Bisnis cangkang sawit beserta alasannya menjadi bisnis menguntungkan

Bisnis cangkang sawit- Salah satu jenis pohon yang memiliki ragam manfaat untuk kehidupan manusia ialah kelapa sawit. Dimana varietas pohon ini sering diidentikan sebagai penghasil minyak sawit. Produk yang secara tulen berasal dari isi buah kelapa sawit

Sejauh ini yang kita ketahui hanyalah buah kelapa sawit yang kerap dijadikan bahan pokok produksi. Nah, ini lah titik persoalannya. Namun tahukah kamu, dan apakah cangkang kelapa sawit biasanya hanya untuk dibuang sia-sia.

bisnis cangkang sawit

Beberapa tahun yang lalu, orang tidak akan percaya jika cangkang atau batok kelapa sawit dapat menjadi sumber Green Energy. Selain itu, banyak pula orang yang menganggap itu bukan sebuah komoditas perdagangan yang menjanjikan. Namun sekarang cangkang sawit sangatlah besar perannya untuk energy dan sangat cocok untuk dijadikan ladang bisnis.

Dulu, para pedagang memang telah berdagang minyak sawit setidaknya sejak abad ke 3000 SM. Sebagian  besar orang menganggap bahwa cangkang sawit sebagai produk sampingan yang sama sekali tidak penting. Namun, sekarang anggapan tersebut salah, karena cangkang kelapa sawit memiliki manfaat yang besar.

Bisnis cangkang sawit- Alasan cangkang sawit bisa menjadi bisnis yang menguntungkan

Batok sawit merupakan cangkang inti sawit yang merupakan pecahan dari cangkang sisa setelah biji kelapa dibuang.

Batok kelapa ini merupakan bahan dengan serat yang berwarna kuning kecoklatan. Selain itu, batok kelapa sawit memiliki ukuran partikel biasanya berkisar antara 5 mm dan 40 mm dengan nilai kalori yang tinggi. Nilai kalori rata-rata batok kelapa adalah 4000 Kkal/kg, dan kadar abu yang rendah.

Ada beberapa alasan yang menjadikan batok kelapa ini bisa menjadi bisnis yang menguntungkan, diantaranya adalah:

Pasokan yang besar selalu tersedia

Banyak negara tropis didunia yang memasok kelapa sawit untuk memenuhi kebutuhan berbagai sektor. Indonesia sendiri mampu memasuki 15 juta ton setiap tahun. 

Dengan jumlah tersebut, tentu sudah jelas bahwa pasokan cangkang kelapa muda akan selalu ada di setiap kali pohon kelapa sawit menghasilkan buahnya. Oleh karena itu, untuk kamu yang ingin mencoba bisnis batok kelapa tidak perlu khawatir akan kehabisan stok karena produk yang satu ini akan selalu ada kapan saja.

Ramah lingkungan 

Alasan lain yang mengharuskan untuk mencoba berbisnis batok kelapa mini merupakan manfaat yang ramah lingkungan dan menjadi pilihan banyak industri. Terlalu banyak industri di dunia menyebabkan polusi udara.

Namun berbeda dengan pembakaran cangkang kelapa sawit dapat mengurangi polusi udara sehingga bisa memberikan udara yang lebih jernih di sekitarnya.

Kualitas komposisi yang baik

Dari hasil penelitian yang ada, komposisi cangkang dari inti sawit memiliki kualitas komposisi yang baik. Setiap cangkang membawa persentase kalori yang cukup dan bekerja dengan baik selama pembakaran.

Resistensi dalam penyimpanan 

Alasan lain mengapa anda perlu mencoba bisnis ini adalah ketahanannya selama penyimpanannya. Dengan mempertahankan kadar airnya, maka lama penyimpanannya tidak akan mempengaruhi kualitas cangkang.

Sifat ketahanan yang dimiliki batok kelapa sawit juga bagus untuk melakukan ekspor ke luar negeri.

Keuntungan bisnis batok kelapa sawit

1. Cepat balik modal

Keuntungan yang pertama adalah anda bisa dengan cepat mendapatkan uang kembali dari modal investasi dan jadi batok kelapa sawit distributor. Biasanya anggaran yang diperlukan untuk satu lahan bisa mencapai 30 juta perhektarnya. Biaya ini belum disatukan dengan ongkos penanaman hingga perawatan.

Biaya selama masa penanaman dan perawatan, investor diharuskan memiliki dana yang disiapkan untuk membangun perkebunan sawit yang memiliki hasil yang bagus. Biaya tersebut akan kembali ketika sawit dipanen.

2. Harganya cenderung stabil

Keuntungan lainnya dari distributor lainnya adalah rentang harganya yang relatif stabil. Trennya harga sawit ini dimulai dari hargas 1300 rupiah perkilogram sampai dengan 1600 rupiah per kilogram.

Cara memulai bisnis kelapa sawit

 jika kamu tertarik untuk memulai bisnis batok kelapa sawit yang harus kamu ketahui sebelum memulai bisnis batok kelapa sawit

  • Mencari penyedia cangkang kelapa sawit 

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah jika anda tidak memiliki lahan perkebunan anda cukup mencari pihak yang menjual cangkang kelapa sawit.

  • Menggunakan jasa managemen terpercaya

Selanjutnya yang harus anda lakukan adalah anda harus memilih jasa manajemen terpercaya untuk mengolah bisnisnya tersebut. Pilihah manajemen yang memiliki reputasi terbaik dan terpercaya dan kita tidak perlu khawatir saat menggunakan jasa mereka.

  •  Pastikan legalitasnya

Selanjutnya syarat menjadi pembisnis batok kelapa sawit kamu harus mengurus kelegalitasan saat menjalankan sebuah bisnis yang sangat penting. Semua jenis bisnis apapun itu pastikan kamu sudah mendaftar ke negara agar tidak menimbulkan masalah di kemudian hari. Pendaftar administrasi dan kelegalitasnya ini dapat meningkatkan kredibilitasi usaha anda dimata konsumen.

 

 

 

 

 

 

Avatar

Sanrina R

Saya adalah seorang penulis di tukangreview.com yang sangat tertarik dengan perkembangan teknologi, terutama dalam bidang IT. Saya juga senang belajar berbagai hal dan berbagi banyak informasi seputar bisnis serta tips terkini dengan pembaca kami