Resep Membuat Tempura Ikan Home Made Serta Bergizi Tinggi

Resep Membuat Tempura Ikan
Kita sudah tidak asing lagi dengan makanan yang bernama tempura. Makanan khas Jepang ini umumnya menggunakan bahan dasar udang, kini dapat diganti dengan bahan lainnya. Anda dapat memilih bahan sayur, sosis ataupun daging.
Resep membuat tempura ikan  tidak terlalu sulit. Selain membahas tentang resep keripik tempe balado, disini saya akan membahas tentang resep membuat tempura ikan.

Resep Membuat Tempura Ikan 

Bahan-Bahan :

  • Ikan tenggiri 150 gram dihaluskan
  • Tepung bumbu 3 sendok makan
  • Telur 1 butir  dikocok
  • Daun bawang 1 batang diiris halus
  • Bawang putih 1 siung dicincang halus
  • Air es 50 ml
  • Tepung roti 100 gram

Bahan Pelengkap :

  • Saus
  • mayonaise
  • Saus sambal
  • Seladah
  • Kentang goreng

Resep Membuat Tempura Ikan :

  1. Haluskan ikan tenggiri
  2. Selanjudnya masukan tepung bumbu, daun bawang, air es dan juga bawang putih. Aduk hingga semuanya merata.
  3. Adonan dibentuk, kukus sebentar , dinginkan
  4. Setelah adonan dingin lalu celupkan diatas putih telur dan gulingkan diatas tepung roti
  5. Panaskan minyak didalam wajan anti lengket hingga matang
  6. Setelah matang bisa diangkat dan sajikan dengan bahan pelengkap,kentang , seladah saus mayonaise dan saus sambal.

Cara penyimpanan Tempura Agar Awet

  1. Tempura yang kemasannya sudah dibuka  disimpan di dalam freezer agar lebih tahan lama.
  2. Jika tempura yang disimpan lebih tahan lama, keluarkan tempura yang kemasannya sudah dibuka, lalu bungkus tempura dengan aluminium foil sampai rapat.
  3. Masukkan bungkusan tempura tersebut ke dalam freezer. Aluminium foil  kedap udara akan menjaga tempura tetap segar dan tahan lama serta tidak terkontaminasi aroma makanan lain yang juga disimpan di dalam freezer.
  4. Apabila hendak memasak tempura tersebut, keluarkan tempura dari kulkas dan biarkanselama 1 jam atau sampai tempura  benar-benar siap umtuk dimasak

Kandungan Ikan Tenggiri 

1. Kaya Nutrisi

Kandungan nutrisi yang ada ini menjadi ikan tenggiri sebagai ikan yang cukup menyehatkan untuk dikonsumsi secara rutin. Berikut ini kami ulaskan untuk Anda beberapa nutrisi yang ada dalam daging ikan tenggiri.

2. Omega-3

Seperti yang kita ketahui, hampir semua jenis ikan mengandung omega-3. Kandungan omega-3 ini sangat bermanfaat dalam membantu pertumbuhan dan perkembangan anak. Bahkan, omega-3 sangat baik dalam mempertahankan fungsi dan kesehatan otak, sehingga dengan rutin memakan ikan tenggiri membuat orang terhindar dari risiko kepikunan.

3. Protein

Ikan laut dikenal memiliki kandungan protein yang tinggi, tak terkecuali ikan tenggiri. Jika dibandingkan, kandungan protein dari 100 gram ikan tenggiri lebih tinggi dibandingkan dengan kandungan protein pada kacang-kacangan dalam jumlah yang sama. Protein dan asam amino yang ada pada daging ikan tenggiri termasuk mudah dicerna oleh tubuh, sehingga manfaatnya dapat dirasakan lebih cepat oleh manusia jika dikonsumsi.

4. Mineral

Ikan tenggiri dikenal mengandung banyak mineral seperti zat besi, fosfor, zinc, selenium dan yodium. Semua zat tersebut memberikan efek positif dalam tubuh manusia. Zat besi berfungsi untuk mencegah penurunan tekanan darah atau anemia, selenium mampu melindungi tubuh dari radikal bebas, yodium mencegah terjadinya gondokan dan membantu kinerja hormon dan enzim.

Cara Menghilangkan Bau Amis Pada Ikan

1. Menggunakan Garam

Cara yang satu ini sangat mudah. Tinggal cuci bersih ikan, lalu baluri dengan garam. Selanjudnya ikan didiamkan selama kurang lebih 5 menit. Cuci bersih ikan yang sudah dilumuri garam. Sebisa mungkin ketika ikan dioleh tidak menggunakan garam yang terlalu banyak agar tidak keasinan.

2. Menggunakan Cuka

Larutkan cuka dengan air secukupnya. Rendam ikan di cuka tersebut selama 5 menit. Cuci bersih ikan.

3. Menggunakan Mentimun

Parutan mentimun juga bisa digunakan untuk menetralkan bau amis pada ikan. Tinggal balurkan secara merata pada ikan, diamkan sekitar 20 menit, lalu bilas dengan air bersih yang mengalir.
Nah itulah  cara membuat tempura ikan. Semoga dengan mengikuti resep membuat tempura ikan dapat membuat tempura ikan sendiri dirumah. Selamat mencoba.