Mau Tau Cara Membuat Resep Bakso Aci Mercon ? Simak disini

Terima Kasih telah berkunjung ke artikel kami pada kesempatan kali ini saya akan membahas artikel tentang cara membuat resep bakso aci mercon. Yang pada sebelumnya saya telah membuat resep bakso tenggiri spesial.

Pengertian Tepung Aci

Pengertian Tepung Aci, mungkin anda sudah tidak asing lagi dengan nama dari salah satu tepung ini. Ya betul tepung aci. Tahukah kamu dari mana tepung berasal?. Tepung aci merupakan jenis tepung yang terbuat dari singkong.

Tepung aci merupakan nama lain dari tepung tapioca atau tepung kanji. Ketiganya sama hanya orang orang yang menyebutnya berbeda beda. Tepbung aci banyak digunakan orang sunda karena merupakan bahasa sunda.

Namun orang orang mengenal dengan nama tepung kanji atau tapioca. Tepung aci sering dijadikan olahan makanan. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai hasil olahan tepung aci beserta resepnya.

Bakso aci merupakan jajanan yang terkenal berasal dari Garut. Teksturnya kenyal dibuat dari tepung sagu. Sering digunakan untuk topping ceker ayam, tahu, dan pilus rasa kencur. Untuk penggemar sajian kuah asam pedas, cocok sekali untuk mencoba resep ini.

Persamaan dan Perbedaan Aci, Kanji, Tapioca, Sagu
Yang aku maksud di sini adalah yang berhubungan dengan tepung, secara kebetulan seakan ada persamaan kegunaan dan namanya.

Penasaran juga ternyata ada daerah tertentu yang menyebut bahan pembuat makanan seperti, empek-empek, tekwan, cimol, cireng dengan sebutan aci, sagu dan kanji.
Nah hasil dari blusukanku, aku menemukan ini.

Arti Kata Aci

  1. Kata Aci Menurut Penelusuranku di KBBI Mempunyai 3 Arti :
    Aci : sah, berlaku, jadi, benar.
    Mengacikan :mengakui aci, mengesahkan, membenarkan
    Aci : pati, tepung, endapan sari pati.
    Mengaci: menghaluskan plester tembok atau tembok dengan semen bercampur air
  2. Kata Kanji Menurut KBBI, Mempunyai Arti :
    kanji : air sagu dan sebagainya untuk mengeraskan pakaian dan sebagainya, tajin.
  3. Kata Sagu Menurut KBBI Mempunyai Arti :
    Tumbuhan yang hati batangnya dapat dibuat tepung (kebanyakan jenis Metroxylon)
    Hati batang pohon palem (seperti enau, rumbia)
    Tepung dari pati hati batang enau, rumbia, dan sebagainya
  4. Sedangkan Tapioka adalah Tepung yang Terbuat dari Singkong
    Tapioka ini dikenal juga dengan nama : tepung singkong, tepung kanji (dalam bahasa Jawa), atau aci sampeu (dalam bahasa Sunda).

Cara menghasilkan tepung tapioka ini dari umbi akar ketela pohon atau dalam bahasa Indonesia yaitu singkong. Tepung Tapioka memiliki sifat-sifat yang serupa dengan tepung sagu, itu sebabnya penggunaan kedua tepung ini sering dipertukarkan.

Tepung ini sering digunakan untuk membuat makanan dan bahan perekat atau lem rumahan.

Banyak makanan tradisional yang menggunakan tepung apioka sebagai bahan bakunya, seperti bakso, tekwan, cimol, empek-empek, juga sebagai bahan campuran membuat kue lainnya, seperti kue lapis, kue sarang semut, bola-bola ubi dan masih banyak lagi kue tradisional lainnya.

Akhirnya aku pribadi mengambil kesimpulan yang cocok untuk menyebutkan tepung yang digunakan untuk bahan atau campuran makanan membuat makanan, seperti :

empek-empek, tekwan, cireng dan sebagainya adalah tepung tapioka, yaitu tepung pati ubi kayu atau singkong dan sagu.

Cara Membuat Resep Bakso Aci Mercon Enak Dan Sederhana

resep bakso aci mercon

Bahan Bahan Resep Bakso Aci Mercon

  • 200 gr tepung tapioka
  • 200 gr tepung terigu
  • 6 siung bawang putih, haluskan
  • 1 sachet masako sapi
  • 1 sdm garam
  • Secukupnya lada bubuk
  • 2 batang sledri
  • Secukupnya air panas
  • 20 biji cabe rawit domba, direbus
  • 5 siung bawang putih
  • 3 siung bawang merah
  • Secukupnya garam, penyedap, lada bubuk
  • Pilus sukro
  • Cuanki lidah, Cuanki Tahu, siomay
  • Cabe bubuk Homemade liat di resep sebelumnya
  • Jeruk limau

Langkah Langkah Resep Bakso Aci Mercon

  1. Campurkan duo tepung masukan masako, garam, lada bubuk dan sledri aduk rata, didihkan air beri bawang putih. Setelah mendidih tuang sedikit” ke adonan tepung sambil di uleni kalo panas bisa pake sendok ya. Uleni sampe kalis dan bisa di bentuk
  2. Ambil adonan secukupnya kemudian pipihkan Kasih isian cabe rawit domba nya lalu bulat”kan, sebagian di poloskan.
  3. Rebus baso aci sampe mengapung, tiriskan jangan lupa rebus nya kasih minyak ya biar gk nempel”,
  4. Tumis bahan kuah sampe harum beri air secukupnya, masukan baso aci nya tunggu sampe matang -+ 3 menit
  5. Angkat dan masukan ke mangkok tata dengan toping nya biar makin cantik
  6. ya, toping sesuai selera. Mantep bener” pedes yg suka pedes boleh coba deh.

Kemungkinan itu saja yang dapat saya sampaikan apabilah ada kesalahan saya mohon maaf. Selamat mencoba

Resep Bakso Ayam Lengkap yang Menggugah Selera Anda

Pada artikel ini akan dijelaskan mengenai resep bakso ayam lengkap.

Bakso adalah salah satu makanan Indonesia yang paling digemari oleh seluruh kalangan. Mulai anak-anak hingga orang dewasa. Menurut KBBI, bakso merupakan makanan yang terbuat dari daging sapi, udang, ikan yang dicincang dan dilumatkan bersama tepung kanji dan putih telur, biasanya dibentuk bulat-bulat.

Dalam penyajiannya, bakso umumnya disajikan panas-panas dengan kuah kaldu sapi bening, dicampur mi, bihun, taoge, tahu, terkadang telur dan ditaburi bawang goreng dan seledri.

Cara buat bakso sangat populer dan dapat ditemukan di seluruh Indonesia, dari gerobak pedagang kaki lima hingga restoran besar. Cara buat bakso sendiri merupakan seni kuliner yang berakar dari budaya kuliner masyarakat Tionghoa.

Buktinya berada pada penamaan makanan satu ini: bakso. Bakso mempunyai makna harafiah yakni ‘daging giling’.

Dikarenakan Indonesia yang memiliki mayoritas masyarakat beragama muslim, cara membuat bakso di Indonesia biasanya menggunakan daging yang halal, misal daging sapi, ayam, kambing, ataupun ikan.

Cara buat bakso pada umumnya terdiri dari kuah kaldu sapi, pentol, tahu, dan mie. Tapi berhubung semakin banyak inovasi bakso, banyak pula macam-macamnya.

Cara buat bakso pun juga beraneka ragam dari cara membuat bakso urat hingga cara membuat bakso telur. Sering kita jumpai pedagang kaki lima yang menjajakan bakso.

Dikarenakan semakin ketatnya persaingan di antara pedagang, maka mereka pun berlomba-lomba mendapatkan profit tinggi. Demi mendapatkan pendapatan lebih, tidak sedikit yang kemudian memakai cara nakal.

Resep Bakso Ayam Lengkap

Resep Bakso Ayam Lengkap

Bakso, makanan ini memang bisa dibilang sebagai makanan sejuta umat. Siapa sih yang gak suka dengan olahan bakso yang kaya rasa? Nah, jika biasanya Mom membeli bakso di luaran, kali ini Mom bisa mencoba membuat sendiri bakso berbahan dasar ayam lengkap dengan bumbu bumbu tambahan.

Menu ini cocok sekali dinikmati di saat sore hari atau pagi hari untuk sarapan si kecil. Mungkin dari kalian ada yang bingung, bagaimana sih cara membuat bakso ayam agar kenyal dan tidak mudah rusak bentuknya.

Soalnya terkadang kita kesulitan membuat bakso dengan bentuk yang bulat. Tapi jangan khawatir, karena saya akan membagikan resep bakso ayam kenyal tanpa mengurangi rasanya.

Bahan-bahan:

  • Bawang merah goreng (1 sdm)
  • Daging ayam bagian dada (700 gram)
  • Tepung (70 gram)
  • Bawang putih (4 siung)
  • Garam (2 sdt)
  • Royco (1 sdt)
  • Telur utuh (2 butir)
  • Lada bubuk putih (1 sdt)

Cara membuat bakso ayam kenyal:

  • Cucilah daging ayam dan simpan di freezer selama 30 menit. Lalu potong-potong daging agar nanti mudah saat penggilingan.
  • Tambahkan semua bumbu ke dalam food prosessor kecuali tepung tapiokanya. Kemudian giling hingga halus.
  • Kalau adonan sudah halus, pindahkan ke tempat lain dan masukan tapioka. Aduk-aduk pakai spatula hingga rata.
  • Setelah itu, masukan kembali adonan ke dalam freezer. Sambil menunggu adonan di freezer, masak air sampai mendidih. Jika air sudah mendidih, kecilkan apinya.
  • Kemudian, adonan dicetak bulat dengan tangan dan masukan ke dalam air yang mendidih. Besarkan apinya kembali.
  • Masak adonan sampai baksonya mengambang. Lalu pindahkan ke kukusan supaya lebih matang.
  • Gimana dengan rasa kuahnya? Bisa menggunakan air kaldu tulang ayam atau sapi. Dan bumbu halusnya menggunakan bawang goreng, bawang putih dan lada putih. Didihkan semuanya dan campurkan daun bawang.

Itulah diatas merupakan ulasan mengenai resep bakso ayam lengkap. Anda dapat mencobanya di rumah yaa