Cara Membuat Es Chocolatos Wafer Roll

Hai bunda bagaimana kabarnya hari ini, pada kesempatan kali ini aku akan membagikan resep cara membuat es chocolatos wafer roll nih. Tapi bagaimana yaa cara membuat es krim chocolatos yang enak? Yuk pantengin terus yaaa.

Namun sebelum itu yuk simak terlebih dahulu mengani sejarah minuman cokelat, nutrisi coklat, serta manfaatnya.

Sejarah Minuman Cokelat

Apakah disini ada bunda yang tahu kapan pertama kali minuman cokelat dibuat? Jawabannya adalah pertama kali dibuat oleh Suku Maya sekitar 2.000 tahun yang lalu. Dan minman cokelat merupakan bagian penting dalam budaya suku Aztek pada 1400 M.

Untuk membuat minuman cokelat, dahulu masyarakat Suku Maya menggiling biji coklat menjadi pasta kemudian mencampurnya dengan air, tepung jagung, cabai, dan juga rempah-rempah. Kemudian mereka menuangkan minuman dengan membolak-balikan cangkir ke gelas sampai mengeluarkan busa.

Minuman cokelat ini disajikan disaat dingin, dan sema kelas sosial suku maya bisa menikmati minuman ini. Tetapi orang kaya saat itu bisanya akan meminum cokelat ini dari tempat mewah atau cangkir.

Minuman ini menjadi populer di Eropa setelah dibawa dari Meksiko dan elah mengalami banyak perubahan sejak saat itu. Sekarang, cokelat panas sangatlah muda dijumpai di seluruh dunia dan hadir dengan berbagai macam varian rasa.

Nutrisi apa saja yang terkandung pada coklat?

Di dalam cokelat hitam murni terkandung beragam nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita. Dengan mengonsumsi 100 gram coklat hitam, kita bisa mendapatkan berbagai macam nutrisi, mulai dari serat, karbohidrat, lemak, protein, magnesium, fosfor, dan zat besi.

Bukan hanya itu saja di dalam coklat juga diperkaya dengan kandungan theobromine. Theobromine merupakan zat antiradang yang hanya bisa dijumpai pada kakao, kemudian kafein, vitamin A, vitamin B, vitamin E, dan juga vitamin K. Di dalam coklat hitam kita juga bisa mendapatkan berbagai macam antioksidan, seperti polifenol, flavonoid, dan juga katekin dalam jumlah yang tinggi.

Manfaat Mengonsumsi cokelat

cara membuat es chocolatos wafer roll

1. Meningkatkan mood

Manfaat yang satu ini tidaklah perlu untuk diragukan lagi. Cokelat memang sudah sangat dikenal bisa meningkatkan mood kita disaat sedang turun.

Dalam sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi cokelat bisa menurunkan hormon kortisol yang dihasilkan tubuh ketika sedang stres dan juga merangsang otak untuk melepaskan lebih banyak hormon endorfin dan juga serotonin yang bisa membuat kita merasa bahagia.

2. Menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah

Kandungan flavonoid di dalam cokelat bisa melancarkan aliran darah serta mengurangi risiko terjadinya penyumbatan pada pembuluh darah. Efek yang satu ini menjadikan cokelat sebagai salah satu makanan yang baik untuk mencegah penyakit jantung dan stroke.

Namun meskipun demikian, masih diperlukan penelitian yang lebih lanjut untuk memastikan efektivitas tersebut.

3. Mengontrol kadar gula darah

Manfaat yang selanjutnya juga datang dari kandungan flavonoid yang ada du dalamnya. Kandungan flavonoid di dalam coklat bermanfaat untuk mengontrol kadar gula darah. Oleh sebab itu, cokelat baik dikonsumsi untuk mencegah resistensi insulin dan juga diabetes.

Tetapi, untuk mendapatkan manfaat tersebut kita perlu cermat dalam memilih cokelat yang akan kita makan. Sebab beberapa jenis cokelat yang telah diberi gula tambahan dan justru malah bisa menyebabkan diabetes apabila dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan.

4. Menurunkan kadar kolesterol

Manfaat yang selanjutnya yaitu bahwasannya coklat bisa menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL dalam darah. Oleh sebab itu manfaat cokelat yang satu ini baik untuk mencegah penumpukan kolesterol di dalam pembuluh darah, sehingga mampu untuk menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke.

Tetapi, penelitian untuk manfaat cokelat yang satu ini baru dilakukan dalam skala kecil saja dan masih memerlukan penelitian lebih lanajut untuk benar-benar memastikan efektivitasnya.

5. Memelihara fungsi dan kesehatan otak

Bunda semuanya mengonsumsi cokelat ternyata juga diketahui baik untuk menjaga kesehatan dan juga fungsi otak. Manfaat ini berasal dari kandungan flavonoid yang ada di dalam cokelat yang mampu meningkatkan konsentrasi dan juga daya ingat.

Bukan hanya itu saja, kandungan epikatein di dalam cokelat juga mampu menurunkan risiko terjadinya penurunana fungsi otak yang dapat menyebabakan demensia atau pikun.

Ada berapa jenis cokelat?

cara membuat es chocolatos wafer roll

Apakah bunda tau ada berapa jenis coklat? Atau jenis coklat apa yang cocok untuk masakan bunda? Yuk simak selengkapnya!

1. Dark Chocolate

Jenis coklat yang satu ini dikenal dari cita rasanya yang pahit. Dark chocolate sendiri dibedakan menajdi dua jenis yaitu, bittersweet dan semisweet. Perbedaan tersebut tidak memiliki pakem, hanya perbedaan berdasarkan proodusen saja.

Dark chocolate jenis semisweet memiliki cita rasa yabg cenderung manis. Dan sebaliknya, jenis bittersweet lebih cenderung memiliki rasa yang pahit dengan kandungan kakao minimal 35%.

Dark chocolate jenis bittersweet lebih cocok digunakan untuk kudapan yang dibuat dengan cara dipanggang, masakan biasa, atau juga bisa dikonsumsi langsung. Hal ini juga berlaku untuk jenis semisweet jika bunda menginginkan rasa yang cenderung manis daripada pahit.

2. Milk Chocolate

Milk Chocolate atau yang juga bisa disebut dengan cokelat susu didalamnya mengandung kakao dan susu kental manis atau juga bisa dengan susu bubuk. Umumnya di dalam milk chocolate mengandung setidaknya 10% kakao, lebih dari 3% mentega, dan juga 12% padatan susu.

Dari segi tekstur, milk chocolate memiliki tekstur yang lebih lembut daripada dark chocolate. Warna pada milk chocolate cenderung leih terang dan memiliki rasa coklat yang tidak terlalu terasa. Dan bunda perlu hati-hati saat hendak mengolah cokleat yang satu ini karena lebih rentan terhadap panas yang berlebihan.

Dikarenakan teksturnya yang lebih lembut, milk chocolate lebih cocok bila dijadikan sebagai bahan pembuatan saus cokelat, es krim, atau kudapan ringan untuk sang buah hati.

3. White Chocolate

Bunda semuanya sebenarnya cokelat putih tidak termasuk ke dalam kategori cokelat, dikarenakan di dalam cokelat putih tidak mengandung padatan kakao.

Di dalam white chocolate mengandung mentega kakao atau cocoa butter yang setidaknya 20%, kemudian 14% susu, krim, atau juga bisa padatan susu. Ada pula yang menambahkan vanili supaya memberikan aroma yang leih nikmat.

White chocolate bisa dibilang memiliki rasa yang sangat manis dan lembut, tanpa kompleksitas pahit yang seperti halnya pada cokelat biasa. Bunda bisa menggunakan jenis cokelat yang satu ini sebagai bahan untuk membuat chocolate cheescake.

4. Candy Coating Chocolate

Candy coating chocolate atau yang kerap disebut sebagai confectionery coating atau compound coating ini lebih meruju pada produk premen yang diberi perasa cokelat dan minyak sayur sebagai pengganti cacao butter. Jenis cokelat yang satu ini memang memiliki harga yang lebih terjangkau karena di dalamnya tidak mengandung kakao dalam jumlah yang signifikan.

Karena coklat yang satu masuk ke dalam jenis permen, maka akan mudah mencair tanpa perlu suhu tertentu.

Candy coating chocolate, sesuai dengan namanya coklat yang satu ini biasanya digunakan sebagai pelapis makanan. Dan bunda perlu berhati-hati saat mencampurkannya dengan cokelat asli karena kandungan lemak yang ada didalamnya bisa tidak cocok sehingga warna akan berubah dan tampilan makanan menjadi kurang menarik.

5. Unsweetened Chocolate

Unsweetened chocolate merupakan jenis coklat yang didalamnya terdiri dari 100% kakao dan 0% gula. Dan cacao butter untuk menggumpalkannya.

Cita rasa yang dimiliki cokelat yang satu ini adalah pahit, dikarenakan memang di dalamnya tidak ada campuran gula ataupun susu sedikitpun. Dan rasa pahit ini lebih pekat daripada cokelat jenis Dark Chocolate. Cokelat jenis yang satu ini biasanya cocok digunakan untuk pelengkap pada hidangan penutup yang cara memasaknya dengan dipanggang.

6. Gianduja Chocolate

Nah bunda mungkin nama cokelat yang satu ini masih asing ditelinga bunda bukan? Namun walaupun masih asing cokelat yang satu ini tidak kalah enak kok dengan jenis yang lain. Cokelat ini memiliki cita rasa yang manis dengan campuran kacang hazelnut di dalamnya.

Di dalam cokelat gianduja biasanya mengandung 32% kakao dan 20 sampai 40% kacang hazelnut yang sudah dihaluskan. Cokelat yang satu ini juga bisa mengandung tambhana lainnya seperti susu, kacang almond, dan atau jenis kacang-kacangan yang lain.

Resep Cara Membuat Es Krim Chocolatos Wafer Roll

cara membuat es chocolatos wafer roll

Chocolatos wafer roll, pasti tidak asing bukan? Yak cemilan yang sangat populer di berbagai kalangan ini selain nikmat disantap langsung ternyata juga cocok dijadikan campuran ataupun topping pada berbagai dessert. Salah satunya adalah es krim. Berikut adalah resepnya

Bahan-bahan
  • 17 stik wafer Chocolatos
  • 2 sachet Chocolatos bubuk
  • 1 sachet krimer kental manis cokelat
  • Air secukupnya
Cara membuat
  1. Pertama-tama campurkan air, Chocolatos bubuk, dan juga krimer kenal manis. Kemudian aduk sampai merata dan tidak ada yang menggumpal.
  2. Hancurkan wafer Chocolatos sampai benar benar halus dan dituangkan ke dalam adonan.
  3. Tambahkan topping chocolatos bubuk ke atas adonan.
  4. Kemudian aduk kembali sampai merata dan dimasukkan ke dalam freezer selama 6-8 jam atau sampai adonan membeku seluruhnya.
  5. Setelah beku, es krim pun siap disajikan. Bunda juga bisa menggunakan mesin es krim jika ingin lebih hemat waktu dan juga tenaga.

Apakah anda tertarik?

Nah itu tadi teman-teman pembahasan pada artikel kali ini yaitu resep cara membuat es chocolatos wafer roll yang resepnya bisa dicoba dirumah masing-masing. Cobain juga resep cara membuat es krim dengan tepung maizena dan pop ice dijamin anti gagal.

Selain itu diatas juga sudah saya jelaskan mulai dari sejarah minuman cokelat, khasiat meminum susu, dan juga jenis susu apa saja yang bisa kita konsumisi. Yang semoga bisa menambah wawasan teman-teman semuanya. Terimakasih sudah membaca artikel ini.

Avatar

andika

Saya adalah kontributor utama di website tukangreview.com, yang senantiasa terpukau oleh perkembangan teknologi, terutama dalam ranah IT. Saya adalah seorang pembelajar yang tak kenal lelah dan sangat antusias dalam berbagi wawasan seputar dunia bisnis dan saran-saran terkini kepada pembaca kami. Mari kita eksplorasi bersama perjalanan dunia teknologi yang selalu berubah