Resep Bumbu Pentol Bakar Yang Enak

Ada banyak sebutan yang menjelaskan tentang apa itu pentol. Mulai dari yang mengatakan kalau pentol itu makanan sejenis bakso yang dibuat dengan bahan daging yang lebih sedikit dibanding bakso. Lalu ada juga yang menyebutkan jika pentol merupakan bakso yang dibuat dengan daging ayam dengan ciri khas berwarna putih,Dan cara membuatResep Bumbu Pentol Bakar tidak cukup sulit.

Dan ada juga sebagian orang yang menjadikan kalau pentol adalah sebuah bakso daging sapi yang di campur dengan daging ayam dan di makan tanpa kuah sedap gurih khas bakso. Yah, apapun sebutan itu yang jelas saya suka sekali dengan petol ini,Cek juga cara membuat seblak.

Pengertian Pentol

Resep Bumbu Pentol Bakar

Sedikit cerita konon pentol merupakanan salah satu jajanan yang berasal dan hitz di Indonesia khususnya di Surabaya. Di sana banyak aneka macam macam pentol yang dapat Anda santap dengan berbagai variasi rasa dan topping yang berbeda. Mulai dari topping yang ada bawang merah goreng, abon, suwiran daging ayam kering, saus sambal, saus tomat dan mayonaise.

Banyaknya dari peminat pentol daging, kini makanan bentuk bulat ini sudah ngetren dan cukup populer dimana-dimana. Banyak pula yang menyajikan dengan nama-nama unik untuk menarik pembeli.

Mulai dari pentol yang isi abon, pentol ranjau yang merupakan pentol isi cabai rawit, kemudian pentol setan super pedas, pentol tuyul yang sebenarnya berupa pentol kecil-kecil, pentol gila, pentol isi telur puyuh dan ada juga  sebuah bakso pentol yang terbuat dari tahu, jamur, pangsit dan masih banyak kreasi dari pentol lainnya.

Dan menurut orang-orang pentol yang paling nikmat adalah pentol yang terbuat dari daging sapi. Karena teksturnya yang tidak terlalu kenyal dan membal, namum kenyal pas dengan teksturnya yang ramah jika di colok pakai lidi ataupun sendok garpu. Berbeda dengan pentol daging dari ayam yang kadang terlalu membal dan susah jika sedang di colok lidi maupun sendok garpu,Cek juga Cara Buat Bakso Bakar.

Resep Bumbu Pentol BakarResep Bumbu Pentol Bakar

Memang sederhana, siapapun bisa membuatnya tanpa harus melihat latar belakang keahlian si pembuat, termasuk Anda. Anda hanya perlu membeli bahan berupa dan bumbunya beserta bahan pelengkap seperti tusuk sate yang bisa dicari ataupun buat sendiri.

Apabila sampai paragraf ini Anda belum ada ide ingin buat bakso bakar seperti apa, silahkan ikuti saja resep bakso bakar bumbu kecap berikut, enak lho, Cek juga Cara membuat bakso bakar.

Bahan Utama Bakso (buatan sendiri) :

  • 50 gram tepung sagu
  • 500 gram daging sapi cincang
  • 1 butir telur ayam
  • Air jernih untuk memasak pentol bakso pertama

Bumbu Halus :

  • 1 sdm merica
  • Bawang putih secukupnya
  • 1/2 sdt biji pala
  • 1/4 sdt bubuk kaldu padat rasa sapi
  • Garam dapur dengan kandungan yodium sedang secukupnya

Bahan Olesan Pentol Bakso :

  • Margarin dan kecap manis, bisa Anda tambahkan irisan cabai agar terasa sedikit pedas

Bahan Pelengkap :

  • Acar timun dan wortel
  • Nasi atau lontong atau ketupat agar sedikit mengenyangkan
  • Sambal kacang buatan sendiri dengan tingkat kepedasan sesuai selera

Cara Membuat 

  1. Pertama, siapkan wadah terbuka berukuran sedang. Masukkan bakso lalu campurkan dengan bumbu halus, kecuali air. Aduk semua hingga tercampur membentuk adonan bakso.
  2. Kedua, adonan masih harus diolah. Dengan Cara dengan membanting-balik dan membolak-balik adonan hingga terasa lembut ketika diraba.
  3. Ketiga, bentuk pentol bakso hingga bulat-bulat dari adonan hingga habis.
  4. Keempat, rebus air di dalam panci seperlunya sambil menunggu adonan habis dibentuk.
  5. Kelima, masukkan adonan bakso yang sudah dibentuk ke dalam air rebusan mendidih hingga matang. Untuk mengetahuinya, bakso yang sudah matang akan mengambang.
  6. Terakhir, angkat bakso kemudian tiriskan agar tidak terlalu membasahi bakso.

Cara Membuat Bakso Bakar Bumbu Kecap :

  1. Pertama, tusuk semua bakso dengan banyak lidi. Anda atur jumlahnya sendiri, normalnya sih tiga hingga empat.
  2. Kedua, oleskan kecap (yang sudah ada sambalnya bisa) atau mentega pada tusukan bakso.
  3. Ketiga, bakar bakso menggunakan  bara api hingga matang.
  4. Terakhir, sajikan bakso yang bersama bahan pelengkap seperti acar, lontong, dan sambal kacang.