Resep Masakan Jepang Simple Yang Lezat dan Spesial

masakan jepang

Pada artikel kali ini saya akan membahas artikel tentang Resep Masakan Jepang Simple Yang Lezat dan Spesial. Anda bisa membuatnya sendiri dirumah.

Apa Itu Masakan Jepang?

Makanan Jepang tidak selalu harus berupa “makanan yang sudah dimakan orang Jepang secara turun temurun. Makanan orang Jepang berbeda-beda menurut zaman, tingkat sosial, dan daerah tempat tinggal.

Cara memasak masakan Jepang banyak sekali meminjam cara memasak dari negara-negara Asia Timur dan negara-negara Barat. Di zaman sekarang, definisi makanan Jepang ialah  semua makanan yang dimakan orang Jepang dan makanan tersebut bukan merupakan masakan asal negara lain.

Dalam arti sempit, masakan Jepang mengacu kepada berbagai berbagai jenis makanan yang khas Jepang. Makanan yang sudah ada sejak lama dan secara turun temurun dimakan oleh orang Jepang, tetapi tidak khas Jepang tidak bisa disebut dengan  makanan Jepang.

Seperti gyudon atau nikujaga merupakan contoh makanan Jepang karena menggunakan bumbu khas Jepang seperti shōyu, dashi dan mirin. Makanan yang dijual dirumah makan Jepang seperti penjual soba dan warung makan kappō juga disebut makanan Jepang.

Makanan yang mengandung daging sapi ini sering dianggap bukan masakan Jepang karena kebiasaan makan daging baru dimulai sejak Restorasi Meiji sekitar 130 tahun lalu. Menurut orang di luar Jepang, berbagai masakan dari daging sapi ini seperti sukiyaki dan gyudon juga termasuk makanan Jepang.

Dalam arti luas,jika masakan yang dibuat dari bahan makanan yang baru dikenal orang Jepang ikut digolongkan sebagai makanan Jepang, maka definisi masakan Jepang adalah makanan yang dimasak dengan bumbu khas Jepang.

Resep Masakan Jepang Simple

1. Resep Masakan Jepang Takoyaki

takoyaki

Bahan Membuat Takoyaki:
  • 100 gr tepung terigu
  • 340 ml air/susu cair
  • 1 sdt kaldu bubuk
  • 1 sdt kecap ikan
  • 1 sdt bawang putih halus
  • 1 butir telur
  • 1 daun bawang
  • keju iris kotak kecil-kecil untuk isian
Cara Membuat Takoyaki:

1. Blender semua bahan kecuali keju;
2. Panaskan cetakan kue cubit dengan api sedang, tidak terlalu kecil dan tidak terlalu besar. Kemudian tuangkan adonan ke cetakan kue cubit, beri irisan. Setelah setengah matang, balik adonan tadi agar berbentuk bulat;
3. Biarkan hingga berubah warna menjadi kecokelatan;
4. Tokayaki siap disajikan selagi hangat.

2. Resep Chicken Katsu Krispi

katsu

Bahan Membuat Chicken Katsu Krispi:
  • 2 buah dada ayam fillet
  • 2 sdm tepung bumbu
  • 1 butir telur
  • tepung roti/panir secukupnya
  • 1 sdt garam
  • 1/2 sdt merica bubuk
Cara Membuat Chicken Katsu Krispi:
  1. Balur dada ayam dengan garam dan merica, diamkan kurang lebih 15 menit.
  2. Kocok lepas telur, campur dengan tepung bumbu. Celupkan dada ayam ke dalam telur. Gulung ke tepung roti. Agar padat dan tepung roti menempel saat digoreng, dinginkan ke dalam freezer kurang lebih 30 menit.
  3. Setelah itu panaskan minyak, keluarkan ayam katsu dari freezer dan goreng ayam hingga tenggelam dengan api sedang.
  4. Setelah kecokelatan dan tampak krispi, angkat.

Manfaat Masakan Jepang:

1. Mencegah obesitas

Tahukah Anda bahwa Jepang memiliki tingkat ? Hal ini disebabkan oleh konsumsi kalori rata-rata orang Jepang lebih rendah. Rahasianya ada pada cara pengolahan makanan yang dikukus, direbus, atau dimakan mentah, serta tingginya asupan sayuran dalam makanan Jepang.

2. Menurunkan berat badan

Jika ingin menurunkan berat badan, mengonsumsi makanan Jepang dan mengikuti cara penyajiannya mungkin dapat membantu. Umumnya makanan Jepang ini disajikan di dalam piring atau mangkuk berukuran kecil. Hal ini dapat memengaruhi porsi makan seseorang.

Demikian tadi artikel tentang Resep Masakan Jepang Simple Yang Lezat dan Spesial.  Masakan ini cocok disajikan dengan Cara Membuat Es Teler. Anda bisa membuatnya untuk keluarga anda tercinta. Selamat mencoba ya.