Salah Satu Cara mengurangi Sampah Plastik Adalah

Salah Satu Cara Mengurangi Sampah Plastik Adalah

Salah Satu cara untuk mengurangi sampah plastik adalah

Pemusnahan dan pengelolaan sampah plastik ini dapat dilakukan melalui berbagai metode, antara lain :

1.Ditanam atau bisa disebut (landfill), yaitu merupakan pemusnahan sampah plastik dengan membuat lubang di dalam tanah kemudian sampah plastik dimasukkan ke lubang tersebut dan ditimbun dengan tanah kembali.

2.Dibakar (inceneration), cara memusnahkan sampah plastik dengan cara membakar di dalam tungku pembakaran (incenerator).

3.Dijadikan pupuk (composting), adalah pengolahan sampah menjadi sebuah pupuk (kompos) cara ini khusus untuk sampah plastik organik daun-daunan, sisa makanan dan sampah-sampah plastik lain yang dapat membusuk               

4.Di daerah pedesaan hal ini sudah biasa sering dilakukan orang pedesaan, sedangkan di daerah perkotaan hal ini perlu dibudayakan. 

Apabila setiap rumah tangga harus dibiasakan untuk memisahkan sampah organik dengan an-organik, lalu sampah organik diolah menjadi pupuk tanaman  dapat dijual atau untuk digunakan sendiri.

5. Penghancuran atau penggilingan (pilverization) Beberapa kota besar di Indonesia sudah memiliki mobil pengumpul sampah plastik.

Sampah plastik yang berasal dari bak-bak penampungan langsung dihancurkan menjadi potongan-potongan kecil sehingga lebih ringkas.

6.Makanan hewan ternak (hogfeeding) contohnya yaitu sampah organik seperti sayuran, ampas tapioka, dan ampas tahu dapat dimanfaatkan sebagai makanan hewan ternak

7.Pemanfaatan ulang (recycling) Sampah yang sekiranya masih bisa diolah kembali, dipungut, dan dikumpulkan. Contohnya adalah seperti kertas, pecahan kaca,botol bekas, logam, dan plastik.

Sampah-sampah semacam ini dapat dibuat kembali menjadi karton, kardus pembungkus, alat-alat perangkat rumah tanga dari plastik dan kaca.

Tetapi perlu diingat jangan sampai sampah yang demikian dimanfaatkan atau termanfaatkan lagi. Misalnya seperti, kertas-kertas dari tempat sampah dimanfaatkan begitu saja untuk membungkus kudapan atau makanan. Hal ini  membahayakan bagi kesehatan.

Salah Satu Cara Untuk Mengurangi Sampah plastik Adalah Dengan

1. Mulai Mengurangi Penggunaan Sedotan Plastik

Apakah kalian membutuhkan sedotan? Sepertinya tidak selalu membutuhkan ya,teman-teman. Sebagai cara mengurangi penggunaan plastik, ketika makan di luar rumah sebaiknya tidak perlu meminta sedotan.

Suatu saat kalian membutuhkan sedotan, sebaiknya gunakan sedotan model stainless steel yang bisa digunakan berulang kali. untuk mengatasi sampah penggunaan plastik dapat dihancurkan dengan mesin pencacah plastik.

2. Salah Satu Cara Untuk Mengurangi Sampah Plastik Adalah Gunakan Kantong Plastik Reuseable

Salah satu cara untuk mengurangi sampah plastik adalah

Umumnya Kita pergi ke supermarket setidaknya satu minggu sekali untuk mengisi lemari kebutuhan dapur kita. Karena itu, sebanyak satu juta kantong plastik digunakan setiap menitnya.

Untuk mengurangi hal ini sebaiknya mulai menggunakan kantong plastik yang aman untuk berbelanja.

Sebagai cara mengurangi sampah plastik, gunakan kantong yang besar dan kuat untuk membantu mengurangi jumlah sampah plastik. Pilihlah kantong yang terbuat dari bahan katun daripada  nilon atau polyester yang terbuat dari plastik juga.

Jika setiap kali kita pergi kita perlu  menggunakan tas yang dapat digunakan kembali  biasanya berbahan dasar dari  (kain, tali atau anyaman), maka  kesehatan bumi kita akan meningkat. Mulai  dari sekarang ingatlah untuk mengambil milik kita saat meninggalkan rumah.

3. Salah Satu Cara Untuk Mengurangi Sampah Plastik Adalah Pilih Toko Yang  Menggunakan Kemasan Kertas

Jika sering berbelanja di banyak tempat, Kalian pasti tahu betul mana toko yang memberikan kemasan kertas dan plastik.

Nah, salah satu cara untuk mengurangi sampah plastik adalah dengan berbelanja di toko yang menggunakan kemasan kertas untuk membantu mengurangi sampah plastik. sering dijumpai biasanya warung nasi pinggir jalan menggunakan pembungkus makanan berupa kertas atau daun pisang.

4. Pilih Barang dengan Kemasan Kardus

Salah Satu Cara Untuk Mengurangi Sampah Plastik yaitu pilih karton daripada botol dan tas plastik sebagai cara mengurangi sampah plastik selanjutnya.

Secara umum, lebih mudah untuk mendaur ulang karton daripada plastik-plastik, ditambah produk kertas cenderung lebih mudah terurai. Tanpa menambahkan banyak bobot pada produk seperti kaleng kaca atau aluminium.

Jadi, ketika kalian punya pilihan pilih pasta dengan kemasan kotak sebagai pengganti pasta dalam kemasan kantong plastik, atau deterjen di dalam kotak sebagai pengganti botol.

Yang lebih baik adalah dengan memeriksa perusahaan yang memproduksi kardusnya, apakah menggunakan bahan yang ramah lingkungan. Atau justru mendukung deforestasi (pengubahan area hutan menjadi lahan secara permanen, untuk aktivitas manusia).

5. Salah Satu Cara Untuk Mengurangi Sampah Plastik Adalah Ganti Tempat Makan Plastik dengan Wadah Kaca

Salah atu cara untuk mengurangi sampah plastik adalah

Foto: tempat makan plastik

Nah,  cara ini sangat pas sekali untuk para ibu-ibu di rumah yang mungkin mengoleksi Tupperware. Faktanya Tupperware yang terbuat dari plastik juga bisa merusak bumi kita.

Oleh karena itu, kita disarankan untuk mengubah rutinitas dan memilih wadah kaca atau stainless steel sebagai cara mengurangi sampah plastik. Cara mengurangi penumpukan sampah plastik bisa menggunakan mesin pencacah plastik

Selain bumi yang tidak hanya akan menghargainya. Tetapi juga kesehatan kita juga akan terjaga karena beberapa wadah plastik ini dapat melepaskan zat berbahaya saat digunakan.

Avatar

narendra nur rohman

Saya adalah seorang kontributor berpengalaman di website tukangreview.com yang selalu terinspirasi oleh dinamika teknologi, terutama di bidang IT. Saya adalah seorang pencinta ilmu yang tidak pernah berhenti belajar, dan dengan gembira saya berbagi wawasan seputar dunia bisnis dan saran terkini kepada pembaca setia kami. Mari bersama-sama menjelajahi dunia yang terus berkembang ini dengan semangat dan kegairahan yang mendalam!