Resep Sosis Ayam Ternyata Gampang Sekali Loh Guys

Pada artikel kali ini saya akan menjelaskan resep sosis ayam dengan enak dan mudah. Namun, tahukah kamu apa itu resep sosis ayam?? Mari kita simak…
Kandungan protein yang tinggi
Ayam merupakan  salah satu bahan makanan berprotein tertinggi. Jumlah protein daging ayam adalah 18g per 100g ayam. Wow sangat tinggi sekali ternyata.
Protein sangat penting dalam diet sehat kita. Protein yang ada pada ayam adalah asam amino yang bermanfaat untuk membangun otot kita.
Tanpa basa basi saya akan membagikan resep cara membuat sosis ayam yang sangat mudah dipratikkan oleh Anda dirumah. Berikut dibawah ini:

Resep Sosis Ayam Ternyata Gampang Sekali Loh Guys

sosis panggang

Bahan sosis ayam:
Daging ayam yang digiling 600 gram
Minyak goreng 100 ml
Es serut 150 gram
Garam halus 1 sendok teh
Tepung sagu 3 sdm
Gula pasir, 1 sdt
Lada bubuk, sdt
Ketumbar bubuk, sdt
Bawang putih yang  dihaluskan, 1 sdm
Putih telur dari 1 butir telur
Piping bag secukupnya
Air es untuk rendaman secukupnya
Casing untuk sosis atau bisa juga menggunakan plastik es mambo seperlunya
Air bersih untuk merebus secukupnya
Cara membuat sosis ayam:
Pertama campurkan daging ayam yang sudah digiling, sebagian es yang telah diserut, dan garam halus. Aduk sampai merata.
Kedua tuangkan sedikit minyak, aduk lagi sampai rata, tambahkan gula, lada, ketumbar, bawang putih, tepung sagu, putih telur, dan es serut. Aduk hingga adonan ulen dan merata.
Adonan dimasukkan ke piping bag atau plastik berbentuk segitiga, lalu taruh ke dalam casing sosis.
Keempat siapkan air untuk merebus, diamkan selama 1 menit, kemudian masukkan sosisnya, tunggu kira-kira waktu 20 menit, masak dengan menggunakan api kecil, jangan direbus sampai air mendidih yah agar sosis tidak pecah.
Angkat sosisnya kemudian sosis dimasukkan ke dalam air es, diamkan beberapa menit agar bentuknya tidak berubah. Angkat sosis dan tiriskan, potong masing-masing ujung sosis, masukkan ke dalam wadah yang tertutup kemudian simpan dalam freezer.
Yuhuu sosis sudah siap untuk dimakan. Bisa juga di bakar menggunakan pelanggan sosis maupun dimakan langsung. Tentunya sehat dong, kan dibuatnya dirumah.

Manfaat Sosis Bagi Kesehatan

Sosis terbilang panganan yang cukup praktis untuk dikonsumsi, bahkan sangat awet untuk disimpan dalam jangka yang cukup lama. Selain itu sosis juga mengandung zat gizi yang baik, yaitu:
1. Protein
andung banyak protein yang baik untuk tubuh, karena terbuat dari daging giling hewan. Seperti yang kita ketahui bahwa daging merupakan sumber protein yang baik untuk tubuh, karena dapat berfungsi sebagai zat pembangun. Selain itu protein juga dapat meningkatkan system kekebalan tubuh, berdasarkan Standart Nasional Indonesia (SNI 01-3820-1995).
Sosis yang baik harus mengandung protein minimal 13%, lemak maksimal 25% dan karbohidrat maksimal 8%. Jika semua standart tersebut terpenuhi, maka dapat disimpulkan bahwa sosis merupakan makan sumber protein.
2. Vitamin B12
Selain protein, sosis juga memiliki kandungan vitamin B12 yang bersumber dari kelompok makanan yang berasal dari hewani. Vitamin ini tidak terdapat pada tumbuhan kecuali yang mengalami proses fermentasi, seperti tahu, tempe atau sayuran yang telah mengalami pembusukan.
Fungsi dari vitamin B12 sebagai mengaktifkan bentuk folat serta diperlukan dalam fungsi normal, semua metabolisme sel saluran cerna, sumsung tulang, dan jaringan syaraf.
3. Zat Besi (Iron)
Zat besi terdapat pada sumber hewani mampu diserap tubuh lebih besar dari pada bentuk zat besi yang berasal dari nabati (non-heme). Fungsi zat besi adalah sebagai alat angkut oksigen dalam bentuk hemoglobin, mampu meningkatkan kemampuan belajar, dan mencegah anemia.

Bahaya Sosis yang Perlu Diketahui

Dibalik kebaikan dan kelezatan dari sosis, ternyata sosis juga dapat menimbulkan resiko bagi kesehatan, sosis mengandung lemak tak jenuh, sodium dalam jumlah yang tinggi, tidak mengandung serat, serta zat aditif untuk menimbulkan sifat sensori bagi sosis.
Namun bahaya sosis tersebut dapat diatasi dengan cara membuat sendiri sosis dirumah, sehingga anda bisa membatasi bahan-bahan yang dapat merugikan tubuh anda. membuat sosis dirumah sangat lah mudah, anda cukup menggunakan daging segar yang digiling. Kemudian anda bisa menggunakan bumbu dan rempah yang segar, untuk zat pengawet anda bisa menggunakan garam sebagai bahan pengawet.
Pemilihan selongsong sosis pun menjadi hal penting dalam membuat sosis, karena selongsong sebagai pembungkus daging giling. Dimasa lampau selongsong sosis terbuat dari usus hewan, namun saat ini anda tidak perlu repot untuk mencari usus hewan sebagai selongsong. Anda cukup menggunakan Visko Plastik Casing, dengan bahan yang aman untuk tubuh food grade.
Visko Plastik Casing, telah di produksi sejak tahun 1952 dan telah memenuhi standart International ISO 9001. Visko – Teepak juga memenuhi peraturan pemerintah akan keamaan lingkungan sesuai dengan sertifikasi ISO 14001. Sertifikat halal dan kosher juga telah dikeluarkan untuk kedua produk plastik dan visco fibrous casing.
Sekian resep sosis ayam ini, semoga cara ini sangat bermanfaat bagi kita semua. Dan saya mengucapkan banyak terimaksih.