Resep Nasi Goreng Kambing yang Sederhana Namun Enak

resep nasi goreng kambing

Pada kali ini saya akan menjelaskan resep nasi goreng kambing hingga bagaimana cara membuat nasi goreng kambing dengan cara yang mudah, praktis, enak dan pastinya leazatnya seperti nasi goreng restoran.

Nasi Goreng Kambing

resep nasi goreng kambing

Nasi goreng bisa menjadi pilihan Anda. Selain pembuatannya yang praktis, nasi goreng tidak banyak memakan waktu lama untuk memasak.

Resep Nasi Goreng Kambing

Bahan

  • 300 gr daging kambing, dipotong kotak-kotak kecil
  • 450 gr nasi matang
  • 100 gr minyak samin
  • 100 ml kaldu kambing (bila tidak ada, dapat menggunakan air matang)
  • 2 cm kayu manis
  • 1 lembar daun bay (semacam daun salam)

Bumbu Halus

  • 7 siung bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 4 biji cabe merah
  • 2 biji cabe rawit merah
  • ¼ sdt kunyit bubuk
  • ¼ sdt jintan bubuk
  • 2 biji cengkeh, dihaluskan
  • 2 biji kapulaga, dihaluskan
  • Kecap Manis , secukupnya
  • garam, secukupnya

Cara Membuat Nasi Goreng Kambing

  1. Panaskan minyak samin di dalam wajan, masukkan kayu manis, daun bay, dan bumbu halus lalu tumis ingga harum. Kemudian tambahkan daging kambing ke dalamnya, dan aduk-aduk hingga bumbu tercampur merata.
  2. Tambahkan kaldu kambing, biarkan mendidih hingga daging kambing matang dan kaldu agak mengental.
  3. Masukkan nasi dan kecap serta garam ke dalamnya, aduk-aduk hingga tercampur merata dan nasi agak mengering.
  4. Siap disajikan dengan acar dan emping/kerupuk.

Bau apak atau prengus dalam bahasa Jawa, pada daging kambing kerap kali membuat banyak orang tidak begitu menyukai olahan yang berasal dari daging kambing tersebut.

Sebenarnya, bau prengus itu muncul dikarenakan kesalahan pada saat mengolah daging kambing ini. Terdapat beberapa cara untuk mencegah dan menghilangkan bau prengus pada daging kambing.

Cara Menghilangkan Bau Pada Daging Kambing

1. Daging Langsung Direbus Tanpa Dicuci

Salah satu cara untuk mencegah bau prengus pada daging kambing dapat dilakukan dengan menghindari mencuci daging sebelum dimasak. Hal ini disebut dapat menimbulkan munculnya bakteri yang menyebabkan keluarnya bau prengus dari dalam daging.

Dalam pengolahannya, daging kambing tersebut sebaiknya langsung direbus sampai mendidih.

2. Daging Kambing Dicuci dan Dibaluri Rempah

Selain itu ada cara lain untuk mencegah bau apak pada daging kambing, meskipun sebelumnya telah dicuci. Daging kambing yang dicuci tidak menjadi masalah karena hal ini dilakukan bertujuan untuk menghilangkan kotoran yang ada di daging seusai disembelih.

Setelah dicuci, barulah daging kambing tersebut dibaluri dengan campuran rempahyang telah dihaluskan seperti jahe, kunyit, kapulaga, kayu manis, cengkeh dan bawang putih untuk menghilangkan bau prengus yang muncul.

Kemudian diamkan selama setengah jam, lalu daging ini dapat direbus dan diolah untuk berbagai resep masakan. Selain untuk menghilangkan bau tak sedap, rempah-rempah itu juga dapat membuat rasa makanan menjadi lebih nikmat.

3. Daging Dimasak Dengan Nanas atau Mentimun

Adapun cara lain yang dilakukan dalam mengatasi bau prengus tersebut yakni dapat menggunakan buah nanas. Selain digunakan sebagai bahan pengempuk daging, aromanya yang kuat dari buah ini dapat mengatasi bau amis pada daging.

Caranya yakni dengan mencampurkan daging kambing ke dalam buah nanas yang sudah diparut, remas perlahan lalu diamkan beberapa saat.

Selain nanas, Anda juga bisa menggunakan mentimun. Untuk caranya hampir sama seperti buah nanas. Getah pada mentimum juga dapat meminimalisir bau prengus yang ada pada daging kambing. Perasaan jeruk nipis atau jeruk limau juga disebut dapat menghilangkan bau prenguspada daging kambing.

Demikian cara memasak nasi goreng kambing enak dan lezat. Semoga dapat menambah ilmu dan info bagi kita.

Sehingga dapat memberikan ide bisnis baru yang dapat kita kerjakan agar dapat meminimalisir dan mengurangi jumlah pengganguran yang ada di negeri kita.

Kalian juga dapat melihat produk kompor listrik untuk mempermudah kalian dalam membuat nasi goreng.