Resep Bakso Ikan Tongkol Lezatnya Bukan Maen

bakso ikan tongkol4

Pada artikel kali ini saya akan menjelaskan resep bakso ikan tongkol dengan mudah dan enak. Namun, tahukah kamu apa itu bakso ikan tongkol??

Resep bakso merupakan salah satu resep yang digemari oleh masyarakat Indonesia. Hampir di mana saja kita bepergian, hampir setiap warung bakso pula menyediakan bakso ikan ini. Dan juga banyak dari kita yang untuk menghemat pengeluaran keluarga juga belajar tentang resep bakso. mesin pemisah tulang ikan.

Cara Membuat Bakso Ikan Tongkol Lezatnya Bukan Maen

bakso ikan tongkol5

Bahan-bahan

  • 500 gr daging ikan tongkol
  • 4 siung bawang putih
  • Es batu yang sudah diserut
  • 3 sdm tepung sagu atau tepung tapioka
  • 2 butir telur ayam (diambil putih telurnya saja)
  • 2 sdm gula pasir
  • Garam secukupnya
  • Merica bubuk secukupnya
  • Air bersih secukupnya
Cara Membuat Bakso Ikan Tongkol
  1. Langkah pertama itu masukkan daging ikan tongkol yang sudah dibersihkan ke dalam food processor atau mesin bakso ikan bersama dengan putih telur, garam, gula pasir, dan es serut sedikit saja. Kemudian haluskan semua bahan itu sampai benar-benar halus.
  2. Setelah itu tuangkan ke dalam sebuah wadah, lalu masukkan tepung sagu atau tepung tapioka sambil diaduk-aduk sampai merata dan diuleni searah jarum jam sampai semua bahannya tercampur rata. Tepung sagu atau tepung tapioka bisa Anda tambahkan sedikit demi sedikit kalau adonannya masih terlalu lembek.
  3. Siapkan panci dan rebus air bersih secukupnya sampai mendidih, kemudian matikan apinya.
  4. Bentuk adonan bakso tadi dengan dengan menggunakan genggaman tangan dan tekan sampai membentuk bulatan-bulatan.
  5. Ambil adonan pentol bakso diatas dengan sendok makan dan masukkan ke dalam air panas di dalam panci yang sudah direbus. Ulangi sampai adonan pentol bakso ikannya habis.
  6. Kalau sudah, rebus lagi bakso dengan menggunakan api sedang sampai bakso ikannya mengambang dan matang.
  7. Setelah matang, segera angkat dan tiriskan.

Tips Resep Bakso Ikan Tongkol

1.) Memilih Ikan

Jenis dan kualitas ikan yang akan kita gunakan sangat menentukan hasil bakso ikan yang kita buat. Pastikan kita memilih ikan yang masih segar dan memiliki tekstur yang kenyal. Contohnya ikan tenggiri yang gepeng. Ikan tenggiri yang bulat kurang lengket teksurnya sehingga hasil baksonya tidak sebagus ikan tenggiri yang gepeng.

2.) Menguleni Bakso

Dinginkan ikan sampai benar-benar dingin sebelum diuleni atau dilakukan pengadonan. Menguleni ikan bisa dilakukan secara manual atau dengan menggunakan mesin bakso ikan. Masukkan bahan-bahan lainnya satu per satu sambil terus diproses.

Air yang ditambahkan ke dalam adonan bakso sebaiknya berbentuk es batu yang sudah diserut agar daging ikannya menjadi mengerut dan bisa menghasilkan bakso ikan yang kenyal.

Tepung sagu harus dimasukkan terakhir supaya adonan bakso ikannya tidak jadi keras. Jangan mengganti tepung sagu dengan tepung sagu aren agar warna baksonya bisa lebih terang.

3.) Membentuk Bakso

Membentuk bakso juga ada caranya sendiri. Bakso dibentuk bulat-bulat dengan tangan. Caranya masukkan adonan bakso ke dalam genggaman tangan, tekan kelima jari sampai adonan keluar melalui jari telunjuk dan jempol. Lakukan cara ini berulang-ulang dahulu sebelum adonan diambil agar baksonya yang terbentuk benar-benar kompak. Kemudian segera masukkan bakso yang sudah terbentuk tadi ke dalam air es supaya baksonya menyatu dan tidak pecah saat direbus.

4.) Merebus Bakso

Satu hal yang perlu kita perhatikan, yaitu bakso tidak boleh terlalu lama direndam di dalam air es supaya baksonya tidak lembek. Segera angkat bakso kalau sebagian adonan sudah dibentuk. Mengangkatnya bisa dengan saringan dan langsung dimasukkan ke dalam air mendidih. Kemudian biarkan sampai matang. Ciri bakso ikan sudah matang itu kalau sudah mengembang dua kali lipat dari ukuran semula dan bukan sekedar terapung.

5.) Setelah Direbus

Setelah matang, segera angkat baksonya dan tiriskan diatas peniris. Biarkan sampai dingin. Jangan biarkan bakso berada di dalam air panas terlalu lama. Pemanasan harus segera dihentikan begitu baksonya sudah matang supaya tidak terlalu lembek.

6.) Penyimpanan

Bakso yang sudah jadi dan dingin bisa disimpan di dalam lemari es atau freezer, tapi nanti waktu dikeluarkan bagian dalam bakso akan berlubang-lubang, karena daging ketika didinginkan itu akan memuai dan kembali menyusut setelah berada di suhu ruang. Bagian yang memuai itu tadi akan menimbulkan lubang setelah baksonya menyusut.

Untuk menghindari lubang-lubang tadi, rebus dagingnya segera selagi masih beku, supaya tempat yang memuai akan terisi oleh air.

Demikian informasi mengenai Cara Membuat Bakso Ikan Tongkol Yang Enak dan Lezat. Semoga ini bisa menjadi referensi bagi Anda yang ingin mencoba inovasi baru dalam membuat bakso. Cara membuat bakso ikan tongkol ini cukup mudah karena Anda sekarang sudah tahu resep bakso ikan tongkol ini. Selain rasanya yang enak, gurih, dan lezat, bakso ikan tongkol ini memiliki kandungan protein yang cukup tinggi, jadi baik untuk dikonsumsi sehari-hari. Selamat mencoba dan terima kasih.

2. Berprotein tinggi

Tongkol dapat Anda jadikan alternatif sumber protein hewani yang murah meriah untuk makanan sehari-hari. Kandungan protein dalam 150 gram ikan tongkol mencapai 39 gram yang bisa membantu mencukupi kebutuhan protein harian Anda.

Protein penting untuk membangun sel serta jaringan baru dalam tubuh guna menggantikan yang sudah rusak. Selain itu, protein dapat membantu memperbaiki sel yang rusak, meningkatkan sistem imun, dan menguatkan tulang serta otot. Protein juga berfungsi menjaga kesehatan rambut, kulit, kuku, dan otot tubuh.

Kekurangan protein merupakan kondisi yang cukup jarang terjadi. Namun, defisiensi dari zat gizi ini dapat membuat Anda lebih gampang sakit, tubuh terus terasa lemas, dan lebih lambat sembuh dari luka.

Apabila tubuh kekurangan protein Anda dapat berisiko mengalami kekebalan tubuh yang rendah, luka di tubuh sembuhnya lambat, dan tubuh terasa lelah terus.

3. Membantu menurunkan berat badan

Ikan tongkol termasuk rendah kalori, hanya mengandung 179 kalori per 150 gram porsi. Disandingkan dengan kandungan protein tingginya, ikan yang masih satu saudara dengan cakalang dan tuna ini dapat Anda jadikan menu diet sehari-hari.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition menunjukkan bahwa makan makanan tinggi protein dapat menurunkan kadar ghrelin. Ghrelin adalah hormon yang bertanggung jawab untuk merangsang rasa lapar sehingga bikin Anda ngidam makan makanan berkarbohidrat.

Penurunan kadar ghrelin artinya dapat membantu mengurangi nafsu makan dan mencegah ngidam makanan berlebih. Protein juga dapat memperlambat pengosongan lambung sehingga membuat Anda merasa lebih kenyang lebih lama.

4. Menjaga kadar elektrolit tubuh

Asupan natrium tambahan dari tongkol dapat membantu menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh. Natrium juga berperan penting dalam menjaga fungsi saraf dan otot normal.

Tubuh memperoleh natrium melalui makanan dan minuman sehari-hari. Sebagian besar natrium dalam tubuh tersimpan dalam darah dan cairan getah bening. Ginjal kemudian akan menjaga kadar natrium tetap konsisten dengan rutin membilas kelebihannya urin dan keringat.

Namun ketika jumlah yang masuk dan yang dikeluarkan tidak seimbang, persediaan total natrium dalam tubuh jadi ikut terpengaruh.

Makan ikan tongkol yang mengandung natrium dapat membantu Anda terhindar dari masalah hiponatremia alias kadar natrium rendah. Saat natrium dalam tubuh rendah, Anda rentan terkena dehidrasi, muntah, dan diare.

5. Meningkatkan kesehatan kelenjar tiroid

Kelenjar tiroid berada di leher. Kelenjar tiroid berfungsi mengatur metabolisme, menghasilkan hormon, dan mempertahankan tingkat energi tubuh. Apabila kelenjar tiroid terganggu, ini dapat menyebabkan gejala serius seperti perubahan berat badan drastis, perubahan buang air besar, dan bahkan bisa mengganggu kemampuan seksual Anda.

Daging ikan tongkol mengandung selenium yang dapat membantu menjaga kesehatan kelenjar tiroid.

6. Membantu meningkatkan fungsi otak

Ikan tongkol mengandung banyak nutrisi yang penting untuk otak, seperti asam omega-3 dan niacin.

Niacin adalah mineral yang dapat menurunkan risiko penyakit Alzheimer dan demensia akibat bertambahnya usia. Sementara itu, asam lemak omega-3 dapat meningkatkan fungsi otak dan dapat melindungi dari masalah kesehatan mental seperti depresi.

7. Kaya akan antioksidan

Antioksidan adalah senyawa yang dapat menetralkan radikal bebas berbahaya bagi tubuh. Penumpukan radikal bebas dalam tubuh dapat merusak sel dan menimbulkan banyak risiko penyakit, seperti kanker.

Mengonsumsi makanan mengandung antioksidan tinggi sangat baik untuk mencegah perkembangan kondisi seperti penyakit jantung, diabetes, kanker dan gangguan autoimun tertentu.

Nah, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam World Journal of Biological Chemistry, ikan tongkol mengandung selenoneine tinggi yang juga merupakan salah satu zat antioksidan.

Sekian resep bakso ikan tongkol ini, semoga resep ini bisa bermaafaat bagi kita semua. Dan saya mengucapkan banyak terimakasih.