Bahan Bahan Membuat Kerupuk Seblak kering Yang Mudah Dan Lezat

Bahan Membuat Kerupuk Seblak kering merupakan seblak versi kering yang cocok untuk disajikan sehari-hari, yang hanya berbahan dasar kerupuk di goreng lalu di bumbui dengan bubuk cabe saja. Memiliki cita rasa yang gurih, renyah dan juga pedas yang membuat camilan ini di gemari hingga saat ini.

Bagi kamu pecinta pedas, makanan ini wajib kamu coba sih pasti akan membuat kamu ketagihan terus. Kerupuk seblak sendiri makanan khas bandung jawa barat yang sering di sebut seblak. Untuk jenis kerupuk mungkin anda bisa pilih sesuai selera kalian, cara membuatnya juga sangat mudah.

bahan-bahan yang perlu juga cukup sederhana untuk menjagamu agar nyaman di rumah daripada membeli di luar. Penasaran mengenai cara membuatnya, yull langsung simak saja bahan dan juga langkah-langkahnya di bawah ini.

 

Bahan Membuat Kerupuk Seblak Kering

Bahan-Bahan Membuat Kerupuk Seblak Kering:

  • Kerupuk bawang sebanyak 125 gr
  • Bawang putih 3 siung gkupas menggunakan mesin pengupas bawang lalu iris tipis
  • Kencur 2 ruas, lalu iris tipis
  • Daun jeruk 6 lembar
  • Bon cabe 1/2 bungkus atau sesuai selera kalian
  • minyak goreng

Baca juga : Cara Membuat Seblak Kerupuk Yang Mudah Dan Enak

Cara Membuat Bahan Bahan Kerupuk Seblak Kering :

  1. Rendam kerupuk dengan minyak selama 1-2 jam
  2. Kemudian panaskan minyak lalu goreng kerupuk sampai matang, gunakan api yang kecil agar kerupuk tidak mengembang. Lalu angkat dan tiriskan
  3. Panaskan minyak untuk menumis bawang putih dan kencur sampai kering, lalu masukkan daun jeruk
  4. Campur semua bahan bumbu juga bon cabe, lalu blender sampai halus
  5. Kemudian tuang kerupuk ke dalam wadah lalu campurkan dengan bumbu dan kocok sampai rata
  6. Seblak kerupuk kering pun siap di santap.

Baca juga artikel selanjutnya : Cara Membuat Usus Crispy Pedas Yang Mudah Dan Lezat

Definisi Bahan Membuat Kerupuk Seblak Kering 

Pernah nggak, sih kamu mikir kenapa makanan pedas dan dipilih seblak? Ternyata nama seblak berasal dari kata “nyeblak” yang dalam bahasa sunda memiliki arti mengagetkan.

Seblak memiliki tingkat kepedasaan dari level 1-5, karena rasanya yang pedas sebaiknya kamu jangan makan seblak dalam keadaan perut kosong.Jika kamu tidak menyukai makanan yang berkuah kamu tetap bisa menikmati lezatnya seblak varian kering.

Seblak sekarang banyak variasi menunya seperti ditambahkan bakso,sosis,jamur,telur,mi dan lain-lainnya.Ternyata seblak juga sudah ada di daerah cianjur bagian selatan sejak sebelum kemerdekaan.Makanan ini adalah alternatif makanan yang lemah sebagai pengganti jayanan.

Manfaat Kerupuk Seblak Kering

1.Mencegah kanker

Kanker merupakan penyakit yang menjadi salah satu penyebab utama kematian. Untuk mencegah kanker dapat dilakukan dengan cara rutin mengkonsumsi seblak ini. Kandungan yang ada di dalamnya berguna untuk memperlambat penyebaran sel kanker ke dalam tubuh. Maka dari itu, mengkonsumsi untuk mengkonsumsi makanan ini.

2.Menurunkan tekanan darah

Seblak juga sangat baik dikonsumsi bagi penderita darah tinggi. Hal ini dikarenakan kandungan yang ada di dalamnya mampu menurunkan tekanan darah sehingga aman dikonsumsi bagi penderita hipertensi atau tekanan darah tinggi.

3.Mengurangi stres

Stres yang disebabkan oleh pikiran yang disertai dengan rasa cemas yang terus mengganggu. Untuk mengurangi stres sebaiknya mulai mengkonsumsi makanan ini. Hal ini dikarenakan rasa dan aroma yang ada pada seblak mampu mengurangi tingkat stres pada diri anda sehingga suasana hati anda akan lebih terkendali.

4.Menjaga kesehatan jantung

khasiat seblak yang pertama dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Kandungan yang ada dalam makanan ini terbukti mampu menjaga kondisi jantung. Dengan rutin mengkonsumsi makanan ini maka organ jantung anda akan sehat dan terlindungi dari gangguan penyakit.

5.Menurunkan berat badan

Manfaat lainnya yang dapat mengkonsumsi seblak juga dapat membantu menurunkan berat badan. Kandungan yang ada di dalamnya akan berguna untuk membakar kalori lebih cepat sehingga Anda tidak akan kelebihan lemak dan berat badan Anda akan tetap ideal. Oleh karena itu, makanan ini sangat cocok untuk Anda yang ingin menurunkan berat badan.

Itu dia artikel dari saya tentang cara bikin kerupuk seblak bantet, semoga bermanfaat untuk Anda dan membantu Anda yang ingin membuat sendiri di rumah. Dan selamat mencobaa.

Avatar

al farid

Saya adalah seorang kontributor berpengalaman di website tukangreview.com yang selalu terinspirasi oleh dinamika teknologi, terutama di bidang IT. Saya adalah seorang pencinta ilmu yang tidak pernah berhenti belajar, dan dengan gembira saya berbagi wawasan seputar dunia bisnis dan saran terkini kepada pembaca setia kami. Mari bersama-sama menjelajahi dunia yang terus berkembang ini dengan semangat dan kegairahan yang mendalam