Resep Roti Gulung Sosis Mudah dan Enak Bisa Di Coba Dirumah

roti goreng gulung sosis

Roti ini merupakan salah satu jenis camilan dari tepung yang populer dan banyak dijual di pasaran. Dan ternyata tidak sulit lho untuk membuat roti empuk walaupun dari bahan yang sederhana.

Sejarah Asal Usul Mula Roti Goreng

Roti Goreng ini merupakan jajanan khas tradisional Indonesia. Biasanya saat mulai sore hari, roti ini hidangkan bersamaan dengan cakwe di pinggir jalan. Isi untuk roti goreng pun bervariasi, ada juga yang menggunakan coklat, kacang hijau, dan bahkan tanpa isi. Rasanya gurih, empuk, dan padat. Tapi dibalik nama roti goreng ini, ada namanya unik juga lho. Hihihi.
Roti goreng ini mempunyai nama beragam yang cukup unik di setiap daerah. Di daerah Jawa Barat, makanan ini sangat terkenal dengan nama “Roti Bantal” karena memang teksturnya lembut seperti bantal. Sedangkan untuk di daerah Jawa Tengah makanan ini disebut “Roti Bolang Baling”, uang lebih uniknya lagi di Jawa Timur roti ini dikenal dengan nama “Odading”. Aneh bukan?

Manfaat Roti

Mudah sekali kan teman? Jangan lupa dicobain sendiri dirumah ya 🙂 Selain enak roti goreng juga mempunyai manfaat lho, sebagai berikut:

1. Meningkatkan kekebalan tubuh

Senyawa yang ada di dalam makanan ini bisa menjadi zat yang penting untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Selain itu, makanan ini juga akan meningkatkan kemampuan sistem syaraf.

2. Menghasilkan tenaga

Makanan ini memiliki kandungan karbohidrat serta lemak yang di perlukan tubuh sebagai cadangan energi sehingga bisa untuk menghasilkan tenaga di dalam tubuh.

3. Pembentukan otot

Pada isi roti goreng mengandung protein yang cukup tinggi yang dapat digunakan untuk menyehatkan serta membantu perkembangan untuk otot.

4. Bagus untuk kesehatan tulang

Kandungan yang ada di dalam roti goreng memiliki senyawa vitamin D yang berfungsi sebagai vitamin untuk membantu penyerapan kalsium bagi tulang.

5. Dapat mengurangi rasa pegal

Hal ini disebabkan karena kandungan yang ada di dalam makanan ini telah dipercaya bahwa memiliki peranan untuk mengurangi rasa pegal pada tubuh.

6. Menjaga tekanan pada darah dan mengurangi tekanan darah tinggi

Jika kalian mengalami gangguan pada tekanan darah dan sering mengalami hipertensi, ternyata roti goreng juga mampu untuk menjaga tekanan darah kalian.

7. Meningkatkan fungsi otak

Kandungan yang ada di dalam makanan ini telah di percaya bahwa memiliki peranan untuk meningkatkan fungsi otak. Sehingga anda akan bisa berpikir dengan maksimal.

8. Menjaga kesehatan kulit

Senyawa lemak yang ada di dalam makanan ini dapat mencegah jerawat serta bintik-bintik pada kulit.

9. Obat untuk osteoporosis dan arthritis

Roti goreng mempunyai nutrisi yang kompleks. Tidak hanya mineral vitamin namun, juga ada nutrisi lain yang membantu memperkuat struktur tulang anda seperti senyawa kalsium.

Proses Membuat Resep Roti Gulung Sosis :

Bahan utama:

  • 5 lembar roti tawar
  • 5 buah sosis sapi
  • 5 lembar daging asap
  • 5 lembar keju

Bahan saus:

  • 1 sdm saus tomat
  • 2 sdt mayones botolan
  • 15 gram keju cepat leleh, parut halus
  • 1/2 sdt merica bubuk
  • 1/2 sdt oregano kering
  • Minyak untuk menggoreng

Bahan pelapis:

  • 1 butir telur ayam, kocok lepas
  • 100 g tepung panir kasar

Cara membuat :

  1. hilangkan pada bagian pinggir roti tawar,  lalu tipiskan roti dengan menggunakan rolling pin atau badan botol. Sisihkan.
  2. Tumis sosis sapi dan daging asap dengan sedikit minyak. Jangan terlalu lama. Sisihkan.
  3. Untuk membuat saus: campur semua bahan lalu sisihkan.
  4. Ambil selembar roti tawar yg telah ditipiskan, lalu letakkan daging asap, keju, dan sosis di atasnya. Tuangi saus dan ratakan.
  5. Gulung roti sambil padatkan. Lalu, oleskan sedikit telur kocok di ujung roti tawar untuk merekatkannya.
  6. Masukan roti gulung ke dalam telur kocok lalu gulingkan ke dalam tepung panir kasar. Lakukan sampai roti habis.
  7. Panaskan minyak goreng dengan api sedang. Lalu goreng roti gulung hingga kuning kecoklatan.
  8. Angkat dan tiriskan. Sajikan dengan saus sambal botolan.

Tunggu apalagi untuk membuat resep roti gulung sosis ini? Sangat enak dan juga bermanfaat. Selamat mencoba dirumah 🙂