Cara Menggoreng Brambang Agar Renyah Anti Gagal

Cara menggoreng brambang agar renyah. Brambang (bawang) goreng selalu menjadi topping ketupat lebaran yang enak. Bisa kamu buat sendiri dirumah. Berikut cara membuat brambang agar renyah tanpa dan pakai tepung.
Bawang goreng merupakan bawang merah yang digoreng hingga renyah dan menjadi garing. Biasanya bawang goreng menjadi topping beragam jenis makanan. Bakmi, nasi goreng, nasi uduk dan juga ketupat lebaran.

Tekstur renyah garing dan juga aromanya yang sangat wangi membuat ketupat lebaran semakin enak. Apalagi dipadukan dengan opor dan beserta sayur gurih.

Bawang goreng yang enak yaitu yang teksturnya renyah garing dan juga bisa tahan lama ataupun tidak mudah melempem. Ada yang digoreng tanpa memakai tepung, dan banyak juga yang mamakai tepung.

Nah jika kamu ingin mencoba untuk membuat bawang goreng ini sendiri di rumah, kamu bisa mengikuti resep berikut.

1. Brambang goreng tanpa tepung

cara menggoreng brambang agar renyah

Bahan-Bahan :

  • 500 gram bawang merah
  • Garam secukupnya
  • Minyak goreng

Cara Menggoreng Brambang Agar Renyah :

  1. Langkah pertama, kamu siapkan bawang merah yang telah diiris tipis-tipis, kemudian kamu cuci dengan menggunakan air mengalir.
  2. Lalu kamu tiriskan bawang sampai mengering. Jangan diremas-remas supaya bawang tidak menghitam ketika kamu goreng.
  3. Agar bawang merah nya makin kering, kamu bisa mengeringkannya dengan menggunakan tisu dapur. Ataupun kamu bisa angin-anginkan sebentar hingga menjadi agak kering. Kemudian kamu taburkan garam secukupnya saja.
  4. Selanjutnya, kamu goreng bawang merah dalam minyak banyak dengan menggunakan api sedang. Aduk-aduk lah bawang sesekali agar warnanya berubah kecokelatan merata.
  5. Selanjutgnya, kamu angkat bawang goreng ketika warnanya kuning keemasan dan juga mengering. Lalu kamu tiriskan di atas wadah beralaskan kertas nasi dan selanjutnya kamu biarkan hingga dingin.
  6. Setelah dingin barulah kamu masukkan ke dalam stoples ataupun wadah yang kedap udara.

Baca Juga : Cara Bikin Keripik Bawang Seledri Yang Renyah Gurih dan Tentunya Enak

2. Brambang Goreng Pakai Tepung

cara menggoreng brambang agar renyah

Agar bawang goreng yang disajikan renyah dan juga tahan lama, biasanya dimasak dengan menggunakan tambahan tepung. Ada yang memakai tepung maizena atau tepung beras saat mengolahnya. Berikut cara membuat grambang goreng pakai tepung.

Bahan-Bahan :

  • 500 gram bawang merah
  • 2 sdm tepung beras ataupun tepung maizena – pilih salah satu saja
  • Garam secukupnya
  • Minyak goreng

Cara Menggoreng Grambang Agar Renyah :

  1. Langkah pertama. kamu siapkan bawang merah yang telah diiris tipis-tipis. Lalu berikan taburan garam dan juga remas-remas bawang merah supaya meresap.
  2. Setelah itu kamu berikan taburan tepung beras ataupun maizena. Lalu kamu aduk hingga merata.
  3. Selanjutnya, kamu goreng bawang dalam minyak panas dengan menggunakan api sedang. Aduk terus bawang agar warnanya berubah merata.
  4. Selanjutnya, angkat setelah bawang goreng berubah warna menjadi kuning keemasan. Tiriskan dan sajikanlah di dalam stoples bertutup rapat.

3. Brambang Goreng Renyah Anti Gagal

Bahan-Bahan :

  • 500 gram bawang merah
  • Garam secukupnya
  • 2 liter air
  • 2 sdt tepung maizena
  • Minyak goreng

Cara Menggoreng Grambang Agar Renyah :

  • Langkah pertama, kamu siapkan bawang merah yang sudah dicuci bersih dan diiris tipis-tipis.
  • Kemudian kamu rendam terlebih dahulu bawang merah nya dengan menggunakan air larutan garam. Rendam sekitar kurang lebih 30 menit agar garam nya dapat meresap.
  • Setelah itu, kamu tiriskan bawang merah dan selanjutnya kamu taburkan tepung maizena. Diamkanlah selama beberapa menit.
  • Selanjutnya, kamu goreng bawang dalam minyak panas dengan menggunakan api sedang hingga berwarna kuning keemasan. Angkat dan lalu tiriskan bawang dari minyak.
  • Langkah terakhir, sajikan dalam stoples bertutup rapat dan jadikanlah taburan ketupat sayur untuk lebaran.

Itulah dia resep dan cara menggoreng brambang agar renyah yang dapat kamu praktekkan sendiri di rumah.

Selamat mencoba.

Avatar

candra wijaya

Saya adalah penulis berpengalaman di website tukangreview.com yang senantiasa terpikat oleh perkembangan teknologi, khususnya dalam ranah IT. Saya adalah seorang pencinta ilmu yang tak pernah berhenti belajar, dan dengan senang hati berbagi wawasan seputar dunia bisnis dan tips terbaru kepada pembaca setia kami. Mari kita bersama-sama menjelajahi dunia yang terus berubah ini dengan semangat dan rasa ingin tahu yang mendalam!