Resep Membuat Popcorn Aneka Rasa Nikmat dan Lezat

reseo membuat popcorn aneka rasa

Hai Sobat, kali ini saya akan membahas mengenai resep membuat popcorn aneka rasa. Nah, kalian tahu kan bahwa dengan adanya aneka rasa popcorn tidak membuat orang bosan dengan satu rasa saja. Sebelum masuk ke pembahasan saya akan membahas sedikit mengenai popcorn.

Apa Itu Popcorn dan Apa Saja Resep membuat popcorn aneka rasa?

Popcorn merupakan cemilan atau jajanan yang terbuat dari biji jagung yang dimakan saat bersantai, menonton tv, dan acara keluarga. Popcorn merupakan panganan yang sangat diminati oleh anak kecil dan remaja yang sering dijual di bioskop, area taman bermain, pasar malam, sekolah, maupun kantin kampus atau juga tempat orang-orang yang berkumpul. Tempat-tempat seperti itu yang menjadi sasaran paling utama dalam menjual popcorn.

Bahan baku pembuatan popcorn adalah jagung mentega. Popcorn sendiri ialah jagung yang dipanaskan dengan menggunakan suhu yang tinggi. Lalu mentega sendiri kita pakai supaya popcorn menjadi lebih gurih dan enak. Perlu diketahui bahwa memasak popcorn tidak begitu sulit hanya dengan memasukkan satu sendok makan mentega yang sudah disiapkan sebelumnya dan 2 hingga 3 sendok jagung ke dalam microwave. Dan dalam 2 menit popcorn yang gurih dan enak siap dimakan.

Ketika Anda ingin menjual popcorn pastikan Anda sudah mencari lokasi usaha popcorn yang strategis dan ramai karena tak semua orang menyukai popcorn sebagai cemilan ringan, tentu masih banyak jenis cemilan yang lainnya. Kemudian juga untuk sebuah tempat sewa yang akan dijadikan sebagai tempat penjualan harus sesuai dengan harga dan banyaknya penjualan yang terjadi.

Bagaimana Resep Membuat Popcorn Aneka Rasa Biasa Menjadi Biji Jagung Popcorn (jagung mentah yg siap di jadikan popcorn)

Supaya bisa menjadi popcorn, biji jagung tersebut harus sepenuhnya kering melalui proses pengeringan. Setelah biji jagung sudah kering, maka baru bisa mengembang mjd popcorn. Jagung dipipil agar diperoleh biji-biji jagung lepas. Kemudian biji jagung dikeringkan, bisa dgn proses penjemuran. Jika Biji jagung benar2 kering maka kadar air turun hingga tersisa 8-12%.

Prinsipnya sama seperti kerupuk, agar kerupuk mengembang (tidak bantet), kerupuk harus benar-benar kering dengan cara dikeringkan.

Berikut Resep Membuat Popcorn Aneka Rasa

1. Popcorn Manis Warna-Warni

Bahan-bahan:

  •  1 sdm mentega
  • 1 sdm minyak kanola
  •  1/4 cup sirup jagung
  •  1/4 sdt garam
  •  1/3 jagung popcorn
  •  1/4 sdm pewarna makanan cair

Resep Membuat Popcorn Aneka Rasa Manis Warna-Warni :

  1.  Pertama lelehkan mentega, minyak, sirup, dan garam pada wajan. Lelehkan semua bahan sampai benar-benar tercampur sambil sesekali diaduk.
  2. Kemudian tambahkan 1/4 sendok teh pewarna makanan cair. Gunakan sendok untuk mencampurkan pewarna makananya sampai tercampur rata.
  3. Kemudian tambahkan 1/3 gelas biji jagung popcorn ke dalam panci atau wajan, lalu aduk sampai semuanya terlapisi oleh campuran sirup yang sudah dibuat tadi. Gunakan api sedang, lalu tutup pancinya.
  4. Lalu goyangkan panci setiap beberapa saat selagi biji jagung memanas dan mulai berubah menjadi popcorn.
  5. Nah kalau suara letupan biji jagung mulai melambat, itu tandanya biji jagung sudah berubah jadi popcorn secara keseluruhan.
  6. Popcorn akan menjadi renyah setelah dingin. Setelah itu kamu bisa menyimpan popcorn dalam wadah kedap udara untuk bisa dinikmati tiap hari.

2. Popcorn Manis Caramel

Bahan-bahan:

  • 1/2 gelas biji jagung
  • 1/4 gelas minyak sayur
  •  1 gelas gula pasir
  •  125 gram unsalter butter
  •  1/4 sdt garam

Resep Membuat Popcorn Aneka Rasa Manis Caramel:

  1. Pertama, siapkan wajan atau panci di atas kompor dengan api sedang.
  2. Tuang minyak dan biarkan sampai panas.
  3. Masukan biji jagung dan tutup pancinya. Jangan lupa goyangkan panci agar panasnya merata dan popcorn tidak gosong.
  4. Jika letupan popcorn mulai berhenti, matikan api, lalu sisihkan popcorn yang sudah matang.
  5. Siapkan panci untuk membuat caramel. Dalam panci anti lengket, masukan mentega, gula pasir, garam. Gunakan api sedang.
  6. Aduk hingga mentega leleh dan tercampur rata dengan gula.
  7. Diamkan hingga mendidih tanpa diaduk. Masak sampai berwarna cokelat keemasan atau maksimal 10 menit.
  8. Jika sudah matang, angkat dan tuang merata ke popcorn yang berada dalam wadah besar. Aduk-aduk sampai merata,
  9. proses pengadukan harus dilakukan dengan cepat.
  10. Setelah rata, tuang ke permukaan yang telah dilapisi oleh kertas roti agar dingin dan mengering.
  11. Setelah dingin, popcorn yang salin menempel bisa kamu pisah-pisahkan dengan tangan. Dan popcorn caramel pun siap untuk dinikmati.

3. Popcorn Gula Merah

Bahan-bahan:

  • 1/3 gelas biji jagung
  • gula merah bubuk secukupnya
  •  mentega secukupnya

Resep Membuat Popcorn Aneka Rasa Gula Merah :

  1. Jangan lupa Siapkan panci dan tutupnya terlebih dahulu di atas kompor, takar biji jagung yang ingin dibuat popcorn sesuai selera.
  2. Lalu, Masukkan 2 sendok makan mentega ke dalam panci, nyalahkan konpor dengan api sedang. Setelah mentega meleleh,
  3. Masukan biji jagung ke dalam panci.
  4. Tutup panci dan sekali-kali goyangkan panci agar semua biji jagung terkena mentega.
  5. Biarkan beberapa saat, jika terdengar suara letupan dari dalam panci, biarkan hingga suara letupan berhenti. Lalu matikan kompor.
  6. Terakhir, buka tutup panci dan tambahkan gula sesuai dengan selera lalu campur dengan rata.
  7. Popcorn siap disajikan.

Nah, itulah sedikit penjelasan dari artikel yang saya buat mengenai penjelasan sampai resep membuat popcorn aneka rasa, silahkan mencoba semoga berhasil 🙂