Manfaat Air Kelapa Parut Untuk Kesehatan

Manfaat Air Kelapa Parut Untuk Kesehatan, kelapa parut memiliki banyak nutrisi yang bisa mengurangi risiko kanker tertentu seperti kanker usus besar dan kanker prostat. Karena kelapa parut tinggi akan serat, maka banyak masalah pencernaan seperti sembelit, wasir, atau duodenum yang bisa dicegah dengan rajin makan kelapa parut.

Manfaat Air Kelapa Parut Untuk Kesehatan

10 Manfaat Sehat Dari Air Kelapa Parut

  • Kalori: 359 kkal.
  • Protein: 3,4 g.
  • Lemak: 34,7 mg.
  • Karbohidrat: 14 g.
  • Kalsium: 21 mg.
  • Fosfor: 2 mg.
  • Besi: 0,0 iu.
  • Vitamin A:
  • 0,1 mg.
  • Thiamin: 2,0 mg.
  • Asam askorbat: 46,9 g.
  • Air: 46,9 g.
  • Bagian yang dapat dimakan: 53 g.

Adapun manfaat air kelapa parut untuk kesehatan dapat disimak melalui penjelasan berikut.

1. Menurunkan kadar gula darah Menurut publikasi Pusat Penelitian dan Pengembangan Perkebunan, air kelapa muda mengandung gula (glukosa, sukrosa, dan fruktosa) sebesar 5,1%, sedangkan air kelapa tua hanya sebesar 3%.

Advertisement Bagi penderita diabetes, mengonsumsi air kelapa tua berpotensi untuk menurunkan kadar gula darah. Air kelapa tua juga mengandung L-arginin dan potassium yang lebih tinggi dari air kelapa muda.

L-arginin merupakan komponen bioaktif utama yang bermanfaat untuk melawan diabetes. Zat tersebut dapat meningkatkan sekresi insulin dan menurunkan hiperglikemia.

2. Menyeimbangkan suhu tubuh Manfaat air kelapa tua dapat digunakan untuk menyeimbangkan suhu tubuh. Menurut buku Diet Sehat Air Kelapa, air kelapa tua mempunyai energi dingin dan panas yang seimbang. Sehingga dengan ini air kelapa tua dapat menetralisir kelebihan energi panas dan kelebihan energi dingin pada tubuh.

3. Menurunkan tekanan darah tinggi Manfaat air kelapa tua untuk menurunkan tekanan darah tinggi dibahas dalam The West Indian Medical Journal.

4. Baik untuk kesehatan jantung Selanjutnya, manfaat air kelapa tua baik untuk kesehatan jantung. Air kelapa tidak mengandung lemak dan kolesterol sehingga dapat membantu meningkatkan jumlah kolesterol baik dan menurunkan jumlah kolesterol jahat serta melindungi jantung.

Mengonsumsi air kelapa tua juga bermanfaat untuk menurunkan risiko penyakit jantung. Air kelapa mengandung sifat anti-platelet dan anti-inflamasi.

5. Menjaga daya tahan tubuh Air kelapa tua kaya akan nutrisi dan vitamin seperti riboflavin, niacin, thiamin, pyridoxine, dan folat, serta memiliki sifat anti-virus dan anti-bakteri yang dapat membantu menjaga daya tahan tubuh.

6. Mencegah batu ginjal Manfaat air kelapa untuk mencegah batu ginjal telah diteliti dalam jurnal BioMed Research International. Air kelapa membantu dalam melarutkan batu ginjal karena adanya kalium yang dapat mencegah pembentukan batu ginjal. BACA JUGA 5 Manfaat Minyak Kelapa untuk Kesehatan Obat Stres hingga Liver

7. Memiliki kandungan antioksidan Kandungan antioksidan dalam air kelapa dapat membantu menjaga tubuh agar tetap sehat. Antioksidan adalah senyawa penting yang berfungsi untuk melindungi sel-sel Anda dari kerusakan akibat radikal bebas.

Studi dalam jurnal Anais da Academia Brasileira de Ciências menunjukkan, air kelapa dapat memberikan antioksidan yang membantu melindungi tubuh dari radikal bebas, yaitu atom yang tidak stabil sehingga dapat merusak sel, menyebabkan penyakit dan penuaan.

8. Minuman alami setelah berolahraga Elektrolit alami dalam air kelapa tua membuatnya sangat cocok untuk minuman selepas berolahraga karena dibuat tanpa tambahan gula, pewarna makanan, atau pemanis buatan.

Studi oleh International Society for Horticultural Science menunjukkan, air kelapa dapat berfungsi baik untuk mencegah dehidrasi ketika berolahraga dan membantu mengisi kembali cairan yang hilang.

Para peneliti juga merekomendasikan untuk menghindari air kelapa dengan tambahan gula karena dapat menghambat proses hidrasi dan menambah kalori yang tidak diperlukan tubuh.

9. Menyembuhkan sakit perut Gula dan air dari makanan sering tidak diserap dengan baik oleh lapisan perut sehingga perut menjadi radang dan menyebabkan hilangnya mineral seperti magnesium, kalium dan natrium. Air kelapa tua mampu mengembalikan.

kekurangan mineral tersebut dengan menyediakan potasium dan vitamin, serta mineral lainnya. Tanin yang ada dalam air kelapa juga mengurangi peradangan. BACA JUGA Berkhasiat, Ini 12 Manfaat Air Kelapa Muda yang Sudah Terbukti

10. Mencegah dan meredakan sakit kepala Air kelapa tua mampu mencegah dan meredakan sakit kepala akibat dehidrasi. Penelitian dalam jurnal BMC Public Health menunjukkan, sakit kepala adalah salah satu gejala dehidrasi yang paling umum.

Sebagai contoh, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Family Practice pada 393 orang menemukan bahwa 40% partisipan mengalami sakit kepala akibat dehidrasi. Beberapa penelitian lain juga menunjukkan bahwa minum air, termasuk air kelapa tua, dapat membantu meredakan sakit kepala.

Sebuah penelitian pada 102 pria menemukan bahwa minum 1,5 liter air per hari mampu menghasilkan peningkatan yang signifikan.

Avatar

agus

Saya adalah seorang kontributor aktif ditukangreview.com, yang mendalami perkembangan dunia teknologi, khususnya dalam ranah IT. Kecintaan saya pada pengetahuan mendorong saya untuk terus belajar dan berbagi wawasan seputar bisnis serta tip terkini.