimum biji kopi coklat tua kehitaman.

Manfaat kopi hitam tanpa gula bagi kesehatan

Mengandung antioksidan

Kopi diketahui sebagai sumber antioksidan terbesar. Antioksidan disebut sebagai quinones.

Quinones dapat membantu seseorang dalam menangani berbagai masalah kesehatan. Antioksidan lain yang terdapa pada kopi ialah hydrocinnamic acid dan polyphenols. Mereka dapat melawan radikal bebas yang terdapat di dalam tubuh.

Meningkatkan fokus dan kewaspadaan

Kopi hitam mengaktifkan neurotransmitters yang terdapat di dalam otak, karena kafein menstimulasi jantung dan metabolisme tubuh peminumnya. Dengan tersebut, fokus otak akan semakin meningkat yang otomatis akan meningkatkan kewaspadaan Anda.

Membantu menurunkan berat badan

Kopi hitam dapat meningkatkan metabolisme tubuh, maka baik untuk dikonsumsi sebelum atau setelah berolahraga. Kopi yang disajikan dengan cara tersebut juga dapat membantu membakar lemak maka akan membantu menurunkan berat badan.

Menjaga organ hati

Kopi hitam dapat menurunkan risiko sirosis sampai 80 persen. Sirosis ialah istilah untuk menyebut kerusakan hati kronis.

Meminimalisir risiko penyakit jantung

Seperti sebelumnya, kopi hitam dapat meningkatkan metabolisme seseorang. Hal tersebut dapat mencegah terjadinya penumpukan lemak dan kolesterol yang menyebabkan arteri tersumbat.

Karena, jika sampai arteri tersumbat dapat mengundang serangan jantung. Kopi hitam dapat mengurangi infeksi dalam tubuh penyebab lain dari kardiovaskular.

Mengurangi risiko diabetes

Meminum kopi hitam dapat menurunkan risiko seseorang terkena diabetes tipe 2. Fakta tersebut ditunjukkan dalam sebuah studi dari Harvard, peminum kopi mempunyai peluang 11 persen lebih rendah dari mengalami diabetes tipe dua.

hal tersebut berlaku bagi orang yang mengonsumsi kopi hitam lebih dari 1 gelas dalam sehari.

Membantu mencegah kanker

Minum dua gelas kopi hitam dalam hari dapat mencegah penyakit kanker, karena kopi mempunyai kandungan anti kanker yang akan meminimalisasi risiko tumbuhnya sel sel penyakit mematikan tersebut.

Kopi hitam dapat benar benar membuat konsumennya bangun, meningkatkan metabolisme, dan mengurangi risiko sejumlah penyakit.

Avatar

rina

Saya adalah seorang penulis di tukangreview.com yang memiliki ketertarikan mendalam terhadap perkembangan teknologi, terutama dalam dunia IT. Saya juga senang untuk terus belajar dan berbagi pengetahuan seputar bisnis serta tips terkini dengan pembaca setia kami