Resep Bolu Gulung Coklat di Jamin Mantab Banget

bolu gulung coklat3

Pada artikel kali ini saya akan menjelaskan resep bolu gulung coklat dengan enak dan mudah. Namun, tahukah kamu apa itu bolu gulung coklat?? Mari kita simak….

Nah, jika jenis kue tradisional punya kue lapis sebagai primadona, jenis kue modern punya resep bolu gulung coklat. Makanan berbahan dasar tepung terigu ini dikenal juga dengan nama swiss roll. Jangan salah, meski dalam namanya terkandung kata Swiss, bolu yang berasal dari Inggris dan mulai dikenal pada abad ke-19 ini sama sekali tak ada hubungannya dengan Kota Swiss.

Dari hari ke hari, kreasi resep bolu gulung coklat yang disesuaikan dengan cita rasa Indonesia pun terus bermunculan. Well, tak puas hanya mencoba mencicipinya, kamu pun mungkin ingin mencoba membuat jenis resep bolu gulung coklat yang satu ini. Tak perlu takut gagal, membuat bolu ini tak sesulit yang dibayangkan, kok. Buat kamu yang penasaran, yuk cek resep dan cara membuatnya berikut ini.

Resep Bolu Gulung Coklat di Jamin Mantab Banget

bolu gulung coklat

Bahan yang di Butuhkan:

  1.  Tepung terigu sebanyak 50gr yang protein sedang
  2.  Telur sebanyak 5 butir
  3.  Gula pasir sebanyak 100gram
  4.  Coklat bubuk sebanyak 25 gram
  5.  Susu bubuk sebanyak 1sendok makan
  6.  Emulsifier sebanyak 1 sendok teh
  7.  Margarin sebanyak 100gr kemudian lelehkan
  8.  Selai buah secukupnya untuk olesan

Resep Membuat Bolu Gulung Coklat :

  1. Aduk gula, telur secara merata lalu tambahkan emulsifier mixer dengan kecepatan tinggi dan konstan hingga mengembang dan mengental.
  2. Disisi lain, mulailah panaskan oven sehingga jika adonan siap oven pun telah siap dengan panas yang sempurna.
  3. Kemudian tambahkan tepung terigu secara perlahan dan sedikit demi sedikit sambil diaduk lalu tambahkan coklat bubuk dan diaduk hingga rata.
  4. Setelah dirasa benar-benar rata, masukkan margarin yang sudah dicairkan sedikit demi sedikit dan sambil diaduk sampai tercampur rata.
  5. Langkah selanjutnya siapkan loyang yang sudah diolesi margarin dan dilapisi kertas roti. usahakan berbentuk persegi. dan perlu diingat jangan buat terlalu tebal tapi jangan pula terlalu tipis. ketebalan kira-kira 1 ruas jari dan juga harus memakai kertas roti karena jika cuma pakai margarin saja masih tetap lengket.
  6. Lalu tuangkan adonan keatas loyang yang telah disiapkan, lalu masukkan kedalam oven dan panggang dalam oven dengan suhu 180 derajat celsius sampai matang selama kurang lebih 15 hingga 20 menit. untuk mengecek sudah matang atau belum bisa gunakan lidi, jika ada yang adonan yang masih menempel di lidi itu tandanya belum matang.
  7. Setelah matang keluarkan kue bolu gulung coklat dari oven.
  8. Tahap selanjutnya, tunggu hingga uap panas agak menghilang lalu letakkan talenan yang dilapisi serbet bersih atau kertas roti diatas loyang, lalu balik cetakan kue bolu dan keluarkan bolu perlu diingat dalam membalik ini harus cepat ya bunda.
  9. Lalu gulung kue bolu dan tahan sampai dingin dengan menggunakan bantuan serbet bersih atau kertas kue.
  10. Jika kue telah dingin maka buka gulungan bolu tadi kemudian oles (jangan terlalu tebal) dengan selai jika sudah selsai dioles lalu gulung bolu kembali hingga padat.
  11. Selesai di gulung tahanlah sebentar selama 5 menit dan pastikan bolu gulung sudah benar-benar lengket.
  12. Setelah lengket iris bolu gulung sesuai selera
  13. Bolu gulung Coklat siap sajikan.

Sekian cara membuat bolu gulung coklat ini, semoga bolu gulung ini bisa bermanfaat bagi kita semua. Dan saya mengucapkan banyak terimakasih.