Resep Keripik Apel Tanpa Mesin yang Tak Kalah Hasilnya

resep keripik apel tanpa mesin

Resep keripik apel tanpa mesin– Dalam proses pembuatan keripik apel pastinya kamu membutuhkan mesin penggorengan atau nama lainnya yaitu mesin vacuum frying.

Mesin vacuum frying merupakan sebuah mesin penggorengan yang bekerja untuk menggoreng keripik buah supaya hasilnya lebih maksimal. Dalam artikel kali  ini kita akan membagikan cara membuat keripik apel tanpa mesin vacuum frying.

Berikut ini adalah resep keripik apel tanpa mesin vacuum frying dan juga pengertian pengertian yang lainnya,simak dan pelajari artikel ini!

Bahan Cara Membuat Keripik Apel Tanpa Mesin Vacuum Frying:

  • Apel 5 buah.
  • Air lemon 50 ml.
  • Gula pasir 3 sendok makan .
  • Kayu manis 1 sendok makan.

Cara Membuat Keripik Apel :

  1. Pertama tama kupaslah seluruh kulit apel dengan pisau kemudian buang semua bijinya dan juga iris tipis bagian tengahnya.
  2. Kemudian campurkan apel dalam satu wadah bahan seperti gula pasir dan juga kayu manis.
  3. Lalu ambilah sebuah wadah yang berisi air lemon dan celupkan atau masukan apel ke dalamnya. Setelah itu tiriskan kemudian gulingkan ke dalam campuran kayu manis dan juga gula pasir.
  4. Terlebih dahulu Siapkan loyang kemudian olesi dengan menggunakan mentega dan lapisi dengan kertas pemanggang.
  5. Kemudian letakkan semua irisan buah apel tadi  ke dalam loyang dan tata didalamnya.
  6. Setelah itu masukkan apel ke dalam oven dan panggang dengan suhu kurang lebih sekitar 1200c sampai matang atau bisa ditunggu 1 jam.
  7. Jika telah matang, biasanya di tandai dengan perubahan pada warna pada irisan apel tadi menjadi kering kecoklatan.
  8. Setelah itu angkat lalu biarkan apel dingin terlebih dahulu lalu masukkan pada toples.
  9. Untuk penyajian keripik apel ini, anda bisa ambil keripik secukupnya saja dan simpan di piring saji. Kemudian segera tutup kembali agar keripik tetap gurih dan renyah.

Apa Itu Apel?

Awal mulanya orang mulai pertama kali menanam pohon buah apel di daerah Asia Tengah. Saat kini buah apel sangatlah berkembang di banyak daerah di dunia yang suhu udaranya lebih dingin. Nama ilmiah dari pohon apel atau bahasa latin yaitu Malus domestica.

Apel budidaya adalah keturunan dari Malus sieversii asalnya dari Asia Tengah, dengan sebagian genom dari Malus sylvestris (apel hutan/apel liar).

Kebanyakan orang mngonsumsi buah apel dikonsumsi mentah-mentah (tak dimasak), dan juga digunakan banyak jenis makanan pesta. Apel dimasak hingga lembek untuk dibuat saus apel. Apel juga dibuat untuk menjadi minuman sari buah apel atau juga menjadi jus buah apel.

Manfaat Apel Bagi Kesehatan Tubuh

1. Meningkatkan Daya Memori

Menkonsumsi buah apel dapat dipercaya bisa membuat Anda lebih pintar. Hal tersebut dibenarkan oleh para peneliti pada tahun 2006 yang mengatakan bahwa apel dapat membantu meningkatkan kesehatan otak dan meningkatkan memori. Dengan memakan satu buah apel saja setiap harinya dapat terhindar dari demensia.

2. Baik untuk Usus

Ada probiotik dan prebiotik. Prebiotik merupakan serat yang sangat baik bagi usus, sebab bermanfaat untuk menjaga kesehatan usus. Probiotik adalah bakteri usus “baik” yang berkembang sangat subur di perut, sedangkan prebiotik berperan sebagai pemberi makan pada bakteri-bakteri tersebut. Asupan tersebut bisa Anda dapatkan melalui apel. Apel memiliki kandungan pectin dan serat yaitu yang berfungsi sebagai prebiotik.

3. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Jika daya tahan tubuh atau kekebalan tubuh baik, maka Anda akan terhindar dari risiko jatuh sakit seperti pilek dan flu. Supaya sistem imun Anda bagus, konsumsilah buah apel. Apel mengandung vitamin C yang dipercaya mampu membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Buah jeruk juga memiliki kandungan vitamin C, tetapi dengan menambahkan buah apel bisa lebih meningkatkan daya tahan imunitas pada tubuh.

4. Baik untuk Jantung

Supaya terhindar dari penyakit yang mematikan ini yaitu jantung, rajinlah mengonsumi buah apel. Apel mempunyai kandungan serat dan antioksidan yang bekerja sangat baik dalam menurunkan kolestepadarol, sehingga bisa mengurangi risiko penyakit jantung. Hal tersebut telah dibenarkan oleh beberapa penilitian.

Mungkin sampai disini artikel yang dapat saya sampaikan kepada anda ataupun anda bisa membaca artikel cara membuat keripik apel jika anda ingin tau lebih rinci mengenai pengolahan dan berbagai macam manfaatnya. Semoga bermanfaat terimakasih