Resep Ikan Bakar Kecap Yang Lezat Dan Mudah Bisa Kalian Coba

resep ikan bakar kecap
Ikan bakar merupakan jenis olahan ikan yang banyak orang gemari. Rasanya yang khas inilah membuat ikan bakar berbeda dengan olahan atau masakan ikan lainnya baik ikan air tawar maupun ikan laut.
Karena kelezatannya ikan bakar bisa  menjadi masakan yang sangat menggugah selera, apalagi juga bumbunya menggunakan bumbu kecap.
Berbagai macam jenis ikan bisa kita manfaatkan untuk membuat ikan bakar.

Jenis Ikan Yang Enak  Untuk Di Santap

Untuk ikan laut, ikan bawal laut, ikan kwe, ikan kakap dan sebagainya, bisa menjadi pilihan untuk dijadikan ikan bakar. Sementara untuk jenis ikan air tawar, ikan gurame, ikan nila, dan ikan mas paling banyak digunakan sebagai ikan bakar karena memiliki rasa dagingnya yang gurih.
Untuk ikan bakar dengan bahan ikan seperti tersebut, sebelumnya saya juga telah bagikan resepnya untuk anda seperti gurame bakar pedas manis, resep ikan kwe bakar sambal dabu-dabu, bawal bakar saus barbeque dan masi banyak lagi. Jadi apabila anda suatu saat ingin membuat ikan bakar, anda tinggal mengikuti resep dan cara mengolahnya saja.
Pada kesempatan ini, kebetulan saya juga ingin membagikan resep untuk membuat ikan bakar. Namun untuk sekarang, resep yang akan saya bagikan ini khusus bagi anda yang suka dengan ikan bakar kecap namun.
Jadi apabila anda yang suka dengan ikan bakar ini dan belum tahu resepnya, anda tinggal ikuti saja resep cara membuat ikan bakar bumbu kecap yang akan saya berikan di bawah ini.

Manfaat Makan Ikan Bakar

Mengapa ikan bakar ? Fakta membuktikan bahwa mengkonsumsi ikan sangat baik untuk kesehatan. Suku Eskimo di Greenland dan bangsa Jepang memiliki prevalensi penyakit jantung sangat rendah karena dikenal sebagai pemakan ikan terbanyak di dunia.

Bahkan di Jepang kita kenal hidangan ikan mentah. Ikan bakar hamper tidak mempengaruhi sifat alami ikan dengan ketentuan tidak menggunakan bumbu yang tidak sehat. Bebagai manfaat mengkonsumsi ikan bakar akan saya uraikan berikut ini.

  1. Dapat mencegah timbulnya kanker karena adanya omega-3 sebagai antioksidan yang dapat mencegah kinerja zat pemicu kanker misalnya radikal bebas.
  2. Mencegah timbulnya gangguan jantung dan pembuluh darah sebab omega-3 dapat menghambat naiknya kolesterol jahat yang sering menymbat pembuluh darah dan menaikkan kadar kolesterol baik.
  3. Menjaga kesehatan otak, tulang dan gigi.
  4. Sebagai sumber protein hewani yang sangat baik
  5. Menurunkan berat badan bagi yang kelebihan berat badan karena ikan rendah lemak sehingga baik untuk pembentukan tubuh yang ideal.

Bahan-Bahan Membuat Ikan Bakar Bumbu Kecap

  • Siapkan 3 ekor ikan -+900 gram. Jenis ikan menurut selera anda, mau menggunakan ikan laut atau tawar. Saya menggunakan ikan gurame
  • 2 sdm air perasan jeruk nipis
  • 2 sdm air asam jawa
  • Kecap manis secukupnya
  • 3 sdm minyak goreng untuk menumis

Bumbu Halus Ikan Bakar Bumbu Kecap

  • 3 buah cabai merah besar
  • 4 buah cabai merah keriting
  • 3 buah cabai rawit merah
  • 7 butir bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 2 sdt ketumbar bubuk
  • 2 cm jahe
  • Garam sesuai selera

Cara Membuat Ikan Bakar Bumbu Kecap

  1. Bersihkan ikan dengan mengerat sisik dan isi perutnya, lalu sayat-sayat bagian samping ikan.
  2. Lumuri ikan menggunakan air perasan jeruk nipis hingga merata untuk menghilangkan bau amis. Diamkan selama 10 menit, bilas dan sisihkan.
  3. Tuangkan dan panaskan minyak, tumis bumbu halus sampai matang dan harum. Kemudian tambahkan air asam jawa dan kecap manis, aduk-aduk hingga merata, dan angkat.
  4. Lumuri ikan dengan bumbu tumisan tadi, lalu bakar ikan di atas bara api sambil sesekali di oles bumbu tumis.
  5. Bakar ikan dengan cara di bolak balik hingga matang dan kecoklatan. Angkat dan sajikan.

Demikian tadi resep mudah untuk membuat ikan bakar bumbu kecap yang bisa anda ikuti. Semoga resep ikan bakar bumbu kecap yang lezat dan mudah untuk membuatnya ini bisa menambah wawasan anda untuk membuat ikan bakar yang lezat, baik untuk menu harian maupun pada saat acara tahun baruan dan acara lain. Selamat mencoba….