Cara Membuat Rambut Nenek Tepung

Jajanan ini sekarang jarang ditemukan dan bahkan jarang yang menjualnya kalian pasti rindu lah dengan jajanan 90-an ini.tapi kalian tidak perlu repot cari kesana sini,kaian bisa membuatnya cara membuat rambut nenek tepung mudah kok.

Sejarah Gulali Kapas

Gulali pertama kali dikenalkan oleh seseorang yang bernama William Morrison dan temannya yang bernama John C. Wharton dengan sebutan peri benang yang menyerupai kapas.

peri benang di daerah-daerah Indonesia dikenal dengan sebutan arum manis. Sedangkan gulali di daerah Indonesia yang dimaksud yaitu memiliki tekstur yang sangat padat dengan berbagai macam jenis dan bentuknya.

Gulali sendiri memiliki banyak jenis. Jenis yang paling banyak disukai dan kemungkin paling tradisional merupakan gulali yang terbuat dari bahan dasar gula jawa atau gula merah.

Gulali ini berwarna coklat tua dan biasanya ditusuk menggunakan bambu yang sudah dipotong kecil. Gulali dari gula jawa ini  biasanya dicampur dengan kacang tanah yang sudah di hancurkan kecil.

Penjualan Rambut Nenek Di Indonesia

Di Indonesia, penjual gulali kapas masih ada tapi sangat sedikit yang masih menjualnya. Hal itu dikarenakan sangat banyak yang memandang usaha rambut nenek ini merupakan usaha sangat  rendahan dan penghasilannya nggak seberapa.

Padahal, jika kalian perhatikan lebih dalam lagi, profit yang bisa didapatkan dari usaha berjualan gulali kapas ini bisa melebihi gaji karyawan kantoran bahkan sampek PNS sekalipun.rambut nenek juga bisa dimakan bersamaan dengan mochi gulung agar legit dan nikmat.

Bagi para penjual gulali kapas yang menggunakan pewarna makanan,Untuk warna biru yang mencolok atau merah muda, sehingga menarik mata para pembeli. Bahkan ada pedagang yang menjualnya dengan cara membentuknya dan bentuknya  sangatlah unik-unik,mislnya gulali biasa dibentuk hati atau anak ayam bahkan bunga mawar.

Penjual rambut nenek biasanya mereka berjualan di pasar malam atau di depan sekolah TK dan SD bahkan SMP. Karena pembelinya rata-rata anak kecil.Anak-anak itu pasti langsung merayu para orang tuanya untuk dibelikan rambut nenek itu.

cara membuatrambut nenek tepung

Peluang Usaha Rambut Nenek

Rambut nenek adalah sejenis makanan ringan yang dibuat dari gula pasir yang diproses menggunakan mesin arum manis. rambut nenek mempunyai bentuk dan rasa yang berbeda-beda. Namun rasa manis tetap menjadi rasa paling favorit dari rambut nenek.

Gulali dibuat dari gula pasir yang diberi pewarna makanan. Namun kadang gulali juga  dicampuran dengan bahan masakan lainnya. Sebagian besar penyusun gulali terdiri dari udara sehingga hasilnya sangatlah besar, jika mengingat bahannya yang hanya 1 sendok makan gula.

Sebuah rambut nenenk biasanya dapat mencapai ukuran besar,sebesar bola basket, bahkan bisa lebih besar. rambut nenek biasanya dijajakan di stand – stand pasar malam atau bahkan event – event rakyat lainnya.

Warna rambut nenek  yang paling banyak dijajakan yaitu rambut nenek warna merah jambu, kuning, hijau muda, oranye, dan biru muda. tetapi banyak juga yang menerapkan warna – warni pelangi, bahkan menyatukannya menjadi satu buah rambut nenek pelangi.

Mesin  arum manis dari kami menghasilkan arum manis yang mempunyai kualitas kapas dan rasa tinggi. Tentu disesuaikan dengan takaran sesuai dengan keinginan kalian. Dengan mesin arum manis usaha kalian akan lebih mudah memproduksi rambut nenek yang berkualitas.

Cara Membuat Rambut Nenek Tepung

Bahan-Bahan:

  • 1 kg gula pasir
  • 1 sdm asam citrun
  •  1 sdm pasta pandan atau pasta stroberi
  •  1 sdm asam citrun
  •  100 ml air matang

Alat-Alat:

  • 1 centong kayu
  • 1 sendok makan
  • 1 wajan besar

    Cara Membuat Rambut Nenek Tepung:

  1. masukkan gula pasir, kemudian masukkan semua bahan yang telah disiapkan  kedalam sebuah wajan. Aduk sampai rata dengan centong kayu ke kiri dan ke kanan dengan sabar jangan sampai berhenti sampai 10-12 menit gulali akan matang.
  2.  Matikan kompor tetap pelan-pelan diaduk.
  3.  Setelah itu menunggu proses pendinginan sampai 15 menit. Sampai mendapatkan tekstur yang diinginkan.
  4.  Masukkan kedalam stoples. Dinginkan sampai 2 jam.
  5.  Gulali siap dibentuk sesuai kreativitas.

Demikian artikel cara membuat rambut nenek tepung.semga setelah kalian membaca ini kalian bisa mendapatkan informasi apa yang kalian inginkan.bila ada kata-kata atau penulisan yang salah mohon dimaafkan dan dimaklumi.

Avatar

Bunga Ainna

Saya adalah seorang kontributor berpengalaman di website tukangreview.com yang senantiasa terinspirasi oleh inovasi teknologi, terutama di ranah IT. Saya adalah seorang pelajar sejati yang tak pernah puas dengan pengetahuan, dan dengan gembira saya berbagi wawasan seputar dunia bisnis dan panduan terbaru kepada pembaca setia kami. Ayo, mari bersama-sama menjelajahi dunia yang terus berkembang ini dengan semangat dan kegairahan yang mendalam