Resep Daging Giling Teriyaki

Resep Daging Giling Teriyaki

Pada artikel ini akan menjelaskan tentang resep daging giling teriyaki.

Daging adalah bagian lunak pada hewan yang tersusun dari serat-serat yang sangat kecil, masing-masing berupa sel yang disatukan oleh jaringan ikat, membentuk berkas ikatan yang pada kebanyakan daging jelas kelihatan lemak pembuluh darah dan urat syaraf.

Daging bisa kita kelompokan beberapa jenis seperti daging sapi, daging ayam, daging kerbau, daging kambing, daging unta dll. Tetapi yang sering kita jumpai yaitu daging sapi. Daging sapi merupakan daging yang diperoleh dari otot-otot sapi yang biasa dan umum digunakan untuk keperluan konsumsi makanan.

Penggunaan daging ini berbeda-beda tergantung dari cara masak daging cincang nya. Sebagai contoh makanan khas luar, daging iga  digunakan secara mayoritas mayoritas di Eropa dan di Amerika Serikat sebagai bahan pembuatan steak sehingga bagian sapi ini sangat banyak diperdagangkan.

Walaupun seperti itu umumnya di Indonesia dan di berbagai negara Asia lainnya daging ini banyak digunakan untuk makanan berbumbu dan bersantan seperti rendang, gulai sapi dan lain-lain.

Teriyaki adalah cara memasak makanan Jepang yang dipanaskan atau dipanggang dan dilapisi dengan kecap dan sake/mirin/gula beraroma rasa.

Teriyaki di Indonesia lebih populer sebagai olahan daging yang ditumis dengan bumbu kecap manis, bawang bombay, dan rempah-rempah. Jenis masakan ini dipopulerkan oleh kedai-kedai makanan cepat saji Jepang yang populer di tanah air.

Sebenarnya yang dimaksud teriyaki adalah teknik memasak di mana bahan makanan ditumis atau dipanggang di penggorengan bersama saus yang terdiri dari campuran kecap, mirin, dan gula atau madu.

Resep Daging Giling Teriyaki

Resep Daging Giling Teriyaki

Di Jepang daging yang biasa digunakan untuk teknik memasak teriyaki adalah ikan-ikanan seperti salmon, kembung, forel, marlin, atau cakalang. Sementara di negara-negara lain resep teriyaki dimodifikasi dengan bahan daging ayam atau sapi.

Bagaimana cara membuat teriyaki yang enak? Berikut ini kami sajikan beberapa variasi resep teriyaki yang bisa dieksekusi di rumah.

Kreasi masakan teriyaki pertama yang akan kita coba adalah teriyaki chicken atau daging ayam masak teriyaki. Lengkapi dengan irisan paprika dan bawang bombay agar semakin nikmat.

Bahan Bahan:

  • 400 gram fillet dada ayam
  • 100 gram bawang bombay, iris melintang
  • 25 ml air
  • 3 siung bawang putih, cincang halus
  • 2 sendok makan margarin/minyak
  • 1 cm jahe, cincang halus
  • 1/2 buah paprika, buang isinya dan iris kotak

Bumbu Rendaman:

  • 2 sendok makan kecap manis
  • 1 sendok teh gula pasir
  • 2 sendok makan kecap asin
  • 2 sendok makan saus tiram
  • 1 sendok makan saus tomat
  • 1/2 sendok teh merica bubuk

Cara Membuat Teriyaki Ayam:

  1. Iris tipis lebar fillet dada ayam berlawanan dengan seratnya. Lumuri dengan bumbu perendam yang sudah dicampur hingga merata, kemudian simpan di dalam wadah tertutup. Letakkan di dalam lemari es sekitar 30 menit agar bumbu meresap.
  2. Panaskan 1 sendok makan margarin/minyak di penggorengan, kemudian tumis bawang bombay dan paprika hingga harum. Sebentar saja, jangan sampai layu. Matikan kompor dan sisihkan.
  3. Panaskan sisa margarin/minyak, tumis bawang putih dan jahe hingga harum, kemudian masukkan ayam berikut bumbu perendamnya. Aduk hingga berubah warna.
  4. Masukkan air, kecilkan api, kemudian masak hingga ayam matang dan saus mengental. Cicipi rasa masakan. Jika sudah terasa pas. segera masukkan tumisan bawang bombay dan paprika. Aduk sebentar, kemudian angkat dari kompor.

Demikian resep teriyaki chicken alias daging ayam masak teriyaki. Sajikan di atas sepiring nasi panas.