Proses Produksi Botol Plastik Kemasan Sederhana

produksi botol

Selamat Datang di situs ini !!! kali ini saya akan membagikan ulasan tentang proses produksi botol plastik. baca dan pahami baik-baik ya. Insya Allah, di artikel kali ini kamu akan mendapat banyak wawasan, kreasi serta motivasi untuk teman-teman yang mau buka bisnis usaha produksi botol plastik.

Plastik

Plastik merupakan senyawa organik yang sangat mudah dibentuk, memiliki rantai yang sangat panjang karena dibentuk oleh polimerisasi bahan organik dan memiliki berat molekul sangat tinggi. plastik terdiri dari karbon, hidrogen, dan atom lainnya, yang terhubung dalam rantai molekul panjang yang disebut polimer.

Sebuah plastik tidak ditemukan di alam, tetapi dibuat dari produk-produk batubara, minyak, kapas, gas, kayu dan produk asin. Misal Plastik digunakan untuk membuat berbagai bahan, termasuk furnitur, komputer, dan mainan. sangat berguna plastik karena mereka kuat, ringan, dan tahan terhadap panas dan bahan kimia dibandingkan dengan banyak bahan lainnya.

Jika Anda sudah tahu bagaimana proses pembuatan plastik maka Anda akan lebih jauh lagi mengenal tentang plastik. Agar Anda bisa langsung mengetahuinya menjelaskan tentang proses pembuatan botol plastik dan beberapa hal tentang plastik.

Proses Produksi Botol Plastik Kemasan

blow molding

 

Cara Blow molding yaitu suatu proses penggembungan berasal dari bahan utama material thermoplastik sampai bentuk berongga (hollow) dan sampai arah aliran parison dalam kondisi suhu panas (suhu meleleh material) berada pada cetakan (mold) yang tertutup, sampai pada akhir proses penggembungan dibantu dengan fluida tekan (gas) akan membentuk profil material thermoplastik yang sesuai dengan bentuk cetakan (mold), dengan ketebalan dinding yang uniform dan fokus perhatian adalah lebih diberikan pada bagian outside dari produk komponen yang dihasilkan.

Tahapan utama dari proses pembuatan botol plastik bisa dijelaskan secara singkat sebagai berikut :

  1. Material thermoplastik dipanaskan sampai keadaan lelehnya tercapai
  2. Pelelehan diekstrusi menggunakan die head untuk membentuk tube berongga (hollow) yang biasa disebut sebagai PARISON.
  3. Parison lalu dijatuhkan diantara dua bagian cetakan yang melingkar yang selanjutnya digelembungkan dengan fluida pendorong (gas, udara dll).
  4. Pelelehan dari thermoplastik selanjutnya akan mengalami pengerasan karena melalui proses pendinginan yang diberikan oleh cetakan (mold).
  5. Setelah tercapai waktu pendinginan optimum maka cetakan (mold) akan terbuka dan produk akhir terjatuh akibat gaya gravitasi atau penggerak otomatis lainnya.

Product utama yang diproduksi menggunakan teknik blow molding adalah botol plastik yang selanjutnya bisa diproduksi dengan berbagai macam plastik yang berbeda disesuaikan dengan properti yang diharapkan dan menggunakan metode yang berbeda-beda namun yang paling banyak diaplikasikan oleh dunia industri meliputi

– Metode EKSTRUKSI BLOW MOLDING

Tahapan Proses :
Pada metode ini, pembuatan parison dan peniupan dilakukan dalam satu mesin. setelah dilakukan ekstrusi kedalam cetakan, parison akan langsung ditiup untuk dikembangkan tanpa didinginkan terlebih dahulu dalam satu tahap. Proses oini memiliki kecepatan yang lebih tinggi dibandingkan dengan jenis metode blow moulding,Namun, Metode ini hanya dapat dilakukan jika semua produk yang dihasilkan akan langsung dipindahkan dan dipergunakan karena akan memakan tempat lebih besar untuk penyimpanan hasil akhir. Biasanya jenis produksi ini juga diikuti oleh proses pengisian dalam satu lini produk pada perusahaan yang memiliki kapasitas produksi rutin dan besar.

– Metode INJECTION BLOW MOLDING

Metode ini mirip dengan injection, namun pada metode ini terdapat tambahan tahap untuk mengembangkan parison dengan menggunakan udara. Selain itu juga metode lain dalam injection blow molding yaitu Stretching Blow Mould.

Tahapan Proses :

  1. Plastik dalam kondisi melting diinjeksikan lalu dimasukan kedalam kaviti dalam bentuk bakalan
  2. Plastik dipindah ke cetakan blowing
  3. Udara di tiupkan sampai plastik mengembang dan menempel sesuai bentuk mold
  4. Cetakan membuka untuk pengeluaran produk

Metode STRETCH BLOW MOLDING

Proses ini yaitu pembentukan plastik menggunakan cara direntangkan (stretch) hingga tercapai ukuran yang diinginkan dengan mempertimbangkan ketebalan bakalan plastik. Proses ini sangat baik digunakan untuk plastis dengan jenis PET. Terdiri dari komponen injeksi, stretcher dan blow.

Tahapan Proses:

  1. Plastik dalam kondisi melting diinjeksikan lalu dimasukan kedalam kaviti dalam bentuk bakalan.
  2. Plastik di stretching (direnggangkan) sesuai dimensi yang diperlukan.
  3. Udara ditiupkan sehingga plastik mengembang dan menempel sesuai bentuk mold.
  4. Cetakan membuka untuk pengeluaran produk.

– Metode REHEAT BLOW MOLDING

Ini adalah jenis proses blow stretch yang merupakan preform injeksi byban di luar vendor. Ada banyak perusahaan yang memproduksi stock preforms ini secara commersial. Pabrik membeli preforms dan memasukkannya ke mesin yang bisa mengolahnya kembali sehingga bisa meledak.

kalian bisa lihat di artikel cara membuat bunga mawar dari gelas plastik, Mudah dan Inovatif. Jika anda belum bisa untuk mendaur ulang sampah plastik sendiri, bawa ketempat pendaur ulangan sampah. Disana, plastik akan dihancurkan menjadi kecil – kecil dengan mesin pengolah limbah plastik dan hasil pengolahannya biasanya juga dibuat kerajinan.

Demikianlah artikel mengenai proses produksi botol plastik untuk pemula, semoga bermanfaat dan selamat mencoba!