Cara Membersihkan AC Biar Dingin Seperti Semula

Cara Membersihkan AC Biar Dingin Seperti Semula- Kebersihan pendingin ruangan atau AC berpengaruh terhadap kualitas udara di dalam rumah dan konsumsi listrik rumah tangga. Jika AC tidak rutin dibersihkan, debu, kutu, jamur, dan bakteri menumpuk di bilah-bilah ventilasi, kumparan, dan filternya sehingga bercampur dengan udara sejuk yang dialiran ke ruangan. Kotoran-kotoran tersebut juga membuat beban kerja AC semakin berat sehingga tidak bekerja optimal dan meningkatkan daya listrik yang dipakainya.Simak tips membersihkan AC yang sederhana dan aman berikut ini demi menjaga kualitas udara yang dihirup para penghuni rumah, memperpanjang usia AC, dan mencegah pembengkakan tagihan listrik.
Satu-satunya bagian AC split yang bisa dilepas adalah filternya. Cuci filter tersebut dengan sabun cuci piring cair, seperti Sunlight, lalu keringkan dan ganti setiap 3 bulan sekali.

cara membersihkan ac

Cara mencuci AC split dengan alat pembersih AC

Servis AC Jogja- Selain tumpukan debu yang tampak kasatmata dan bau apek yang keluar dari AC, suara berisiknya juga mengindikasikan bahwa AC Anda sudah waktunya dibersihkan. Walau begitu, AC yang tetap beroperasi seperti biasa dan tidak menunjukkan tanda apa pun tidak selalu berarti bersih. Idealnya, AC perlu dibersihkan sebulan sekali.

Berikut ini cara bersihkan AC split untuk unit yang berada di dalam rumah:

  1. Matikan AC dan cabut kabelnya dari sumber listrik.
  2. Gunakan alat pembersih AC seperti mesin penyedot debu, kemoceng, atau lap kering untuk menyingkirkan debu pada bilah-bilah ventilasi dan permukaan luarnya.
  3. Baca buku petunjuk AC Anda untuk mengetahui cara melepas dan cara membersihkan filter AC tersebut.
  4. Singkirkan debu pada filter dengan mesin pengisap debu atau kuas bersih.
  5. Bilas filter AC di bawah aliran air. Jika sangat kotor, cuci dengan sabun cuci piring cair, seperti Sunlight, kemudian bilas hingga kotorannya luruh.
  6. Keringkan filter di tempat teduh tanpa menjemurnya di bawah terik matahari.

Selain filter, unit AC yang berada di dalam rumah juga berisi kumparan evaporator dan kipas. Di pasaran tersedia produk cairan pembersih AC berupa semprotan untuk membersihkan kumparan evaporator yang tidak bisa dilepas dari unit AC. Oleh karena itu, Anda perlu mengalasi dinding dan lantai agar tidak terkena ceceran kotoran. Ikuti aturan pakai produk tersebut!

Selain rutinitas membersihkan AC dari debu sebulan sekali, Anda juga perlu merawatnya secara profesional setiap tahun. Cara bersihkan AC di atas tidak mencakup unit AC yang berada di luar rumah, apalagi sampai ke mesinnya. Jasa pembersih AC profesional akan membuka unit AC di luar rumah untuk membersihkan kompresor, kumparan kondensor, dan saluran-salurannya.

Cara merawat AC rumah

Beberapa langkah perawatan berikut ini bisa menjaga keawetan AC rumah Anda:

  • Ganti filter AC setiap 3 bulan sekali. Jika salah satu penghuni rumah memiliki alergi, penggantian filter AC perlu lebih sering.
  • Matikan AC sebelum rumah ditinggal dan baru nyalakan kembali ketika penghuni tiba kembali di rumah atau saat dibutuhkan.
  • Ketika menyalakan AC, menyetel suhu langsung ke yang paling rendah tidak dianjurkan karena hal tersebut tidak akan membuat ruangan lebih cepat dingin, tetapi hanya membuat AC bekerja lebih berat.
  • Periksa kedua saluran yang menghubungkan unit dalam dan luar rumah untuk memastikan tidak terjadi kebocoran. Kebocoran pada saluran berbahan logam bisa diatasi dengan menyegel lubangnya dengan isolasi khusus pipa AC. Tetapi Anda sebaiknya langsung mengganti saluran berbahan plastik yang bocor.
  • Kumpulkan air hasil kondensasi yang menetes di dekat unit luar rumah untuk menyiram tanaman.
  • Matikan AC dan cabut kabelnya dari sumber listrik
  • Lepas filter AC sesuai petunjuk dari produsen, singkirkan debunya, lalu cuci
  • Gunakan semprotan pembersih AC untuk membersihkan komponen evaporatornya

Guna memastikan keamanan dan kenyamanan pelayanan, Anda harus memilih tempat terpercaya yang menyediakan jasa perawatan pendingin ruangan Anda. Salah satu caranya yang sangat efektif adalah dengan menggunakan jasa Service AC Jogja yang sudah berpengalaman di bidang Service AC Jogja.

Nah,itulah tadi pembahasan mengenai cara membersihkan AC biar dingin.Semoga Bermanfaat dan Selamat Mempraktikan!

Avatar

Amelia

Saya merupakan seorang penulis berpengalaman di website tukangreview.com, yang tak henti-hentinya terpana oleh kemajuan teknologi, terutama di bidang IT. Saya adalah pribadi yang senantiasa haus akan ilmu pengetahuan, dan dengan gembira saya berbagi pengetahuan mengenai bisnis dan tips terbaru dengan pembaca setia kami. Bergabunglah dalam perjalanan pengetahuan dan inovasi bersama kami!