Resep Kacang Telur Mudah dan Enak ala Rumahan

resep kacang telur

Pada artikel sebelumnya saya sudah menjelaskan mengenai cara membuat kacang disco makanan khas Bali. Pada kali ini saya akan menjelaskan mengenai resep kacang telur yang mudah dibuat di rumah.

Kacang telur merupakan makanan yang dibuat dengan berbahan utama kacang tanah yang telah dikupas lalu dibaluri dengan campuran tepung dan telur. Makanan ini mempunyai rasa yang renyah dan enak jadi sangat cocok untuk dijadikan teman cemilan saat menonton tv ataupun saat berkumpul bersama keluarga.

Penasaran dengan kacang telur ? Tapi tidak tahu temapt yang menjualnya. Tenang saja karena kacang telur bisa dibuat di rumah sendiri dan bahan yang diperlukan cukup mudah untuk didapatkan.

Resep Kacang Telur

resep kacang telur

Bahan – Bahan :

  • 1 kg kacang tanah, kupas
  • 2 butir telur ayam
  • 10 gram margarin
  • Gula halus secukupnya
  • 10 sdm tepung terigu
  • 5 sdm tepung tapioka
  • Minyak goreng secukupnya

Langkah – Langkah :

  1. Sangrai kacang tanah sampai kering, jangan sampai gosong. Setelah selesai sisihkan terlebih dahulu.
  2. Campurkan gula, telur dan margarin. Aduk sampai semua tercampur dengan rata.
  3. Masukkan kacang tanah yang sudah disangrai tadi ke dalam campuran telur lalu aduk rata sampai telur tercampur rata dengan adonan telur.
  4. Campurkan tepung terigu dan tepung tapioka dengan menggunakan nampan.
  5. Kemudian campurkan dengan kacang yang telah dicampur dengan adonan telur tadi di atas nampan tepung, aduk sampai kacang tercampur rata dengan tepung.
  6. Panaskan minya lalu goreng kacang dengan menggunakan api sedang saja, goreng hingga berwarna kuning kecoklatan.
  7. Setelah dingin masukkan kacang ke dalam toples.
  8. Kacang telur siap untuk disajikan.

Mudah bukan untuk membuat kacang telur di rumah sendiri dan anda juga bisa menyajikan makanan ini untuk keluarga anda di rumah.

Manfaat Telur

Telur yang menjadi salah satu bahan pembuatan kacang telur ini selain mempunyai rasa yang enak setelah di olah ternyata juga memiliki beberapa manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh.

Telur merupakan zigot yang berfungsi  memelihara dan membantu menjaga embrio yang ada. Kandungan yang terkandung di dalamnya pun bermacam – macam dari sebagai sumber protein telur ini juga memiliki kandungan gizi yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Berikut beberapa manfaat yang didapatkan setelah mengkonsumsi telur :

1. Membantu Menjaga Kesehatan Mata 

Kandungan lutein dan zeaxanthin pada telur ini memiliki fungsi sebagai anti-oksidan yang berfungsi sangat penting menjaga kesehatan mata. Tentu kandungan ini sangat cocok untuk dikonsumsi secara rutin bagi usia lanjut untuk menjaga kesehatan mata dan mengurangi resiko katarak dan resiko degenerasi makula.

2. Menjaga Kesehatan Otak 

Kolin yang terkandung dalam telur merupakan zat yang sangat penting untuk membantu menjaga kesehatan otak yang bisa membangun membran sel dan produksi molekul yang ada di otak. Selain itu kolin juga memiliki peran penting dalam membantu menurunkan perkembangan resiko penyakit jantung.

3. Membantu Menurunkan Kadar Trigliserida Darah

Telur mengandung kaya akan kandungan asam lemak omega 3 yang dapat membantu menurunkan kadar trigliserida yang ada di dalam darah. Kadar trigliserida yang tinggi dapat memicu faktor peningkatan resiko penyakit jantung. Nah untuk itu konsumsilah telur ini karena bisa membantu menurunkan kadar trigliserida dalam darah dan anda akan terjaga dari resiko penyakit jantung.

Nah jangan lupa untuk mencoba membuat kacang telur di rumah dan cobalah resep yang lain seperti resep sop buntut kambing yang bisa anda sajikan bagi keluarga anda di rumah.