Resep Peyek Kacang Hijau Renyah dan Nikmat

Pada artikel kali ini kita akan membahas tentang resep peyek kacang hijau yang berbeda dengan sebelumnya. Peyek atau rempeyek biasanya digunakan sebagai pelengkap nasi pecel. Tetapi keripik gurih ini kemudian mulai dijual dengan kemasan terpisah sebagai pelengkap makanan lain atau cemilan.

Harga peyek kacang ini sama sekali tidak mahal, karena bahan dan pembuatannya memang tidak rumit. Bagi anda yang ingin membuat peyek untuk dikonsumsi sendiri maupun untuk dijual lazimnya peyek menggunakan kacang tanah  tapi kali ini berbeda yakni dengan kacang hijau, nikmat peyeknya tidak kalah saing.

Tips Meracik Adonan Peyek

Sebelum meracik adonan peyek, ada beberapa tips yang mungkin bisa membantu kamu agar peyek terasa sedap dan kriuk. Ikuti langkah dan cara membuatnya, agar peyek yang diinginkan menghasilkan peyek yang renyah dan gurih.

1. Gunakan Tepung Beras yang Baik

Artinya sebelum memakai tepung beras, ada baiknya kamu memastikan tepung beras baik dan layak untuk diolah. Maksudnya, tepung beras tersebut tidak apek, tidak berkutu, apalagi langu.

2. Tekstur Adonan

Adonan yang mulus tanpa adanya tepung yang menggumpal tentu akan menghasilkan peyek yang konsisten. Adonan juga tak boleh terlalu kental agar peyek bisa tipis dan garing saat digoreng.

3. Gunakan Api Sedang

Jaga suhu minyak agar tak terlalu panas. Minyak yang terlalu panas akan membuat peyek keburu kecokelatan atau bahkan gosong disaat peyek belum garing sempurna. Seperti halnya membuat camilan garing lainnya, membuat peyek butuh kesabaran ekstra. Apalagi kalau kamu membuat adonan yang cukup banyak.

4. Gunakan Wajan yang Tepat

Jenis wajan cekung ini dapat menahan adonan peyek di permukaannya  hingga membuat peyek terlepas bersama minyak dan garing. Pilihlah wajan yang berbahan allumunium maupun stainless, agar peyek mudah matang dan renyah.

Nah, berbekal tips ini, nampaknya kamu sudah siap untuk membuat peyek kacang hijau dirumah. Perhatikan cara membuatnya.

Resep Peyek Kacang Hijau

peyek kacang tanah

 

Peyek kacang hijau yang kriuk dan pedas selalu jadi kletikan atau camilan yang menambah selera makan. Selain sebagai kudapan, peyek juga senantiasa dijadikan pelengkap makan. Dimulai dari peyek kacang tanah, peyek ikan teri, peyek rebon, hingga peyek udang yang sangat akrab disajikan di pilihan lauk nasi Padang.

Siapa bilang peyek kacang hijau yang tipis, garing, gurih, dan pedasnya bikin ketagihan susah dibuat? penasaran dengan cara membuatnya, mari simak artikel berikut ini.

Bahan dan Bumbu

  • 100 gr kacang hijau, rendam 3 jam, cuci bersih
  • 2 sdm tepung maizena
  • 1 sdm royco kaldu ayam
  • 350 ml air
  • 200 gr tepung beras
  • 3 buah cabai rawit merah, cincang halus
  • 6 lembar daun jeruk, iris tipis
  • minyak, untuk menggoreng
  • 3 siung bawang putih
  • 4 buah cabai rawit merah
  • 1 sdm ketumbar
  • 5 butir kemiri
  • 2 buah cabai merah besar
  • 1 cm kencur

Cara Membuat Peyek Kacang Hijau

  1. Rebus kacang hijau hingga empuk, angkat. Tiriskan dan sisihkan.
  2. Aduk rata tepung beras, tepung maizena, dan royco kaldu ayam dalam mangkuk besar. Tuang air sambil diaduk hingga adonan rata.
  3. Masukkan bumbu halus, cabai rawit cincang, kacang hijau, dan daun jeruk. Aduk rata.
  4. Panaskan minyak, ambil masukkan adonan peyek menggunakan sendok sayur sebanyak beberapa sendok ke sisi wajan berbeda. Goreng hingga kecokelatan dan garing. Angkat dan tiriskan.
  5. Siap disajikan

 

Demikianlah artikel tentang resep peyek kacang hijau yang gurih dan renyah sebagai makanan cemilan disaat bersantai-santai. Anda dapat memilih berbagai macam resep olahan peyek kacang hijau, jika anda suka pedas harap ditambahkan cabai pada adonan. Anda juga dapat mencoba  resep peyek kacang hijau, sesuai cita rasa masing-masing yang dapat mengembangkan usaha anda. Selamat mencoba semoga bermanfaat!!!