Cara Membuat Tempe Alakatak, Hidangan Langka Asli Sukoharjo

Pernahkah Anda bertanya-tanya bagaimana cara membuat tempe alakatak? Olahan tempe langka ini dapat dibuat dengan cara yang cukup mudah. Lalu, bagaimana caranya? Nah, mari kita temukan jawabannya melalui artikel ini!

Apa Itu Tempe Alakatak

Tempe alakatak merupakan makanan khas dari Sukoharjo, tepatnya Kecamatan Weru. Makanan ini terdiri dari mie, alakatak, dan tempe yang biasanya disajikan dengan alas daun jati.

Tempe yang digunakan pada tempe alakatak terbuat dari kacang-kacangan berupa koro dan benguk. Sedangkan untuk mie yang ada pada olahan ini biasanya menggunakan mie berwarna putih dan kuning dengan bentuk memanjang yang kenyal. Mie ini hampir mirip dengan mie pentil, namun bedanya mie ini lebih bertekstur kenyal.

Warna kuning khas pada olahan ini berasal dari kunir atau kunyit yang digunakan sebagai salah satu bumbu wajib yang membuat tampilannya semakin menarik.

Olahan tempe satu ini biasanya dijual di pasar-pasar tradisional dan dihidangkan dengan porsi yang bisa Anda customize sesuai permintaan. Bahkan hanya dengan Rp1.000,00 Anda sudah dapat merasakan kenikmatan olahan ini.

Walaupun termasuk salah satu hidangan paling sederhana, namun tempe alakatak termasuk makanan yang paling membuat para perantau lokal asal Sukoharjo rindu. Saat musim mudik lebaran dimulai, permintaan akan pesanan makanan ini melonjak tinggi. Hal ini dikarenakan para perantau yang pulang kampung ingin melepas rindu dengan olahan ini. Bayangkan saja, mengenang nostalgia sambil makan makanan yang nikmat pasti menyenangkan, bukan?

Jika kalian ingin merasakan sensasi gurih nikmat tempe alakatak, Anda bisa mencoba mengunjungi pasar-pasar tradisional di daerah Weru, Kecamatan Sukoharjo atau daerah Candi, Semin, Kabupaten Gunungkidul.

Namun, bagaimana bila Anda belum memiliki kesempatan untuk bertandang ke sana? Tenang saja, seperti yang telah termuat di atas, pada kesempatan kali ini kita akan mengulas cara membuat tempe alakatak yang nikmat. Ini dia resepnya!

Baca juga : Mesin Perajang Keripik Tempe

Cara Membuat Tempe Alakatak

Bahan – bahan :

  • Tempe benguk
  • Tepung singkong
  • Santan

Bumbu halus :

  • Kunyit
  • Parutan kelapa
  • Ketumbar
  • Kemiri
  • Daun salam
  • Daun jeruk
  • Laos
  • Bawang merah
  • Bawang putih

Cara membuat tempe alakatak :

  1. Pertama-tama rebus kacang koro dan benguk hingga matang.
  2. Rendam hasil rebusan kacang koro dan benguk selama kurang lebih tiga hari.
  3. Kemudian tiriskan hasil rendaman lalu buang airnya.
  4. Bilas kacang koro dan benguk dengan air bersih mengalir. Ulangi hingga bahan benar-benar bersih.
  5. Masukkan bahan-bahan ke dalam lumpang kemudian tumbuk-tumbuh menggunakan alu hingga tekstur bahan menjadi halus.
  6. Setelah bahan halus, taruh bungkus dengan daun jati atau daun pisang dalam ukuran kecil. Kemudian biarkan selama satu hari penuh.
  7. Haluskan bahan bumbu halus berupa kunyit, parutan kelapa, ketumbar, kemiri, daun salam, daun jeruk, serta laos.
  8. Tumis sebentar bumbu halus hingga wangi.
  9. Masukkan santan, kemudiana aduk rata dan biarkan mendidih.
  10. Masukkan tempe yang telah didiamkan selama seharian.
  11. Masak selama kurang lebih 15 menit hingga matang.

Cara membuat mie :

  1. Campurkan tepung singkong dengan air panas mendidih.
  2. Uleni dengan hati-hati.
  3. Pipihkan adonan dengan menggunakan botol.
  4. Rajang lebar memanjang sekitar 1 cm.
  5. Panaskan air dan masukkan sedikit minyak agar adonan tidak saling menempel.
  6. Rebus rajangan adonan.
  7. Tunggu hingga mengapung, kemudian tiriskan.
  8. Campurkan mie dengan tempe alakatak.

Penutup

Cukup mudah bukan cara pembuatan tempe yang unik satu ini? Apakah Anda tertarik untuk membuat tempe alakatak Anda sendiri? Atau Anda juga dapat mengolah tempe dengan berbagai resep nikmat lainnya, lho!

Demikian artikel ini kami sampaikan. Semoga berhasil.

Avatar

rahma

Saya adalah seorang penulis di website tukangreview.com yang senantiasa terpukau oleh perkembangan teknologi, terutama dalam ranah IT. Saya adalah seorang pencinta pengetahuan yang tidak pernah berhenti belajar, dan dengan penuh semangat saya berbagi wawasan seputar dunia bisnis dan panduan terbaru kepada pembaca setia kami. Ayo, mari bersama-sama menjelajahi dunia yang terus berkembang ini dengan semangat dan pengetahuan yang mendalam