Cara Membuat Agar Agar Santan Yang Lezat dan Manis

Cara Membuat Agar Agar Santan Yang Lezat dan Manis-Kali ini saya akan membahas mengenai cara membuat olahan yang identik dengan jajanan anak yaitu cara membuat agar agar santan gula merah yang lezat.

Siapa sih yang nggak tahu olahan agar agar. Mungkin diluaran sana banyak jenis olahan yang berbahan dasar agar-agar. Jika anda merasa bosan dengan olahan yang begitu begitu saja. Anda bisa mencoba olahan yang satu ini.

Dengan perkembangan waktu banyak lah farian cara membuat agar agar santan gula merah. Olahan ini cocok untuk dibuat dirumah untuk cemilan putra putri anda karena terjamin tingkat kebersihannya.

Ini nih ada beberapa cara untuk membuat agar agar santan gula jawa yang bisa anda coba dirumah. Di baca, di pahami dan jangan lupa dicoba.

5 Cara Membuat Agar Agar Santan Gula Merah

cara membuat agar santan

1. Agar-Agar Santan Gula Merah

Bahan yang Disiapkan :

  • 1 bks agar2 swallow globe rasa plain
  • 200 grm gula merah
  • Santan kara 1 bks uk.65 ml
  • 800 ml air putih (air minum)
  • Gula putih secukupnya

Cara Membuat Agar-Agar Santan Gula Merah :

  1. Langkah pertama anda iris gula merah sampai halus
  2. Campurkan semua bahan yang telah disiapkan ke dalam panci
  3. Masak diatas api sambil dan terus diaduk, setelah mendidih angkat dan tuangkan ke wadah sambil dinginkan.. Setelah dingin potong dan sajikan sesuai selera anda.

2. Agar-Agar Lapis Santan Gula Merah

Bahan Agar-Agar Lapis Santan Gula Merah :

  • air 500 ml
  • gula merah 180 g iris kasar
  • bubuk putih agar-agar 3 sdt
  • daun pandan 1 lembar ( dibuat bersimpul )
  • santan kental 300 ml
  • garam secukupnya

Cara Membuat Agar-Agar Lapis Santan Gula Merah :

  1. Masukan gula merah, air, agar agar serta daun pandan ke dalam panci, masak dengan api sedang sambil diaduk hingga mendidih lalu kecilkan apinya. Masak sekitar 20 menit hingga agar agar larut.
  2. Campurkan garam dan santan kemudian pisahkan daun pandan dari agar agar, tuangkan santan kedalam larutan agar agar. Masak kembali sampai mendidih, lalu angkat.Anda juga bisa menggunakan mesin peras kelapa dan mesin parut kelapa supya lebih mudah
  3. Tuangkan agar agar ke dalam cetakan atau loyang, dinginkan hingga mengeras. Jika sudah dingin, anda dapat menyimpan didalam kulkas agar lebih enak.
  4. Saat sudah dingin secara otomatis santan akan berada diatas dan lapisan gula jawa berada dibawahnya.
  5. Olahan agar agar lapis santan gula merah siap dinikmati.

3. Resep Agar-Agar Santan Gula Merah

Bahan yang Perlu untuk Disiapkan :

  • 1 bungkus agar-agar plain
  • 50 gram gula pasir
  • 1/2 sdt pasta moka
  • 600 ml air
  • Gula merah 100 gram
  • santan kental 200 ml  (saya pake kara)

Cara Membuat Agar-Agar Santan Gula Merah :

  1. Campur agar-agar, santan, gula dan 300 ml air, aduk sampai tercampur rata.
  2. Masak gula merah dengan 300 ml air, lalu saring dan campurkan dengan adonan agar-agar. Masak sambil diaduk sampai mendidih
  3. Tuang ke dalam cetakan puding. Buang busanya. Dinginkan

4. Membuat Agar-Agar Santan Gula Merah

Bahan yang Perlu Disiapkan :

  • 1 agar-agar swallow globe yang merah (aku pake seadanya di rumah)
  • Gula jawa dua buletan sedang
  • 1/2 cangkir teh gula pasir (sesuaikan selera)
  • 70 ml Santen sun kara
  • Garam 1/2 sendok teh
  • Air 700 ml
  • Loyang/mangkuk unik untuk mempercantik agar-agar buatan kita
  • 1 jari kayu manis atau vanili (pilih salah satu)

Langkah Pembuatan :

  1. Rebus air, sembari itu potong tipis gula jawa. Setelah air mendidih masukkan gula jawa yang sudah dipotong tipis dan gula pasir.
  2. Masukkan kayu manis bersama dengan gula jawa, aduk sampai gula jawa larut (aku pakai kayu manis karna aroma dan rasanya lebih alami aja aja sih)
  3. Saring air gula dan buang kayu manis
  4. Agar lebih efisien, sebelum menyalakan api kompor ke proses selanjutnya, masukkan garam dan bubuk agar-agar swallow kedalam air gula yang sudah disaring
  5. Nyalakan api kompor kecil aja, tuangkan santan kara kental kedalam campuran air gula, lalu aduklah. Setelah santan sudah tidak ada yang menggumpal baru besarkan api dengan nyala sedang. Tunggu sampai mendidih.
  6. Tuangkan ke loyang atau tempat seadanya hehe

5. Agar Santan Gula Merah

 Bahan yang Perlu Disiapkan :

  • 200 gram gula merah (sesuai dengan selera)
  • gula pasir 50 gram
  • 2 bungkus agar-agar swallow (putih/coklat)
  • air bersih 800 gram
  • 1 butir telur utuh kocok lepas
  • air santan 200 gr (boleh pakai santan instan atau 1/2 btr kelapa)
  • garam halus 1/4 sdt (opsional)
  • Secukupnya kayu manis/daun pandan

Cara Membuat Agar Agar Santan Gula Merah :

  1. Pertama larutkan gula merah, gula pasir dan garam tambahkan air sebanyak 400 gram. Masak dengan api sedang hingga semua gula larut, jika sudah sisihkan dan tunggu dingin.
  2. Setelah air gula dingin. Siapkan panci lalu masukkan agar2 dan vanili. Saring air gula ke dalam panci dan masukkan sisa air yaitu 400 gram. Campurkan semua hingga rata lalu masak dengan api sedang sambil terus di aduk2 hingga mendidih.
  3. Kemudian masukkan air santan, lalu aduk rata dan tambahkan telur yang sudah di kocok terlebih dahulu.  Hingga mendidih dan matang.
  4. Jika sudah mendidih. Matikan segera kompor. Aduk2 terus hingga uap panas dan busa hilang. Setelah itu, tuang ke dalam loyang secara perlahan. Diamkan hingga dingin lalu masukkan ke dalam lemari pendingin. Setelah dingin lalu keluarkan dari loyang dan siap di hidangkan. Selesai.