Contoh Kerajinan dari Botol Bekas yang Unik dan Keren

Contoh kerajinan dari botol bekas diantaranya yaitu celengan, mobil-mobilan, tempat pensil dan lain sebagainya. Banyak sekali manfaat mengolah sampah menjadi kerajinan dari botol bekas yang bisa kita manfaatkan dalam kehidupan sehari-hari. Sumberdaya botol bekas itupun senantiasa selalu ada bahkan banyak sekali.

Coba kalian bayangkan banyak jenis dari botol bekas yang dihasilkan dari pemakaian kita sehari-hari. Dari jenis botol plastik, kaca, kaleng, dan masih banyak lagi yang lain. Barang simpel yang sering kita lupakan tersebut ternyata sangat bernilai guna yang tinggi dan bahkan bernilai komersial yang juga tinggi.

Untuk menyulap limbah botol bekas yang berada dimana-mana hanya berbekal dengan keuletan dan kreatifitas kita tanpa batas serta ide kreatrif. Tidak menutup kemungkinan bahwa barang sesimpel itu bisa beralih fungsi sebagai pembantu fasilitas kehidupan sehari-hari. Dengan menggunakan bahan limbah seperti ini kita secara tidak langsung ikut berperan aktif dalam pengkampanyean dan penyelamatan lingkungan dari sampah.

Memanfaatkan Botol Bekas untuk Kerajinan Tangan

kerajinan tangan dompet mini dari botol bekas

Botol bekas merupakan salah satu barang yang sering dianggap limbah pengganggu kelestarian alam, sebab semakin tahun semakin banyak juga pemakaian botol untuk keperluan penjualan produk cair. Mulai dari botol kaleng, botol plastik, dan tipe-tipe botol yang lainnya.

Botol-botol tersebut sangat banyak dan menumpuk, tidak hanya kota besar saja akan tetapi hampir di semua tempat hingga menyebabkan pencemaran lingkungan. Masyarakat yang masih kurang begitu mengerti tentang bahaya pencemaran lingkungan merupakan satu faktor utama dari kurangnya pengolahan botol bekas ini.

Manfaat Mengolah Botol Bekas Menjadi Kerajinan Tangan

Selain dapat diubah menjadi barang setengah jadi atau biji plastik dengan proses pembuatannya melalui alat mesin pencacah plastik botol bekas mempunyai banyak manfaat, diantaranya dapat dibuat kerajinan tangan yang bernilai. Jika kalian memiliki beberapa botol plastik di rumah, jangan dibuang begitu saja.

Ada banyak sekali manfaat yang kita dapat dari limbah yang satu ini. Salah satunya yaitu kita ikut serta dalam pengurangan polutan pencemaran lingkungan, selain itu dengan pengolahan limbah botol ini kita juga bisa menyalurkan ide kreatif kita.

Selain itu botol sendiri yang sudah menjadi produk kerajinan tangan entah itu botol kaleng, plastik, ataupun kaca sangat bernilai jual yang tinggi. Karena masih kurangnya pengolahan limbah sebagai barang yang dianggap seni. Selain itu kita juga bisa menjadikan hasil dari kerajinan ini sebagai mata pencaharian tambahan dan menjadikan ini sebagai sarana untuk menambah produktivitas untuk anak-anak muda.

Kerajinan-kerajinan Istimewa dari Botol Bekas

Dibawah ini adalah beberapa contoh kerajinan tangan dari botol bekas yang unik kreatif dan mudah dibuat tentunya.

1. Celengan

Selama ini, yang namanya celengan mungkin lebih kalian kenal dalam bentuk kaleng atau plastik dengan berbagai bentuk yang unik. Akan tetapi, kali ini celengan kerajinan dari botol bekas adalah benda yang akan kalian buat.

Bahan dan alat yang kalian perlukan, adalah:

  • Botol bekas
  • Cat semprot
  • Cutter/gunting
  • Kertas warna-warni
  • Lem

Cara/langkah-langkah membuat celengan kerajinan dari botol bekas:

  1. Cobalah untuk memotong botol menjadi lebih pendek, lalu sambungkan kembali;
  2. Warnai permukaan botol dengan cat semprot selaras dengan selera kalian;
  3. Jika tidak ada cat semprot, kalian bisa menggunakan tempelan kertas warna-warni dari kertas lipat atau kertas manila di permukaan botol;
  4. Buat pola telinga dan kaki dari kertas, kemudian coba tempelkan di botol dengan menggunakan lem;
  5. Lubangi bagian atas botol selaras dengan besarnya uang. Lubang ini yang akan berfungsi sebagai jalur uang masuk.

Selain bisa dimanfaatkan untuk menabung, kalian juga bisa menjadikan celengan ini sebagai aksesoris hiasan di rumah atau di kamar kalian sendiri.

2. Mobil-mobilan

Kalian juga bisa mengkreasikan kerajinan dari barang bekas botol aqua menjadi sebuah bentuk mainan mobil-mobilan. Kalian bisa memberikan hasilnya kepada adik atau anak kecil kemudian.

Inilah bahan yang perlu kalian siapkan:

  • 1 botol plastik bekas aqua
  • 4 buah tutup botol plastik bekas
  • Cat air
  • Lem tembak
  • Spidol
  • Kuas kecil
  • Gunting
  • 2 batang sedotan kecil
  • 2 batang sedotan besar

Cara/langkah-langkah membuatnya:

  1. Pertama gunting sedotan besar sekitar 1 cm lebih panjang daripada bodi botol. Ukur dan pastikan panjang diameternya 05 di sisi kanan ataupun kiri;
  2. Kemudian tempelkan dengan menggunakan lem tembak;
  3. Tempelkan kedua batang sedotan itu secara sejajar. Tunggu lem sampai kering dan sedotan merekat pada botol tersebut;
  4. Ambil 4 buah tutup botol plastik;
  5. Lubangi bagian tengah botol dengan ujung gunting atau benda yang runcing;
  6. Buat lubang yang seukuran dengan sedotan yang sudah dipotong sebelumnya;
  7. Masukkan sedotan ke dalam lubang mobil dengan lem tembak;
  8. Lakukan hal tersebut pada seluruh tutup botol plastik;
  9. Tempelkan kedua kerangka yang telah dilengkapi dengan 4 roda tersebut pada bagian bodi mobil menggunakan lem tembak;
  10. Dan mobil-mobilan sudah jadi.

3. Tempat Pensil

Contoh kerajinan dari botol bekas berikutnya yaitu tempat pensil yang lucu untuk diletakkan di atas meja belajar atau meja kerja.

Alat dan bahan-bahan yang diperlukan:

  • Botol plastik bekas
  • Kain flanel
  • Kardus
  • Tali kur
  • Lem tembak
  • Gunting

Cara/langkah-langkah membuat tempat pensil kerajinan dari botol bekas:

  1. Pertama potong kardus menjadi bentuk lingkaran;
  2. Kemudian lapisi dengan kain flanel, rekatkan dengan lem tembak;
  3. Potong botol menjadi beberapa ukuran selaras dengan selera dan kebutuhan kalian;
  4. Lapisi juga dengan menggunakan kain flanel;
  5. Susun kardus dan juga botol hingga menjadi sebuah bentuk tabung;
  6. Jangan lupa untuk merekatkan semua setiap sisinya dengan erat;
  7. Dan tempat pensil lucu sudah jadi!

Itulah pembahasan saya mengenai contoh kerajinan dari botol bekas. Tentunya cukup mudah untuk kalian praktekkan atau mencoba membuat kerajinan-kerajinan tersebut. Semoga artikel ini dapat membantu dan juga bermanfaat untuk kalian.

Avatar

aldi

Saya merupakan kontributor terkemuka di website tukangreview.com yang selalu merasa terinspirasi oleh perubahan dan kemajuan dalam dunia teknologi, khususnya dalam bidang IT. Saya adalah seorang pencinta pembelajaran yang tak pernah puas, dan saya senang berbagi pengetahuan tentang dunia bisnis serta saran-saran terkini dengan komunitas pembaca