Resep Udang Bakar Jimbaran Dengan Bumbu Sederhana

Resep Udang Bakar Jimbaran

Siapa yang tak tahu udang bakar. Udang bakar merupakan masakan olahan seafood yang enak. Dengan rasa yang enak, udang bakar mampu menambah nafsu makan. Resep udang bakar jimbaran pun tak begitu sulit. Kita hanya perlu mengikuti langkah-langkah atau resep udang bakar jimbaran menjadi enak. Resep udang bakar jimbaran bisa and baca disini.

Daging udang yang lembut serta rasanya yang gurih dan manis membuat siapa saja menyukai masakan yang satu ini.. Apalagi, jika udang dimasak dengan cara dibakar  dengan menggunakan bumbu yang pas. Udang kini sudah banyak tersedia di pasar maupun di super market dan dapat dijangkkau dengan sangat mudah. Selain membahas tentang resep bakso ikan tongkol, disini saya akan membahas tentang resep udang bakar pedas

Resep Udang Bakar Jimbaran

Bahan-Bahan :

  • Udang 500 gr
  • Kecap saos tiram 2 sdm
  • Saos tomat 2 sdm
  • Madu 2 sdm
  • Gula merah 1 sdm
  • Jahe 1 cm
  • Butter/mentega 1 sdm
  • Merica 1 sdt
  • Garam 1 sdt
  • Jeruk nipis 2 bh

Resep Udang Bakar Jimbaran

  1. Bersihkan udang.. potong bulu kepala dan kaki dgn gunting.. belah cangkang punggung udang dengan gunting
  2. Semua bahan diblender jadi satu atau diulek sampai halus sekali tanpa ampas
  3. Masukkan bumbu halus kedalam selasela punggung udang kemudian bagian kulit luar dan kepala udang
  4. Tusuk dengan tusuk sate agar mudah dibolakbalik saat memanggang dan bentuk tetap terjaga
  5. Cara 1: Panggang diatas happycall hingga matang dan air berkurang
  6. Cara 2 : panggang di teflon sehingga kadar air berkurang kemudian masukkan kedalam oven selama 15 mnt dengan suhu 220
  7. Siap disajikan

Tips Membersihkan Udang

  1. Cuci bersih udang di air mengalir.
  2. Jika udang akan dimasak utuh, gunting kumis udang. Agar udang tidak bau amis saat dimasak, lumuri udang dengan air perasan jeruk nipis dan garam.
  3. Jika ingin memasak udangn tanpa kulit, rendamlah udang dengan air cuka. Air cuka berfungsi untuk melunakkan kulit udang agar mudah dikupas. Jika ingin membuat kaldu udang, gunakan kaki dan keplala udang.
  4. .Kotoran pada punggung udang juga jangan lupa dibersihkan. Dengan cara keratlah sedikit punggung udang dan tarik kotoran berwarna hijau kehitaman, yang berbentuk seperti benang.
  5. Simpan udang di dalam freezer agar lebih tahan lama dan terhindar dari bakteri. Tapi, usahakan jangan terlalu lama juga menyimpannya. Jangan membekukkan udang berulang-ulang.

Tips Memilih Udang Yang Baik

1. Pastikan kepala udang masih tertempel

Saat kamu ingin membeli udang yang segar, pastikan untuk memilih udang dengan kepala yang masih tertempel utuh karena itu merupakan salah satu indikasi jika udang masih segar dan aman untuk dikonsumsi. Sementara apabila kamu melihat udang yang kepalanya telah terlepas, maka bisa jadi udang tersebut sudah tidak segar lagi.

2. Beraroma Khas

Saat membeli udang, tidak ada salahnya apabila kita ingin mengecek aromanya terlebih dahulu untuk memastikan kualitas kesegarannya. Hindari membeli udang yang sudah berbau tidak sedap apalagi busuk karena sudah tentu kualitasnya sudah sangat buruk. Aroma merupakan salah satu tips paling mudah dalam mengecek kesegaran dari makanan laut.

3. Pastikan udang masih segar

Sebelum memulai membeli udang, pastikan bahwa tampilan dari udang tersebut masih tampak terlihat segar dengan cangkang kulit yang masih bening tanpa ada cairan maupun warna lain yang dapat menjadi indikasi bahwa udang tersebut sudah dalam kondisi yang buruk dan tidak layak konsumsi. Pastikan bahwa kesegaran udang menjadi hal yang paling utama.

4. Kepalanya tidak berwarna merah

Perhatikan pula bagian kepala dari udang tersebut. Pastikan untuk tidak memilih udang yang bagian kepalanya berwarna merah karena bisa jadi itu merupakan indikasi bila isi kepala udang sudah pecah. Tentu saja kita tidak ingin mencicipi isi dari kepala udang tersebut. Maka pastikan bahwa udang tersebut masih segar dengan kepala yang masih bening.

5. Tekstur udang tidak lembek

Kamu dapat memperhatikan daging dari udang sebelum memulai untuk membelinya. Daging udang dengan kualitas baik akan memiliki tekstur yang kenyal dan tidak lembek saat ditekan. Jangan sampai kita membeli udang yang memiliki tekstur lembek karena hal itu bisa menjadi indikasi bahwa udang tersebut sudah tidak segar lagi.

Nah, itulah resep udang bakar jimbaran. Semoga bermanfaat untuk para pembaca. Selamat mencoba dirumah.