Resep Kue Sederhana Tanpa Oven Yang Empuk

resep kue sederhana tanpa oven

Pada dasarnya artkel kali ini say akan membahas tentang resep kue sederhana tanpa oven. Penasaranakan? Yuk simak dibawah ini.

1. Penjelasan Kue Sederhana Tanpa Oven

Kue adalah penganan atau makanan ringan yang di buat dari campuran berbagai bahan pangan dan memiliki bentuk dan jenis yang beraneka ragam. Pada awalnya, resep kue sederhana ini merupakan istilah yang di gunakan untuk menyebut penganan tradisional atau oriental.

Namun setelah itu di generalisasikan oleh masyarakat sekitar untuk menyebutkan segala bentuk makanan yang bukan makanan utama. Tak perduli apakah itu oriental ataupun kontinental. Semua itu merupakan makanan utama maka di sebut dengan kue.

2. Resep Kue Sederhana Tanpa Oven

resep kue sederhana tanpa oven

Bahan-Bahan:

  • 200 gram gula pasir
  • 275 gram tepung terigu
  • 1/2 sdt vanili
  • 2 pewarna makanan berbeda
  • 1/2 sdt baking powder
  • 225 m soda tawar
  • 2 sdt emulsifier
  • 2 butir telur

Cara Membuat Kue Bolu Kukus Sederhan:

  1. Setelah bahan dan bahan dipersiapkan, lanjutkan dengan menyiapkan baskom dan mencampur beberapa bahan kedalamnya seperti telur, emulsifier, gula pasir dan aduk-aduk dengan menggunakan mixer pada kecepatan tinggi selama kurang lebih 5 menit sampai semua bahan yang anda aduk menjadi lebih kaku.
  2. Setelah itu, ayaklah terigu bersama dengan tepung secara merata dan masukkan bahan ini kedalam kocokan bahan-bahan yang lainnya.
  3. Masukan soda tawar kedalamnya dna kocok kembali dengan menggunakan mixer sampai mengembang dengan perlahan. Diikuti dengan memasukkan esens vanili. Aduk kembali sampai semua bahan merata.
  4. Setelah semua bahan merata, matikan mixer dan bagi adonan menjadi tiga bila anda menggunakan 2 pewarna makanan yang berbeda.
  5. Pada masing-masing adonan yang sudah dipisahkan, silahkan berikan tetesan pewarna makanan kira-kira sebanyak 2-3 tetes. Kemudian aduk-aduk secara merata sampai berubah warnanya.
  6. Siapkan cetakan, dan tempatkan mangkuk dari kertas diatas loyang cetakan. Masukkan adonan sebanyak 1-2 sendok makan kedalamnya dan lakukan hal serupa sampai semua adonan habis.
  7. Kukus adoann selama kurang lebih 10-15 menit atau sampai adonan mekar dan mengembang secara merata.

Jenis-Jenis Kue Sederhana 

  1. Kue Basah:  Istilahnya yang digunakan untuk menyebut kue yang bertekstur lembut, empuk dan relatif basah. Kue jenis ini biasanya memiliki umur simpan yang pendek karena kadar airnya tinggi di bandingkan kue-kue yang lain.
  2. Bakery: Istilahnya yang digunakan untuk menyebut penganan yang berupa roti, cake, pastri, dan sejenisnya. Disebut bakery karena penganan ini dimasak dengan cara di panggang. Meskipun ada sebagian yang terkadang dapat di masak dengan cara di goreng.
  3. Kue kering : adalah kue yang memiliki tekstur yang kasar tetapi renyah, dan empuk. kue ini memiliki kadar air yang rendah.

3. Sejarah Kue Sederhana

Kue ialah kudapan atau makanan ringan yang bukan untuk makanan utama. Resep kue sederhana ini biasanya bercitarasa manis tetapi ada juga yang bercitarasa gurih dan asin. Kata “Kue berasal dari kata serapan dari bahasa  Hokion. Hal ini menujukan pengaruh seni memasak Tionghoa di Nusantara.

Beberapa kue menunjukan asal usulnya dari cina seperti kue bakpia. sementara untuk beberapa kue lain seperti lapis legit, risoles, pastel dan penkuk menunjukan pengaruh dari Eropa., yaitu Belanada dan Protugis.

Pada awalnya istilah  kue memang di gunakan untuk menyebutkan nama kue tradisional dan kue keturunan Tionghoa, akan tetapi dalam Bahasa Indonesia istilah ini telah meluas menjadi istilah yang memayungi makanan ringan, termasuk untuk menyebut kue kering (cookie), kue pastri ( pestry), dan kue tart atau kue bolu ( cake).

Itulah resep kali ini tentang kue sederhana tanpa oven yang empuk dan kue tersebut juga mudah sekali dalam pembuatannya. Dan menu tersebut dapat anda buat sebagai peluang usaha kecil di sekeliling anda. Selamat Mencoba.