Cara Jualan di Marketplace FB Biar Laris dan Penjualan Meledak

Di tengah maraknya perkembangan marketplace, aplikasi Facebook atau biasa disebut FB ini masih menjadi salah satu media sosial yang disukai oleh berbagai kalangan. Apalagi dilihat dari banyaknya jumlah pengguna, Facebook termasuk market yang cukup menjanjikan. Nah sebagai pemula, tentunya kamu bertanya-tanya bagaimana cara jualan di marketplace FB biar laris kan?

Sejak saat pertama kali aplikasi ini diluncurkan, marketplace Facebook tumbuh melesat menjadi pusat transaksi bisnis online yang sangat aktif. Untuk itu, yuk kita pelajari bagaimana cara jualan di marketplace FB dalam artikel berikut ini!

Cara Jualan di Marketplace FB Biar Laris

cara jualan di marketplace fb biar laris

Meskipun marketplace FB dapat menjamin peminatan konsumen yang lebih besar, belum berarti jualan kamu akan otomatis laris manis, ya. Oleh karena itu, simaklah beberapa tips dan cara jualan di marketplace FB biar laris di bawah ini.

1. Cara Jualan di Marketplace FB Biar Laris yang Pertama yaitu Buat Deskripsi Produk yang Jelas

Membuat deskripsi produk sejelas mungkin merupakan cara jualan di marketplace FB yang harus kamu pelajari sebelum terjun ke dunia marketplace. Pasalnya, deskripsi dari sebuah produk dapat diibaratkan sebagai pengganti suara kamu dalam meyakinkan calon pembeli.

Maka dari itu, sebaiknya kamu mendeskripsikan produk secara lengkap baik dari segi warna, tipe, ukuran, fitur, dan hal lainnya yang dirasa penting untuk diketahui para calon pembeli. Semakin jelas deskripsi yang kamu buat, maka peluang konsumen membeli barang tersebut akan bertambah juga.

2. Tambahkan Foto Produk yang Menarik

Cara jualan di marketplace FB yang satu ini dinilai sangat penting karena foto produk merupakan bagian pertama yang dilihat oleh pembeli. Oleh karena itu, cantumkan foto produk dengan pencahayaan yang bagus, jelas(tidak buram), spesifik, dan juga terjamin keasliannya.

3. Pilih Variasi Produk yang Sesuai

Selain foto, penempatan variasi sebuah produk juga wajib diperhatikan dengan seksama. Masalahnya, jika kamu keliru memasukkan produk A ke dalam kategori produk B, maka konsumen akan kesulitan untuk menemukan produk A. Nah, hal itu akan menjadikan produk yang kamu jual tidak muncul saat kategori tersebut dicari oleh calon pembeli.

4. Cantumkan Nomor yang Dapat Dihubungi

Sedikitnya jumlah pembeli juga dapat disebabkan oleh ketidakjelasan nomor yang disertakan untuk pemesanan. Maka dari itu, tentu saja kamu harus mencantumkan sejumlah kontak yang aktif dan dapat dihubungi oleh calon pembeli.

Beberapa kasus telah membuktikan bahwa toko yang tidak menyertakan nomor contact person pantas dicurigai sebagai modus penipuan.

5. Posting Minimal 10 Kali Sehari

cara jualan di marketplace fb biar laris

Cara jualan di marketplace Facebook yang berikutnya yaitu rajin memposting produk jualan. Jika seorang rajin memposting produk setiap hari, maka Facebook akan menyadari kehadirannya sehingga lebih mudah untuk merekomendasikan produk kamu kepada konsumen. Tapi, ingatlah untuk memberi jeda antar postingan supaya tidak terbaca sebagai spam, ya.

6. Tanggapi Inbox Messenger Pelanggan dengan Cepat

cara jualan di marketplace fb biar laris

Selain sajian dan variasi produk, kamu tentunya harus tahu bahwa interaksi antara penjual dan pembeli juga tak kalah penting. Oleh sebab itu, menanggapi pesan-pesan pelanggan dengan cepat merupakan cara jualan online di FB supaya jualan kamu laris.

Karena, konsumen tentu akan mencari dan memilih toko yang paling cepat menjawab pertanyaan mereka. Oleh karena itu, kamu bisa kehilangan calon pembeli jika terbiasa mengabaikan pesan.

7. Gunakan Facebook Ads

Menggunakan Facebook Ads merupakan salah satu solusinya. Namun, cara yang satu ini membutuhkan sedikit modal supaya penjualan bisa menghasilkan profit yang maksimal.

Cara jualan di FB yang satu ini umumnya memasang biaya sesuai dengan jumlah audiens yang dijadikan target pemasaran. Istilahnya biasa dikenal dengan CPC (cost per click) sehingga tarif pembayaran akan menurun seiring dengan bertambahnya banyak jumlah klik.

8. Berikan CTA Pada Postingan

Sebagai seorang penjual, kamu sangat disarankan untuk menggunakan CTA (Call To Action) di setiap postingan penjualanmu. Cara jualan di marketplace FB yang satu ini cukup penting untuk meningkatkan interaksi antara penjual dan pembeli.

CTA ialah salah satu strategi pemasaran dengan memunculkan pop-up yang mengantarkan pembeli pada laman berbeda guna mempermudah proses transaksi ynang selanjutnya. Beberapa contoh CTA di antaranya yaitu :

  • Kirim Pesan: Mengarahkan pembeli ke fitur Messenger
  • Hubungi Kami: Memandu pelanggan ke sejumlah pilihan kontak toko
  • Telepon Sekarang: Mengantarkan konsumen langsung ke halaman WhatsApp atau nomor kontak penjual
  • Pelajari Selengkapnya: Memandu konsumen untuk melihat halaman produk secara lebih detail

9. Cara Jualan di Marketplace FB Biar Laris yang Terakhir yaitu Konsisten dan Persisten

Semua cara jualan di marketplace FB biar laris di atas tadi akan berakhir sia-sia apabila kamu tidak konsisten dalam prosesnya. Oleh karena itu, kamu sebaiknya menanamkan keyakinan dalam diri supaya tetap persisten dan tidak mudah menyerah atas apapun yang terjadi.

Selain itu, ada baiknya kamu terus meningkatkan skill di bidang copywriting supaya mengalami peningkatan konversi di toko yang kamu punya.

Jadi, tunggu apa lagi? Ayo terapkan cara jualan di marketplace facebook biar laris manis di atas mulai dari sekarang!

Avatar

Alviana

Saya adalah kontributor aktif di website tukangreview.com, yang selalu terpesona oleh perkembangan teknologi, terutama di sektor IT. Saya adalah seorang pencinta belajar yang bersemangat dan senang berbagi wawasan mengenai dunia bisnis dan tips terbaru dengan pembaca kami. Mari kita bersama-sama menjelajahi dan memahami dunia yang terus berubah ini