Resep Puding Jagung Keju yang Lezat dan Menggoda

Pada artikel kali ini akan di beri tahu bagaimana resep puding jagung keju yang lezat dan menggoda. Puding jagung merupakan makanan dessert jaman now yang mempunyai tekstur sangat lembut dan juga cukup kenyal. Dengan perpaduan aroma khas dan manisnya jagung dengan serta berbagai banyak manfaat kesehatan yang banyak pula membuatnya menjadi pilihan buat sebagian besar ibu rumah tangga di Indonesia.

Walaupun banyak diantara kalian yang masih tidak terlalu kenal sama resep puding jagung hanya dengan kombinasi jagung yang ini. Apalagi jika sudah mendengar resep puding jagung keju yang pasti cukup banyak penggemarnya. Tetapi jika sudah pernah mencoba rasanya yang enak pasti akan ketagihan dengan dessert cantik berwarna kuning yang sangat lembut ini.

Resep Puding Jagung Keju

resep puding jagung keju

Bahan-bahan:

Bahan Puding:
  • 2 bh jagung manis (dikukus/rebus)
  • 90 gr gula pasir
  • 1 sch SKM putih
  • 250 ml susu cair
  • 1 sch agar2 yg plain
  • 300 ml air putih
Bahan Fla :
  • 500 ml susu cair putih
  • 200 gr gula pasir
  • 10 gr Maizena
  • 1 btr kuning telur
  • Keju
  • Cherry

Cara Membuatnya:

  • Pipil jagung yg sdh dikukus
  • Blender jagung dengan 300 ml air, setelah di blender saring jagung
  • Setelah jagung di saring, masukkan susu cair aduk rata lalu saring kembali
  • Masukkan ke dalam panci, masukkan SKM dan agar2,gula pasir masak sampai mendidih
  • Setelah matang, tuang adonan puding kedalam cetakan lalu biarkan padat
 Kita buat bahan Fla :
  • Tuang susu cair + gula+ maizena ke dalam panci dan masak (jgn sampai mendidih) lalu matikan kompor
  • Setelah itu pecahkan kuning telurnya hanya dengan sendok, ambil sedikit bahan fla yg dipanaskan, lalu tinggal di tuangkan ke dalam mangkok telur, aduk terus dengan cepat dan sampai tercampur
  • Setelah tercampur semua, bisa dimasukkan ke dalam bahan fla dan aduk dengan cukup cepat,hidupkan kompornya dan masak bahan fla nya sampai kental dan juga meletup-meletup

  • Lalu matang,tuang adonan fla diatas puding

  • Taburi keju dan cherry
  • Puding siap di santap

    Perbedaan Puding, Jelly dan Agar Agar

Meskipun memang sama enak dan lezat serta sangat pas sekali untuk dessert atau makanan penutup mulut sehari-hari ternyata puding mempunyai kedudukan atau jenis yang paling tinggi. Dan seperti yang biasanya pada susu segar, susu kental manis, yoghurt ataupun juga yang lainnya. Tetapi yang pasti nya jagung manis yang akan kita pakai sebagai salah satu bahan utama kita kali ini.

Apa saja perbedaannya? Simak penjelasannya berikut ini yuk moms dan sis.

  • Puding

Puding adalah cemilan yang bisa dibuat dari agar-agar, jelly ataupun campuran dari keduanya. Membuat puding nya perlu ditambahkan juga oleh susu ataupun santan. Dalam membuat puding ksli ini, kalian dapat menambahkan toping nya sesuai selera kalian seperti contohnya buah-buahan, yoghurt, sari kelapa dan yang lainnya.

  • Agar-agar

Dan agar-agar adalah makanan ringan yang dibuat dari ganggang laut. Ternyata agar-agar ini mempunyai tekstur yang cukup lumayan kenyal, dan juga padat lalu sedikit agak keras.

Sedangkan itu agar-agar yang notabene nya sama-sama bahan dasar nya pembuat puding perbedaannya hanya terletak di tingkat lembut atau kenyalnya. Jelly ternyata lebih kenyal lho dan juga lebih lembut dari teksturnya itu. Meskipun itu juga lebih rentan untuk hancur di karenakan kelembutannya itu. Ternyata berbeda dengan aneka resep puding jagung itu yang akan kita buat sekarang ini juga.

Sejarah adanya Puding

Saat ini juga puding sangat dikenal sebagai makanan penutup yang manis dan bertekstur yang halus. Padahal menurut catatan nya di sejarah makanan, puding pertama kali lah yang dibuat oleh koki kuno yang juga menghasilkan makanan mirip sosis dengan cita rasa yang gurih. Puding ternyata berasal dari bahasa Perancis, yaitu boudin yang berarti “sosis darah”, Dari bahasa Latin, botellus yang berarti “sosis kecil”. Istilah dari puding yang sangat banyak digunakan di benua Eropa.

Pada abad yang ke-17, puding di Inggris raya ternyata terdiri dari dua rasa, yaitu gurih karena dibuat dari bahan daging dan manis karena dibuat dari tepung, kacang, dan gula. Ternyata kedua puding ini biasanya juga direbus didalam tas puding yang sangat khusus.

Haggis merupakan salah satu dari contoh puding yang gurih karena dibuat dari jantung, hati, dan paru-paru domba yang dicampur dengan bawang bombay, oatmeal, lemak, aneka rempah, dan garam. Dan secara tradisonalnya, Haggis dibungkus di dalam perut hewan lho dan setelah itu juga direbus selama tiga jam.

Demikian tadi bagaimana resep puding jagung keju yang lezat dan menggoda, dan bisa juga kalian untuk membuatnya di rumah masing- masing. Semoga bermanfaat untuk semua orang dan terimakasih.

Cara Membuat Singkong Keju yang Gurih dan Enak

Pada artikel ini saya akan menjelaskan tentang cara membuat singkong keju yang gurih dan enak. Yuk! Simak penjelasannya dibawah ini.

Cara membuat singkong keju juga mengkolaborasikan dua unsur makanan populer sekaligus sehingga mudah diterima oleh lidah orang Indonesia.

Singkong  yang merupakan makanan tradisional Indonesia, dan yang kedua adalah keju yang merupakan makanan khas barat.

Manfaat Singkong Bagi Kesehatan

cara membuat singkong keju

Meski terlihat sederhana, serta seringkali dianggap sebagai makanan kalangan bawah.

Singkong mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan karena kandungan gizinya cukup lengkap. Sebagai olahan singkong, maka keripik singkong pun memiliki manfaat, yaitu sebagai berikut:

1. Sumber Vitamin B Kompleks

Singkong adalah sumber vitamin B kompleks dan beberapa kelompok vitamin seperti riboflavin, folat, thiamin, piridoksin (vitamin B6), dan asam patotenat.

Riboflavin bermanfaat dalam proses pertumbuhan dan proses produksi sel darah merah sehingga bisa mencegah penyakit anemia.

Singkong juga mengandung vitamin B17 atau amygdaline yang berguna membantu menghancurkan enzim penyebab kanker. Vitamin B17 bermanfaat sebagai alat pengobatan kanker tanpa kemoterapi.

2. Sumber Vitamin K

Vitamin K diperlukan tubuh untuk membangun massa tulang dengan tekhnik memicu aktivitas osteotrophic dalam tulang. Tulang berguna sebagai organ yang melindungi tubuh dari benturan benda tumpul.

Mengonsumsi singkong dapat menjaga tulang tetap kuat. Vitamin K juga bisa membantu mengurangi kerusakan saraf pada otak sehingga berguna dalam pengobatan penderita penyakit alzheimer.

Penyakit alzheimer ditandai dengan menurunnya kemampuan berpikir dserta berbicara.

3. Sumber Mineral

Singkong juga mempunyai kandungan beberapa mineral yang penting untuk tubuh. Seperti seng, magnesium, tembaga, besi, mangan dan kalium.

Simpanan kalium pada singkong juga cukup tinggi, yaitu sekitar 271 mg per 100 gram singkong.

Kalium adalah bagian yang sangat penting dari sel dan cairan tubuh, dan memiliki peran dalam membantu mengatur denyut jantung dan tekanan darah.

Kekurangan kalium dapat mengakibatkan gangguan pada irama jantung, atau yang disebut aritmia. Selain itu, kalium juga berguna dalam mengantur tekanan darah sehingga mencegah hipertensi.

4. Sumber Energi

Singkong merupakan bahan makanan rendah lemak serta kolesterol, namun tinggi kalori, yaitu 160 kalori per 100 gr singkong. Konon, singkong pernah menjadi bahan makanan pokok sebagian rakyat Indonesia.

Di masa sekarang pun, pemerintah kembali menggalakkan gerakan supaya umbi-umbian termasuk singkong dijadikan salah satu makanan pengganti nasi.

Singkong yaitu umbi-umbian tropis yang kaya akan pati dengan kandungan kalori tertinggi, yang terutama berasal dari sukrosa yang membentuk sebagian besar gula pada umbi-umbian.

Simpanan kalorinya dua kali lipat lebih tinggi daripada kentang. Singkong bisa memenuhi kebutuhan kalori tubuh sebagai sumber energi guna melakukan aktivitas sehari-hari.

Cara Membuat Singkong Keju Gurih

Resep singkong keju memang kini tengah digandrungi banyak orang. Nah, daripada membeli tak ada salahnya untuk mencoba membuatnya di rumah kan. Cara membuat singkong keju ini pun mudah, berikut caranya.

Bahan Cara Membuat Singkong Keju:

3 buah singkong (kupas, cuci bersih)

Keju parut (secukupnya)

Minyak goreng (secukupnya).

Bumbu cara membuat singkong keju:

Garam (secukupnya)

1/2 sdt ketumbar

Kaldu ayam bubuk (jika suka)

3 siung bawang putih.

Cara Membuat Singkong Keju:

1. Rebus singkong hingga empuk dan matang. Angkat, tiriskan.

2. Haluskan bumbu kemudian beri sedikit air.

3. Celupkan singkong yang telah direbus ke dalam bumbu. Diamkan kira-kira selama 10-15 menit.

4. Panaskan minyak, goreng singkong hingga berwarna kuning keemasan.

5. Angkat singkong yang sudah matang, taburkan keju parut di atasnya.

6. Singkong keju yang merekah, empuk dan gurih bikin nagih siap disajikan atau simpan diplastik dari mesin sealer plastik.

Demikian artikel ini tentang cara membuat singkong keju yang gurih dan enak. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda. Sekian dan terima kasih.

Resep Bubur Jagung Manis yang Mudah di Buat dan Pastinya Enak

Pada Artikel ini saya akan menjelaskan tentang resep bubur jagung manis yang pastinya bikin nagih. Yuk! Simak penjelasannya dibawah ini.

Bubur Jagung Manis Kelapa Muda KW

resep-bubur-jagung-manis

Tak diduga hasil berlama² di dapur mendapat sambutan yg positif dr orang rumah, makin semangaat deh masaknya.

Menu ini bisa disajikan dengan atau tanpa Es batu, bila anda suka boleh ditambahkan es batu sesuai selera. Tapi pemberian gulanya diseimbangkan juga yaa.. selamat mencoba.

Bahan-Bahan

  1. 2 buah jagung manis ukuran besar
  2. 1 sachet nutrijel kelapa muda ukuran kecil
  3. 600 ml santan sedang
  4. 150-200 gr gula pasir (sesuaikan selera masing²)
  5. 1 sdt garam
  6. 3 lembar daun pandan
  7. Es batu (bila suka *sy skip).

Langkah

  • Sediakan semua bahan (*sy pakai nutrijel kelapa muda kemasan besar ternyata hasilnya kebanyakan untuk satu resep bubur jagung manis ini, jd disarankan pakai yg size kecil saja yaa nutrijelnya)

  • Masak nutrijel kelapa muda seperti petunjuk di belakang kemasan. Setelah mendidih angkat serta tuang dalam loyang biarkan dingin, baru serut dg serutan kelapa atau blewah.

  • Pipil jagung manis pisahkan menjadi 2 bagian menggunakan mesin pengupas kulit jagung. Langkah pertama untuk dihaluskan bagian kedua dibiarkan utuh saja. Haluskan pipilan jagung yg pertama dg sedikit air hingga halus.

  • Mix jadi satu dalam panci : jagung manis yg sdh dihaluskan, pipilan jagung kedua, santan, gula pasir, garam dan daun pandan.

    Masak hingga mendidih serta jagung matang, aduk² sesekali supaya santan tdk pecah. Setelah matang biarkan dingin.

Sajikan dengan cara penyajian : pertama tuang es batu (* jika menambahkan es), menuangkan adonan bubur jagung, letakan serutan kelapa KW ditengah²nya. Bisa jadi menu siang hari yg panas maupun santai sore. Selamat mencoba.

Bubur Jagung

resep-bubur-jagung-manis

Punya nasi sisa biasanya di bikin nasgor. Tapi ya bosen dong nasgor terus. Sekali2 di bikin bubur.

Bubur nasi plus jagung super simple, sarapan bisa semudah ini buibu ngga usah nyari tukang bubur lagi murah meriah endolitah.

Sebelumnya saya pernah share resep bubur ayam magiccom. Sama hg ini ngga beda jauh sih resepnya. Tp kali ini ngga masak pakai magiccom komporin ajaaah.

Bahan-Bahan

  • 4porsi
  • 2 piring nasi
  • 1 buah Jagung di sisir
  • Salam serai
  • Air
  • Kaldu ayam
  • Pelengkap
  • Kerupuk
  • Telur rebus
  • Ayam suwir / abon (saya skip)
  • Bawang goreng
  • Seledri
  • Daun bawang (bila suka)
  • Kedelai goreng (saya skip)
  • Kecap manis
  • Kuah kuning
  • 4 siung bawang merah
  • 3 bawang putih
  • 1 sdt lada bubuk
  • 2 ruas Kunyit
  • 1 jahe
  • Salam serai
  • Air
  • Garam/kaldu.

Langkah

  1. Rendam nasi dalam wadah selama 1-2jam. Lbh lama lebih baik, biar hemat gas.

  2. Tumis bumbu halus hingga harum. Tambahkan 2 gelas air. Beri garam, daun salam dan serai geprek. Setelah mendidih angkat dan sisihkan.

  3. Siapkan panci anti lengket(jika ada) masukkan nasi yg telah di rendam, tambahkan jagung, salam, serai, garam (saya pakai 1 bks masako ayam) dan air 2 gelas (bs pakai air kaldu ayam asli.

  4. Aduk rata, tunggu hingga mendidih, kecilkan api. Bila air surut serta bubur belum matang bs d tambah kan air. Andai sudah matang sajikan dengan bahan pelengkap. Saya pakai kecap asin botolan, manakala tidak ada bs di skip.

Demikian Artikel ini tentang resep bubur jagung manis,lezat dan bikin nagih pastinya. Semoga Artikel ini bermanfaat untuk Anda. Sekian dan terima kasih.

Resep Spaghetti Keju Enak Dan Mudah Tentunya!

Halo teman-teman selamat datang di artikel ini dan semoga teman-teman menemukan apa yang sedang dicari ya, karena pada kesempatan kali ini saya akan membagikan “Resep Spaghetti Keju”.

Resep Spaghetti Keju

resep spaghetti keju

Bahan-Bahan :

  • 2 box Mie spagetti
  • 3 Bawang bombai
  • 5 siung bawang putih
  • Secukupnya Lada hitam
  • Secukupkanya Perasa sapi royco
  • Secukupnya Oregano
  • 1 Margarin bungkusan
  • Susu cair plain
  • secukupnya Kayu manis
  • secukupnya Garam
  • 2 box Keju diparut
  • Sosis sapi sebungkus isi 24
  • sedikit Minyak sayur

Langkah-Langkah :

  1. Siapkan bahan-bahan. Potong bawang-bawang. Lalu rebus spagheti, tiriskan. Kemuadian panaskan minyak dan goreng dahulu sosisnya. Kemudian panaskan margarin dan tumis bawang putih, setelah harum masukkan bawang Bombay.
  2. Setelah wangi, masukkan susu masak dgn api sedang.. Lalu masukkan keju. Sudah menyatu masukkan mie dan bahan-bahan lainnya (lada, kayu manis, royco, garam, oregano) dan sosisnya.. Tes rasa.. Angkat sampai ketika susu keju menyatu dengan spageti. Jika punya jamur akan lbh enak.
  3. Spaghetti siap di hidangkan.

Manfaat Spaghetti

resep spaghetti keju

1. Sumber Energi Dari Spaghetti

Karbohidrat merupakan sumber energi utama bagi tubuh. Pasta sendiri mempunyai kandungan karbohidrat yang sangat tinggi, sehingga bisa menjadi sumber energi yang sangat baik untuk tubuh.

Pasta tentunya bisa jadi sumber karbohidrat pengganti nasi, dan tentu kandungan karbohidrat yang ada di dalam pasta bisa berbeda-beda tergantung jenis pasta yang teman-teman konsumsi. Contohnya saja pada 100 gram spaghetti bisa mengandung sekitar 31 gram karbohidrat di dalamnya.

2. Melancarkan Pencernaan

Gandum memang dikenal sebagai sumber serat yang baik. Gandum yang terkandung di dalam pasta, memunyai jumlah serat yang sangat kaya akan manfaat sebagai pembantu melancarkan fungsi pencernaan. Supaya bisa mendapatkan manfaat ini secara maksimal, sebaiknya teman-teman mengkonsumsi pasta yang dibuat dari gandum utuh ( whole grain pasta ).

3. Menjaga Kesehatan Mata

Zat lutein serta zeaxanthin yang terkandung didalam pasta berguna untuk membantu menjaga kesehatan pada mata. Lutein bisa membantu mencegah berbagai macam gangguan pada mata seperti katarak, retinitis pigmentosa, juga age-related macular degeneration (AMD).

Zat zeaxanthin juga bisa membantu melindungi mata teman-teman dari pancaran sinar biru (blue light) yang biasa terpapar dari gawai atau screen pada gadget anda. Semua manfaat positif tersebut bisa teman-teman dapatkan dari whole grain pasta (gandum utuh).

4. Mendukung Pembentukan Sel-Sel Tubuh

Ternyata pasta juga mengandung asam folat yang sangat bagus sebagai pembentukan dan pertumbuhan pada sel-sel didalam tubuh. Tentunya zat ini juga sangat berpengaruh di dalam memproduksi DNA serta akan membawa informasi genetik di dalam tubuh seseorang.

5. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Sistem kekebalan tubuh tentunya memiliki peran yang sangat penting didalam membentengi tubuh dari berbagai gangguan juga penyakit, sehingga haruslah selalu dijaga dengan sebaik mungkin. Salah satu upaya yang bisa teman-teman lakukan ialah dengan cara menjaga nutrisi yang teman-teman konsumsi setiap harinya.

Selenium yang terkandung didalam pasta juga sangat bermanfaat bagi peningkatan system imune (kekebalan tubuh), sehingga sangat bisa meminimalisir kemungkinan-kemungkinan terjadinya penyakit di dalam tubuh.

6. Menurunkan Berat Badan

Karbohidrat yang ada di dalam pasta tidak akan menyebabkan meningginya kadar gula darah didalam tubuh disaat memakannya. Dengan begini, proses pencernaan pasta bisa membutuhkan waktu yang lebih lama daripada karbohidrat lainnya, seperti nasi contohnya.

Proses pencernaan yang lama inilah yang bisa membuat seseorang merasakan kenyang lebih lama, dan secara otomatis bisa menurunkan kemungkinan seseorang untuk makan dalam porsi yang berlebihan. Karena inilah yang bisa membuat pasta berkontribusi sangat baik untuk membantu menurunkan berat badan teman-teman.

Walaupun demikian, bukan berarti teman-teman boleh mengkonsumsi pasta secara berlebihan. Supaya lebih sehat, pilihlah bahan pendamping pasta yang sehat juga contohnya seperti, daging rendah lemak atau pun ikan sebagai sumber protein didalam tubuh teman-teman.

Karena normalnya, menu makanan sehari-hari teman-teman haruslah mengandung gizi yang seimbang, yaitu karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan juga mineral.

Jadi itulah akhir sharing kita hari ini, di pembahasan seputar pasta sekaligus fakta uniknya juga didalam artikel yang berjudul “Resep Spaghetti Keju” ini, jika teman ingin mencari resep spaghetti yang lainnya silahkan kunjungi saja artikel berikut ini “Cara Membuat Spaghetti” , sekian dan terimakasih.

Resep Aneka Keripik Unik

Pada kali ini saya akan membuat artikel tentang Resep aneka keripik unik akan menyajikan beberapa resep olahan keripik yang patut anda coba di rumah dan cocok bagi anda yang ingin memulai bisnis rumahan.

Kenapa kok keripik? Karena keripik merupakan camilan yang sangat digemari banyak orang, mulai dari kalangan masyarakat perkotaan maupun pedesaan. Keripik cocok dijadikan sebagai teman ngopi yang kopinya asli dibuat dari mesin kopi. selain itu, dengan sedikit sentuhan kreativitas dapat meningkatkan omset anda.

resep aneka keripik unik

Meskipun harganya tidak terlalu mahal, tetapi cita rasa yang dihasilkan tidak murahan bahkan bisa bikin ketagihan. Yup, bener banget, selain rasanya yang gurih dan renyah, keripik juga cocok banget buat teman santai anda.

Keripik biasanya terbuat dari ubi-ubian dan buah-buahan, tetapi resep aneka keripik unik juga menyajikan resep keripik yang terbuat dari sayuran.

Keberadaan dan keanekaragaman sayuran di Indonesia itu sangat melimpah. Tinggal bagaimana cara mengkreasikannya, salah satunya adalah keripik sayur. Selain rasanya yang gurih, keripik sayur juga mengandung gizi yang tinggi dan sangat aman dikonsumsi sehari-hari.

Resep aneka keripik unik juga menyajikan beberapa keripik yang terbuat dari sayuran, yang pastinya tidak kalah enak dengan keripik yang lain yang terbuat dari ubi-ubian maupun buah-buahan. Dari ketiga bahan tersebut sangat mudah dicari di pasar dan bisa juga anda menanam sendiri dengan memanfaatkan lahan yang ada.

Resep aneka keripik unik juga memberikan informasi tentang Aneka Resep Kerupuk Yang Siap Di Pasarkan. Mungkin bagi anda yang gemar camilan sudah tidak asing lagi dengan resep aneka keripik unik yang kami sajikan di bawah ini.

Berikut Ini Daftar Resep Aneka Keripik Unik

Keripik merupakan suatu olahan makanan yang mudah untuk di praktik kan langsung di rumah, bahannya pun bisa kita jumpa di sekitar kita. Tetapi tidak semua resep aneka keripik unik yang kami sajikan bahannya mudah di dapatkan. Contohnya keripik kentang,keripik salak, dan keripik lumpia. Bahan tersebut bisa anda beli di pasar terdekat anda.

Dengan beberapa daftar resep aneka keripik unik di bawah ini, bisa menambah semangat anda dalam memulai bisnis baru anda. Karena dengan keuletan dan ketekunan anda bisa mengantarkan anda ke pintu kesuksesan anda. Berikut ini 10 daftar resep aneka keripik unik antara lain :

Cara Membuat Keripik Bayam

resep aneka keripik unik

Bahan :

  • 2 – 3 ikat bayam ukuran yang besar
  • 125 gram tepung beras
  • 3 sendok makan tepung maizena
  • 300 ml air bersih
  • Minyak secukupnya

Bumbu :

  • Bawang putih 5 siung
  • Kunyit 2 cm
  • Ketumbar ½ sendok teh
  • Kemiri 2 butir, sangrai terlebih dahulu
  • Garam secukupnya

Cara membuat:

  1. Petik daun bayam lalu cuci hingga bersih lalu tiriskan.
  2. Masukkan tepung beras, tepung maizena, dan bumbu halus yang telah Anda buat, lalu aduk hingga semua bahan tercampur.
  3. Tuangkan air sedikit demi sedikit sambil diaduk-aduk dan pastikan semua bahan tercampur merata.
  4. Celupkan daun bayam ke dalam adonan dan pastikan semua bagian daun bayam tertutupi adonan.
  5. Panaskan minyak, setelah minyak panas, goreng hingga matang dan berubah warna menjadi kecoklatan, kemudian angkat dan tiriskan.
  6. Keripik bayam siap untuk dihidangkan.

Cara Membuat Kripik Singkong Pedas

resep aneka keripik unik

Bahan :

  • Singkong 2 kg, pilih yang masih segar
  • Kapur sirih 2 sendok makan
  • Air 500 ml

Bumbu :

  • Garam halus 6 sendok makan
  • Gula pasir 3 sendok makan
  • Bawang merah 15 butir
  • Bawang putih 7 siung
  • Minyak goreng, secukupnya
  • Cabe merah 300 gram

Cara membuat :

  1. Pertama kupaslah singkong dan cuci dengan air sampai bersih.
  2. Tiriskan, kemudian iris tipis-tipis. Jika ingin ketebalannya sama, disarankan untuk menggunakan alat khusus yang digunakan untuk mengiris singkong.
  3. Lalu rendam menggunakan air kapur sirih.
  4. Lalu cuci kembali dan tiriskan. Sebelum digoreng, pastikan singkong benar-benar dalam keadaan kering di bawah sinar matahari supaya hasilnya lebih renyah.
  5. Panaskan minyak goreng.
  6. Kemudian goreng singkong sampai matang lalu tiriskan.
  7. Kemudian membuat sambal pedas. Haluskan semua bumbu yang dibutuhkan.
  8. Siapkan wajan dan beri minyak goreng secukupnya, lalu tumis bumbu hingga matang.
  9. Setelah matang, campurkan keripik singkong ke dalam bumbu pedas.
  10. Aduklan hingga menyatu dengan keripik.
  11. Kripik singkong pedas siap dihidangkan.

Untuk anda yang suka yang lebih pedas, anda bisa menambahkan cabe sesuai selera. Bisa anda tambahkan cabenya menjadi ½ kg atau bahkan 1 kg supaya pedasnya lebih nendang.

Resep Aneka Keripik Unik dan Cara Membuat Keripik Buah Nangka

buah nangka

Bahan :

  • 1 kg buah nangka
  • 1,5 liter air bersih
  • 7,5 gr asam sitrat
  • 75 gr garam
  • 150 gr gula pasir
  • 0,75 gr natrium metabisulfit
  • 100 gr gamping atau kapur sirih
  • 2 liter minyak goreng

Cara membuat :

  1. Belah buah nangka, ambil semua daging buahnya.
  2. Keluarkan biji dari dalam daging buah nangka.
  3. Rendamlah ke dalam air kapur sirih/gamping selama 5 jam.
  4. Kemudian cuci sampai bersih. Tiriskan hingga semua air hilang.
  5. Goreng buah nagka menggunakan sistem deep frying (minyak yang sangat banyak dan api yang besar) sampai matang dan kering
  6. Lalu tiriskan dan tunggu sampai dingin
  7. Simpan ke dalam kantong plastik.

 Resep Aneka Keripik Unik dan Cara Membuat Keripik Emping Melinjo

resep aneka keripik unik

Cara membuat emping melinjo :

  1. Siapkan buah melinjo yang sudah matang atau masak. Pilih buah melinjo yang warna kulitnya merah agar mendapatkan hasil yang maksimal.
  2. Kemudian kupaslah kulitnya sampai bersih. Untuk buah melinjo yang baru dipetik lebih baik diamkan dahulu sekira 2-3 jam supaya getah melinjo hilang saat dikupas.
  3. Setelah dikupas, sebaiknya simpan terlebih dahulu selama 1 hari supaya biji melinjo menjadi kering dan masak saat di ongseng atau di sangrai.
  4. Proses selanjutnya adalah menyangrai. Siapkan wajan atau wingko kemudian isi pasir lalu panaskan. Kemudian masukkan biji melinjo ke dalam wajan atau wingko. Pada proses ini, diamkan biji melinjo di dalam pasir kira-kira selama 3-4 menit hingga kulit biji berwarna hitam dan terasa panas.
  5. Setelah biji melinjo sudah menghitam dan panas lalu diangkat.
  6. Proses selanjutnya adalah menggeprek. Pecahkan kulit keras dari biji melinjo sampai tersisa hanya biji melinjo bagian dalam yang berwarna putih. Kemudian letakkan biji melinjo di atas talanan, lalu pukul menggunakan alat pemukul bisa mengguanakan palu sampai biji melinjo tersebut gepeng dan tipis berbentuk lingkaran.
  7. Tunggu hingga geprekan melinjo dingin, pakailah sendok sekap pipih atau rata untuk membalik atau mengangkat emping yang menempel di talenan.
  8. Selanjutnya pindahkan emping ke tempat atau wadah penjemuran. Lakukan proses penjemuran, jika cuaca panas cukup selama 1 sampai 2 jam saja.
  9. Setelah kering emping melinjo siap digoreng.

Cara menggoreng emping melinjo :

  1. Panaskan minyak goreng dan setelah panas pastikan api sedang.
  2. Masukkan emping ke dalam penggorengan.
  3. Goreng hingga emping benar-benar matang dan kering.
  4. Setelah itu angkat dan tiriskan ke piring dan beri bumbu. Saat proses penaburan bumbu, usahakan emping masih dalam keaadan panas agar nanti bumbu akan menempel pada emping.

Demikian beberapa resep dari resep aneka keripik unik yang diinformasikan kepada anda yang ingin memulai bisnis baru mulai dari keripik dari ubi-ubian, buah-buahan dan juga dari sayuran.