Kisah Nyata Pengusaha Sukses dari Keluarga Miskin, Berhasil Kaya Raya!

Anda tidak harus berasal dari keluarga yang kaya raya untuk bisa sukses. Faktanya, banyak kisah nyata pengusaha sukses dari keluarga miskin yang berhasil menjadi kaya raya, namun sekarang sudah menjadi miliarder. Mereka sudah merasakan berbagai rintangan kesulitan dan kepahitan hidup sejak kecil sehingga mau tidak mau dipaksa untuk bekerja keras agar meraih keuntungan.

Kisah-kisah mereka menjadi pengusaha sukses di Indonesia akan selalu menjadi inspirasi bagi banyak orang. Dari mereka kita belajar bahwa keberhasilan juga dapat diraih dengan kerja keras. Bahkan beberapa di antara mereka berhasil masuk ke dalam daftar orang terkaya di Indonesia versi Forbes.

Kisah Nyata Pengusaha Sukses dari Keluarga Miskin

Berikut beberapa nama yang berasal dari keluarga miskin dan sekarang sudah menjadi pengusaha kaya raya:

1. Kisah Nyata Pengusaha Sukses dari Keluarga Miskin yang Pertama Chairul Tanjung

kisah nyata pengusaha sukses dari keluarga miskin

Chairul Tanjung merupakan pendiri CT Corp yang menaungi beberapa perusahaan besar seperti Trans Corp, Bank Mega, jaringan supermarket, dan lainnya. Sebelum menjadi pengusaha sukses, siapa sangka bahwa Chairul Tanjung pernah mengalami hidup miskin. Saat remaja, ia mengalami kesulitan ekonomi sangat parah. Usaha ayahnya ditutup karena bertentangan dengan penguasa. Setelah itu, keluarga Chairul Tanjung menjual rumahnya lalu pindah ke tempat tinggal di gang sempit di Keramat Jaya, Jakarta Pusat.

Saking miskinnya, Chairul Tanjung pernah bercerita bahwa ia bahkan nyaris tidak mampu membayar zakat fitrah yang nilainya hanya setara 3,5 kg beras.

Saat berhasil masuk ke Fakultas Kedokteran UI, untuk membiayai kuliahnya, ia bahkan mencoba untuk membuka usaha fotokopi di ruang sempit bawah tangga kampus. Chairul Tanjung juga pernah mendirikan toko peralatan kedokteran dan laboratorium, usaha kontraktor, hingga rotan. Tetapi usaha yang ia rintis tidak berjalan mulus, bahkan CT harus mengalami kebangkrutan berkali-kali. Tetapi karena sifatnya yang rajin, gigih, dan pintar ia berhasil membesarkan CT. Corporation yang sebelumnya bernama Para Group. Ia kini berhasil menjadi salah satu orang terkaya Indonesia.

2. Kisah Nyata Pengusaha Sukses ari Keluarga Miskin yang kedua  Ciputra

kisah nyata pengusaha sukses dari keluarga miskin

Nama Ciputra sudah sangat dikenal di bisnis properti. Ia telah sukses mengembangkan Jaya Group, Metropolitan Group, dan Ciputra Group. Sejak kecil, Ciputra hanya tinggal berdua dengan ayahnya dengan kondisi hidup yang sulit.

Awalnya, kehidupannya bersama 6 orang saudaranya tidak begitu miskin. Kehidupannya berubah ketika ayahnya menjadi seorang tahanan Jepang yang dikira sebagai mata-mata dan meninggal saat di penjara.

Saat pindah ke Bandung untuk kuliah di ITB, ia dan dua temannya menawarkan jasa arsitek yang dia miliki dan hidup dari proyek yang datang. Setelah itu, Ciputra berjuang agar bisa mendapatkan proyek besar dari gubernur hingga presiden. Sampai pada akhirnya, ia sukses menjalankan sebuah proyek dan perusahaannya semakin berkembang.

3. Kisah Nyata Pengusaha Sukses dari Keluarga Miskin yang ketiga Sudono Salim

kisah nyata pengusaha sukses dari keluarga miskin

Keluarga Sudono Salim merupakan imigran asal China yang pindah ke Indonesia pada tahun 1939. Pada waktu itu, China termasuk negara miskin sehingga banyak warga China yang lebih memilih untuk mengadu nasib ke negara lain.

Pahitnya, di awal-awal kedatangannya di Indonesia ia harus hidup dengan gelandangan selama beberapa hari. Demi bisa bertahan hidup, ia menjual cengkih hingga sukses terjual ke pulau-pulau lain di Indonesia. Tetapi bisnisnya harus terhenti saat Indonesia dijajah oleh Jepang.

Tidak menyerah sampai situ, ia kembali mendirikan bisnisnya di awal era Indonesia merdeka di dunia perbankan yaitu Central Bank Asia yang kini dikenal dengan nama BCA.

Tidak sampai situ, Sudono Salim kembali melebarkan sayap bisnisnya ke industri pangan bernama PT Bogasari dan produksi makanan dari olahan tepung terigu yaitu Indofood. Berjalannya waktu, ia merambah ke sektor lain seperti Indosiar, Indomaret, dan lain sebagainya. Sudono Salim telah meninggal pada tahun 2012.

4. Bob Sadino

bob sadino

Pemilik nama lengkap Bambang Mustari Sadino ini mulanya merasakan kegagalan bisnis di bidang jasa sewa mobilnya karena mengalami kecelakaan. Tetapi kejadian tersebut tidak membuatnya menyerah. Setelah itu, ia memulai bisnis baru dengan menjual telur ayam negeri dari rumah ke rumah. Bob Sadino lantas mengembangbiakkan 50 ayam rasa yang didapatkan dari temannya untuk dijadikannya sebagai bisnis telur ayam negeri.

Seiring berjalannya waktu dan diiringi dengan kerja kerasnya, bisnis yang ia jalankan pun meraih keuntungan. Bob juga mulai merambah ke bisnis-bisnis lainnya sehingga mengantarkannya menjadi salah satu pengusaha sukses di Indonesia.

Bob Sadino memang identik dengan gaya santainya dan termasuk salah satu pengusaha sukses yang membangun bisnisnya dari nol. Bob Sadino sudah meninggal dunia sejak 2015 silam.

5. Eka Tjipta Widjaja

Eka Tjipta Widjaja merupakan pendiri Sinar Mas Group yang memiliki gurita bisnis di bawahnya, mulai dari keuangan, telekomunikasi, dan infrastruktur. Eka Tjipta Widjaja merupakan imigran asal Tiongkok dan lahir dalam kondisi ekonomi yang serba kekurangan. Ia kemudian merantau ke Indonesia, tepatnya ke Makassar saat berusia 9 tahun. Saat masih kecil, ia sudah membantu beban orang tuanya yang terlilit utang dengan berjualan biskuit, permen, dan berbagai dagangan lainnya. Eka tidak menyelesaikan pendidikan dan hanya tamat SD.

Tetapi dengan segala perjuangannya, ia berhasil mendirikan pabrik yang memproduksi natrium bikarbonat hingga kemudian menjadi sebuah perusahaan yang memproduksi kertas pertama yang bernama Sinar Mas. Lalu ia melakukan berbagai ekspansi bisnis hingga namanya tercatat sebagai miliarder. Pada tahun 2018, Eka Tjipta Widjaja dan keluarganya masuk ke dalam daftar Forbes 2018 Indonesia’s 50 Richest Net Worth di urutan ketiga dengan nilai sebesar US$ 8,6 miliar. Eka sendiri telah tutup usia pada tahun 2019 pada usia 95 tahun.

 6. Roman Abramovich

roman

Abramovich lahir di Rusia selatan dalam keadaan miskin. Setelah menjadi yatim piatu pada usia dua tahun, ia dibesarkan oleh seorang paman dan keluarganya di wilayah subarctic di Rusia utara. Ketika masih berstatus mahasiswa di Moscow Auto Transport Institute tahun 1987, Roman membangun usaha kecil yang memproduksi mainan plastik.

Usaha ini membantunya menemukan bisnis minyak, dan membesarkan dirinya sendiri dalam industri minyak. Dia mengakuisisi Chelsea Football Club pada tahun 2003 dan memiliki kapal pesiar terbesar di dunia yang menghabiskan biaya hampir 400 juta dolar pada tahun 2010.

7. Mohed Altrad

mohed

Dilahirkan dan hidup nomaden di gurun Suriah dari seorang ibu miskin yang diperkosa oleh pemimpin sukunya. Ibunya meninggal ketika Altrad masih sangat muda. Altrad dibesarkan oleh neneknya, yang melarangnya bersekolah di Raqqa, kota yang pernah menjadi ibu kota ISIS. Altrad tetap bersekolah, dan ketika dia pindah ke Perancis untuk kuliah, dia tidak tahu bahasa Perancis. Altrad benar-benar hidup prihatin saat bersekolah di Perancis, dia bahkan makan hanya sehari sekali.

Perjuangannya tidak sia-sia, Altrad mendapatkan gelar PhD dalam ilmu komputer. Dia kemudian bekerja untuk beberapa perusahaan Perancis terkemuka, dan akhirnya membeli perusahaan mesin konstruksi yang diubahnya menjadi salah satu produsen perancah dan pencampur semen terkemuka dunia, Altrad Group.

8. Kenny Troutt

kenny

Troutt hidup bersama ayahnya yang seorang bartender. Dengan penghasilan ayahnya yang tidak besar, Troutt membiayai kuliahnya sendiri di Universitas Illinois Selatan dengan bekerja sebagai sales asuransi jiwa. Troutt sukses mendirikan perusahaan telepon Excel Communications yang dibangunnya pada tahun 1988. Perusahaan tersebut go publik pada tahun 1996. Sebagian besar kekayaannya berasal dari perusahaan yang didirikannya.

Dua tahun kemudian, Troutt menggabungkan perusahaannya dengan Teleglobe dalam kesepakatan 3,5 miliar dolar. Kini Troutt sudah pensiun dan banyak berinvestasi dalam pacuan kuda.

Avatar

sinta

Saya adalah seorang penulis di tukangreview.com yang sangat antusias tentang perkembangan teknologi, terutama di bidang IT. Saya senang memperluas pengetahuan saya dan berbagi wawasan seputar dunia bisnis serta tips terbaru dengan pembaca kami