Resep Kue Balok Lumer yang Lembut dan Enak Rasanya

Pada Artikel kali ini kita akan membahas tentang resep kue balok lumer yang enak dan mudah membuatnya. Tentu Sahabat sudah sering melihat kue di pasaran bukan?

Dari pada Sahabat membeli kue balok yang lumer dengan harga yang lumayan mahal mending yuk kita buat sendiri di rumah. Sahabat tentu dengan resep yang enak dan cara pembuatannya yang gampang.

Kue balok adalah sebuah makanan atau kue yang sangat di gemari masyarakat indonesia karena tekstur gurih dan rasanya yang sangat enak membuat penggemarnya ketagihan untuk memakannya.

Saya sudah merangkum beberapa resep untuk Sahabat buat di rumah tentunya dengan rasa yang enak dan cara membuatnya pun mudah. Yuk buat Sahabat.

Kue Balok Khas Bandung Lumer

Kue Khas Bandung ini sangat enak dinikmati bersama teh hangat bisa juga di makan sebagai camilan karena rasanya yang enak.

Resep Kue Balok Khas Bandung Lumer

  • 500 gram tepung terigu
  • 1 buah susu sachet
  • 1/2 kg gula pasir
  • 2 sdt soda kue
  • 1/2 kg telur Margarin secukupnya
  • 2 sdt vanili bubuk

Cara Membuat Kue Balok Khas Bandung Lumer

  1. Untuk membuat sajian kue balok kali ini silahkan siapkan sebuah wadah dengan ukuran yang sedang saja.
  2. Lalu masukkan ke dalamnya beberapa bahan seperti gula pasir dengan telur yang bisa anda pecahkan satu demi satu dengan perlahan.
  3. Ambil sebuah mixer dan kocok semua sajian ini secara merata sampai berbuih dan mengembang juga warnanya menjadi lebih pucat secara merata.
  4. Bila sudah selesai silahkan masukkan ke dalamnya margarin bersama-sama secara merata. Kemudian dengan menggunakan mixer kocok kembali semua sajian ini secara merata sampai tercampur dan teraduk.
  5. Campurkan tepung kedalam adonan diatas dan masukkan dengan perlahan untuk kemudian kecilkan kecepatan pada mixer dengan merata.
  6. Hal ini dilakukan agar adonan tepung yang anda masukkan tidak berhamburan keluar.
  7. Kemudian setelah itu, aduk kembali sajian ini dan masukkan sisa adonan kedalamnya. Adu-aduk semuanya sampai tercampur dan tidak ada adonan yang masih menggumpal.
  8. Tambahkan sedikit air kedalam sajian ini namun jangan terlalu banyak agar sajian adonan kali ini tidak berubah menjadi encer. Aduk-aduk semua sajian ini secara merata sampai tercampur.
  9. Panaskan cetakan kue balok dan tutupi dengan menggunakan penutup yang sudah anda panaskan sebelumnya.
  10. Kemudian tuangkan adonan kedalamnya dengan tidak terlalu penuh. Lalu tutup kembali dengan menggunakan penutup yang sudah anda panaskan.
  11. Pada saat memanggang sajian ini jangan lupa untuk menggunta-ganti tutupnya dan pastikan penutup anda buat dengan panas secara merata. Masak sampai matang dan mengembang.

Kue Balok Vanili Lumer

Resep Kue Balok Vanili Lumer

  • Margarin secukupnya
  • 1/2 kg telur
  • 1/2 kg gula pasir
  • 500 gram tepung terigu
  • 2 bungkus vanili bubuk
  • 1 buah susu sachet
  • 2 buah soda kue

Cara Membuat Kue Balok Vanili Lumer

  1. Untuk membuat sajian kali ini anda akan dapat melakukannya dengan terlebih dahulu mengambil wadah yang sudah berisikan dengan telur dan gula pasir yang sebelumnya sudah anda masukkan.
  2. Lalu ambil sebuah mixer dan dengan menggunakan kecepatan yang tinggi silahkan kocok dan aduk sajian ini secara merata sampai tercampur.
  3. Hingga adonan mengembang dan berbuih jangan matikan mixer. Baru setelah itu, tuangkan margarin kedalamnya dan aduk-aduk kembali sampai semua sajian ini tercampur secara merata hingga mengembang kembali.
  4. Bila sudah selesai silahkan masukkan tepung terigu kedalamnya dan kecilkan kecepatan pada mixer dengan perlahan dan hati-hati.
  5. Hal ini dilakukan agar nantinya adonan yang anda masukkan tidak berhamburan keluar karena angin dari mixer yang cukup kencang.
  6. Setelah memasukkan tepung terigu, silahkan masukkan p[ula soda kue bersama dengan vanili dan susu sachet yang sudah anda siapkan. Aduk-aduk semuanya secara merata sampai tercampur.
  7. Baru setelah itu, masukkan air kedalamnya sedikit demi sedikit dengan perlahan dan hati-hati.
  8. Upayakan untuk tidak menuangkan air terlalu banyak kedalam sajian adonan.
  9. Atau nantinya adonan akan berubah menjadi encer. Masukkan adonan kedalam cangkir ukur dan masukkan pada cetakan yang sudah dipanaskan.
  10. Namun sebelumnya jangan lupa untuk melumuri cetakan dengan menggunakan margarin secara merata.
  11. Hal ini dilakukan agar cetakan tidak lengket pada saat hidangan ini anda masak. Masak sampai matang dan mengembang kebagian atas.
  12. Bila sudah kering dan bagian bawahnya terlihat lebih kecoklatan. Maka angkat sajian ini dan hidangkan dalam piring saji.Nah demikianlah beberapa resep kue balok lumer semoga sahabat bisa membuatnya di rumah dengan rasa yang enak dan tidak ada kendala saat membuatnya. 

     

     

    Nah demikianlah beberapa resep kue balok lumer semoga sahabat bisa membuatnya di rumah dengan rasa yang enak dan tidak ada kendala saat membuatnya.

Saya kira cukup artikel kali ini, Sahabat juga bisa mengunjungi artikel kami sebelumnya yaitu tentang seputar resep kue balok. Terimakasih sahabat sampai bertemu di artikel selanjutnya. 🙂